Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Teori Komunikasi

Pada pokoknya, buku ini membahas tentang dasar-dasar teori komunikasi, uraian konsep-konsep dasar komunikasi antar manusia dipaparkan mengenai pengertian komunikasi dan pemahaman dasar mengenai komunikasi sebagai tindakan satu arah (linear), komunikasi interaksi dan komunikasi transaksional. Selanjutnya juga dijelaskan mengenai klasifikasi komunikasi berdasarkan konteksnya, yakni komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok kecil, komunikasi organisasi, komunikasi publik, komunikasi massa dan komunikasi antarbudaya

Pada pokoknya, buku ini membahas tentang dasar-dasar teori komunikasi, uraian konsep-konsep dasar komunikasi antar manusia dipaparkan mengenai pengertian komunikasi dan pemahaman dasar mengenai komunikasi sebagai tindakan satu arah (linear) ...

Teori Komunikasi Bisnis

Peran komunikasi bisnis sangat penting dalam kegiatan bisnis sekarang ini. Buku ini berisi informasi tentang konsep dasar komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis dapat diterapkan dalam berbagai aktivitas bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Penguasaan komunikasi bisnis mampu meningkatkan hubungan yang baik dengan karyawan, konsumen, dan pihak lainnya. Adapun tujuan dari buku ini untuk membantu mahasiswa, akademisi dan praktisi untuk memahami konsep dasar komunikasi bisnis. Buku ini terdiri dari 12 Bab dengan masing –masing bahasan sebagai berikut Bab 1 Memahami komunikasi bisnis dan komunikasi antar bisnis Bab 2 Komunikasi dalam organisasi dan komunikasi bisnis lintas budaya Bab 3 Perencanaan, pengorganisasian, dan rivisi pesan – pesan bisnis Bab 4 Penulisan direct request dan penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan positif Bab 5 Penulisan surat lamaran kerja dan penulisan resume Bab 6 Wawancara kerja, presentasi bisnis, dan negosiasi Bab 7 Rapat bisnis Bab 8 Penulisan laporan bisnis dan penulisan laporan singkat Bab 9 Penulisan laporan formal Bab 10 Komputer personal dan komunikasi bisnis Bab 11 Dasar – dasar Internet Bab 12 Teknologi penyimpanan data elektronik dalam komunikasi bisnis

Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang dilakukan antar sesama karyawan, antar sesama pimpinan, atau level yang sama. Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungan luar perusahaannya.

Teori Komunikasi Pendidikan

Sebagai sebuah buku yang terkait komunikasi pendidikan, buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: (1) disusun secara praktis dan aplikatif sesuai dengan praktik-praktik terbaru komunikasi pendidikan di era Revolusi Industri 4.0; (2) pendekatan teoritis dan aplikatif terkait konteks komunikasi pendidikan terbaru; dan (3) menggunakan analisis kajian yang mudah dipahami, sehingga buku ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya akademisi, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang pendidikan yang akan mendalami kajian-kajian yang terkait dengan komunikasi pendidikan. Lengkap buku ini membahas tentang : Bab 1 Pengertian Media Komunikasi dalam Pendidikan Bab 2 Hakikat Komunikasi Pendidikan Bab 3 Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi Bab 4 Prinsip-prinsip Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bab 5 Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Bab 6 Fungsi-Fungsi Komunikasi Bab 7 Teori Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran

Lengkap buku ini membahas tentang : Bab 1 Pengertian Media Komunikasi dalam Pendidikan Bab 2 Hakikat Komunikasi Pendidikan Bab 3 Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi Bab 4 Prinsip-prinsip Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bab 5 ...

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

PENGANTAR TEORI KOMUNIKASI DAKWAH (Edisi Revisi)

Buku yang saat ini hadir ditangan pembaca yang budiman adalah edisi revisi dari buku dengan judul yang hampir sama dengan buku ini. Pada buku sebelumnya penulis menggunakan judul Pengantar Teori Komunikasi Dakwah dan Penerapannya. Sedangkan pada buku yang ditangan pembaca sekarang ini penulis menghilangkan kata penerapan. Penghapusan kata penerapan ini dengan tujuan supaya buku ini lebih fokus membahas teori. Dalam edisi revisi ini penulis tetap mempertahankan diksi pengantar dengan pertimbangan buku yang saat ini hadir ditangan pembaca sebagai pengantar awal memasuki gerbang teori komunikasi dakwah. Dengan tujuan buku ini bisa menjadi bacaan awal bagi orang yang akan mempelajari komunikasi dakwah atau orang awam yang sekadar mengetahui sekilas tentang komunikasi dakwah. Sedangkan bagi mahasiswa calon sarjana komunikasi Islam, buku ini bisa dijadikan sedikit tambahan ilmu yang harapannnya bermanfaat dalam menerapkan komunikasi dakwah dilapangan profesinya nanti. Dalam edisi revisi ini pada prinsipnya tidak ada perubahan pokok bahasan dari buku sebelumnya. Perbedaannya pada subpokok bahasannya saja. Dalam buku ini tetap terdapat pokok bahasan tentang (1) perkembangan dakwah di Indonesia di awal bab sebagai pendahuluan untuk mengetahui gambaran kondisi perkembangan dakwah di Indonesia; (2) hakikat dakwah, untuk mengetahui substansi dari dakwah; (3) hakikat komunikasi dan komunikasi dakwah, untuk mengetahui substansi dari komunikasi dan komunikasi dakwah sekaligus mengetahui batasan keduanya; (4) teori komunikasi konteks dakwah, diulas tentang perencanaan komunikasi dakwah, pesan dakwah, media dakwah dan efek dakwah; (5) evaluasi pelaksanaan dakwah, yang menggambarkan tentang prosedur evaluasi kegiatan dakwah sekaligus ukuran keberhasilan dakwah.

A. Pengantar Komunikasi merupakan hal yang biasa kita lakukan. Setiap hari mulai dari bangun tidur, hingga tidur kembali kita berkomunikasi. Sebuah rutinitas yang seharusnya menjadikan komunikasi mudah dilakukan, tanpa perlu dipelajari.

Memahami Teori-Teori Komunikasi

Teori Komunikasi seperti halnya teori dalam ilmu sosial lainnya terus berkembang dan bertambah jumlahnya, seiring dengan meningkatnya jumlah penelitian, dan juga perubahan dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Selain itu, karena ilmu komunikasi sangat berkaitan erat dengan ilmu-ilmu lain, terutama dalam ranah ilmu sosial, mahasiswa yang mempelajarinya seringkali kebingungan untuk membedakan apakah sebuah teori masuk ranah teori komunikasi atau bukan. Jumlah teori yang terus bertambah juga membingungkan mahasiswa untuk menerapkan teori-teori tersebut karena seringkali mempelajari teori tersebut dengan melepaskan dari teori induk atau pemikiran yang melandasi teori tersebut sebelumnya. Penyusunan buku Memahami Teori-Teori Komunikasi ini dilandasi akan kebutuhan dosen Ilmu Komunikasi untuk memperkenalkan teori-teori yang ada di dalam ranah ilmu komunikasi tanpa harus menyajikan seluruh teori yang sudah ada, melainkan hanya menyajikan teori-teori ‘induk’ yang diperlukan mahasiswa untuk memahami ilmu komunikasi itu sendiri. Oleh karena itu, buku ini tidak menyajikan seluruh teori yang ada dalam ranah ilmu komunikasi dengan beberapa alasan, pertama karena jumlah teori yang begitu banyak, kedua pada umumnya jumlah pertemuan di kelas yang terbatas sehingga tidak memungkinkan bagi seorang dosen untuk membahas seluruh teori komunikasi yang ada, dan ketiga karena menyesuaikan dengan kurikulum yang telah disusun untuk kepentingan perkuliahan di tingkat Strata 1 yang lebih bertujuan untuk memperkenalkan ketimbang pendalaman. Pendalaman masing-masing teori sendiri, akan bisa ditemukan dalam mata kuliah yang lain yang lebih spesifik sesuai dengan kurikulum masing-masing penyelenggara pendidikan.

Pendahuluan Komunikasi adalah proses sosial di mana individu menggunakan simbol untuk membangun dan menafsirkan makna di lingkungan mereka. Di sini juga termasuk komunikasi yang dimediasi, mengingat pentingnya peran teknologi komunikasi ...

TEORI KOMUNIKASI

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untukb menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

Keempat, Kelima, Keenam, melibatkan siapa partner komunikasi kita dan bagaimana hubungan kita dengan partner tersebut. komunikasi antar pribadi mensyaratkan adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi. komunikasi antar ...

Teori-Teori Komunikasi

ialah realiti TV dan Gerbner merumuskan media massa membentuk atau menanam dalam diri masyarakat bahawa yang digambarkan di ... Teori Penetapan Agenda Teori ini ( Agenda Setting Theory ) dikemukakan oleh Shaw dan McCombs ( 1977 ) .