Sebanyak 969 item atau buku ditemukan

HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN KONSEP ABDULLAH NASIH ‘ULWAN DAN B.F. SKINNER

Segala puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT., Tuhan semesta alam , atas segala karunia, rahmat, hidayah, dan taufik-Nya, penulis memiliki kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan buku ini meskipun penulis mengakui bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Shalawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada Rasulullah SAW., keluarganya, para sahabatnya, dan semua penganut ajarannya. Buku berjudul HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan dan B.F. Skinner ini, disusun atas kegelisahan penulis dengan fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah. Semisal kekerasan yang dilakukan guru yang berujung pada pelaporan orang tua murid kepada guru tersebut ke pihak kepolisian. Sungguh ironis memang, disatu pihak guru ingin mendisiplinkan dan mentertibkan anak, di lain sisi tindakkan tersebut berujung pada pihak kepolisian. Begitu juga dengan kasus yang sebaliknya, yaitu memang dilakukan oknum guru yang diluar batas, namun malah tak tertindak oleh pihak yang berwenang sehingga memberikan efek trauma pada anak. Hukuman dalam pendidikan yang telah dikonsep pemikir Islam dan pemikir barat memberikan udara segar untuk para pelaku pendidikan agar tidak salah langkah dalam mendisiplinkan dan mentertibkan sembari menginternalisasi karakter ataupun akhlak yang baik kepada anak. Hal ini sangat untuk memupuk akhlakul karimah pada anak, terlebih bahwa kita hidup di negara yang sangat mengutamakan etika atau akhlak yang baik. Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan buku ini. Semoga Allah SWT. membalas dengan pahala yang berlipat ganda di dunia dan akhirat. Penulis juga mohon maaf atas segala kekhilafan dan kekurangan buku ini, dan senantiasa mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar buku ini lebih bermanfaat dan lebih baik kualitasnya di masa mendatang. Aamiin

Buku berjudul HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan dan B.F. Skinner ini, disusun atas kegelisahan penulis dengan fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah.

PERILAKU ORGANISASI (Teori dan Konsep) Jilid 1

Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh beberapa pertimbangan berikut ini: Pertama, kebutuhan akademik khususnya kebutuhan penulis sebagai pengampu mata kuliah “Perilaku Organisasi” pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin yang diberi kepercayaan dan tanggung jawab oleh Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin tersebut untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran dalam mata kuliah tersebut. Kedua, mengikuti perkembangan ilmu perilaku dan memenuhi tuntutan moral sebagai seorang akademisi untuk terus mengembangkan keilmuan yang menjadi spesialisasi/minat utama untuk berkarya dalam bentuk tulisan atau buku seperti ini. Ketiga, turut memberikan sumbangan pemikiran, pengembangan wawasan keilmuan dan bagaimana menerapkan praktik keilmuan di bidang perilaku organisasi bagi mahasiswa sebagai calon pegawai maupun yang sudah menjadi pegawai baik pada institusi pemerintah maupun lembaga bisnis dalam membangun, membina, mempertahankan, dan meningkatkan komitmen dan kepuasan kerja karyawan yang menjadi tanggung jawabnya.

Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh beberapa pertimbangan berikut ini: Pertama, kebutuhan akademik khususnya kebutuhan penulis sebagai pengampu mata kuliah “Perilaku Organisasi” pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan ...

MANAJEMEN PAUD DMIJ BERORIENTASI AKREDITASI

Manajemen PAUD adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan agar kegiatan dapat terlaksana dengan efektif dan efesien sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan. Sedangkan Akreditasi PAUD adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu PAUD.

Manajemen PAUD adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan agar kegiatan dapat terlaksana dengan efektif dan efesien sehingga ...

