Sebanyak 95 item atau buku ditemukan

Paradigma Pendidikan Praktis dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Anak di Sekolah Dasar

Buku ini merupakan hasil pemikiran dan ide praktis berdasarkan literatur ilmiah yang dapat digunakan untuk menulis maupun mengembangkan karya tulis bagi mahasiswa PGSD. Pendidik di Sekolah Dasar harus memiliki pengetahuan dan pengalaman secara teoritis dan praktis dalam mengimplementasikan metode maupun media dalam pembelajaran seni untuk dunia anak yang bersifat bermain serta berkarya seni. Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran seni yang selama ini belum banyak dikaji secara empiris dan berdasarkan konsep-konsep seni untuk anak yang berbasis keunggulan budaya lokal. Perkembangan teknologi dan perubahan paradigma pendidikan saat ini menempatkan kebutuhan individu anak yang menjadi permasalahan pendidik, orangtua, dan masyarakat di era disrupsi. Analisis ilmiah dalam pembahasan buku ini memberikan gambaran umum maupun secara operasional dalam mengajarkan dan melatih anak-anak dalam pembelajaran seni rupa, seni musik, dan seni tari di ruang lingkup pendidikan estetis. Semoga dengan hadirnya buku ini dapat memberikan informasi dan wawasan pendidikan seni untuk anak sebagai penerapan dialektika akademis untuk perkembangan ilmu sebagai paradigma belajar yang sesuai dengan psikologis maupun budaya sekitarnya.

Buku ini merupakan hasil pemikiran dan ide praktis berdasarkan literatur ilmiah yang dapat digunakan untuk menulis maupun mengembangkan karya tulis bagi mahasiswa PGSD.

Hukum Tata Negara

Hukum tata negara merupakan salah satu cabang ilmu hukum yang sangat penting dalam memahami struktur dan fungsi pemerintahan, serta hubungan antara negara dan warga negara. Dalam konteks perkembangan politik dan hukum yang terus berubah, pemahaman yang mendalam tentang hukum tata negara menjadi sangat krusial. Buku ini terdiri dari 12 bab yang mengupas tuntas berbagai topik penting dalam hukum tata negara, mulai dari Pengantar tentang hukum tata negara, ruang lingkup dan pentingnya hukum tata negara, konstitusi, sistim pemerintahan dalam konstitusi, pembagian kekuasaan, organ negara (legislatif, eksekutif dan yudikatif, prinsip-prinsip dasar hukum tata negara, good governance, perlindungan hak asasi manusia dalam konteks hukum tata negara oleh irma mangar, perubahan konstitusi, hukum tata negara dalam konteks global, isu-isu kebebasan berpendapat dan ekspresi. Buku ini hadir sebagai referensi komprehensif yang diharapkan dapat membantu mahasiswa, akademisi, praktisi hukum, serta masyarakat umum dalam memahami berbagai aspek hukum tata negara.

Hukum tata negara merupakan salah satu cabang ilmu hukum yang sangat penting dalam memahami struktur dan fungsi pemerintahan, serta hubungan antara negara dan warga negara.

Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah

Buku "Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah" adalah panduan yang mendalam dan sistematis, dirancang untuk membimbing pembaca melalui setiap tahap penting dalam proses penulisan karya ilmiah. Buku ini tidak hanya memberikan pengenalan konsep dasar penulisan ilmiah, tetapi juga mengupas perencanaan penulisan, struktur karya ilmiah, gaya penulisan yang sesuai standar, hingga etika penulisan ilmiah. Setiap babnya memberikan panduan praktis dan contoh konkret untuk membantu pembaca mengembangkan ide, menyusun abstrak yang efektif, dan merinci setiap bab karya ilmiah dengan ketelitian. Dengan fokus pada metodologi yang jelas, buku ini menjadi alat yang sangat berharga bagi mahasiswa, peneliti, dan siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah mereka. Dari tahap perencanaan hingga publikasi, "Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah" memberikan wawasan mendalam dan memberdayakan pembaca untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar akademis.

... Write a Good Scientific Paper. Washington: SPIE Makridakis, S., Spiliotis, E., & Assimakopoulos, V. (2022). M5 accuracy competition: Results, findings, and conclusions. International of Forecasting, 38(4). Journal https://doi.org ...

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Psikologi industri dan organisasi memiliki peran yang penting dalam mengembangkan sumber daya manusia dan organisasi. Psikologi industri dan organisasi melakukan penilaian dan penyusunan hal-hal dibawah ini: rekrutmen dan releksi, sikap kerja, training dan pengembangan dan penilaian kinerja. Terdapat beberapa kajian yang berada dalam ruang lingkup psikologi industri dan organisasi, ini diantaranya psikologi industri dan organisasi sebagai ilmu, psikologi industri dan organisasi mempelajari perilaku manusia, perilaku manusia dalam perannya sebagai konsumen dan tenaga kerja, perilaku manusia dipelajari secara perorangan dan kelompok. Obyek kajian psikologi industri meliputi tiga komponen yaitu organisasi, kelompok dan individu. Kemudian aspek dari psikologi industri dan organisasi ini mengenai personel, organisasI dan faktor manusia. Dalam pendekatan psikologi industri dan organisasi terdapat dua pendekatan untuk mencapai tujuan psikologi industri dan organisasi. Pendekatan tersebut adalah industri dan organisasi. Pendekatan industri berfokus pada penentuan kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan dan berhubungan dengan organisasi kepegawaian. Industri juga dimaksudkan pada kompetensi yang dimiliki karyawan dan bagaimana kompetensi karyawan dapat ditingkatkan melalui training. Pendekatan organisasi menciptakan struktur organisasi dan budaya yang memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan. Organisasi juga memberi informasi yang diperlukan karyawan untuk untuk melakukan pekerjaan mereka. Organisasi juga memberikan situasi kerja yang aman. Manfaat dari psikologi industri dan organisasi yang berperan positif dan penting bagi organisasi. Psikologi industri dan organisasi bermanfaat untuk: • Membantu organisasi dan perusahaan dalam mencapai tujuan • Menjembatani kebutuhan individu dan kebutuhan organisasi • Meningkatkan kemampuan individu dalam setting kerja sehingga bukan saja • Meningkatkan kompetensi individu tapi juga mengembangkan perusahaan • Menjamin kesejahteraan tenaga kerja dengan memperhatikan kepuasan kerja

... industri perlu memenuhi empat tantangan di abad 21 ini. Jelaskan mengenai empat tantangan tersebut! DAFTAR. PUSTAKA. Aamodt, M. G. (2010). Industrial Organizational Psychology: An Applied Approach (J.-D. Hague, T. Tom, R. Guzman, & R ...

Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama. Pertama, membahas tentang konsep manajemen mutu dan manajemen pendidikan. Kedua, tentang teorisasi mutu madrasah/sekolah dan mutu lembaga pendidikan. Ketiga, analisis tentang kualitas internal dan eksternal pendidikan. Keempat, pembahasan tentang analisis SWOT. Kelima, analisis tentang lingkungan internal, berupa visi, mis, dan sasaran pendidikan. Keenam, analisis tentang kualitas pendidikan dalam fakta dan persepsi.

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama.

Pancasila dalam Pendidikan Humaniora

Interkulturalisme dan Globalisasi-Internasionalisasi

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Diskursus-diskursus akademik adalah salah satu upaya yang dilakukannya. Diskursus ini terinspirasi dari kegiatan yang dilakukan oleh organisasi pergerakan jaman dulu seperti Budi Utomo, Indonesische Studieclub, dan Algemene Studieclub. Buku ini merupakan pengupayaan akademik yang berkaitan dengan ke-Pancasila-an secara dialogis. Kemudian Pancasila didudukkan sebagai basis moral dari segi pendidikan kemanusiaannya, nilai-nilai kebudayaan dan kecenderungan tantangan yang disebabkan pengaruh globalisasi dan paham-paham internasional. Maka tidak berlebihan jika isi buku ini sangat relevan untuk dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi para pemerhati kebangsaan dan para Pancasilais yang memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap nasib bangsa ini.

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan.

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN: Konsep, Model, dan Implementasi

Buku referensi ini hadir dengan tujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam pemahaman tentang manajemen pemasaran jasa pendidikan bagi para mahasiswa dan akademisi. Adapun Isi buku ini merangkum berbagai konsep, model, dan strategi dalam pemasaran jasa pendidikan, yang dirancang untuk menjadi panduan berharga bagi para praktisi dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan.

12-17 . Available at : https://doi.org/10.4324/9780080511085-8 . and Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Antasari Banjarmasin. 113', Manajemen. Imam Junaris , E.R.M.Z.M.M. ( 2021 ) ' Marketing Strategies Education Oriented Market ...

Manajemen Peserta Didik

Melalui buku Manajemen Peserta Didik ini akan diberikan gambaran penuh terkait konsep manajemen peserta didik, ruang lingkup dan alur manajemen peserta didik sebagaimana mestinya. Sehingga pembaca khususnya para pengelola pendidikan mengetahui dan memahami apa saja yang harus mereka lakukan dan bagaimana tahapannya. Adapun secara terperinci apa saja yang dibahas dalam buku ini, diantaranya adalah; Konsep Dasar & Teori Manajemen Peserta Didik, Tujuan & Fungsi Manajemen Peserta Didik, Prinsip & Pendekatan Manajemen Peserta Didik, Perilaku & Karakteristik Peserta Didik, Analisis Kebutuhan Peserta Didik Satuan Pendidikan, Perencanaan & Penerimaan Peserta Didik, Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik, Pencatatan Data Peserta Didik & Instrumen yang Digunakan, Evaluasi Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan, Manajemen Bimbingan & Konseling Serta Layanan Peserta Didik, Manajemen Peserta Didik dalam Kelas, Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah. Dari uraian judul pembahasan di atas, buku ini diharapkan mampu memberikan jawaban atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait pengelolaan peserta didik.

Melalui buku Manajemen Peserta Didik ini akan diberikan gambaran penuh terkait konsep manajemen peserta didik, ruang lingkup dan alur manajemen peserta didik sebagaimana mestinya.