Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

Troy

Api Cinta di Langit Troya

Sinopsis Troya hadir sebagai rangkaian yang sesak sejarah. Ia komponen kemegahan, keanggunan dan tradisi ketangguhan. Tembok Troya merupakan benteng yang belum pernah dilewati musuh, sejak didirikan Baginda Tros hingga Priam berkuasa. Sekian ratus tahun Troya berdiri dengan atribut kedigdayaannya. Hingga Hecuba melahirkan Paris. Isyarat para dewa membawa Priam harus menyingkirkan Paris dari istana. Tapi takdir menuntun Paris kembali ke istana. Sejarah kelabu Troya dimulai saat Paris mengenal Helen of Sparta istri Menelaus sang penguasa Sparta. Cinta menjadi udara antara Paris dan Helen. Paris membawa Helen ke Troya. Paris menyulut perang antara Troya dengan Sparta. Achilles, komandan pasukan Myrmidon hadir di Troya mengibarkan bendera pesan untuk Troya : Paris harus bertanggung jawab. Pesan tanpa iktikad menghancurkan Troya. Apalagi Achilles jatuh cinta kepada Bresies. Troya membuat kesalahan besar ketika Hector membunuh Petroclus, sahabat Achilles. Achilles menginginkan Hector sekaligus kehancuran Troya. Di bawah matahari Troya, Achilles berlaga melawan Hector. Tapi Hector harus mengakui keperkasaan Achilles. Di malam yang ditakdirkan para dewa, keanggunan Troya harus luruh. Achilles pun harus tunduk pada takdirnya sebagai manusia. Kematian romantik, karena waktu masih mempertemukannya dengan Bresies. Prolog Melihat Troya dari jauh, seperti menyaksikan sebuah dunia kecil di luar dunia ini. Dunia kecil yang mengumpulkan sederet komunitas tentang kedamaian, kejayaan, keindahan sekaligus keperkasaan. Dunia kecil yang mampu memanggil khayalan tentang dunia yang penuh bentangan kemegahan, keanggunan dan ketangguhan. Semenjak berdirinya di era Baginda Tros, Troya dengan tembok tingginya, adalah sebuah titik di peta semesta yang ditakdirkan hadir sebagai sejarah yang banyak bercerita tentang tingginya peradaban, seni dan cinta. Namun di ketinggian sana, di area yang misterius, sebuah takdir sedang mengintai perjalanan sejarah Troya. Takdir yang bergulir dan menandai dengan lahirnya Paris dari rahim Hecuba ~ permaisuri Priam ~ sang penguasa Troya. Dan perjalanan waktu mengantar Paris bertemu dengan Helen of Sparta. Seorang perempuan jelita. Seorang perempuan yang wajahnya sanggup meluncurkan seribu kapal untuk berlabuh di Sparta. Seorang perempuan ~ yang karena keadaan ~ harus menerima Menelaus sebagai pendamping hidupnya. Cinta seorang Paris kepada Helen of Sparta adalah genangan atmosfir yang memicu berderapnya langkah-langkah pasukan gabungan menuju jengkal-jengkal tanah Troya. Tapi Troya adalah sebuah kekuatan yang tak mudah ditaklukkan. Tembok tingginya merupakan pertahanan yang sejak berdirinya masih steril dari jejak kaki-kaki musuh. Dan Troya percaya, tembok Troya adalah palang pintu yang akan tetap steril selamanya. Apalagi Troya memiliki Dewa Apollo. Dewa yang dipercaya rakyat Troya sebagai dewa penyelamat dan dewa pelindung Troya. Cinta terlarang Paris kepada Helen of Sparta ialah bagian tersendiri yang menyeret Achilles hadir di bumi Troya. Seorang Achilles, yang jauh sebelumnya sudah diprediksi oleh Calchas bahwa : Troya tak akan jatuh tanpa kehadiran Achilles. Seorang Achilles yang sejak usia dini sudah dipaksa berpindah-pindah tempat agar terhindar dari tulisan para dewa tentang usianya yang tidak panjang, meski ia akan membuat sejarah besar di pelataran bumi ini. Dalam hari-hari kelam perang, perjalanan hari membawa Achilles bertemu dan jatuh cinta dengan Bresies. Seorang gadis kerabat istana Troya. Sebuah cinta yang berperan merenggangkan hubungan Achilles dengan Argamemnon. Sebuah cinta yang memaksa Achilles memutuskan tidak akan melanjutkan perang melawan Troya. Dan, sebuah cinta yang mendorong Achilles melepas Bresies kembali ke istana Troya. Kejatuhan Troya mulai terlihat ketika Hector membuat sebuah kesalahan dengan membunuh Petroclus, yang menurut dugaan Hector adalah Achilles. Karena saat itu Petroclus mengenakan pakaian perang milik Achilles. Kesalahan yang mengundang dendam Achilles, hingga laki-laki putra Pheleus ini hadir sendirian ke Troya menantang Hector. Hector harus tunduk pada keperkasaan Achilles dan Troya harus meratap menyaksikan Achilles menyeret Hector di belakang kereta kudanya. Dan Troy ~ sebuah kuda kayu ~ adalah jalan yang mengantar Achilles memasuki istana Troya. Sebuah jalan yang memutus mitos dan menanggalkan tradisi Troya, bahwa tembok Troya tak akan dilewati kaki-kaki musuh. Sebuah jalan yang menghanguskan istana dan memerahkan langit Troya. Sebuah jalan yang memaksa Priam terkubur dengan kemegahan istananya. Sekaligus sebuah jalan yang meminta Achilles rebah di kaki takdirnya sebagai seorang manusia.

