Sebanyak 274 item atau buku ditemukan

Kamus Bahasa Indonesia

Kosakata Lengkap Disertai Pemaknaan secara Tepat

Berbahasa Indonesia secara tepat merupakan kebutuhan masyarakat Indonesia. Memang telah terdapat banyak kamus-termasuk buku panduan berbahasa yang sudah beredar, tetapi harus diakui hanya sedikit yang bisa dianggap bermutu. Buku ini hadir secara khusus kepada para pemula yang ingin menguasai bahasa Indonesia secara baik dan tepat. Kelebihan kamus ini antaralain mampu menjawab problematika bentuk kata dan menawarkan sebuah pegangan yang sederhana tetapi bisa dipercaya. Selain juga mampu menjawab masalah-masalah pemaknaan suatu istilah secara simpel dan akurat. Dengan kesederhanaan itu, kamus ini disusun untuk digunakan terutama oleh para pelajar dan mahasiswa, serta siapa pun yang merasa berkepentingan menggunakan bahasa Indonesia secara lebih baik.

Dengan kesederhanaan itu, kamus ini disusun untuk digunakan terutama oleh para pelajar dan mahasiswa, serta siapa pun yang merasa berkepentingan menggunakan bahasa Indonesia secara lebih baik.

Pembinaan Bahasa Indonesia

Perkembangan bahasa Indonesia dewasa ini cukup menggembirakan. Hari demi hari kosakata bahasa Indonesia terus bertambah. Perkembangan ini tentu sangat membantu para pemakai bahasa Indonesia dalam mengekspresikan segala aktivitas kehidupannya, terutama yang menyangkut ilmu pengetahuan modern. Namun, kecermatan berbahasa Indonesia pada umumnya masih kurang disadari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara dan bahasa nasional kurang mendapat perhatian yang layak. Harapan kami, hadirnya buku ini dapat menggugah kesadaran mahasiswa pada norma-norma bahasa Indonesia yang berlaku sehingga berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat ditularkannya kepada masyarakat luas. Buku ini menyajikan dasar-dasar gramatika bahasa Indonesia praktis. Buku ini diharapkan dapat membantu mereka yang mempelajari bahasa Indonesia, terutama untuk kepentingan tata tulis karya ilmiah.

Perkembangan bahasa Indonesia dewasa ini cukup menggembirakan.

Bahasa Indonesia Dalam Berbagai Perspektif

Bahasa Indonesia sebagai bahasaterpenting di bumi Indonesia semakin hari harus semakin dikokohkan keberadaannya. Hadirnya beberapa kasusyang meradang bahasa membuat pengawasan dan rasa memiliki bahasa harus semakin ditingkatkan. KasusCia-Cia yang mengagetkan dunia internasional dan Indonesia sungguh merupakan potret keprihatinan. Maraknya penggunaan bahasa Inggrisdi sekolah-sekolah RSBI dan SBI juga menjadi potret menegangkan sebagai warga negara yang mengaku "menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia". Rasa memiliki bahasa, tentu harus diiringidengan segala hal yang tercakup dalam budaya, misalnya sastra, sistem kehidupan, dan Iain-Iain. Bahasa sebagai media terpenting dalam pembangunan komunikasi tentu mempunyai makna yang sangat dalam. Hal ini disebabkan peran bahasa yang demikian besar karena sangat membentuk karakterbangsa, sebagai media pengembangan sastra dan budaya, media analisis, serta media komunikasi baik dalam media cetak maupun elektronik. Pembaca juga diharapkan mampu Menyusun tulisan ilmiah dengan memperhatikan ejaan yang disempurnakan. Buku ini membimbing dan memacu pembaca untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis, baik dalam suasana formal maupun nonformaI. Buku ini lengkap dengan informasi fungsi bahasa Indonesia, kebijakan terhadap bahasa Indonesia sampai dengan kasus-kasus kekinian yang melemahkan posisi bahasa Indonesia. Guru, mahasiswa, dosen, dan para pemerhati bahasa dapat memanfaatkan buku ini karena buku ini disajikan dengan melihat bahasa dari berbagai perspektif. Dengan membaca buku ini akan diperoleh informasi tentang berbagai haltentang bahasa, termasu ketika dan tata cara berbicara di depan publik.

Bahasa Indonesia sebagai bahasaterpenting di bumi Indonesia semakin hari harus semakin dikokohkan keberadaannya.

Feature Tulisan Jurnalistik Yang Kreatif, Disertai Kaidah Dalam Penulisan Jurnalistik

Feature merupakan bentuk tulisan jurnalistik yang dapat dianggap ringan. Meskipun tetap mengandung data, namun cara penulisan feature dapat dianggap ringan. Hal ini dikarenakan tulisan feature lebih berkutat pada hal-hal yang bersifat kemanusiaan. Feature telah menjadi bentuk tulisan jurnalistik yang nyaman bagi media, khususnya media cetak. Ringan namun tetap akurat. Karenanya, buku ini menggagas penulisan feature yang tidak hanya dipraktikkan oleh jurnalis professional, tetapi juga dapat diterapkan oleh penulis pemula, mahasiswa konsentrasi jurnalistik dan masyarakat awam yang menyenangi dunia jurnalistik.

Feature merupakan bentuk tulisan jurnalistik yang dapat dianggap ringan.

Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka

Buku ini adalah buku paling dibutuhkan oleh semua akademisi, guru, praktisi pendidikan yang konsen terhadap kajian bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Di dalam buku ini Bab I Filosofi, Konsep dan Teori, Bab 2 Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, Bab 3 Current Issues Pembelajaran Bahasa dan Sastra Anak, Bab4 Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia SD pada Kurikulum Merdeka, Bab 5 Capaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Bab 6 Implementasi Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa dan Sastra Indonesia SD pada Kurikulum Merdeka, Bab 7 Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra SD pada Kurikulum Merdeka, Bab 8 Perangkat Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra SD Kurikulum Merdeka, Bab 9 Pembelajaran Literasi Anak Sekolah Dasar.

Buku ini adalah buku paling dibutuhkan oleh semua akademisi, guru, praktisi pendidikan yang konsen terhadap kajian bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL - Rajawali Pers

Pembaruan pendidikan Islam dilakukan secara masif demi pemenuhan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dalam konteks Indonesia sebagai salah satu negara plural terbesar dunia, sudah sewajarnya menghidupkan pendidikan agama yang menghargai keberagaman. Melalui pendidikan agama Islam multikultural nilai-nilai pengakuan dan penghargaan terhadap pluralitas diajarkan. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam multikultural penting diimplementasikan untuk mewujudkan komitmen pendidikan Islam dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mulai terkoyak-koyak akibat tidak adanya penghargaan terhadap keragaman yang dapat menjerumuskan pada pandangan-pandangan stereotipe yang dapat memunculkan sikap primordialisme, etnosentrisme, dan diskriminatif terhadap individu maupun kelompok lain yang berbeda. Buku yang berjudul Pendidikan Islam Multikultural (Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-nilai Multikultural) ini menyajikan konsep dan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural. Di dalamnya membicarakan secara detail bagaimana mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) mulai dari konsep teoretis hingga praktik pembelajaran yang memuat perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian yang didasarkan pada nilai-nilai multikultural. Terbitnya buku ini dapat memberi nuansa baru bagi pengembangan teori Pendidikan Agama Islam multikultural yang selama ini masih berputar pada tataran wacana. Melalui contoh-contoh konkret dan paparan yang sederhana menjadikan buku ini mudah dipahami dan diimplementasikan. Sehingga dapat dimanfaatkan secara akademis bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan masyarakat umum terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk berinovasi dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berparadigma multikultural.

... Multikultural. Malang: UIN Maliki Press. Grand, Carl A, C. S. (2007). Doing Multicultural Education for Achievement and Equity. New York: Routledge. Hurlock, E. (2005). Developmental Psychology (A life-Span Approach), Fifth Edition ...

Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Perempuan - Rajawali Pers

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah. Persamaan hak dan kewajiban didasarkan perbedaan jenis kelamin sudah tidak lagi relevan. Kita lihat kaidah hukum kita. Manusia berperilaku dalam masyarakat harus sesuai dengan kaidah-kaidah sosial. Dengan kaidah sosial ini menjadi pedoman perilaku atau sikap bagi setiap warga masyarakat, mana yang seyogyanya dilakukan dan yang tidak dilakukan, yang dilarang atau yang dianjurkan. Ini terdiri dari kaidah/norma agama , kaidah kesusilaan, kaidah sopan-santun, dan kaidah hukum. Jadi hukum hanyalah salah satu dari kaidah sosial, yang merupakan peraturan mengenai perilaku orang dalam kehidupan bermasyarakat, yang dibuat oleh organisasi/lembaga yang mempunyai otoritas/kewenangan, dalam bentuk tertentu, dengan sanksi yang lebih tegas dan berlakunya dapat dipaksakan. Kaidah hukum diberlakukan untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat. Lengkapnya terkait dengan fungsi primer hukum, yakni melindungi rakyat dari bahaya dan tindakan yang dapat merugikan dan menderitakan hidupnya dari orang lain, masyarakat maupun penguasa. Di samping itu, berfungsi pula untuk memberikan keadilan serta menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Perlindungan, keadilan, dan kesejahteraan tersebut ditujukan pada subjek hukum yaitu pendukung hak dan kewajiban, tidak terkecuali kaum perempuan. Di dalam masyarakat, kaum perempuan mempunyai kedudukan pada posisi tertentu dalam suatu susunan kemasyarakatan. Kedudukan tersebut merupakan suatu wadah yang berisi hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai peranan. Di sini perempuan memiliki kedudukan sekaligus sebagai pemegang peran dalam masyarakat. Peranan ini mengalami dinamika yang berkembang sesuai dengan perkembangan dan perubahan masyarakat.

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah.

Pengantar Profesi Keguruan

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran. Kondisi ini dikarenakan posisi guru merupakan jabatan profesi yang memiliki peranan strategis dalam menentukan capaian keberhasilan dari proses pelaksanaan pendidikan. Berdasarkan konteks inilah, penyandang profesi guru diharuskan untuk memahami eksistensi dirinya secara konseptual sebagaimana penjabaran UUGD No. 14/2005, PP No. 74/2008/PP No. 19/2017 tentang Guru, maupun Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Dengan adanya pemahaman yang memadai tentunya dapat menunjang aktivitas profesi guru secara profesional di tingkat satuan pendidikan. Buku Pengantar Profesi Guru ini mendeskripsikan gagasan konseptual tentang hakikat profesi guru, tugas dan tanggung jawab guru, standar kompetensi profesi guru, kualifikasi akademik profesi guru, dan bentuk pengembangan profesionalisme profesi guru. Selanjutnya dalam buku ini dipaparkan mengenai organisasi dan kode etik guru Indonesia ditinjau dari hasil Keputusan Kongres XXI PGRI No. VI/2013, yang dilanjutkan dengan pembahasan terkait pandangan etika profesi guru. Uraian buku diakhiri dengan lampiran Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 tentang Guru. Buku ini relevan dengan kebutuhan referensi mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ilmu Pendidikan, para pendidik (guru, dosen), dan para pemerhati pendidikan. Harapan penulis, dengan membaca buku ini dapat memberikan penguatan wawasan kepada calon guru dan para guru dalam meningkatkan profesionalisme. Kehadiran buku ini juga dapat menjadi pedoman praksis untuk memenuhi pengembangan profesionalisme kinerja bagi para guru di tingkat satuan pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran.

BRAND, ISLAMIC BRANDING, & RE-BRANDING - Rajawali Pers

Perusahaan yang ingin berkembang atau sekadar bertahan dalam satu lingkungan industri harus mengetahui secara pasti setiap kebutuhan konsumen, dan harus dapat memberikan “nilai” yang lebih pada setiap produk barang dan jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Nilai lebih ini tidak hanya diukur dari aspek finansial (misalnya harga lebih murah), namun juga kualitas, pelayanan, tampilan, proses dan merek. Berbicara mengenai merek selalu menarik untuk dibahas karena merek memiliki posisi strategis dalam kaitannya untuk pemasaran produk. Para praktisi pemasaran menyadari bahwa nama merek yang kuat akan memberikan banyak implikasi pada konsumen yang kemudian akan membawa manfaat kepada perusahaan. Merek-merek yang kuat mampu memberikan jaminan kualitas dan nilai yang tinggi kepada pelanggan. sehingga untuk membangun merek yang kuat diperlukan strategi khusus yang dikenal dengan istilah manajemen merek (branding strategy).

... Rasulullah Saw. beserta keluarga, sahabat dan orang-orang yang selalu istiqamah menjalankan Sunnah Rasulullah Saw. hingga di hari akhir kelak. Selalu mengucap syukur sehingga akhirnya kami penulis mampu menyelesaikan buku dengan judul ...

Berkarier di Bidang Broadcasting

Broadcasting merupakan cabang disipling ilmu komunikasi yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negeri. Seiring semakin banyak bermunculannya televisi-televisi swasta, maka bidang broadcasting menjadi banyak dipilih sebagai bidang yang menjanjikan karier yang mapan. Jenjang karier di dunia broadcasting sangatlah luas. Maka dari itu, buku ini disusun secara sistematis tentang pengertian dan definisi penyiaran, proses dan penyelenggaraannya, sejarah perkembangan penyiaran di Indonesia, jenjang karier di dunia broadcasting, dan masalah pendidikan yang menunjang profesi di dunia broadcasting.

Broadcasting merupakan cabang disipling ilmu komunikasi yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negeri.