Sebanyak 1507 item atau buku ditemukan

Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan Pengembangannya

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum. Buku ini terbagi menjadi dua pembahasan umum, yaitu: kurikulum secara makro dan kurikulum secara mikro. Materi pada kurikulum secara makro terdiri dari enam bab pembahasan, yakni: (1) hakikat kurikulum; (2) landasan pengembangan kurikulum; (3) prosedur pengembangan kurikulum; (4) kurikulum sekolah dasar sebelum KBK; (5) KTSP tingkat sekolah dasar; serta (6) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tingkat sekolah dasar. Materi pada kurikulum secara mikro terdiri dari lima bab pembahasan, yakni: (1) program pembelajaran; (2) rencana pembelajaran; (3) penyusunan alat evaluasi; (4) pemilihan media, bahan dan sumber belajar; serta (5) pemilihan metode dan perancangan kegiatan pembelajaran. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum.

PENGEMBANGAN KURIKULUM

Buku ini ditulis oleh delapan penulis yang terinspirasi dari mata kuliah Pengembangan Materi Ajar. Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model Pengembangan Kurikulum, Perencanaan Kurikulum, Implementasi Kurikulum 2013, dan Model- Model Evaluasi Perkembangan Kurikulum.

Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model ...

Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia. Dalam buku ini juga menggambarkan makna belajar oleh tokoh pendidikan dan kurikulum merdeka. Merdeka belajar berbasis Al Qur’an memiliki kekhasan. Menurut Al Qur’an merdeka belajar adalah sebuah upaya mengembangkan potensi anak yang diberikan oleh Allah sesuai dengan aturan Allah dan Rasul. Sebagai bentuk pemenuhan hak anak yang telah ditetapkan oleh Allah. Hak anak dalam Al Qur’an adalah hamba di bawah hak sang Pencipta. Kurikulum merdeka berbasis Al Qur’an sebagai rancangan pembelajaran secara utuh yang dibangun untuk memerdekakan pengembangan potensi anak yang telah diatur oleh Allah dan Rasul.

Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia.

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia

Pada buku ini terdapat sajian pembelajaran yang mampu mengatasi fenomena Learning Loss pada pembelajaran Kimia di saat pandemik Covid 19 yang melanda. Sudah pastinya buku ini sangat menarik, karena selain digambarkan bagaimana dampak learning loss juga ditampilkan kurikulum merdeka yang saat ini sedang digalakan oleh pemerintah. Dengan hadirnya buku ini membawa banyak kebermanfaatan dan memperkaya khasanah keilmuan pengetahuan Pendidikan Indonesia khususnya untuk para pendidik. selain itu buku ini juga menawarkan kajian ilmiah kurikulum Merdeka yang menjadi solusi dari dampak learning loss yang terjadi, sudah pastinya sangat dibutuhkan untuk menemukan beragam cara saat seorang pendidik menghadapi masalah yang sama.

Pada buku ini terdapat sajian pembelajaran yang mampu mengatasi fenomena Learning Loss pada pembelajaran Kimia di saat pandemik Covid 19 yang melanda.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Buku ini, membahas tentang 9 (sembilan) bagian utama, yaitu (1) sikap dan perilaku wirausaha; (2) peluang usaha; (3) konsep desain / prototype dan kemasan produk barang / jasa; (4) proses kerja pembuatan prototype produk; (5) Menganalisis Lembar Kerja/ Gambar Kerja Untuk Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa; (6) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (7) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (8) menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa; (9) menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa. Bagi siswa yang sedang menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan , bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi belajar. Bahan ajar ini dapat dikolaborasikan dengan media Vocationalogy yang dapat diakses secara online di www.vocationalogy.com dalam pembelajaran Blended Learning di era pandemi Covid-19. Bahan ajar ini jika dikolaborasikan dengan media Vocationalogy akan memberikan pengalaman belajar yang utuh bagi siswa SMK dalam mempelajari teori maupun praktikum dari mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi.

NEVER DIES : Alternative Islamic Education

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ruang Publik

Buku ini ditulis tak lain adalah hasil penelitian dari 6 orang Mahasiswa Doktor Studi Islam UIN Sunan Kalijaga yang berkonsentrasi pada Kependidikan Islam. Sebagai bentuk rasa gelisah akan Pendidikan Islam – pada era post-truth yang penuh dengan VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) ini – sering mendapatkan sindiran akan tidak berhasilnya Pendidikan Islam itu sendiri. Di dalam buku ini ada 6 penelitian yang hasilnya sangat menakjubkan dalam dunia Pendidikan Islam, dalam tulisan Pertama, Pendidikan Islam yang bergerak dan berpengaruh dalam bidang Ekonomi, Kedua, Pendidikan Islam Partisipatoris yang bergerak di Masyarakat dalam bidang Keagamaan, Pendidikan dan Budaya, Ketiga, Modernisasi Pendidikan Islam yang selama ini dianggap selalu konvensional, Keempat, Integrasi Pendidikan Islam yang bergerak dalam bidang Budaya Alam (Sunnatulloh), Kelima, Pendidikan Islam yang menyenangkan dalam mentalitas Akademik dan Keahlian yang mendunia, Keenam, Pendidikan Islam yang bergerak dalam Budaya Pemimpin serta Perekonomian.

Buku ini ditulis tak lain adalah hasil penelitian dari 6 orang Mahasiswa Doktor Studi Islam UIN Sunan Kalijaga yang berkonsentrasi pada Kependidikan Islam.

Bioteknologi dan al-Qur'an

referensi dakwah da'i modern

Development of biotechnology according to Koran in Indonesia.

Development of biotechnology according to Koran in Indonesia.