Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

TEORI KOMUNIKASI

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untukb menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

Keempat, Kelima, Keenam, melibatkan siapa partner komunikasi kita dan bagaimana hubungan kita dengan partner tersebut. komunikasi antar pribadi mensyaratkan adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi. komunikasi antar ...

LANDASAN SOSIAL BUDAYA DAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN

idikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada penulis untuk memberikan gagasan dan urun rembug mencerdaskan generasi muda yang siap menjadi guru profesional dan tenaga kependidikan profesional masa depan. Kedua, para alumni—I Ktut Gading (S3 BK), Faza Fithriana (S2 BK), Suciani Latif (S2 BK), Bambang Dibyo Wiyono (S2 BK), Hasrul Wahid (S2 BK), Mufida Istati (S2 BK), Mirza Alfira (S1 BK), serta mahasiswa S1 BK (pengembang produk aplikasi soft-ware Asesmen BK), yang hasil karyanya ditempatkan pada salah satu sub bab dalam Buku Ajar ini, khususnya dari temuan penelitian dan pengembangan, semoga karya Saudara menjadi amal ibadah dan ilmu yang bermanfaat. Ketiga, para kolega dosen jurusan BK dan kolega di lingkungan FIP melalui sharing pengalaman dalam menulis karya dalam bentuk buku ajar. Kita tetap menjaga keutuhan di antara para penulis buku ajar tahun 2014, yang saling mengingatkan menuju penulisan yang profesional. Keempat, Kabag dan Kasubag Pendidikan beserta staf di FIP yang telah memberikan fasilitas kepada penulis, semoga ke depan penulis dipercaya untuk menulis buku dengan judul yang lain.

idikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada penulis untuk memberikan gagasan dan urun rembug mencerdaskan generasi muda yang siap menjadi guru profesional dan tenaga kependidikan profesional masa ...

TEORI DAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebagai ilmu terapan, ilmu pendidikan membangun eksistensinya dengan memanfaatkan teori dan pandangan dari berbagai disiplin ilmu murni, seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi. Pada masa penjajahan Belanda di negeri ini misalnya, Langeveld, seorang berbangsa Belanda, yang diklaim oleh berbagai pihak sebagai tokoh pendidikan, adalah seorang psikolog. Ia menulis buku teori pendidikan dengan judul Beknopte Theoretische Pedagogik. Buku ini terbit tahun 1944, dan amat luas digunakan pada masanya. Bila ditelusuri jauh ke belakang, pada awalnya, filsafat sebagai ibunya ilmu menjadi sumber utama teori dan pandangan tentang pendidikan. Para filosof Yunani kuno, seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles, juga adalah pemikir-pemikir pendidikkan. Bahkan belakangan ini, sedang popular metode pembelajaran yang disebut metode Socrates. Dalam literatur-literatur pendidikan, hampir selalu muncul tiga teori utama, yakni teori empirisme, teori nativisme, dan teori konvergensi. Tiga teori ini masing-masing merupakan hasil kajian tiga filosof, sekaligus psikolog, bahkan ada yang berlatar belakang pendidikan dokter. John Locke sebagai pencetus teori empirisme misalnya, diposisikan sebagai filosof dan pendidik oleh berbagai pihak, karena ia berfilsafat dan mengemukakan sejumlah teori pendidikan. Namun ia pun mengenyam dan menyelesaikan pendidikan kedokteran

Buku ini terbit tahun 1944, dan amat luas digunakan pada masanya. Bila ditelusuri jauh ke belakang, pada awalnya, filsafat sebagai ibunya ilmu menjadi sumber utama teori dan pandangan tentang pendidikan.