MANAJEMEN BIAYA

COST MANAGEMENT

mata kuliah ini membahas peran informasi manajemen biaya dalam hubungannya dengan (1) strategi dan implementasinya, seperti konsep biaya, balancer scorecard dan value chain, ABC dan ABM, (2) Perancangan dan pengambilan keputusan seperti pembuatan anggaran induk, biaya relevan dan telaah stratejik, dan perencanaan biaya untuk siklus hidup produk, (3) pengendalian operasional, seperti produktivitas dan efektivitas pemasaran dan analisis profitabilitas stratejik, (4) Pengendalian Manajemen, seperti pengendalian manajemen dan pengukuran kinerja stratejik, dan unit – unit investasi stratejik dan penetapan harga transfer, dan (5) Topik – topik lanjutan manajemen biaya, sepertia kompensasi manajemen dan penilaian bisnis, dan penganggaran kapital.

Selain itu antusiasme pelaksanaan pendidikan yang sangat tinggi, didukung dengan sarana prasarana pendidikan yang cukup memadai. 2.

MANAJEMEN LABORATORIUM PENDIDIKAN

Manajemen laboratorium (laboratory management) adalah usaha untuk mengelola laboratorium. Suatu laboratorium dapat dikelola dengan baik sangat ditentukan oleh beberapa faktor yang saling berkaiatan satu dengn yang lainnya. Beberapa alat-alat laboratorium yang canggih, dengan staf profesional yang tampil belum tentu dapat berfungsi dengan baik, oleh karena itu manajemen laboratorium adalah suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dan kegiatan laboratorium sehari-hari. Suatu (job description) yang jelas, pemanfaatan fasilitas yang efektif, efesien, disiplin dan administrasi laboratorium yang baik pula. Sedangkan manajemen laboratorium pendidikan adalah pengaturan dan pelaksanaan proses fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan) tempat riset (penelitian) ilmiah, eksperimen (percobaan), pengukuran ataupun pelatihan ilmiah guna memudahkan para peserta didik maupun pendidik dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Buku ini mengkaji tentang manajemen laboratorium dalam upaya meningkatkan ii mutu pembelajaran di sekolah, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen laboratorium di sekolah.

Penghapusan sarana dan prasarana pendidikan 6. Manajemen Hubungan Masyarakat Prinsip-prinsip manajemen hubungan masyarakat a. Komunikasi b.

MANAJEMEN SISTEM PENDIDIKAN

Dalam buku ini kita menemukan berbagai model pengelolaan sekolah dan pendidikan yang dapat diterapkan sehingga menjadikan sekolah merupakan tempat yg nyaman, aman dan bermutu untuk anak meraih ilmu pengetahuan.Buku Manajemen Sistem Pendidikan Hasil Karya Adinda kami tercinta Maiza Fikri, M.M dan Relita Daryani, SP,M.Pd bisa dijadikan inspirasi oleh semua pelaku pendidikan dalam menata manajemen pengelolaan sistem pendidikan di lingkungan sekolah dimana pun dapat diterapkan dan menjadi salah satu dasar model yang dapat dikembangkan di sekolah masing-masing. Mereka berdua dapat menginspirasi untuk kita semua bagaiman mengelola sekolah yang bermutu dan menjadikan sekolah tempat yang nyaman bagi anak-anak.

Dalam buku ini kita menemukan berbagai model pengelolaan sekolah dan pendidikan yang dapat diterapkan sehingga menjadikan sekolah merupakan tempat yg nyaman, aman dan bermutu untuk anak meraih ilmu pengetahuan.Buku Manajemen Sistem ...

MANAJEMEN PAUD DMIJ PLUS TERINTEGRASI

Manajemen PAUD adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelempok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan agar kegiatan dapat terlaksana dengan efektif dan efesien sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan.

Manajemen PAUD adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelempok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan agar kegiatan dapat terlaksana dengan efektif dan efesien sehingga ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

(Wacana Kritis atas Etika Kekuasaan dan Budaya Mematuhi Melalui Pendidikan)

