Sebanyak 11 item atau buku ditemukan

Perilaku Konsumen: Implikasi di Era Digital

Sebagaimana kita ketahui bahwa digitalisasi yang terjadi ternyata telah banyak mengubah cara konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Berbagai studi tentang konsumen telah banyak disajikan untuk memahami konsumen dan perilaku konsumen. Melalui penyajian tentang perilaku konsumen, diharapkan dapat memberikan gambaran bagi pembaca tentang bagaimana pasar, konsumen telah bergeser dari tradisional menjadi konsumen digital. Buku ini menguraikan secara sistemaitis tentang: Bab 1 Lingkungan Dan Perilaku Konsumen di Era Digital Bab 2 Motivasi Konsumen di Era Digital Bab 3 Pola Perilaku Konsumen di Era Digital Bab 4 Persepsi dan Sikap Konsumen di Era Digital Bab 5 Kepribadian, Konsep Diri, dan Gaya Hidup di Era Digital Bab 6 Merek, Citra Merek dan Ekuitas Merek Bab 7 Konsumen dalam Lingkungan Sosial dan Budaya Bab 8 Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Bab 9 Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Bab 10 Strategi Pemasaran Digital Bab 11 Etika dan Perlindungan Konsumen

ketika hal ini berkaitan dengan strategi bersaing sekalipun tetap melibatkan peran konsumen di dalamnya. Sebagai contoh keterlibatan konsumen dalam strategi bersiang, yaitu manfaat seperti apa yang dirasakan konsumen atas produk pesaing ...

Pengambilan Keputusan & Kebijakan Pendidikan

Kebijakan dan pengambilan keputusan adalah dua unsur yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kebijakan adalah suatu yang bersifat teoritis sedangkan pengambilan keputusan lebih bersifat praktis. Tindakan pengambilan keputusan yang tidak didasarkan pada teoritis dapat mengurangi keilmiahan sebuah keputusan, sedangkan kebijakan yang tidak disertai dengan pengambilan keputusan sulit akan menemukan wujudnya. Pengambilan keputusan merupkan hal yang sangat urgen bagi setiap orang, terutama bagi para piminan atau manajer. Ekstensi seorang pemimpin dalam kepemimpinannya dapat dilihat dari berbagai bentuk kebijakan dan keputusan yang diambilnya. Seorang pimpinan atau manajer yang efektif adalah pimpinan atau manajer yang mampu membuat kebijakan dan mengambil keputusan yang relevan. Kebijakan dan pengambilan keputusan dalam Lembaga Pendidikan Islam secara substantif tidak terlalu jauh berbeda dengan teori-teori kebijakan dan pengambilan keputusan yang ada. Hanya saja kebijakan dan pengambilan keputusan dalam Pendidikan Islam lebih mengacu kepada prinsip – prinsip yang telah digariskan dalam Al-Qur’an dan Hadist Nabi.

Misalnya mengenai fungsi dan wewenang pemerintah dan pemerintah daerah dalam pendidikan. Dalam pasal 10 UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dijelaskan pemerintah dan pemerintah daerah berhak mengarahkan, ...

Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)

Buku yang berjudul “Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya para pembaca dan sekaligus menambah daftar buku-buku manajemen yang telah ada. Ilmu manajemen mengalami perkembangan yang semakin pesat. Ilmu manajemen berperan penting sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, pola-pola manajemen yang terstruktur sangat penting, agar dapat mengelola segala sesuatu secara efektif dan efisien. Book chapter ini terdiri dari empat belas bab dan tiap-tiap bab membahas mengenai konsep yang terkait dengan ilmu manajemen.

Buku yang berjudul “Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya para pembaca dan sekaligus menambah daftar buku-buku manajemen yang ...

Akuntansi Manajemen Strategis

Strategi dibutuhkan oleh sebuah organisasi dalam mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan. Penentuan indikator kinerja yang tepat, diharapkan organisasi mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Akuntan manajemen berperan dalam ranah informasi yang bersifat keuangan maupun non-keuangan untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan strategis. Kondisi lingkungan eksternal yang terus mengalami perubahan akan memaksa organisasi untuk beradaptasi dan memanfaatkan analisis data yang tidak hanya bersifat kuantitatif tetapi juga bersifat kualitatif. Informasi yang dikumpulkan dari internal maupun eksternal akan diolah oleh akuntan manajemen melalui sebuah sistem akuntansi manajemen yang disertai dengan strategi dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif sebuah organisasi. Akuntansi manajemen strategis merupakan akuntansi manajemen yang menekankan pada informasi yang bersifat internal dan eksternal, sekaligus informasi yang bersifat non-keuangan. Akuntansi Manajemen Strategis menekankan hubungan antarindividu dalam suatu organisasi, hal ini yang membedakan dengan akuntansi manajemen tradisional. Teknik akuntansi manajemen kontemporer dibahas satu persatu, ABC, JIT, TQM, dan alat yang bermanfaat dalam ketidakpastian lingkungan, yaitu analisis profitabilitas pelanggan. Akuntansi pertanggungjawaban sosial dan pengukuran kinerja keuangan maupun nonkeuangan dengan pemberian bonus atau insentif juga diuraikan dalam buku ini. Pengukuran kinerja keuangan dan nonkeuangan, yaitu BSC dijelaskan sebelum bab terakhir, dan buku ini diakhiri dengan menguraikan konsep akuntansi manajemen strategis dalam bidang sektor publik. Secara keseluruhan Teknik akuntansi manajemen strategis yang sering dipergunakan dalam dunia bisnis telah diuraikan dalam buku ini. Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada Era Digital)

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang konsep dasar manajemen pemasaran, pentingnya manajemen pemasaran bagi produsen dan konsumen, konsep digital marketing, strategi pemasaran efektif pada era digital, strategi usaha kecil menengah dalam menghadapi digital marketing, pengembangan bisnis melalui pemanfaatan digital marketing, membangun nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, bauran pemasaran produk, komunikasi bisnis berorientasi pelanggan, strategi promosi dan distribusi dalam pemasaran era digital, memahami perilaku konsumen untuk meningkatkan penjualan, serta kebijakan dan strategi penetapan harga produk.

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang konsep dasar manajemen pemasaran, pentingnya manajemen pemasaran bagi produsen dan konsumen, konsep digital marketing, strategi pemasaran efektif pada era ...

PERBANKAN SYARIAH

Fenomena Terkini dan Praktiknya di Indonesia

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dihebohkan oleh kabar baik tentang rencana merger bank syariah BUMN yang disebut bisa menjadi langkah yang tepat dalam rangka penguatan ekonomi syariah di Indonesia. Rencananya merger ini akan dilakukan pada kuartal pertama 2021. Kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda semua negara bisa menjadi momentum bagi perbankan syariah untuk melakukan konsolidasi dan bekerja bersama secara nyata. Dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang, bank syariah harus mampu bekerja secara maksimal dalam membantu perekonomian nasional dengan konsep bagi hasil. Merger bank syariah anak usaha BUMN diharapkan dapat membuka opsi-opsi pendanaan yang lebih luas di dalam negeri dan dapat membuat kinerjanya menjadi lebih baik dan efisien. Langkah ini juga diharapkan dapat membawa peningkatan market share perbankan syariah di Indonesia, serta dapat memberikan manfaat untuk semua pihak, baik perbankan syariah dan masyarakat untuk terus tumbuh dan berkembang. Pada tahun 2020 ini market share perbankan syariah masih di kisaran enam persen. Porsi pembiayaan sekitar 6,38 persen, di dana pihak ketiga atau dana masyarakat yang berhasil dihimpun di kisaran 6,7 persen. Dari sisi aset, total aset seluruh bank syariah yakni Rp 537 triliun, sedangkan perbankan konven total asetnya sudah di angka Rp 8.402 triliun. Melalui penggabungan semua bank syariah milik BUMN (merger), maka diharapkan adanya bank syariah BUMN yang tunggal akan memperkuat industri perbankan syariah dan semakin memperkuat pembiyaan ekonomi berbasis syariah di Indonesia. Buku ini bisa menjadi solusi untuk menemukan jawaban atas kebimbangan masyarakat mengenai fenomena terkini bank syariah dan praktiknya di Indonesia.

Rencananya merger ini akan dilakukan pada kuartal pertama 2021. Kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda semua negara bisa menjadi momentum bagi perbankan syariah untuk melakukan konsolidasi dan bekerja bersama secara nyata.

Ekonomi skala kecil/menengah dan koperasi

Development of small and medium scale business enterprises and cooperatives societies in the context of monetary crisis in Indonesia.

Konstitusi kebijakan ekonomi pemerintah harus menempatkan UKM sebagai prioritas utama dalam pemulihan ekonomi , untuk membuka kesempatan kerja dan ...