Sebanyak 1136 item atau buku ditemukan

STIMULASI PERKEMBANGAN OLEH IBU MELALUI BERMAIN DAN REKREASI PADA ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang Model Stimulasi Perkembangan oleh Ibu dengan Bermain dan Rekreasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Teori Health Promotion Model terdiri dari beberapa materi yang dirangkum dalam beberapa BAB sehingga diharapkan mahasiswa Keperawatan, Kebidanan dan masyarakat umum mendapatkan informasi yang terkait topik di dalam buku ini sebagai bahan rujukan di dalam melakukan penelitian maupun membuat tulisan/artikel dalam bidang kesehatan khususnya bidang Keperawatan maupun Kebidanan.

A. Tumbuh Kembang Anak 1. Definisi Tumbuh Kembang Istilah tumbuh kembang
sebenarnya mencakup dua peristiwa yang mempunyai sifat yang berbeda tetapi
saling berkaitan dan sulit dipisahkan yaitu : pertumbuhan dan perkembangan.

SIAPA BILANG BAHASA ARAB SULIT???

Buku ini yang berjudul “Siapa Bilang Bahasa Arab Sulit???”diperuntukkan bagi para pecinta bahasa umumnya dan para mahasiswa yang sedang belajar Bahasa Arab khususnya. Mudah-mudahan buku sederhana ini bisa membantu para pembaca semua. Aamiin…

Buku ini yang berjudul “Siapa Bilang Bahasa Arab Sulit???”diperuntukkan bagi para pecinta bahasa umumnya dan para mahasiswa yang sedang belajar Bahasa Arab khususnya.

Kamus Saku Bahasa Arab - Indonesia

Bahasa Arab adalah bahasa dunia yang kalau diteliti, bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak kosa katanya, paling komplek morfologi dan sintaksisnya. Oleh karena itu, belajar bahasa Arab itu lebih sulit dibandingkan dengan belajar bahasa-bahasa yang lain. Perlu diingat bahwa, awal dari belajar bahasa apa pun yang pertama-tama itu harus mengerti makna kosa katanya. Karena sebagus apa pun karya atau ucapan bahasa lisan orang lain, diksi, struktur kalimatnya dan lain sebagainya jika pembaca tidak mengerti makna kata maka pesan yang ditulis atau diucapkan melalui bahasa lisan orang lain mustahil tersampaikan. Setelah mengerti kosa kata tahap selanjutnya adalah belajar ilmu linguistik secara step by step (tadrijiyan). Belajar bahasa apa pun, apalagi bahasa Arab, kosa kata harus dihafal secara fasih dan benar lafal dan maknanya. Menghafal kosa kata itu tidak hanya ketika belajar di tempat tertentu, tetapi di mana pun dan kapan pun agar segera banyak hafal kosa kata dan maknanya. Berangkat dari tuntutan itu, maka kamus saku ini dibuat. Sebuah kamus yang dapat dimasukkan ke saku sehingga dapat dibawa ke mana pun. Selain itu, kamus yang ada di tangan pembaca ini adalah sebagai usaha memperkenalkan makna kata dalam bahasa Arab pada anak-anak atau siapa pun yang masih tahap awal mengenal bahasa Arab. Kosa kata yang termuat di dalam kamus ini pun mencakup kosa kata yang paling dekat dengan manusia sampai yang jauh. Dengan susunan seperti itu sebenarnya bertujuan agar mudah diingat, dihafal dan dimengerti. Semoga bermanfaat. Amien 🤲

Bahasa Arab adalah bahasa dunia yang kalau diteliti, bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak kosa katanya, paling komplek morfologi dan sintaksisnya.

Kajian Linguistik Bahasa Arab

Buku ini menyajikan pembahasan yang komprehensif tentang Linguistik. Isi buku diawali dengan pembahasan mengenai linguistik sebagai kajian ilmiah bahasa dan bahasa sebagai objek kajiannya, dilanjutkan dengan pemaparan tentang ruang lingkup dan berbagai metode linguistik modern yang meliputi: metode komparatif, metode deskriptif, metode historis, dan metode kontrastif. Untuk memberikan gambaran yang utuh mengenai perkembangan linguistik baik di luar maupun di dalam negeri, buku ini juga menyajikan pembahasan tentang sejarah perkembangan, aliran serta tokoh-tokoh linguistik yang telah memberi warna dan sumbangan besar bagi perkembangan ilmu ini. Selanjutnya buku ini membahas tentang bidang kajian linguistik dengan berbagai tatarannya yang dimulai dari fonologi sampai kepada semantik dan pragmatik yang merupakan kajian lanjutan dari semantik. Selanjutnya dibahas pula hubungan linguistik dengan disiplin ilmu lain seperti psikolinguistik dan sosiolinguistik. Linguistik dipelajari dengan berbagai maksud dan tujuan. Untuk sebagian orang, ilmu ini dipelajari untuk mendalami ilmu itu sendiri sebagai sebuah disiplin ilmu mandiri tanpa ada tujuan lain di luar itu. Sementara untuk sebagian yang lain, ilmu ini dikaji sebagai landasan, dasar atau fondasi untuk mengkaji atau mengembangkan ilmu-ilmu lain seperti kesusastraan, filologi, pengajaran bahasa, penerjemahan, dan sebagainya. Untuk merespon kedua kecenderungan tersebut, maka buku ini ditulis semaksimal mungkin bagi keduanya. Kedua kelompok pengkaji linguistik tersebut bisa berasal dari kalangan akademisi (dosen atau mahasiswa), peneiliti, dan praktisi pengajaran.

Sumber data gramatika Bahasa Arab adalah Al-Qur'an, As-Sunnah, syair-syair
dan ungkapan Arab, serta para penutur Bahasa Arab yang berasal dari kawasan
pedesaan yang tuturannya masih asli dan belum tercampur dengan bahasa ...

Cara Mahir Menguasai Ilmu Nahwu: Skematik – Aplikatif – Praktis

Dalam al-Muqaddimah-nya, Ibnu Khaldun memandang “Ilmu Nahwu” sebagai bagian integral dari seluruh pilar linguistik Arab (‘Ulûm al-Lisân al-‘Arab). Ilmu nahwu juga merupakan pondasi kelimuan yang terpenting bagi setiap kajian ilmu-ilmu keislaman (al-‘Ulūm al-Islāmiyah) seperti Fiqh, Tafsir, Hadits, Tarikh dan disiplin ilmu keislaman lainnya. Tanpa ilmu nahwu kita tidak akan dapat menemukan maksud dan pemahaman utuh (al-fahm al-syāmil wa al-kully) yang terkandung dalam teks-teks keislaman tersebut. Hadirnya buku ini merupakan bentuk ijtihadi sederhana penulis yang berusaha menawarkan langkah-langkah praktis dan cara-cara cerdas dalam mempelajari ilmu nahwu dengan mudah yakni dengan menampilkan contoh-contoh i’rāb yang aplikatif, praktis dan berbasis skematik atau peta konsep (mind map) dalam uraian dan kajian ilmu nahwu. Buku ini juga melatih dan menumbuhkan kejelian dan ketelitian (diqqah) pembelajar dalam mengindentifikasi dan menganalisis posisi kata bahasa Arab dalam sebuah teks atau wacana sehingga pembelajar diharapkan dapat menemukan maksud dan pemahaman komprehensif terhadap teks-teks keislaman yang dipelajari. Disamping itu juga, buku ini sangat membantu bagi pembelajar pemula yang mempelajari ilmu nahwu khususnya tentang i’rab. Di dalamnya dipaparkan mengenai tata cara mengi’rab (analisis) kata bahasa Arab dengan berbagai variannya sesuai dengan tema kajiannya. Selamat membaca !

Dalam al-Muqaddimah-nya, Ibnu Khaldun memandang “Ilmu Nahwu” sebagai bagian integral dari seluruh pilar linguistik Arab (‘Ulûm al-Lisân al-‘Arab).

Integrating Technology In Indonesia Languange Learning

Bagaimana Mengintegrasikan Teknologi untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Tsunami Digital

Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi di zaman sekarang ini berimplikasi pada pergeseran paradigma dalam sistem pendidikan. Paradigma baru pembelajaran pada era digitalisasi memberikan tantangan yang besar bagi guru. Pada era ini dalam melaksanakan profesinya, guru dituntut lebih meningkatkan profesionalitasnya. Profesionalitas menekankan kepada penguasaan IPTEK atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya. Guru yang profesional sangat berperan membantu perkembangan siswa untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai.

Pada praktiknya seorang guru bahasa Indoneisa harus memiliki literasi informasi
, literasi media, dan literasi ICT yang nantinya akan berguna dalam
mengembangkan kompetensinya terkait dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan ...

PANDUAN PENULISAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR

POLITEKNIK TUNAS PEMUDA TANGERANG

Buku pedoman penulisan skripsi dan tugas akhir bertujuan menyeragamkan teknik penulisan sehingga mahasiswa, dosen pembimbing, dan para pengambil keputusan akademik dapat memiliki kesamaan dalam sistematika penulisan, dan lain-lain yang menyangkut penulisan Skripsi dan tugas akhir di Politeknik Tunas Pemuda. Buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini disajikan setelah mendapatkan sejumlah masukkan dari para tim Dosen Politeknik Tunas Pemuda, walaupun demikian disadari sepenuhnya bahwa selalu ada keterbatasan dalam setiap penulisan. Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Pengantar Sosiologi Dakwah

Sosiologi dakwah merupakan salah satu matakuliah yang diajarkan di perguruan tinggi negeri maupun swasta, memberikan pemahaman kepada mahasiswa; untuk mengungkap masalah sosial yang terjadi pada masyarakat modern dan tradisional yang terkait dengan masalah dakwah, dan upaya yang dilakukan pelakudakwah dalam memberikan solusi terhadap masalah sosial dengan menggunakan pendekatan Teori Sosiologi dan Al-Quran maupun Hadis. Matakuliah Pengantar Sosiologi Dakwah membuka tabir dan memberikan solusi terhadap masalah sosial yang selama ini membelenggu kehidupan masyarakat. Ada beberapa hal yang dilihat terkait dengan Sosiologi Dakwah di antaranya isu-isu dakwah global dan klasik yang terkait perubahan sosial, konflik, keberagamaan, budaya, ekonomi, politik, kesehatan sosial, kemiskinan, dan teori-teori sosial. Solusi langkah strategi yang dilakukan pelaku dakwah agar masalah sosial dapat teratasi dengan cepat, yakni lewat media yang digunakan, materi yang menzaman, dan pendekatan persuasifyang menarik. Tujuan utama buku Pengantar Sosiologi Dakwah untuk memberikan solusi terhadap masalah dakwah yang muncul di tengah masyarakat plural, sehingga dalam merealisasikan dakwah para dai (pelaku dakwah), rnadu (objek dakwah), rnaddah (materi dakwah), wasilah (media dakwah), thariqah (metode), dan atsar (efek dakwah) terjadi kombinasi, sehingga dakwah dapat tercapai dengan baik. Sebab arah tujuan dakwah berangkat dari kondisi masyarakat dan hasilnya juga akan memberikan manfaat terhadap kemajuan masyarakat. Dengan demikian, polarisasi peningkatan kualitas pelaku dakwah dalam bidang Sosiologi senantiasa ditingkatkan, sehingga dalam melaksanakan tugas dakwah cepat dan tepat dalam kehidupan bermasyarakat.Ê --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Matakuliah Pengantar Sosiologi Dakwah membuka tabir dan memberikan solusi terhadap masalah sosial yang selama ini membelenggu kehidupan masyarakat.

Memahami Organisasi Pendidikan

Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan

Organisasi merupakan fungsi manajemen yang sarna pentingnya dengan fungsi lainnya dalam manajemen. Kajian mengenai desain organisasi khususnya yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan penting dilakukan untuk menganalisis suatu rencana pengembangan organisasi yang dapat mengarahkan aktivitas program pendidikan menjadi lebih baik dan benar. Desain organisasi pendidikan pada tatar pemerintah, pemerintah daerah, dan sekolah yang berorientasi visi akan mampu menggerakkan organisasi dalam mencapai tujuan dan target dengan memberdayakan seluruh potensi guna memperoleh pendidikan yang bermutu dan budaya saing tinggi. Desain organisasi pendidikan yang berorientasi visi yang konsisten pada budaya mutu yang kompetitif dapat menumbuhkan keinginan kuat untuk melakukan perubahan. Kajian dalam buku ini mengungkapkan berbagai problematika dalam manajemen pendidikan khususnya mengenai organisasi pendidikan yang dinamis dalam memberdayakan satuan pendidikan, budaya dan reinventing organisasi pendidikan ke arah yang lebih profesional dan dinamis di provinsi dan kabupaten/kota serta satuan pendidikan, hubungan antarmanusia dalam organisasi pendidikan dan kajian lainnya mengenai organisasi pendidikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

dalam batasan mereka itu sendiri; (7) pengabdian nilainilai kultur yaitu
menghidupkan secara terusmenerus nilainilai kultur yang dibutuhkan sesuai
pertimbangannya; dan (8) komunikasi dan informasi yaitu organisasi informal
merupakan ...

Mengembangkan Intelegensi Quotient (IQ) pada anak prasekolah dengan stimulasi keluarga dan pendidikan anak usia dini

... drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni, gerak dan tari, serta drama. 3. Standart proses Pelaksanaan pembelajaran dalam program pendidikan anak usia dini (PAUD) ...