Buku yang berada di tangan anda ini adalah buku untuk memenuhi literatur mahasiswa dan steakholders pengelola pendidikan—juga untuk khalayak, sebagai bahan bacaan dan semakin melengkapi khazanah keilmuan tentang Manajemen Pendidikan (Islam); khususnya tentang antikorupsi. Sekarang ini, kasus korupsi tidak pernah henti difragmentasikan oleh para pengusaha, praktisi hukum dan politisi kita di negeri ini, seperti diberitakan teranyar yang dilakukan oleh salah satu politisi partai besar, dan notabene-nya adalah anggota legislatif yang terhormat. Menyusul kasus-kasus korupsi sebelumnya, baik masalah bantuan sosial, dan anggaran lainnya—seperti kasus yang menimpa Bupati Subang, Gubernur Sumatera Utara, hakim, panitera dan lainnya. Hal ini semakin menegasikan bahwa korupsi sejatinya bukan masalah kesejahteraan yang diterima—terutama oleh para birokrat—tetapi lebih pada persoalan mental, karena korupsi tidak disebabkan oleh sebab tunggal dan yang lebih essensial tentu karena sistem yang berlaku di negeri ini. Misalnya sistem hukum, politik, administrasi kepegawaian, sosial, pengawasan dan lainnya. Azyumardi Azra secara tegas mengatakan; agama apapun—khususnya Islam—mengutuk keras tindakan korupsi dalam bentuk apapun. Kata-kata Nabi 'la'natullahi 'ala al-raasyi wa al-murtasyi' (laknat Allah terhadap orang yang memberi suap dan yang menerima suap) adalah meniscayakan ketegasan itu. Term 'al-raasyi' berasal dari kata dasar 'risywah' yang dalam kamus bahasa Arab modern tidak hanya bermakna 'penyuapan' (bribery) tetapi juga korupsi dan ketidakjujuran (dishonesty). Dalam konteks ajaran Islam yang lebih luas, korupsi adalah tindakan yang bertentangan dengan prinsip keadilan {al-'adalah), akuntabilitas (al-amanah), dan tanggung jawab. Korupsi dengan segala dampak negatifnya yang menimbulkan berbagai distorsi terhadap kehidupan negara dan masyarakat dapat dikategorikan sebagai perbuatan yang diharamkan dan termasuk dosa besar—bahkan secara hukum Islam bisa dimasukkan dalam jenis khiyanah (berhianat). Risywah terus terjadi tanpa mengenal henti. Ia mengakar, menjamur, bahkan selalu menabur benih baru korupsi dan semakin memberi impresi tentang parahnya fenomena risywah di negara kita, seakan mementahkan komitmen pemerintah dalam memberantas korupsi, suap, sogok dan sebangsanya. Berdirinya KPK dan lembaga antikorupsi lainnya—dengan berbagai prestasi pengungkapan kasus korupsi—juga tidak memberikan efek jera kepada para pelakunya

Buku yang berada di tangan anda ini adalah buku untuk memenuhi literatur mahasiswa dan steakholders pengelola pendidikan—juga untuk khalayak, sebagai bahan bacaan dan semakin melengkapi khazanah keilmuan tentang Manajemen Pendidikan ...

Manajemen Pembiayaan Pendidikan

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan pendidikan yang sehat secara materi dan unggul dalam prestasi. Buku ini secara spesifik akan mengantarkan pembaca pada penyelesaian masalah penting dalam pendidikan. Ya, soal finansial. Persoalan finansial memang menjadi persoalan fundamental dan efeknya sangat jelas terasa. Beberapa komponen dalam pendidikan tidak akan berjalan maksimal, atau sama sekali tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan biaya. Karena itulah buku ini hadir. Sebagai upaya mengelola biaya dan mengalokasikannya kepada program-program yang semestinya. Lebih jauh lagi buku ini akan mengantarkan pembaca kepada bagaimana seharusnya lembaga pendidikan memperoleh alternatif tambahan dana selain dari dana rutin yang biasa diperoleh. Di samping itu buku ini juga menawarkan trik kepada para pengelola lembaga pendidikan dalam menjalin kemitraan dengan masyarakat serta dunia usaha/industri. Semua itu bertujuan untuk mewujudkan manajemen pembiayaan pendidikan yang baik.

Sejak Tahun 2013 mendirikan Organisasi “PUSAT STUDY PENDIDIKAN RAKYAT” (PUSDIKRA). ... Analisis kebijakan publik (2020); Landasan pendidikan (2019); Biokimia terintegrasi AlQuran (2019); Pembelajaran matematika untuk calon guru MI/SD ...

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH