Sebanyak 271 item atau buku ditemukan

Feature Tulisan Jurnalistik Yang Kreatif, Disertai Kaidah Dalam Penulisan Jurnalistik

Feature merupakan bentuk tulisan jurnalistik yang dapat dianggap ringan. Meskipun tetap mengandung data, namun cara penulisan feature dapat dianggap ringan. Hal ini dikarenakan tulisan feature lebih berkutat pada hal-hal yang bersifat kemanusiaan. Feature telah menjadi bentuk tulisan jurnalistik yang nyaman bagi media, khususnya media cetak. Ringan namun tetap akurat. Karenanya, buku ini menggagas penulisan feature yang tidak hanya dipraktikkan oleh jurnalis professional, tetapi juga dapat diterapkan oleh penulis pemula, mahasiswa konsentrasi jurnalistik dan masyarakat awam yang menyenangi dunia jurnalistik.

Feature merupakan bentuk tulisan jurnalistik yang dapat dianggap ringan.

Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka

Buku ini adalah buku paling dibutuhkan oleh semua akademisi, guru, praktisi pendidikan yang konsen terhadap kajian bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Di dalam buku ini Bab I Filosofi, Konsep dan Teori, Bab 2 Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, Bab 3 Current Issues Pembelajaran Bahasa dan Sastra Anak, Bab4 Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia SD pada Kurikulum Merdeka, Bab 5 Capaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Bab 6 Implementasi Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa dan Sastra Indonesia SD pada Kurikulum Merdeka, Bab 7 Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra SD pada Kurikulum Merdeka, Bab 8 Perangkat Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra SD Kurikulum Merdeka, Bab 9 Pembelajaran Literasi Anak Sekolah Dasar.

Buku ini adalah buku paling dibutuhkan oleh semua akademisi, guru, praktisi pendidikan yang konsen terhadap kajian bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL - Rajawali Pers

Pembaruan pendidikan Islam dilakukan secara masif demi pemenuhan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dalam konteks Indonesia sebagai salah satu negara plural terbesar dunia, sudah sewajarnya menghidupkan pendidikan agama yang menghargai keberagaman. Melalui pendidikan agama Islam multikultural nilai-nilai pengakuan dan penghargaan terhadap pluralitas diajarkan. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam multikultural penting diimplementasikan untuk mewujudkan komitmen pendidikan Islam dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mulai terkoyak-koyak akibat tidak adanya penghargaan terhadap keragaman yang dapat menjerumuskan pada pandangan-pandangan stereotipe yang dapat memunculkan sikap primordialisme, etnosentrisme, dan diskriminatif terhadap individu maupun kelompok lain yang berbeda. Buku yang berjudul Pendidikan Islam Multikultural (Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-nilai Multikultural) ini menyajikan konsep dan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural. Di dalamnya membicarakan secara detail bagaimana mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) mulai dari konsep teoretis hingga praktik pembelajaran yang memuat perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian yang didasarkan pada nilai-nilai multikultural. Terbitnya buku ini dapat memberi nuansa baru bagi pengembangan teori Pendidikan Agama Islam multikultural yang selama ini masih berputar pada tataran wacana. Melalui contoh-contoh konkret dan paparan yang sederhana menjadikan buku ini mudah dipahami dan diimplementasikan. Sehingga dapat dimanfaatkan secara akademis bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan masyarakat umum terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk berinovasi dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berparadigma multikultural.

... Multikultural. Malang: UIN Maliki Press. Grand, Carl A, C. S. (2007). Doing Multicultural Education for Achievement and Equity. New York: Routledge. Hurlock, E. (2005). Developmental Psychology (A life-Span Approach), Fifth Edition ...

Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Perempuan - Rajawali Pers

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah. Persamaan hak dan kewajiban didasarkan perbedaan jenis kelamin sudah tidak lagi relevan. Kita lihat kaidah hukum kita. Manusia berperilaku dalam masyarakat harus sesuai dengan kaidah-kaidah sosial. Dengan kaidah sosial ini menjadi pedoman perilaku atau sikap bagi setiap warga masyarakat, mana yang seyogyanya dilakukan dan yang tidak dilakukan, yang dilarang atau yang dianjurkan. Ini terdiri dari kaidah/norma agama , kaidah kesusilaan, kaidah sopan-santun, dan kaidah hukum. Jadi hukum hanyalah salah satu dari kaidah sosial, yang merupakan peraturan mengenai perilaku orang dalam kehidupan bermasyarakat, yang dibuat oleh organisasi/lembaga yang mempunyai otoritas/kewenangan, dalam bentuk tertentu, dengan sanksi yang lebih tegas dan berlakunya dapat dipaksakan. Kaidah hukum diberlakukan untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat. Lengkapnya terkait dengan fungsi primer hukum, yakni melindungi rakyat dari bahaya dan tindakan yang dapat merugikan dan menderitakan hidupnya dari orang lain, masyarakat maupun penguasa. Di samping itu, berfungsi pula untuk memberikan keadilan serta menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Perlindungan, keadilan, dan kesejahteraan tersebut ditujukan pada subjek hukum yaitu pendukung hak dan kewajiban, tidak terkecuali kaum perempuan. Di dalam masyarakat, kaum perempuan mempunyai kedudukan pada posisi tertentu dalam suatu susunan kemasyarakatan. Kedudukan tersebut merupakan suatu wadah yang berisi hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai peranan. Di sini perempuan memiliki kedudukan sekaligus sebagai pemegang peran dalam masyarakat. Peranan ini mengalami dinamika yang berkembang sesuai dengan perkembangan dan perubahan masyarakat.

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah.

Pengantar Profesi Keguruan

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran. Kondisi ini dikarenakan posisi guru merupakan jabatan profesi yang memiliki peranan strategis dalam menentukan capaian keberhasilan dari proses pelaksanaan pendidikan. Berdasarkan konteks inilah, penyandang profesi guru diharuskan untuk memahami eksistensi dirinya secara konseptual sebagaimana penjabaran UUGD No. 14/2005, PP No. 74/2008/PP No. 19/2017 tentang Guru, maupun Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Dengan adanya pemahaman yang memadai tentunya dapat menunjang aktivitas profesi guru secara profesional di tingkat satuan pendidikan. Buku Pengantar Profesi Guru ini mendeskripsikan gagasan konseptual tentang hakikat profesi guru, tugas dan tanggung jawab guru, standar kompetensi profesi guru, kualifikasi akademik profesi guru, dan bentuk pengembangan profesionalisme profesi guru. Selanjutnya dalam buku ini dipaparkan mengenai organisasi dan kode etik guru Indonesia ditinjau dari hasil Keputusan Kongres XXI PGRI No. VI/2013, yang dilanjutkan dengan pembahasan terkait pandangan etika profesi guru. Uraian buku diakhiri dengan lampiran Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 tentang Guru. Buku ini relevan dengan kebutuhan referensi mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ilmu Pendidikan, para pendidik (guru, dosen), dan para pemerhati pendidikan. Harapan penulis, dengan membaca buku ini dapat memberikan penguatan wawasan kepada calon guru dan para guru dalam meningkatkan profesionalisme. Kehadiran buku ini juga dapat menjadi pedoman praksis untuk memenuhi pengembangan profesionalisme kinerja bagi para guru di tingkat satuan pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran.

BRAND, ISLAMIC BRANDING, & RE-BRANDING - Rajawali Pers

Perusahaan yang ingin berkembang atau sekadar bertahan dalam satu lingkungan industri harus mengetahui secara pasti setiap kebutuhan konsumen, dan harus dapat memberikan “nilai” yang lebih pada setiap produk barang dan jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Nilai lebih ini tidak hanya diukur dari aspek finansial (misalnya harga lebih murah), namun juga kualitas, pelayanan, tampilan, proses dan merek. Berbicara mengenai merek selalu menarik untuk dibahas karena merek memiliki posisi strategis dalam kaitannya untuk pemasaran produk. Para praktisi pemasaran menyadari bahwa nama merek yang kuat akan memberikan banyak implikasi pada konsumen yang kemudian akan membawa manfaat kepada perusahaan. Merek-merek yang kuat mampu memberikan jaminan kualitas dan nilai yang tinggi kepada pelanggan. sehingga untuk membangun merek yang kuat diperlukan strategi khusus yang dikenal dengan istilah manajemen merek (branding strategy).

... Rasulullah Saw. beserta keluarga, sahabat dan orang-orang yang selalu istiqamah menjalankan Sunnah Rasulullah Saw. hingga di hari akhir kelak. Selalu mengucap syukur sehingga akhirnya kami penulis mampu menyelesaikan buku dengan judul ...

Berkarier di Bidang Broadcasting

Broadcasting merupakan cabang disipling ilmu komunikasi yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negeri. Seiring semakin banyak bermunculannya televisi-televisi swasta, maka bidang broadcasting menjadi banyak dipilih sebagai bidang yang menjanjikan karier yang mapan. Jenjang karier di dunia broadcasting sangatlah luas. Maka dari itu, buku ini disusun secara sistematis tentang pengertian dan definisi penyiaran, proses dan penyelenggaraannya, sejarah perkembangan penyiaran di Indonesia, jenjang karier di dunia broadcasting, dan masalah pendidikan yang menunjang profesi di dunia broadcasting.

Broadcasting merupakan cabang disipling ilmu komunikasi yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negeri.

Matematika Ekonomi

Buku ini dibuat untuk membantu mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra mempelajari matematika sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh pada semester satu atau semester dua. Materi buku didasarkan pada pengetahuan bisnis dan ekonomi yang dipelajari secara bersamaan pada semester yang sama atau semester sebelumnya. Model matematika dan pemecahannya disesuaikan dengan pemahaman mahasiswa terkait dengan pengetahuan bisnis dan ekonomi yang dipelajari. Pemahaman model matematika akan sangat membantu mahasiswa dalam melakukan analisis kuantitatif dalam mempelajari dan memahami bisnis dan ilmu ekonomi, selain analisis kualitatif. Matematika bisnis dan ekonomi merupakan konsep dasar yang harus dipahami setiap mahasiswa fakultas bisnis dan ekonomi yang ingin mempelajari dan memecahkan masalah bisnis dan ekonomi secara baik. Buku matematika ekonomi ini menyajikan materi himpunan, relasi dan fungsi model matematika persamaan dan fungsi linear maupun fungsi kuadrat untuk mengungkapkan konsep fungsi-fungsi ekonomi seperti fungsi pendapatan, fungsi keuntungan, fungsi konsumsi, fungsi tabungan, fungsi permintaan, fungsi penawaran, serta pengaruh kebijakan fiskal pemerintah seperti pajak dan subsidi. Selain itu beberapa konsep bisnis keuangan terkait bunga tunggal dan bunga majemuk sebagai penerapan dari barisan dan deret hitung maupun deret ukur disajikan dengan bentuk contoh sederhana. Bentuk limit fungsi dan turunan fungsi disajikan dengan contoh-contoh penggunaannya dalam menentukan optimalisasi fungsi bisnis dengan pendekatan kalkulus. Selain itu pembahasan tentang matriks dan operasinya disajikan untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dengan beberapa variabel keputusan yang dikaitkan dengan permasalahan bisnis secara nyata. Model linear programing untuk menghasilkan keputusan optimal berdasarkan tujuan dan kendala yang dihadapi.

Essential Mathematics for Economics and Business. 3rd ed. John Wiley & Son Ltd. England, 2009. Chiang, Alpha C., Kevin Wainright. Fundamental Methods of Mathematical Economics, 4th ed. Mc Graw-Hill Companies, Inc. Printed in Indonesia, ...

Penegakan Hukum Anti Pencucian Uang

Praktik pencucian uang merupakan tindak kejahatan yang berbahaya. Tindakan kejahatan ini tidak cuma mengkamuflase uang hasil kejahatan menjadi tampak bersih atau sebagai uang sah, namun di urutan berikutnya, lewat hasil uang kejahatan itu, dapat pula melahirkan atau mengembangkan jaringan kejahatan selanjutnya. Oleh sebab itu, penegakan hukum dan pemberantasan praktik pencucian uang amat penting didorong dan dilakukan. Buku ini memaparkan ihwal penegakan hukum tindak pidana pencucian uang (TPPU). Pembahasannya dimulai dengan pemaparan mengenai pengertian dan proses kejahatan pencucian uang. Kemudian berlanjut pada pembahasan perihal penegakan hukum atas kejahatan TPPU, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 dan permasalahan penerapannya, serta penyidikan, penuntutan dan putusan dalam perkara TPPU. Lalu diteruskan dengan pembahasan ihwal penerapan UU TPPU pada tindak pidana korupsi dan kejahatan narkotika, serta kejahatan perbankan dan pencucian uang. Di bagian akhir dibahas tentang penanganan perkara tindak pidana pencucian uang dalam perspektif tindak pidana umum dan khusus. Kehadiran buku ini sangatlah penting mengingat makin maraknya kini tindak kejahatan berupa pencucian uang di Indonesia. Adapun buku ini tidak semata dapat dibaca oleh para mahasiswa atau pengajar dari Fakultas Hukum, namun juga oleh para praktisi hukum, penggiat anti-korupsi, aparatur negara atau mereka yang menaruh minat pada persoalan tindak pidana pencucian uang.

Dengan demikian, seharusnya LHA adalah bukti dokumen sebagaimana Pasal 73 huruf b atau apabila dikirim secara elektronik bisa masuk sebagai informasi yang dikirim secara elektronik. Bila seperti sekarang hanya dianggap sebagai ...

Teacher Education and Professional Development in TESOL

Global Perspectives

At the forefront of research on English language teacher education and professional development, this volume presents new empirical research situated in different contexts around the world, including Canada, Denmark, Israel, Japan, Korea, Qatar, Sudan, and the U.S. It is framed by the volume editors’ insightful overview and analyses of previous and ongoing work in a variety of related domains and an epilogue by David Nunan. The chapter studies are organized around three themes: teacher identity in ESL/EFL teacher education and professional development programs, second language teacher education programs for diverse contexts, and professional development for diverse contexts. All chapters focus on the applied nature of the research and include a section on implications. To provide balance and a range of views, the volume includes both chapters reporting on empirical research funded by TIRF grant recipients and several from invited authors who are senior scholars in the field. This is the third volume in the Global Research on Teaching and Learning English Series, co-published by Routledge and TIRF.

At the forefront of research on English language teacher education and professional development, this volume presents new empirical research situated in different contexts around the world, including Canada, Denmark, Israel, Japan, Korea, ...