Hector harus tunduk pada keperkasaan Achilles dan Troya harus meratap menyaksikan Achilles menyeret Hector di belakang kereta kudanya. Dan Troy ~ sebuah kuda kayu ~ adalah jalan yang mengantar Achilles memasuki istana Troya.

Praktik Manajemen Keperawatan

Teori dan Aplikasinya

Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan buku “Praktik Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasinya” ini dengan sebaik-baiknya. Buku ini merupakan buku yang disusun berdasarkan hasil pengalaman pembelajaran mahasiswa praktik yang telah dilakukan sebagai akademisi dalam penerapan tridharma perguruan tinggi. Buku ini menjelaskan tentang konsep pengelolaan keperawatan dan langkah-langkah konkret dalam pelaksanaannya di ruangan. Buku ini menjadi salah satu output dan hak kekayaan intelektual yang dilakukan sebagai luaran capaian dari setiap kegiatan tridharma perguruan tinggi yang telah dilakukan. Setelah mempelajari buku ini diharapkan para pembaca dapat memahami konsep pengelolaan keperawatan dan langkah-langkah konkret dalam pelaksanaannya di ruangan. Penulis menyadari bahwa penulisan buku ini sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengaharapakan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan buku ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan dan motivasi sehingga buku ini bisa digunakan oleh para pembaca buku ini. Mataram, 10 Juli 2020 Irwan Hadi, S.Kep., Ners., M.Kep. Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Subhanu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya buku “Praktik Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasinya”. Buku ini merupakan buku yang sangat baik karena didasarkan pada hasil pengalaman pembelajaran mahasiswa praktik dan kemudian dikembangkan sesuai dengan keahlian dan kepakarannya. Diharapkan dengan buku tersebut mampu memberikan pemikiran dan ide dalam berinovasi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Semoga buku ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai dan menjadi amal jariayah kita semua. Mataram, 2 Januari 2020 Ketua STIKES YARSI Mataram (H. Zulkahfi, S.Kep., Ners., M.Kes.)

Semoga buku ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai dan menjadi amal jariayah kita semua. Mataram, 2 Januari 2020 Ketua STIKES YARSI Mataram (H. Zulkahfi, S.Kep., Ners., M.Kes.)

Buku Ajar Technopreneurship – Panduan Bisnis Berbasis Teknologi

KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan Puja dan Puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugerahNya sehingga buku Technopreneurship ini dapat terselesaikan. Buku Technopreneurship atau kewirausahaan ini sangat perlu dipelajari dan dipraktekkan oleh para ahli teknik yang memilih menjadi manajer pada usahanya sendiri dan tidak memilih profesi sebagai pegawai atau tenaga kerja bagi orang lain. Alumni Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) bukan saja harus terampil dalam teknis operasional pekerjaan, tapi uga harus terampil dalam merencanakan dan menangkap peluang bisnis yang ada di sekitarnya. Tanpa pengetahuan kewirausahaan, seorang alumni akan bekerja tanpa arah, sehingga lambat dalam mencapai hasil optimal. Sebaliknya dengan bekal pengetahuan yang memadai diharapkan akan muncul calon-calon pengusaha unggul yang menjunjung tinggi etika bisnis, jujur, bernurani dan berfokus pada kepuasan stakeholders menuju masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Penulisan bahan ajar untuk mata kuliah Technopreneurship ini memuat berbagai pengetahuan kewirausahaan yang dibutuhkan mahasiswa ketika nanti mereka bekerja. Bahan ajar berfungsi sebagai seperangkat materi yang disusun sistematis yang digunakan oleh pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan belajar. Dengan adanya bahan ajar ini diharapkan semua pihak yang berkepentingan dapat menjelaskan secara sistematis dan terstruktur tujuan instruksional yang akan dicapai sesuai standar kompetensi yang ditetapkan. Dengan selesainya penyusunan bahan ajar ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, terutama kepada Bapak I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., selaku Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) dan Bapak Dr. Ir. I Gede Santosa, M.Erg., selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin PNB yang telah memberikan motivasi dan dukungan terus menerus bagi selesainya penulisan bahan ajar ini. Terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Luh Putu Ike Midiani,ST.,MT., yang telah menyumbangkan materi untuk penyusunan buku ini serta Bapak I Nyoman Suamir, ST., M.Sc., Ph.D. yang memberikan format penulisan buku ini. Semoga bahan ajar mata kuliah Technopreneurship ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya bagi para mahasiswa. Denpasar, 15 Juni 2020 Penyusun

Di dalam usahanya, mereka menetapkan suatu nilai dasar yang harus diikuti oleh para wirausahawan, bahwa inovasi harus merupakan karakteristik utama dari usaha-usaha kewirausahaan. Kreativitas adalah hakekat dari tindakan-tindakan ...

Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP

Tinjauan Filosofis, Teoritis Dan Contoh Implementasinya

KATA PENGANTAR Ada tujuh perubahan pola pikir yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013. Aspek yang keenam adalah dari pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines). Merujuk pada penyempurnaan pola pikir kurikulum 2013 secara khusus dan perkembangan pembelajaran IPA terpadu secara global, pembelajaran secara terpadu terutama dilaksanakan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Penyusunan buku yang dapat memandu calon guru IPA maupun guru IPA yang sudah bertugas di sekolah-sekolah amat sangat penting. Buku yang menjadi panduan bagaimana merancang kurikulum terpadu di sekolah perlu diperbanyak, terutama yang berbahasa Indonesia dan menyediakan contoh-contoh dalam kurikulum Indonesia. Buku ini berisi pengetahuan teori dan contoh praktik memadukan kurikulum terutama untuk mata pelajaran IPA. Saya sebagai penulis berharap agar buku ini bermanfaat bagi calon guru dan guru IPA di Indonesia. Malang, Juni 2020 Penulis

Principle Five: Emotions are critical to patterning – Prinsip Lima: Emosi sangat penting untuk mengembangkan pola. Apa yang kita pelajari dipengaruhi dan ... kebutuhan untuk interaksi sosial. Emosi dan pikiran sungguh-sungguh saling ...

Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi

disertai aplikasi dan pendekatan analisis jalur

Salah satu tema dalam kebijakan pembangunan pendidikan adalah peningkatan mutu pendidikan, jika kita berbicara masalah pendidikan tidak terlepas dari masalah pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan. Suatu sistem pendidikan dalam hal ini Perguruan Tinggi yang dikatakan bermutu adalah jika proses belajar dan mengajar berlangsung secara efektif , efisien dan ekonomis yang tentunya harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang dalam hal ini dosen-dosen yang berqualifaid . Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mendefinisikan bahwa Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Ilmu Pengetahuan dalam UU 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi adalah rangkaian pengetahuan yang digali, disusun, dan dikembangkan secara sistematis dengan menggunakan pendekatan tertentu, yang dilandasi oleh metodologi ilmiah untuk menerangkan gejala alam dan/atau kemasyarakatan tertentu, dan Teknologi adalah penerapan dan pemanfaatan berbagai cabang Ilmu Pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidup, serta peningkatan mutu kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta perubahan masyarakat yang sangat cepat, maka secara otomatis memerlukan sumberdaya manusia yang berpendidikan dan trampil hal ini untuk menjawab tantangan-tantangan ke depan yang semakin dinamis. Berbicara dalam pendidikan Perguruan tinggi, suatu hal sebagai momok mahasiswa adalah tugas akhir, dalam hal ini Desertasi jika mahasiswa tersebut program strata 3, tesis jika mahasiswa tersebut progran strata 2 dan skripsi jika mahasiswa tersebut strata 1. Penelitian yang merupakan tugas akhir seorang mahasiswa yang berdasarkan pendekatan secara garis besar yang dibedakan atas : a) Kuantitatif pada dasarnya dilakukan pada jenis penelitian inferensial dan menyandarkan kesimpulan hasil penelitian pada suatu probilitas kesalahan penolakan hipotesa nol dengan metoda ini akan diperoleh siqnifikansi perbedaan kelompok atau siqnifikansi hubungan antar varibel yang diteliti, pada umumnya penelitian ini merupakan penelitian dengan jumlah sampel besar dan bila disederhanakan penelitian ini secara mendalam dibagi menjadi penelitian deskriptif dan penelitian infrensial. b) Kualitatif pada umumnya menekankan analisis proses dari proses berpikir secara deduktif dan induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antara fenomena yang diamati, dan senantiasa menggunakan logika ilmiah, penelitian ini tidak berarti tanpa menggunakan dukungan dari data kuantitatif akan tetapi lebih ditekankan pada kedalaman berpikir formal dari peneliti dalam menjawab permasalahan yang diahadapi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengembangkan konsep sensitivitas pada masalah yang dihadapi, menerangkan realitas yang berkaitan dengan penelusuran teori dari bawah (grounded theory), dan mengembangkan pemahaman akan satu atau lebih dari fenomena yang diamati, senantiasa menggunakan logika ilmiah penelitian ini tidak berarti tanpa menggunakan dukungan dari data kuantitatif, akan tetapi lebih ditekankan. Tugas akhir mahasiswa tersebut dalam hal ini membuat tesis atau skripsi, tidak jarang atau bahkan dari 10 mahasiswa semester akhir hanya 4-6 mahasiswa saja yang dapat menyelesaikan tugas akhir yaitu penelitian. Kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dapat diminimalis jika menerapkan suatu model yaitu model NIA Saragih, model terebut adalah : 1. Niat Mahasiswa kurang kuat dalam membuat niat dalam menyelesaikan skripsi dan niat untuk menyelesaikan skripsi hanya nomor 3 dan seterusnya, dan niat ini bukan sebagai prioritas yang pertama, untuk mengabaikan niat-niat yang lain. Kesimpulan dalam variabel Niat ini adalah agar menancapkan dalam hati yang dalam untuk dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu, misalnya datang teman dan mengajak untuk bermain dan kita lagi merivisi skripsi dalam hal ini kita harus tega menolaknya. 2. Sabar Mahasiswa ingin menyelesikan skripsi dengan instan, dan meminimalkan prosedur-prosedur yang berlaku, dan kurang sabar dalam menghadapi kendala-kendala yang terjadi, Kesimpulan dalam variabel Sabar adalah mahasiswa harus berhati sabar jika menghadapi kendala-kendala atau benturan-benturan, kendala-kendala tersebut bisa berasal dari internal mahasiswa itu sendiri atau external dalam dilingkungan kampus, misalnya sudah janjian dengan dosen pembimbing jam 10.00 Wib, mahasiswa sudah menunggu, tetapi dosenya tidak muncul 3. Rajin Dalam variabel rajin dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dituntut untuk ekstra rajin, rajin dalam artian disini adalah rajin untuk mengunjungi perpustakaan, rajin dalm bimbingan, rajin diskusi dengan teman se-kampus, dan rajin merivisi kesalahan-kesalahan hasil dari bimbingan. 4. Gigih Variabel Kegigihan dalam arti disini adalah pantang menyerah, semangat, dalam menyelesaikan skripsi, gigih dapat juga diartikan mempertahankan pendapat bila beradugumentasi dengan pembimbing. Variabel yang empat ini lah yang disebut model NIA SARAGIH, model ini akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Salah satu tema dalam kebijakan pembangunan pendidikan adalah peningkatan mutu pendidikan, jika kita berbicara masalah pendidikan tidak terlepas dari masalah pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan.

