Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL - Rajawali Pers

Pembaruan pendidikan Islam dilakukan secara masif demi pemenuhan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dalam konteks Indonesia sebagai salah satu negara plural terbesar dunia, sudah sewajarnya menghidupkan pendidikan agama yang menghargai keberagaman. Melalui pendidikan agama Islam multikultural nilai-nilai pengakuan dan penghargaan terhadap pluralitas diajarkan. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam multikultural penting diimplementasikan untuk mewujudkan komitmen pendidikan Islam dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mulai terkoyak-koyak akibat tidak adanya penghargaan terhadap keragaman yang dapat menjerumuskan pada pandangan-pandangan stereotipe yang dapat memunculkan sikap primordialisme, etnosentrisme, dan diskriminatif terhadap individu maupun kelompok lain yang berbeda. Buku yang berjudul Pendidikan Islam Multikultural (Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-nilai Multikultural) ini menyajikan konsep dan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural. Di dalamnya membicarakan secara detail bagaimana mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) mulai dari konsep teoretis hingga praktik pembelajaran yang memuat perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian yang didasarkan pada nilai-nilai multikultural. Terbitnya buku ini dapat memberi nuansa baru bagi pengembangan teori Pendidikan Agama Islam multikultural yang selama ini masih berputar pada tataran wacana. Melalui contoh-contoh konkret dan paparan yang sederhana menjadikan buku ini mudah dipahami dan diimplementasikan. Sehingga dapat dimanfaatkan secara akademis bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan masyarakat umum terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk berinovasi dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berparadigma multikultural.

... Multikultural. Malang: UIN Maliki Press. Grand, Carl A, C. S. (2007). Doing Multicultural Education for Achievement and Equity. New York: Routledge. Hurlock, E. (2005). Developmental Psychology (A life-Span Approach), Fifth Edition ...

Pendidikan Islam Multikultural

Menuju Kemerdekaan Belajar

Upaya mencegah penyebaran paham radikalisme agama, kiranya perlu mendorong transformasi pendidikan agama berbasis multikultural. Mengapa pendidikan agama?, dikarenakan masih banyak kesalahpahaman agama yang dimanfaatkan untuk memecah belah umat beragama dan warga bangsa. Di satu sisi, Pendidikan agama harus mempengaruhi perubahan sosial, sebagaimana misi Pendidikan agama yakni humanisasi, liberasi, dan transendensi. Pendidikan agama multikultural tidak cukup hanya terjadi di ruang kelas, melainkan harus menjadi gerakan reformasi. Pendidikan multikultural tidak lain merupakan pendekatan progresif untuk mentransformasi pendidikan yang secara holistic mengkritik dan merespon kebijakan dan praktek diskriminatif dalam pendidikan. Hal ini didasarkan pada cita-cita keadilan sosial, kesetaraan pendidikan, pedagogi kritis, dan dedikasi yang tinggi untuk memberikan pengalaman pendidikan di mana semua siswa mencapai potensi penuh mereka sebagai pelajar dan sebagai makhluk sosial yang sadar dan aktif, baik secara lokal, nasional, maupun global. Buku ini merupakan kebutuhan penting bagi akademisi, dosen, dan mahasiswa yang sedang mengikuti Mata Kuliah pendidikan Islam multikultural. Mata kuliah ini merupakan hasil penyempurnaan dari kurikulum PAI sebagai upaya menjawab berbagai isu radikalisme agama, intoleransi, dan terorisme yang mengancam kebhinekaan bangsa Indonesia.

Buku ini merupakan kebutuhan penting bagi akademisi, dosen, dan mahasiswa yang sedang mengikuti Mata Kuliah pendidikan Islam multikultural.

Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah

Buku ini hadir untuk memberikan sebuah temuan ten-tang pendidikan islam multikultural yang ada di sekolah. Indo-nesia disebut sebagai negara multi etnis, agama, bahasa dan budaya sehingga memungkinkan tingkat perpecahannya sang-at tinggi, oleh sebab itu perlu adanya sebuah penguatan tentang keharmonisan yang dibangung sejak dini melalui pendidikan. Lembaga pendidikan sebagai media formal men-jadi peran utama dalam menumbuh-kembangkan nilai-nilai multikultural, ia sebagai penopang karakter anak yang bisa dikembangkan untuk memperkuat karakter bangsa yang dike-mas dalam nilai Bhineka Tunggal Ika. Lembaga pendidikan (sekolah) dalam memperkuat nilai pendidikan islam Multi-kultural bagaikan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi, disatu sisi merupakan anugerah dan peluang sebagai sarana belajar toleransi dan menghargai keberagaman, namun disisi lain jika tidak dikelola dengan baik, keberagaman tersebut justru akan menjadi sumber perpecahan dan pemantik terjadinya konflik. Oleh karena itu pembelajaran yang dilaksanakan dalam lembaga pendidikan (sekolah) perlu memberikan pemahaman nilai-nilai multikultural sebagai upaya mendidik peser-ta didik menjadi pribadi yang toleran, menghargai perbedaan dan dapat hidup bersama dalam keberagaman.

Buku ini hadir untuk memberikan sebuah temuan ten-tang pendidikan islam multikultural yang ada di sekolah.

Pendidikan Islam multikultural di pesantren

telaah terhadap kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta

Study on multicultural education in Islamic religious training centers in Indonesia.

Study on multicultural education in Islamic religious training centers in Indonesia.