Sebanyak 36 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN STRATEGIK PENDIDIKAN

Buku Manajemen Strategik Pendidikan ini membahas penerapan manajemen strategik di lembaga pendidikan, baik sekolah maupun pesantren, dengan fokus pada bagaimana strategi dirumuskan, diterapkan, dan dievaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan jangka panjang. Bab pertama menyoroti pergantian kepala sekolah dalam dinamika otonomi daerah di Kabupaten Labuhanbatu, yang menunjukkan dampak kepemimpinan terhadap keberhasilan strategi pendidikan. Selanjutnya, dijelaskan konsep manajemen strategik dan proses manajemen strategik, mulai dari analisis lingkungan internal dan eksternal hingga perumusan visi, misi, dan tujuan lembaga pendidikan. Analisis SWOT digunakan sebagai alat penting dalam berbagai studi kasus, seperti di SMPS Cahaya Meral, Pesantren Ulul Ilmi Cendekia di Batam, dan Man Karimun, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang kemudian membentuk strategi yang relevan. Bab-bab berikutnya membahas variasi strategi yang diterapkan di tingkat unit bisnis dan korporat serta analisis persaingan yang membantu lembaga pendidikan tetap kompetitif. Buku ini juga menyoroti pentingnya pengendalian strategi dan evaluasi untuk memastikan strategi berjalan efektif, dengan contoh di SMPN 3 Numfor Barat. Selain itu, dipaparkan optimalisasi manajemen strategik melalui analisis SWOT di SMA Islam Terpadu Ulil Albab Batam. Di bagian akhir, dibahas peran penting kepemimpinan dalam mengarahkan implementasi strategi dan mencapai tujuan pendidikan. Dengan berbagai studi kasus dan contoh konkret, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan modern secara strategis dan berkelanjutan.

... Management: An Integrated Approach. 11th Edition. Cengage Learning. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education. Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Strategic Management: Planning for ...

Perempuan Dan Hukum

Menuju Hukum Yang Berperspektif Kesetaraan Dan Keadilan

... keluarga) terjadi juga pada kasus Ibu Anna dan Ibu Yasinta. Ketiadaan atau ketidakmampuan ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga, ketiadaan anak laki-laki, belum cukup umurnya anak laki-laki dalam keluarga tersebut untuk ...

Prof. Son, sang pendidik multikultural

Collection of articles on development of multicultural education in Indonesia; festschrift for Ahmad Sonhadji, a professor at State University of Malang, Indonesia.

Teori dan Aplikasi Matematika Ekonomi

Matematika sebagai alat untuk analisis dalam berbagai bidang cabang disiplin ilmu, mempunyai peranan sangat menonjol sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam mempelajari teori ekonomi ilmu-ilmu sosial, matematika semakin banyak digunakan sebagai alat untuk mengambil keputusan ataupun perencanaan. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang aplikasinya sangat mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan matematika selalu dibutuhkan, tidak hanya dibidang matematika saja, tetapi juga mempengaruhi cabang ilmu lainnya. Selain itu, banyak fenomena yang selalu kita jumpai dan itu menerapkan prinsip-prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari. Agar perubahan perilaku itu memberikan hasil sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika maka dituntut keaktifan Mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa harus menyenangi matematika karena matematika memberikan mereka tantangan dalam proses pengerjaannya. Seharusnya mahasiswa penuh semangat, kreatif, gigih, dan antusias dalam belajar matematika.

Matematika sebagai alat untuk analisis dalam berbagai bidang cabang disiplin ilmu, mempunyai peranan sangat menonjol sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Policy and Management in Special Education

The same publication noted that in 1975 the official names for regional ed- ucation service agencies in various states ... and Georgia Area Education Agency ( AEA ) —Iowa Educational Service Unit ( ESU ) -Nebraska Intermediate Unit ( IU ) ...

Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA

Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA

Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.

Saat ini, proses AKM telah berlangsung.

Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan

pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah

Development of teacher, educator, and community in school management in Indonesia.

Ciri profesi menurut Chandler adalah : ( 1 ) lebih meningkatkan layanan kemanusiaan melebihi dari kepentingan pribadi ... ( 5 ) hak untuk memiliki standar kualifikasi profesional ditetapkan dan dijamin oleh kelompok organisasi profesi .

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Sistematika buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, yaitu: Sistem Keuangan dan Moneter, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, Bank Syariah, Asuransi, Dana Pensiun, Pegadaian, Sewa Guna Usaha, Modal Ventura, Anjak Piutang, Kartu Kredit, dan Pembiayaan Konsumen.

Sistematika buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan.