Sebanyak 25 item atau buku ditemukan

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM KEPERAWATAN

Buku Ajar Kepemimpinan dan Manajemen Konflik dalam Keperawatan ini terdiri atas lima bab, yang membahas pendahuluan; kepemimpinan dalam keperawatan ; konflik dalam keperawatan; manajemen konflik dalam keperawatan; kesimpulan dari bahan ajar yang ada dalam penulisan buku ini. Penyusunan buku ini disesuaikan dengan Garis-Garis Besar Pengajaran di Pendidikan Tinggi Keperawatan. Sesuai dengan sasaran pengguna buku ini, yaitu mahasiswa dan praktisi keperawatan. Penulis melakukan pendekatan praktis dan penyajian teoretik berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi Keperawatan di Indonesia sehingga buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa S1 Keperawatan maupun D3 Keperawatan. Soal-soal latihan uji kompetensi di setiap akhir bab membantu pembaca untuk memahami topik yang disajikan di setiap bab. Soal uji kompetensi ini akan membantu mahasiswa dalam menghadapi ujian kompetensi nasional.

Buku Ajar Kepemimpinan dan Manajemen Konflik dalam Keperawatan ini terdiri atas lima bab, yang membahas pendahuluan; kepemimpinan dalam keperawatan ; konflik dalam keperawatan; manajemen konflik dalam keperawatan; kesimpulan dari bahan ajar ...

Pengantar Ilmu Komunikasi

Buku ini terdiri dari 12 (dua belas) bab yang ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi refrensi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu juga, kami mengharapkan buku ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan tentang ilmu komunikasi.

Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi ...

Dasar-Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah

Buku ini terdiri atas 9 (sembilan) bab yang saling berkaitan yang membahas mengenai dasar-dasar menulis karya tulis ilmiah, pengertian, jenis-jenis karya tulis ilmiah, pengenalan laporan ilmiah (tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi), jenisjenis penelitian dan pendekatan sudut pandang penelitian. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian, teknik-teknik pengumpulan data penelitian beserta contoh-contoh publikasi setiap program studi di Politeknik Negeri Subang. Dasar-Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah Eksistensi dunia pendidikan selama ini tidak lepas dari keberadaan peran karya tulis ilmiah terutama di dalam dunia perkuliahan. Karya tulis ilmiah dapat dihasilkan dari berbagai macam penelitian atau pun ...

MANAJEMEN KURIKULUM

Buku ini masih bersifat global dan mengungkap berbagai persoalan seputar konsep manajemen kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, ruang lingkup manajemen kurikulum lembaga pendidikan, masalah-masalah dan kendala dalam implementasi kurikulum 2013, tahapan manajemen kurikulum dalam satuan pendidikan, analisis dan identifikasi sumber daya yang dibutuhkan pada tingkat satuan pendidikan, evaluasi manajemen kurikulum pada satuan pendidikan, tugas pokok dan fungsi manajer dan personil satuan pendidikan dalam manajemen kurikulum, inovasi dalam implementasi manajemen kurikulum, peranan dan aplikasi IT dalam manajemen kurikulum, model dan organisasi pengembangan kurikulum, KKNI dan kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis yang diperkuat dengan berbagai sumber bacaan.

Buku ini masih bersifat global dan mengungkap berbagai persoalan seputar konsep manajemen kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, ruang lingkup manajemen kurikulum lembaga pendidikan, masalah-masalah dan kendala dalam ...

BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Swt. atas rahmat dan karunia-Nya sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Buku Metodologi Penelitian Kesehatan ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa. Oleh sebab itu, buku ini ditulis secara ringkas dan padat, tetapi dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk memahami proses penelitian. Buku ini diharapkan dapat digunakan secara praktis oleh mahasiswa untuk dapat melakukan penelitian. Buku ajar ini memuat informasi tentang metode, prosedur, dan teknik yang dapat diterapkan dalam penelitian. Penyajian bagian alir dan contohcontoh penerapan dalam buku ini membantu untuk menjelaskan konsep yang rumit menjadi lebih mudah dimengerti oleh mahasiswa sebagai peneliti pemula. Urutan penulisan yang disesuaikan dengan langkah-langkah dalam proses penelitian juga memudahkan mahasiswa untuk mempelajari buku ini. Penulis menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna. Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, kami memohon masukan dan saran yang bersifat membangun sebagai upaya menyempurnakan buku ini. Maka dari itu, kami meminta dukungan, kritik, dan saran dari para pembaca untuk perbaikan buku ini di masa yang akan datang. Medan, September 2021

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Swt. atas rahmat dan karunia-Nya sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Buku Metodologi Penelitian Kesehatan ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa.

Konsep Keperawatan Anak

Book chapter ini disusun oleh sejumlah dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Keperawatan Anak, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan mudah dipahami. Sistematika buku ini dengan judul “Konsep Keperawatan Anak” mengacu pada konsep dan aplikasi nyata dalam melaksanakan proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium maupun klinik/lapangan. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai perspektif keperawatan anak dalam konteks keluarga, pendekatan teori model keperawatan anak, konsep tumbuh kembang anak, hospitalisasi pada anak, bermain pada anak, imunisasi pada anak, komunikasi pada anak, toilet training pada anak, penilaian risiko jatih dan pemeriksaan fisik pada anak.

New York: Mac Graw Hill Suyadi (2014). Teori pembelajaran Anak Usia Dini: dalam kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Suyanto, Slamet (2005). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: DEPDIKBUD Suryadi (2007). 89 KONSEP BERMAIN PADA ANAK.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Syukur Alhamdulillah kepada Tuhan YME atas lindungan dan rahmat-Nya karena para penulis dari berbagai Perguruan Tinggi dan Instansi kembali mampu menyelesaikan naskah kolaborasi dengan Judul “Pengembangan Media Pembelajaran”. Yang melatarbelakangi penerbit mengadakan kegiatan Menulis Kolaborasi adalah untuk membiasakan Dosen dan Guru menulis sesuai dengan rumpun keilmuannya. Buku dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Konsep Dasar Media Pembelajaran, 2) Pentingnya Penggunaan Media Dalam Pembelajaran, 3) Fungsi Media Pembelajaran, 4) Landasan Penggunaan Media Pembelajaran, 5) Media Pembelajaran 2 Dimensi, 6) Media Pembelajaran 3 Dimensi, 7) Media Pembelajaran Mutakhir, 8) Multimedia Pembelajaran, 9) Kriteria Pengembangan Media Pembelajaran, 10) Langkah – Langkah Pengembangan Media Pembelajaran, 11) Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran, 12) Metode Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Peserta Didik, 13) Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, 14) Media Pembelajaran Berbasis Kecakapan Hidup, 15) Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal, 16) Media Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan / Entrepreneur. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Editor Buku Bp Dr. Muhammad Hasan, S.Pd., M.Pd yang telah mengarahkan dan membantu dalam mengeditori buku ini dengan baik sehingga menjadi buku yang baik dan bermanfaat.

Buku dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Manajemen Keperawatan “Aplikasi Komunikasi Perawat & Kepuasan Kerja”

Buku Manajemen Keperawatan “Aplikasi Komunikasi Perawat dan Kepuasan Kerja” ini berisikan tentang komunikasi dalam keperawatan, Model MAKP, Motivasi, Kepuasan Kerja, Manajemen Konflik & pendelegasian serta supervisi. Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa keperawatan belajar dalam menerapkan komunikasi saat melakukan asuhan keperawatan di rumah sakit. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya.

Buku Manajemen Keperawatan “Aplikasi Komunikasi Perawat dan Kepuasan Kerja” ini berisikan tentang komunikasi dalam keperawatan, Model MAKP, Motivasi, Kepuasan Kerja, Manajemen Konflik & pendelegasian serta supervisi.

M A N A J E M E N KEPERAWATAN BAGI PENDIDIKAN VOKASI

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karuniaNya sehingga buku ajar Manajemen Keperawatan ini dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan pedoman bagi mahasiswa pendidikan vokasi atau DIII Keperawatan dalam menempuh mata kuliah Manajemen Keperawatan. Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran mata kuliah Manajemen Keperawatan dalam kurikulum tahun 2014 yang telah di Up-Date dan diterapkan mulai tahun ajaran 2019/2020. Buku ini tersusun dari 7 Bab yang membahas tentang manajemen keperawatan, konsep model keperawatan profesional, konsep supervisi, timbang terima dan pendelegasian, konsep manajemen konflik, konsep kolaborasi dan negosiasi dan konsep penjaminan mutu. Penulis mengucapkan terima kasih kepada writingclass institute yang telah memfasilitasi penulis mengikuti pelatihan dan juga kepada ibu Uswatun Khasanah, M.Pd.I atas materi pelatihan penyusunan buku yang sangat bermanfaat membantu penulis dalam menyelesaikan buku ini. Terima kasih juga kepada rekan-rekan dosen Program Studi DIII Keperawatan yang terus memberikan motivasi kepada penulis

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karuniaNya sehingga buku ajar Manajemen Keperawatan ini dapat terselesaikan dengan baik.

Praktik Manajemen Keperawatan

Teori dan Aplikasinya

Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan buku “Praktik Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasinya” ini dengan sebaik-baiknya. Buku ini merupakan buku yang disusun berdasarkan hasil pengalaman pembelajaran mahasiswa praktik yang telah dilakukan sebagai akademisi dalam penerapan tridharma perguruan tinggi. Buku ini menjelaskan tentang konsep pengelolaan keperawatan dan langkah-langkah konkret dalam pelaksanaannya di ruangan. Buku ini menjadi salah satu output dan hak kekayaan intelektual yang dilakukan sebagai luaran capaian dari setiap kegiatan tridharma perguruan tinggi yang telah dilakukan. Setelah mempelajari buku ini diharapkan para pembaca dapat memahami konsep pengelolaan keperawatan dan langkah-langkah konkret dalam pelaksanaannya di ruangan. Penulis menyadari bahwa penulisan buku ini sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengaharapakan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan buku ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan dan motivasi sehingga buku ini bisa digunakan oleh para pembaca buku ini. Mataram, 10 Juli 2020 Irwan Hadi, S.Kep., Ners., M.Kep. Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Subhanu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya buku “Praktik Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasinya”. Buku ini merupakan buku yang sangat baik karena didasarkan pada hasil pengalaman pembelajaran mahasiswa praktik dan kemudian dikembangkan sesuai dengan keahlian dan kepakarannya. Diharapkan dengan buku tersebut mampu memberikan pemikiran dan ide dalam berinovasi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Semoga buku ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai dan menjadi amal jariayah kita semua. Mataram, 2 Januari 2020 Ketua STIKES YARSI Mataram (H. Zulkahfi, S.Kep., Ners., M.Kes.)

Semoga buku ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai dan menjadi amal jariayah kita semua. Mataram, 2 Januari 2020 Ketua STIKES YARSI Mataram (H. Zulkahfi, S.Kep., Ners., M.Kes.)