Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Sekolah

Buku kategori keguruan dan ilmu pendidikan yang berjudul Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Sekolah merupakan karya dari Hambali. Manajemen pendidikan merupakan suatu bidang keilmuan yang membutuhkan konsep dan teori serta praktik yang relevan. Dalam praktiknya, manajemen pendidikan masih banyak masalah yang timbul karena kurang lancarnya penerapan dan pemahaman administrasi atau manajemen pada berbagai aspek kehidupan sekolah. Dengan berbagai kelemahan dalam penyelenggaraan bidang pendidikan yang berakibat rendahnya mutu para lulusan hampir semua jenjang dan jenis pendidikan di Indonesia, salah satu sebabnya menurut pengamatan penulis kurang dipahaminya arti dan tidak mematuhi prinsip dan pelaksanaan manajemen pendidikan.

... student; (7) students given responsibility; and (8) shared staff-students activities. Menurut Smith dan Tomlinson ... peserta didik, motivasi, semangat, 42.

Manajemen Pengelolaan Kelas

Buku Manajemen Pengelolaan Kelas ini menawarkan panduan menyeluruh mengenai strategi dan teknik yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, efektif, dan menyenangkan. Dalam pendidikan yang semakin kompleks, keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola kelas secara sistematis dan profesional. Buku ini menyajikan berbagai konsep dan praktik terbaik dalam pengelolaan kelas yang dapat diimplementasikan oleh pendidik di berbagai jenjang pendidikan. Dibagi menjadi lima belas bab, buku ini mencakup berbagai topik penting, di antaranya: (1) Konsep Dasar Pengelolaan Kelas, (2) Peran Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas, (3) Teknik Manajemen Kelas yang Efektif, (4) Pendekatan dan Strategi Pengelolaan Kelas, (5) Strategi Guru dalam Menumbuhkan Iklim Kelas yang Kondusif, (6) Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa, (7) Manajemen Konflik di dalam Kelas dan Sekolah, (8) Membangun Hubungan yang Baik Antara Guru dan Siswa, (9) Manajemen dan Pengelolaan Kelas Berbasis Teknologi Informasi, (10) Tata Ruang Kelas, Manajemen Kelas, dan Lingkungan Belajar Aktif, (11) Manajemen Waktu dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa di Sekolah, (12) Manajemen Kelas Hybrid pada Pembelajaran Berbasis Proyek, (13) Manajemen Pengelolaan Kelas di PAUD, (14) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa, (15) Evaluasi Pengelolaan Kelas.

... Management to Study Biology Education Student Achievement. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM 87–95. Wahidaty, Hilma. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan ...

Paradigma Baru Supervisi Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan. Seiring dengan tuntutan akan kualitas pendidikan yang lebih baik, supervisi kini harus bergeser menjadi sebuah kemitraan strategis yang berorientasi pada pengembangan profesional berkelanjutan. Supervisi pendidikan dalam paradigma lama seringkali diidentikkan dengan kunjungan mendadak, penilaian, dan pencarian kesalahan. Pendekatan ini cenderung menciptakan suasana intimidasi dan kurang mendukung iklim kolaborasi. Padahal, esensi supervisi seharusnya adalah membimbing, memfasilitasi, dan memberdayakan para pendidik untuk mencapai potensi terbaik mereka, yang pada gilirannya akan berdampak langsung pada peningkatan mutu pembelajaran bagi peserta didik. Buku ini hadir untuk menawarkan perspektif segar dan inovatif mengenai supervisi pendidikan. Kami mengupas tuntas konsep-konsep supervisi modern yang lebih kolaboratif, reflektif, dan transformatif. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana supervisi dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan profesional guru, pengembangan kurikulum yang relevan, serta penciptaan lingkungan belajar yang inspiratif dan efektif. Topik utama yang di bahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep dan Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan, (2) Peran, Fungsi, dan Kompetensi Supervisor Pendidikan, (3) Etika Profesionalisme dalam Praktik Supervisi Pendidikan, (4) Manajemen Konflik dalam Supervisi Pendidikan, (5) Komunikasi Efektif dalam Proses Supervisi Pendidikan, (6) Model dan Pendekatan Supervisi Pendidikan, (7) Supervisi Berbasis Data dan Bukti (Evidence-Based Supervision), (8) Supervisi Kelas dan Observasi Pembelajaran, (9) Penilaian Kinerja Guru melalui Supervisi, (10) Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Supervisi, (11) Supervisi dalam Pengembangan Kurikulum, (12) Supervisi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Inkuiri, (13) Supervisi untuk Pendidikan Berbasis Kompetensi, (14) Supervisi dalam Pendidikan Jarak Jauh dan Hybrid, (15) Supervisi dalam Konteks Pendidikan Inklusif, (16) Supervisi dalam Konteks Multikultural dan Keberagaman, (17) Supervisi dalam Pembelajaran Sosial Emosional, (18) Keterlibatan Orang Tua dan Komunitas dalam Supervisi Pendidikan, (19) Pemanfaatan Teknologi dalam Supervisi Pendidikan, (20) Supervisi sebagai Instrumen Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan.

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Ruang lingkup profesi kependidikan; 2) Konsep dan teori administrasi pendidikan; 3) Tujuan, prinsip dan fungsi penting administrasi pendidikan; 4) Konsep, proses dan peranan guru tentang administrasi kurikulum di satuan pendidikan; 5) Supervisi sebagai salah satu unsur pengembang sumber daya pendidikan; 6) Metode dan konsep pendidikan yang bermutu; 7) Teori dan konsep kompetensi supervisor; 8) Konsep meningkatkan kompetensi guru melalui supervisi; 9) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dalam bidang pendidikan; 10) Konsep islam tentang supervisi.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Ruang lingkup profesi kependidikan; 2) Konsep dan teori administrasi pendidikan; 3) Tujuan, prinsip dan fungsi penting administrasi pendidikan; 4) Konsep, proses dan peranan guru tentang ...

Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT., Sumarta, S.Pd.I, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 197 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-503-8 SINOPSIS Buku Manajemen Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam dalam Konteks Modern adalah sebuah panduan yang komprehensif untuk memahami dan mengimplementasikan konsep manajemen supervisi dalam konteks pendidikan Islam. Dalam era modern ini, pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang memerlukan strategi dan pendekatan yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penulis buku ini menggabungkan pengetahuan mendalam tentang manajemen supervisi dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan Islam. Buku ini memandu pembaca melalui langkah-langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan pendidikan Islam, dengan penekanan pada pengembangan kompetensi guru, pengawasan yang efektif, dan penerapan praktik terbaik dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan menjelajahi konsep-konsep penting seperti pengawasan pendidikan, evaluasi guru, perencanaan pelajaran, dan pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan Islam. Selain itu, penulis juga membahas bagaimana teknologi dan pendekatan modern dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam lingkungan pendidikan saat ini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber informasi yang berharga bagi para praktisi pendidikan Islam, pengawas pendidikan, pengelola sekolah, serta siapa pun yang tertarik dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam era modern. Dengan wawasan yang dalam dan panduan praktis, buku ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan pendidikan Islam untuk masa depan yang lebih cerah.

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT.

PENGAWASAN DAN SUPERVISI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Sinopsis : Buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" adalah panduan komprehensif yang mengulas peran krusial pengawasan dan supervisi dalam konteks manajemen pendidikan. Dalam era yang terus berubah, manajemen pendidikan menjadi semakin kompleks, dan buku ini hadir untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana pengawasan dan supervisi dapat memastikan kelancaran proses pendidikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam buku ini, para pembaca akan diajak menjelajahi berbagai konsep, prinsip, dan praktik terkini dalam pengawasan dan supervisi manajemen pendidikan. Setiap babnya dirancang untuk memberikan wawasan yang berguna bagi para profesional pendidikan, pemimpin sekolah, dan siapa pun yang tertarik memahami peran penting pengawasan dan supervisi dalam mencapai keunggulan pendidikan. Buku ini membahas berbagai topik yang relevan dan penting dalam pengawasan dan supervisi manajemen pendidikan. Para pembaca akan menemukan pemahaman mendalam tentang perencanaan dan implementasi pengawasan, strategi pengembangan staf, pengukuran dan penilaian kinerja, manajemen konflik, dan banyak lagi. Melalui penjelasan yang jelas dan studi kasus yang nyata, buku ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang situasi dunia nyata di lapangan dan bagaimana mengatasi tantangan yang muncul. Buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" bukan hanya sebuah panduan praktis, tetapi juga sumber inspirasi dan refleksi bagi para pembaca. Diharapkan buku ini mendorong pembaca untuk berperan aktif dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Dengan pengawasan dan supervisi yang efektif, buku ini mendorong pertumbuhan dan keberhasilan siswa, guru, dan institusi pendidikan secara keseluruhan. Dalam keseluruhan sinopsis ini, buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" memberikan panduan yang kaya dan komprehensif tentang pentingnya pengawasan dan supervisi dalam manajemen pendidikan. Dengan fokus pada konsep, prinsip, dan praktik terkini, buku ini memberikan wawasan yang mendalam kepada para pembaca tentang bagaimana mengoptimalkan pengawasan dan supervisi untuk mencapai keunggulan pendidikan.

Sinopsis : Buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" adalah panduan komprehensif yang mengulas peran krusial pengawasan dan supervisi dalam konteks manajemen pendidikan.

ILMU PENDIDIKAN : Panduan Komprehensif untuk Pendidikan

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik. Buku ini mengungkapkan berbagai konsep penting dalam pendidikan yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengantar ilmu pendidikan hingga teori-teori pembelajaran seperti kognitivisme, konstruktivisme, dan konnektivisme, buku ini memberikan dasar pemahaman yang kokoh tentang bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan dan berkembang dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini membahas topik yang relevan seperti perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran efektif, evaluasi pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Buku ini juga mengeksplorasi aspek psikologi pendidikan seperti psikologi perkembangan anak, psikologi motivasi belajar, serta pentingnya pendidikan inklusif, multikultural, dan karakter dalam konteks pendidikan. Dengan menyajikan panduan yang lengkap dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan beragam.

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik.

Buku Ajar Administrasi dan Manajemen Pembelajaran Penjaskes

Administrasi adalah administrasi yang saling berkaitan dengan manajamen yang memiliki tujuan yang sama sesuai tugasnya masing-masing untuk meningkatkan atau memajukan organisasi atau instasi menjadi lebih baik, terencana, atau terstruktur. Manajemen memiliki prinsip yang akan dicapai dan tujuannya sudah jelas, menekankan manajemen organisasi dalam unsur antara kerjasama, yang dipunyai oleh organisasi yaitu adanya sumber-sumber pemanfaatan usaha. Kegiatan manajemen yang merangkap spektrum yang besar, penyebab dasar dari tindakan itu menetapkan petunjuk organisasi di masa yang akan datang, membuat tindakan organisasi, mengarahkan terbentuknya kerja sama antara anggota organisasi serta mengawal aktivitas atau kegiatan. Pada pembelajaran PJOK dalam administrasi dan manajemen memiliki fungsi untuk mencapai tujuan pembelajaran bagi mahasiswa maupun pendidik, fungsi juga untuk mentukan setiap komponen di dalam admninstrasi dan manejemen pembelajaran PJOK itu sendiri. Dalam mempelajari administrasi dan manajemen sebagai mahasiswa dan pendidik memiliki peran yang penting untuk dapat mengetahui atau memahami apa yang harus dilakukan, memperoleh tujuan penting, dapat memperbaiki dunia pendidikan.

... marketing. Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata, 1. Lunenburg, F. C. (2010). Organizational development: Implementing planned change. International Journal of Management, Business ...

Perilaku Organisasi

Judul : Perilaku Organisasi Penulis : Edwin Perdana Adiwijaya & Ali Imron Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 324 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-91-7 No. E-ISBN : 978-634-7168-90-0 (PDF) Terbitan : Maret 2025 SINOPSIS Buku Perilaku Organisasi ini menyajikan kajian mendalam tentang bagaimana individu dan kelompok berinteraksi di lingkungan kerja, serta dampaknya pada kinerja organisasi. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini mengupas berbagai faktor yang memengaruhi perilaku organisasi, seperti budaya, motivasi, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. Selain itu, buku ini juga membahas isu-isu terkini seperti perubahan organisasi, inovasi, dan pengaruh teknologi dalam dunia kerja. Ditujukan bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi manajemen, buku ini dirancang sebagai panduan esensial untuk memahami serta mengelola perilaku organisasi secara efektif. Dengan pendekatan sistematis dan penggunaan studi kasus yang relevan, pembaca akan mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan. Buku ini menawarkan perspektif yang kaya dan mendalam tentang dinamika organisasi, menjadikannya sumber daya yang tak ternilai bagi siapa saja yang tertarik dalam pengembangan organisasi dan manajemen sumber daya manusia.

... Organizational Behavior (19th ed.). Pearson. Greenberg, J. (2020). Behavior in Organizations (11th ed.). Pearson. Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2021). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment ...

ESENSI PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN: Teori dan Praktik

Pengukuran dan evaluasi pendidikan merupakan komponen krusial dalam proses pembelajaran yang efektif. Buku ini mengupas tuntas esensi pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, menggabungkan teori mendalam dengan praktik nyata yang relevan di lapangan. Dengan pendekatan yang sistematis, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar hingga aplikasi praktis, mencakup berbagai metode penilaian yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ditulis oleh ahli di bidangnya, buku ini adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pendidik, peneliti, dan mahasiswa yang ingin memahami dan menerapkan pengukuran serta evaluasi pendidikan secara komprehensif dan tepat. Berbeda dari buku evaluasi pendidikan lainnya, buku ini tidak hanya menyajikan teori dan konsep, tetapi juga dilengkapi dengan studi kasus nyata, panduan langkah demi langkah, dan alat evaluasi yang dapat langsung digunakan. Selain itu, buku ini juga menyoroti perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi. Dengan demikian, buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

... teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi . Dengan demikian , buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan ...