Sebanyak 1293 item atau buku ditemukan

FILSAFAT EKONOMI ISLAM Menjawab Tantangan Peradaban

Buku Filsafat ini adalah dengan berfilsafat atau berpikir secara ilmu pengetahuan merupakan salah satu hasil dari manusi berfilsafat, penilaian filsafat dapat dilakukan melalui teori kebenaran. Filsafat membimbing manusia untuk berpikir secara luas dan mendalam, yakni dengan berpikir secara universal dengan didukung upaya untuk mencapai radix dan menemukan esensi atau suatu permasalahan. Dari adanya hasil pemikiran tersebut kebenarannya secara ilmiah, obyektif, dan sistematis. dalam proses filsafat yang telah di pelajari. Sehingga bila digabungkan antara kata sejarah pemikiran filsafat yang mana memiliki arti seorang.

... philosophy is influenced by the thoughts of Ibn Khaldun with his theory of economic equality . Ibn Khaldun's philosophy on economics emphasizes the importance of mutual benefit in economic practice . Keywords : Aristotle , economics , ...

KONVERSI ENERGI: MANAJEMEN, PRINSIP, DAN APLIKASI

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk perkuliahan dasar konversi energi. Buku ini juga disesuaikan sebagai referensi bagi para profesional yang bekerja pada bidang manajemen dan konversi energi. Pembaca diasumsikan memiliki pengetahuan dasar tentang termodinamika, perpindahan panas dan massa, sistem listrik dan elektronika daya, serta dasar pemrogaman komputer. Sistematika penulisan buku ini terdiri dari 20 bab yang dapat dikelompokkan sebagai berikut: Bab 1-4: Membahas prisip umum transformasi energi, manajemen energi, dan sumber energi terbarukan. Bagian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum pada pembaca tentang konversi dan manajemen energi, dari sumber energi hingga pengguna energi. Bab 5 dan 6: Membahas tentang gardu listrik dan pembangkit listrik tenaga uap. Keduanya diinvestigasi dan disediakan saran peningkatan efisiensinya. Bab 7 dan 8: Membahas jaringan listrik internal dan sistem distribusi fluida dari fasilitas ke pengguna akhir. Bab 9: Membahas pembangkit kogenerasi dan trigenerasi. Bab 10 dan 11: Membahas fasilitas pabrik untuk memindahkan cairan seperti pompa, kipas, dan kompresor. Bab 12-14: Membahas fasilitas pabrik seperti pendingin, sistem HVAC, dan sistem pencahayaan. Bab 15: Membahas pemulihan panas dari proses dan fasilitas penukar panas. Bab 16: Membahas pengelolaan limbah dari proses dan fasilitas penukar panas. Bab 17: Membahas audit energi, penghitungan energi untuk kontrol dan perencanaan, dan kontrol terpusat. Bab 18: Membahas peran pendidikan dalam konversi dan manajemen energi. Bab 19: Membahas analisis ekonomi untuk investasi hemat energi. Bab 20: Memberikan kesimpulan, rumus dasar, data, dan indeks kinerja utama/key performance index (KPI). Contoh praktis diberikan untuk kasus dasar. terutama untuk bagian fasilitas. Kasus dasar yang disajikan dapat dengan mudah dikembangkan untuk aplikasi yang lebih rumit, termasuk pada sistem proses. Evaluasi teknis dikembangkan untuk aplikasi yang lebih rumit, termasuk pada sistem proses. Evaluasi teknis ditunjukkan pada akhir setiap bab. Tabel yang disajikan pada buku ini diirancang untuk memfasilitasi elaborasi data dengan lembar kerja standar.

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk perkuliahan dasar konversi energi.

