Sebanyak 18168 item atau buku ditemukan

KOMUNIKASI PEMBELAJARAN

Berbasis Brain Information Communication and Technology

Temuan dan penegasan dari cabang ilmu komunikasi yang melahirkan kajian baru yaitu biologi komunikasi dan manfaatnya bagi dunia pendidikan dan pembelajaran. Proses penemuan dan aplikasinya dilakukan melalui desain stimulus berbasisi teknologi onformasi dan komunikasi untuk menganalisis proses pengolahan informasi oleh bagian spesifik otak kiri dan kanan individu.

anak usia dini tidak boleh langsung mengembangkan otak kiri. Sementara itu,
analisis Prof. Nurhalim menyebutkan bahwa biologi molekuler dan neurosains
kita akan dapat menganalisis dan mengembangkan daya kreativitas. Saat ini ...

STIMULASI PERKEMBANGAN OLEH IBU MELALUI BERMAIN DAN REKREASI PADA ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang Model Stimulasi Perkembangan oleh Ibu dengan Bermain dan Rekreasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Teori Health Promotion Model terdiri dari beberapa materi yang dirangkum dalam beberapa BAB sehingga diharapkan mahasiswa Keperawatan, Kebidanan dan masyarakat umum mendapatkan informasi yang terkait topik di dalam buku ini sebagai bahan rujukan di dalam melakukan penelitian maupun membuat tulisan/artikel dalam bidang kesehatan khususnya bidang Keperawatan maupun Kebidanan.

A. Tumbuh Kembang Anak 1. Definisi Tumbuh Kembang Istilah tumbuh kembang
sebenarnya mencakup dua peristiwa yang mempunyai sifat yang berbeda tetapi
saling berkaitan dan sulit dipisahkan yaitu : pertumbuhan dan perkembangan.

Gizi & Kesehatan Balita: Peranan Mikro Zinc

Buku teks ini ditulis oleh pakar gizi/kesehatan masyarakat, adalah acuan utama tidak hanya bagi mahasiswa Ilmu Kesehatan masyarakat, Konselor atau penyuluh kesehatan, bidan dan perawat, dokter, serta para dosen/guru; namun juga penting untuk diketahui rumah tangga keluarga. Kebutuhan akan zinc sangat variaasi, tergantung keadaan fisiologi dan patologi kesehatan tubun (anak balita). Angka kecukupan zinc per hari yang dianjurkan berdasarkan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (2004), penentuan status zinc, sumber dan angka kecukupan Vitamin A yang dianjurkan, status gizi balita dan imunitas, merupakan informasi penting beserta uraian penjelasannya yang lengkap di dalam buku ini. Zinc (Zn) merupakan protein kecil dengan motif struktural yang dapat mengoordinasikan ion. Rantai zinc berkoordinasi dengan kombinasi residu dari cysteine dan histidin. Zinc termasuk dalam kelompokÊ trace element, yaitu elemen yang terdapat dalam tubuh dengan jumlah yang sangat kecil dan mutlak diperlukan untuk memelihara kesehatan, terutama pada anak balita (bawah lima tahun). ------- Penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku teks ini ditulis oleh pakar gizi/kesehatan masyarakat, adalah acuan utama tidak hanya bagi mahasiswa Ilmu Kesehatan masyarakat, Konselor atau penyuluh kesehatan, bidan dan perawat, dokter, serta para dosen/guru; namun juga penting ...

Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat

Gizi seimbang yang dikenal masyarakat Indonesia adalah empat sehat lima sempurna. Konsep ini dikenalkan sejak tahun 1950 oleh Prof Poerwo Soedarmo, bapak gizi Indonesia. Saat ini, konsep tersebut dianggap tak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi gizi. Sebagai gantinya, kini dikenalkan pedoman gizi seimbang. Pedoman gizi seimbang (PGS) adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Gizi seimbang memerhatikan empat prinsip, yakti variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta pemantauan berat badan ideal. Berbeda dengan konsep empat sehat lima sempurna yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang, PGS berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan, dan aktivitas fisik memerlukan gizi yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok.

Buku Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Gizi, Olahraga, dan Kesehatan

Setiap orang pasti ingin selalu sehat. Berbagai usaha dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Usaha yang dilakukan, antara lain dengan memakan makanan bergizi dan berolahraga. Untuk memenuhi makanan yang bergizi tidaklah mahal, asal terpenuhi unsur empat sehat lima sempurna. Tidak hanya makanan, tetapi olahraga secara rutin dapat menunjang kesehatan badan. Lakukan olahraga tiap pagi atau sore hari, walaupun beberapa menit. Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan makanan bergizi dan berolahraga!

Setiap orang pasti ingin selalu sehat.

Peran Probiotik di Bidang Gizi dan Kesehatan

Probiotik merupakan bakteri menguntungkan yang berperan dalam pencegahan dan pengobatan berbagai masalah di bidang gizi dan kesehatan. Penelitian mengenai peranan probiotik lokal yang diisolasi dari berbagai sumber asli Indonesia telah meningkat pada dekade terakhir ini. Probiotik lokal terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan antara lain dengan menyeimbangkan mikrobiota saluran cerna, menurunkan kolesterol, mencegah diare, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pembaca agar dapat memahami manfaat kesehatan probiotik di bidang gizi dan kesehatan. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Probiotik merupakan bakteri menguntungkan yang berperan dalam pencegahan dan pengobatan berbagai masalah di bidang gizi dan kesehatan.

Dasar-Dasar Mikrobiologi Makanan di Bidang Gizi dan Kesehatan

Buku ini disusun sebagai pegangan mahasiswa S-1 Gizi ataupun mahasiswa program studi lain yang relevan. Ilmu mikrobiologi makanan sangat dibutuhkan oleh ahli gizi agar mereka dapat menyiapkan makanan yang aman dan bebas dari cemaran mikrobiologis. Oleh karena itu, ahli gizi dituntut untuk mengetahui mikroorganisme apa saja yang dominan pada berbagai sumber bahan pangan dan potensi bahayanya jika keberadaan mikroorganisme tersebut tidak dikendalikan. Pada buku ini juga disampaikan materi terkait bagaimana cara mengidentifikasi mikroorganisme dalam makanan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Tujuan pembelajaran mikrobiologi makanan ialah untuk membantu tercapainya kompetensi utama (KU) sarjana gizi, yaitu menguasai landasan ilmiah ilmu gizi yang meliputi ilmu biomedik, ilmu pangan dan ilmu gizi (KU1), serta mampu melakukan pengelolaan kegiatan penyelenggaraan makanan massal (KU4). Dengan kompetensi ini, sarjana gizi diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dalam penyelenggaraan makanan massal terutama kaitannya dengan aspek mikrobiologis dan keamanan pangan. Dengan adanya buku ini, mahasiswa diharapkan mampu menentukan mikroorganisme secara kualitatif dan kuantitatif, dapat mengidentifikasi mikroorganisme yang menguntungkan dan peranannya dalam pengembangan pangan, gizi, dan kesehatan, serta mampu mengidentifikasi mikroorganisme yang merugikan dan pengaruhnya terhadap keamanan pangan. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku ini disusun sebagai pegangan mahasiswa S-1 Gizi ataupun mahasiswa program studi lain yang relevan.