Sebanyak 44 item atau buku ditemukan

Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI

Buku "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah sebuah panduan yang inovatif untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dalam memperkaya pembelajaran Agama Islam. Dalam era teknologi yang terus berkembang, AI telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman belajar. Dalam konteks Agama Islam, penggunaan AI dalam media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif, personal, dan adaptif bagi para siswa. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar AI dan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam pembelajaran Agama Islam. Para penulis, yang merupakan para ahli dalam bidang pendidikan Agama Islam dan kecerdasan buatan, membahas berbagai aspek pengembangan media pembelajaran berbasis AI. Mereka menjelaskan tentang metode dan strategi yang efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan dengan menggunakan AI. Buku ini juga mengungkapkan berbagai aplikasi praktis dari AI dalam pembelajaran Agama Islam, termasuk pengembangan kurikulum adaptif, personalisasi pembelajaran, dan evaluasi siswa. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana teknologi AI dapat membantu guru memberikan umpan balik yang lebih tepat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam penilaian kemajuan siswa. Selain itu, buku ini juga mengulas tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan AI dalam pembelajaran Agama Islam, seperti keadilan dalam penggunaan teknologi dan perlindungan privasi data siswa. Para penulis juga memberikan panduan etis dalam memanfaatkan teknologi AI sehingga dapat menjaga nilai-nilai agama yang penting. "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah buku yang sangat relevan bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan Agama Islam yang ingin memanfaatkan teknologi AI dengan cara yang efektif dan bertanggung jawab. Buku ini memberikan inspirasi dan pedoman yang praktis dalam menghadapi era digital dan memperkaya pembelajaran Agama Islam dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

... Al-Quran secara komputasional. Dengan menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami (natural language processing) dan machine learning ... Hadis: AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi tema atau topik tertentu dalam koleksi hadis ...

Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Globalisasi telah menggeser pendidikan dari upaya mencerdaskan bangsa menjadi komoditas, sehingga nilai kebangsaan dan moralitas sering kali diabaikan. Indonesia menghadapi tantangan besar dari perubahan ini, yang menjadikan pendidikan lebih pragmatis dengan fokus pada penguasaan ilmu (scientia) tanpa memperhatikan nilai-nilai kebangsaan. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan prinsip “trikon” (kontinyu, konvergen, konsentris) diyakini mampu mengatasi distorsi dalam pendidikan, menekankan internalisasi budaya agar peserta didik berkembang secara utuh dan tetap terhubung dengan identitas bangsa. Kurikulum Merdeka diimplementasikan untuk mengoptimalkan potensi siswa melalui pendekatan yang fleksibel. Guru diberikan keleluasaan memilih materi yang sesuai kebutuhan siswa, diharapkan menjadi penggerak untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan adaptif terhadap teknologi. Prinsip Sekolah Ramah Anak juga diterapkan, memastikan hak siswa dalam lingkungan yang aman dan bebas kekerasan serta diskriminasi, sekaligus mendorong partisipasi aktif siswa. Buku Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar mengupas penerapan Kurikulum Merdeka di jenjang dasar sebagai respons terhadap tantangan global. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara menjadi dasar buku ini, menggarisbawahi kemandirian dan pembentukan karakter sesuai nilai kebangsaan. Buku ini mencakup program sekolah ramah anak, profil pelajar Pancasila, dan pembelajaran sosial-emosional berbasis digital, serta pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sebagai panduan lengkap, buku ini membantu pendidik memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk membangun generasi yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan global.

... Islam & Pendidikan , 14 ( 2 ) , 92–97 . Nasution , M. K. ( 2017 ) . Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Ilmiah ... sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah . Jurnal Ilmiah. Merdeka di Sekolah Dasar.

TEORI DAN IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN STRATEGIS

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan. Buku ini disusun agar pembaca dapat memperluas tentang manajemen kepemimpinan yang kami sampaian berdasarkan berbagai sumber, pengamatan, pengalaman dan implemetasinya

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan.

BUKU AJAR MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...

Hadits Tarbawi

Secara terminolog Hadits Tarbawi adalah Segala sesuatu yang bersumber dari nabi Muhammad Saw baik berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, maupun sifat fisk Nabi Muhammad Sawyang berhubungan dengan proses pengembangan sosial kejiwaan manusia menuju pengembangan bakat alami secara bertahap dan memperbaiki akhlak serta menyempurnakannya sesuai deangan akidah dan nilai-nilai budaya.

Secara terminolog Hadits Tarbawi adalah Segala sesuatu yang bersumber dari nabi Muhammad Saw baik berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, maupun sifat fisk Nabi Muhammad Sawyang berhubungan dengan proses pengembangan sosial kejiwaan manusia ...

PENGELOLAAN PENDIDIKAN KE-SD-AN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural terdiri dari 5 Bab yaitu meliputi Pendahuluan, Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Penilaian Berbasis Pendidikan Multikultural, dan Pengelolaan Kompetensi Guru Berbasis Pendidikan Multikultural. Diharapkan Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan dapat meningkatkan efektivitas sosialisasi penerapan praktik Pendidikan kultural di dalam pengelolaan pendidikan di sekolah dasar.

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan ...

FILSAFAT ILMU Bagi Program Magister/Pascasarjana

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, dan matematika. Filsafat ilmu merupakan mata kuliah yang wajib bagi program Magister. Bagi mahasiswa program sarjana, filsafat ilmu diperlukan agar memiliki wawasan mendasar mengenai ilmu pengetahuan.

... philosophy is all learning exclusive of technical precepts and practical arts; a discipline comprising as its core logic, aesthetic, ethics, metaphysic and epistemology; a search for a general understanding of values and reality by ...