Pendekatan sederhana untuk keuangan perilaku

Panduan pengantar teori dan prinsip operasional keuangan perilaku untuk meningkatkan hasil investasi

Apa itu keuangan perilaku dan bagaimana cara kerjanya? Bagaimana hal ini dapat membantu investor mencapai kinerja yang lebih baik? Mengapa hal ini menjadi begitu penting dalam beberapa tahun terakhir? Mempelajari dasar-dasar keuangan perilaku dengan cepat dan menerapkannya pada investasi Anda tidak pernah semudah ini. Untuk pertama kalinya, panduan yang komprehensif dan mudah diakses ini menunjukkan kepada Anda prinsip-prinsip teoretis dan operasional dari subjek ini. Dalam buku pegangan praktis ini, Anda akan menemukan semua informasi yang Anda perlukan untuk benar-benar memahami bagaimana psikologi dan studi tentang perilaku manusia telah merangkul dunia ekonomi dan keuangan. Pembaca akan belajar langkah demi langkah bagaimana menghadapi teori-teori baru ekonomi perilaku tanpa ragu-ragu. Dengan demikian, Anda akan menemukan melalui informasi langsung dan strategi penting yang dapat memperluas pandangan Anda tentang pasar keuangan, fungsinya serta aplikasi untuk mengelola investasi Anda.

Apa itu keuangan perilaku dan bagaimana cara kerjanya?

Manajemen UMKM dan Koperasi

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di sisi lain pertumbuhan koperasi di Indonesia menunjukkan peningkatan baik dari segi kuantitas maupun ragam usaha koperasi. UMKM dan Koperasi sebagai penopang ekonomi nasional perlu mendapat perhatian para akademisi melalui studi dan penelitian, masyarakat sebagai penerima manfaat dan terutama calon pengusaha dalam penciptaan nilai tambah usaha. Tanpa pengetahuan dan ketempilan serta penguasaan informasi terkini mengenai kewirausahaan, calon dan pengusaha akan menemukan tantangan dalam mencapai keberlanjutan. Daftar 11 BAB, sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Konsep Dasar Koperasi Bab 3 Pengertian UMKM dan Koperasi Bab 4 Manajemen Dalam Koperasi Bab 5 Hubungan Koperasi dan UMKM Bab 6 Karakteristik UMKM di Indonesia Bab 7 Kewirausahaan dan Koperasi Bab 8 Regulasi dan Etika Bisnis Bab 9 Manajemen UMKM dan Koperasi Bab 10 Mengelola SDM Bab 11 Perkembangan UKM di Indonesia

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pengantar Manajemen Operasional

Manajemen Operasional merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu manajemen dan bisnis. Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas tentang: Bab 1 Pengenalan Manajemen Produksi Bab 2 Strategi Operasi Bab 3 Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Pendekatan Luas Produksi Bab 4 Pola Produksi Bab 5 Peramalan Permintaan Produk dan Jasa Bab 6 Penentuan Lokasi Bab 7 Desain Fasilitas dan Layout Bab 8 Pengendalian Persediaan Bab 9 Manajemen Proyek Bab 10 Perencanaan Kapasitas dengan Learning Curve Bab 11 Material Handling Bab 12 Manajemen Kualitas Bab 13 Perencanaan Kapasitas Dengan BEP

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital)

Buku ini diharapkan dapat acuan dan referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran pada era digital saat ini. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kelemahan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak.” Oleh sebab itu, kami sangat saran dan kritik yang membangun, sangat kami harapkan dari para pembaca.

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital).

Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen pemasaran. Kehadiran buku ini, masih terdapat banyak kekurangan. Kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen ...

Manajemen Proyek: Pembelajaran Kewirausahaan Pemula Berbasis Inkubasi Bisnis

Buku ini tidak hanya berisi konsep manajemen proyek, tetapi juga berfungsi sebagai pedoman untuk melaksanakan sebuah proyek dari awal perencanaan proyek hingga hasil pencapaian dari sebuah proyek. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik-teknik analisis manajemen dalam perencanaan dan pengendalian proyek yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks (sosial, komersial, skala usaha, dan bentuk lainnya). Kami berharap buku ini dapat memberi kontribusi dan manfaat dalam mengimplementasikan manajemen proyek secara integratif bagi semua kalangan baik itu staf pengajar perguruan tinggi, mahasiswa, peneliti, praktisi manajemen, dan masyarakat umum.

STUDI KASUS PROYEK INKUBATOR BISNIS 78 pemasaran digital di media sosial dan platform e-commerce untuk mencapai target, membuat promosi/pemasaran dan menawarkan kepada orang terdekat di sekitar tempat tinggal anggota, ...

Islamic Social Finance

Entrepreneurship, Cooperation and the Sharing Economy

The current dynamics of world economy show remarkable changes in the socio-economics of credit provision and entrepreneurship. If the emergence of the sharing economy is fostering innovative models of collaborative agency, networking and venture business, economic actors are also looking for a more sustainable development, able to foster profitability as well as community welfare. This book investigates Islamic social finance as a paramount example of this economy under change, where the balance between economic efficiency and social impact is contributing to the transformation of the market from an exchange- to a community-oriented institution. The collected essays analyse the social dimension of entrepreneurship from an Islamic perspective, highlighting the extent to which the rationales of "sharing," distribution and cooperation, affect the conceptualization of the market in Islam as a place of "shared prosperity." Moving from the conceptual "roots" of this paradigm to its operative "branches," the contributing authors also connect the most recent trends in the financial market to Shari‘ah-based strategies for community welfare, hence exploring the applications of Islamic social finance from the sharing economy, FinTech and crowdfunding to microcredit, waqf, zakat, sukuk and green investments. An illuminating reference for researchers, practitioners and policy-makers dealing with the challenges of a global market where not only is diversity being perceived as a value to be fostered, but also as an important opportunity for a more inclusive economy for everybody.

This book investigates Islamic social finance as a paramount example of this economy under change, where the balance between economic efficiency and social impact is contributing to the transformation of the market from an exchange- to a ...

Writing Scientific Research Articles

Strategy and Steps

Writing Scientific Research Articles The new edition of the popular guide for novice and professional scientists alike, providing effective strategies and step-by-step advice for writing scientific papers for publication For scientists writing a research article for submission to an international peer-reviewed journal, knowing how to write can be as important as knowing what to write. Writing Scientific Research Articles: Strategy and Steps provides systematic guidance on writing effective scientific papers with the greatest chance for publication. Using clear language, this highly practical guide shows scientists how to apply their analysis and synthesis skills to produce a compelling research article and increase their competence in written communication of science. The third edition is fully revised to reflect changes in the review process and science journal publication. Incorporating current developments in technology and pedagogical practice, brand-new sections cover mapping and planning manuscripts, choosing results, systematic reviews, structured abstracts, and more. Updated material on referee criteria offers valuable insights on what journal editors and referees want to publish and why. Offering a hands-on approach to developing the academic writing skills of scientists in all disciplines and from all language backgrounds, Writing Scientific Research Articles provides a genre-based pedagogy and clear processes for writing each section of a manuscript across the full range of research article formats and funding applications presents tested strategies for responding to referee comments and developing discipline-specific language skills for manuscript writing and polishing pairs each learning step with updated practical exercises to develop writing and data presentation skills based on expert analysis of well-written papers, including provided example articles includes chapters on the difference between review papers and research papers, and on skill development using journal clubs and writing groups features a wealth of new information on topics including Open Access publishing, online reviews, and predatory conferences and journals Designed for use by individuals as a self-study guide or by groups working with an instructor, Writing Scientific Research Articles: Strategy and Steps is a must-have guide for early-career researchers with limited writing experience, scientists for whom English is an additional language, upper-level undergraduates and graduate students writing for publication, and STEM and English language professionals involved in teaching manuscript writing and publication skills and mentoring students and colleagues.

Writing Scientific Research Articles The new edition of the popular guide for novice and professional scientists alike, providing effective strategies and step-by-step advice for writing scientific papers for publication For scientists ...