Sebanyak 4 item atau buku ditemukan
Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berbagai penelitian tersebut berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan berbagai cara. Cara yang dilakukan peneliti antara lain dengan memanfaatkan strategi belajar, pemakaian media pembelajaran, pemilihan bahan bacaan, dan teknik membaca. Penelitan-penelitan tersebut menunjukkan hal yang positif, hanya saja dalam prakteknya hasilnya masih sedikit dimanfaatkan untuk digunakan di sekolah-sekolah. Melalui tulisan ini berbagai hasil penelitian tersebut berusaha untuk ditelaah dan dikaji untuk dijadikan landasan dalam menyusun sebuah pembelajaran membaca yang baik yang dapat dipraktekkan di sekolah-sekolah sesuai dengan tingkatannya.
Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa SMP. Indonesia Keterampilan menulis teks diskusi dilihat berdasarkan keterampilan menulis orientasi isu, pendapat mendukung, pendapat menolak, dan simpulan/saran. Keterampilan menulis teks diskusi penting dikuasai karena mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan peka terhadap isu/permasalahan di masyarakat.
Eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa SMP.
Bagaimana Mengintegrasikan Teknologi untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Tsunami Digital
Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi di zaman sekarang ini berimplikasi pada pergeseran paradigma dalam sistem pendidikan. Paradigma baru pembelajaran pada era digitalisasi memberikan tantangan yang besar bagi guru. Pada era ini dalam melaksanakan profesinya, guru dituntut lebih meningkatkan profesionalitasnya. Profesionalitas menekankan kepada penguasaan IPTEK atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya. Guru yang profesional sangat berperan membantu perkembangan siswa untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai.
Pada praktiknya seorang guru bahasa Indoneisa harus memiliki literasi informasi
, literasi media, dan literasi ICT yang nantinya akan berguna dalam
mengembangkan kompetensinya terkait dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan ...
Buku ini ditulis karena adanya kegelisahan penulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, terutama di tingkat perguruan tinggi. Banyak mahasiswa yang belum paham dan tidak bisa membedakan menulis kata “di” yang dipisah dan kata “di” yang disambung. Tentu ini menjadi sebuah keprihatinan bagi semua, khususnya bagi pengajar bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam buku ini dilakukan secara struktural mulai dari hal yang paling dasar berkenaan dengan konsep bahasa sampai pada tahap akhir melakukan presentasi ilmiah.
Buku ini ditulis karena adanya kegelisahan penulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, terutama di tingkat perguruan tinggi.