Buku Ajar Prinsip Etika Profesi

Membangun Profesionalisme Diri

KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan Puja dan Puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugerahNya sehingga buku Etika Profesi ini dapat terselesaikan. Buku Etika Profesi ini sangat perlu dipelajari dan dipraktekkan oleh para ahli teknik yang memilih menjadi manajer pada usahanya sendiri meupun yang memilih profesi sebagai pegawai atau tenaga kerja. Alumni Perguruan Tinggi bukan saja harus terampil dalam teknis operasional pekerjaan, tapi juga harus melek hukum dan paham etika dari profesi yang ditekuninya. Tanpa pengetahuan etika profesi, seorang alumni akan gamang - bekerja tanpa arah, sehingga lambat dalam mencapai hasil optimal. Sebaliknya dengan bekal pengetahuan yang memadai diharapkan akan muncul calon-calon pengusaha unggul yang menjunjung tinggi etika bisnis, jujur, bernurani dan berfokus pada kepuasan stakeholders menuju masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Penulisan buku untuk mata kuliah etika profesi ini memuat berbagai pengetahuan etika dan profesi serta contoh-contoh panduan atau implementasi etika profesi yang dibutuhkan mahasiswa ketika nanti mereka bekerja. Buku ini berfungsi sebagai seperangkat materi yang disusun sistematis yang digunakan oleh pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan belajar. Dengan adanya buku ini diharapkan semua pihak yang berkepentingan dapat menjelaskan secara sistematis dan terstruktur tujuan instruksional yang akan dicapai sesuai standar kompetensi yang ditetapkan. Dengan selesainya penyusunan bahan ajar ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihakpihak yang telah membantu, terutama kepada pihak-pihak yang telah membantu, terutama kepada Bapak Satria Hadi Lubis dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan Pengurus Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) yang pendapatnya banyak dikutip pada buku ini. Ucapan terima kasih juga penulis tujukan kepada Bapak I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., selaku Direktur Politeknik Negeri Bali dan Bapak Dr. Ir. I Gede Santosa, M.Erg., selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin serta Bapak Kadek Ervan H.W., ST.,MT., yang telah memberikan motivasi dan dukungan terus menerus bagi selesainya penulisan bahan ini. Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak I Gede Nyoman Suta Waisnawa,SST.,MT., yang telah menyumbangkan materi untuk penyusunan buku ini serta Bapak I Nyoman Suamir, ST., M.Sc., Ph.D. yang merancang format penulisan buku ini. Kami menyadari bahwa dalam menyusun buku ini masih terdapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, disebabkan keterbatasan waktu dan penguasaan materi. Untuk itu kami membutuhkan masukan dari berbagai pihak demi kesempurnaan penyusunan buku ini di masa yang akan datang. Semoga buku mata kuliah etika profesi ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya bagi para mahasiswa. Denpasar, 15 Juni 2020 Penyusun

KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan Puja dan Puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugerahNya sehingga buku Etika Profesi ini dapat terselesaikan.

Metodologi Penelitian Pendidikan

buku ajar praktis cara membuat penelitian

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian. Agar bisa mengusai materi tersebut maka mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber belajar. Untuk itulah penulis mencoba menyusun sebuah Metodologi Penelitian ini agar bisa bermanfaat sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Buku ajar ini diperuntukan bagi dosen, mahasiswa dan siapa saja yang berminat melakukan peneltiian sebagai bahan perkuliahan dengan penyajian yang lebih praktis, dimulai dengan uraian atau penjelasan yang singkat padat tetapi bisa dipahami pembaca. Buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, karena bahan disajika sedemikian rupa. Dengan buku ini pembaca bisa membedakan mana penelitian kuantitatif dan mana penelitian kualitatif, penelitian konvensional dan penelitian tindakan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat untuk menadakan riset dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang disajikan dalam buku ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan dalam penulisan diktat ini. Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada buku ini, ”Tiada gading yang tak retak”, buku ini masih perlu terus disempurnakan, baik yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian.