Sebanyak 3559 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN

Modul yang berjudul Metodologi Penelitian ini diperlukan sebagai landasan, pedoman atau rujukan bagi mahasiswa yang ingin mempelajari konsep dasar prosedur penelitian dengan baik, mudah, dan benar. Diawali dengan memberikan penjelasan tentang konsep prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian diharapkan mahasiswa sebagai pengguna dapat mempelajari modul ini secara mudah. Materi disajikan sesuai dengan tahapan belajar mulai dari dasardasar metode penelitian pendidikan, langkah-langkah penelitian pendidikan, variabel penelitian pendidikan, definisi dan perumusan hipotesa, tinjauan pustaka dalam penelitian pendidikan, populasi dan sampel dalam penelitian pendidikan, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian, analisis data, dan penyusunan proposal penelitian. Banyak pihak yang telah memberikan kontribusi terhadap penulisan modul ini, untuk itu tim pengembang ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Modul ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu perlu saran dan kritik yang membangun dari mahasiswa dan pengguna Modul Metodologi Penelitian.

Third Cycle (jika diperlukan) B. Discussion CHAPTER V CONCLUSION AND SUGGESTION A. Conclusion B. Suggestion Bagian Akhir: REFERENCES APPENDIX D. Kaidah Penulisan Karya Ilmiah Dalam menulis karya ilmiah harus merujuk pada kaidah yang ada ...

Buku Ajar Metodologi Penelitian

... Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis;Business, Management, &AccountingJournal;Science, Technology, and Agricultural Journal; ... Dalam perjalanan karirnya sebagai akademisi, penulis sangat produktif melakukan riset, dan menulis buku.

METODOLOGI PENELITIAN

Buku ini membahas tentang BAB I KONSEP DASAR PENELITIAN BAB 2 PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN BAB 3 TINJAUAN PUSTAKA BAB 4 KERANGKA KONSEP, VARIABEL, HIPOTESIS DAN DEFINISI OPERASIONAL BAB 5 RANCANGAN ATAU DESAIN PENELITIAN BAB 6 POPULASI DAN SAMPEL BAB 7 PENGUMPULAN DATA BAB 8 PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA BAB 9 ETIKA PENELITIAN DAN PLAGIARISME BAB 10 LAPORAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI

Scientific Research Methogologies and Techniques. Univ. Nova De Liboa, Portugal Lukman, ... Kekuatan 50 Institusi Ilmiah Indonesia: Profil Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. ... Scientific Papers and Presentations (3rd Edition) ...

BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN

Buku ini merupakan materi pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian. Melaluinya diharapkan, mahasiswa dapat menjelaskan keterkaitan ilmu pengetahuan dan pendekatan ilmiah, perbedaan pendekatan ilmiah dan non ilmiah, cara berfikir ilmiah, perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif, dan etika penelitian. Alasan Mempelajari Metodologi Penelitian secara umum dimaknakan sebagai alat atau cara dimana kita melakukan fungsi-fungsi atau aktivitas. Alasan lainnya adalah dalam rangka menemukan atau memperoleh cara terbaik dan sesuai untuk menghasilkan suatu pengetahuan yang baru dan reliable.

Buku ini merupakan materi pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian.

Metodologi Penelitian Pegangan untuk Menulis Karya Ilmiah

Kata penelitian atau riset merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “research” yang berarti mencari kembali. Riset merupakan suatu proses yang panjang, bertujuan untuk memecahkan permasalahan. Karena itu riset dilakukan kalau ada masalah yang akan dipecahkan (problem to be solved). Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, atau apa yang kita inginkan dikurangi dengan apa yang kita miliki. Masalah juga berarti keingintahuan tentang sesuatu akan tetapi ternyata belum tahu. Hakekatnya jika peneliti sudah bisa menemukan masalah dan memecahkan masalah maka seperuh penelitian itu selesai

Kata penelitian atau riset merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “research” yang berarti mencari kembali.

METODOLOGI PENELITIAN PENDEKATAN KUANTITATIF

Bahan ajar dengan judul Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif merupakan materi ajar yang dikhususkan kepada mahasiswa yang memprogram mata kuliah Metodologi Penelitian. Bahan ajar ini sengaja dikhususkan pada pendekatan kuantitatif karena berdasarkan hasil penelitian awal menunjukkan bahwa mahasiswa banyak memiliki kelemahan metodologi penelitian dalam pendekatan kuantitatif.

Bahan ajar dengan judul Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif merupakan materi ajar yang dikhususkan kepada mahasiswa yang memprogram mata kuliah Metodologi Penelitian.

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Kepemimpinan merupakan bagian penting dari manajemen yaitu merencanakan dan mengorganisasi, tetapi peran utama kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini merupakan bukti bahwa pemimpin boleh jadi manajer yang lemah apabila perencanaannya jelek yang menyebabkan kelompok berjalan ke arah yang salah. Akibatnya walaupun dapat menggerakkan tim kerja, namun mereka tidak berjalan ke arah pencapaian tujuan organisasi. Kepemimpinan berkaitan dengan proses yang mempengaruhi orang sehingga mereka mencapai sasaran dalam keadaan tertentu. Kepemimpinan telah digambarkan sebagai penyelesaian pekerjaan melalui orang atau kelompok dan kinerja manajer akan tergantung pada kemampuannya sebagai manajer. Hal ini berarti mampu mempengaruhi terhadap orang atau kelompok untuk mencapai hasil yang diinginkan dan ditetapkan bersama kepemimpinan sekolah adalah hal yang sangat penting dalam transformasi pendidikan.

Hal ini berarti mampu mempengaruhi terhadap orang atau kelompok untuk mencapai hasil yang diinginkan dan ditetapkan bersama kepemimpinan sekolah adalah hal yang sangat penting dalam transformasi pendidikan.

Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan

Sebagai buku monograf, materi ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan dengan sembilan bab berdasarkan kajian dan penelitian pada saat perkuliahan yang meliputi: Bab I Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan; Bab II Perkembangan Teori Kepemimpinan dan Pendekatan-Pendekatan Kepemimpinan; Bab III Fungsi dan Peran Kepemimpinan; Bab IV: Penerapan Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Publik; Bab V Nilai-Nilai Moral dalam Kepemimpinan; Bab VI Elemen-Elemen Kepemimpinan; Bab VII Startegi dalam Kepemimpinan; Bab VIII; Tipe-Tipe Pemimpin; Bab IX Manajemen Berbasis Sekolah. Buku ini disusun sebagai bahan/materi untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan konsep dasar manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku, bersikap dan lainnya, agar proses pembelajaran lebih optimal. Adapun isi monograf ini disusun berdasarkan analisis hasil observasi penelitian, instruksional dan GBBP serta SAP yang dapat menjadi pegangan bagi dosen dan mahasiswa serta pembaca lainnya dalam mempelajari oleh sebab itu harapan untuk kesempurnaan buku ini diharapkan dengan bentuk kritik dan saran membangun demi kemajuan dunia kepemimpinan pendidikan di Indonesia.

Sebagai buku monograf, materi ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan dengan sembilan bab berdasarkan kajian dan penelitian pada saat perkuliahan yang meliputi: Bab I Konsep Dasar Kepemimpinan ...

PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN KEPEMIMPINAN

Buku ajar ini berisikan materi-materi yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai salah satu buku referensi di perkuliahan pengelolaan pendidikan dan kepemimpinan.

Buku ajar ini berisikan materi-materi yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai salah satu buku referensi di perkuliahan pengelolaan pendidikan dan kepemimpinan.