Sebanyak 62 item atau buku ditemukan

STIMULASI PERKEMBANGAN OLEH IBU MELALUI BERMAIN DAN REKREASI PADA ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang Model Stimulasi Perkembangan oleh Ibu dengan Bermain dan Rekreasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Teori Health Promotion Model terdiri dari beberapa materi yang dirangkum dalam beberapa BAB sehingga diharapkan mahasiswa Keperawatan, Kebidanan dan masyarakat umum mendapatkan informasi yang terkait topik di dalam buku ini sebagai bahan rujukan di dalam melakukan penelitian maupun membuat tulisan/artikel dalam bidang kesehatan khususnya bidang Keperawatan maupun Kebidanan.

A. Tumbuh Kembang Anak 1. Definisi Tumbuh Kembang Istilah tumbuh kembang
sebenarnya mencakup dua peristiwa yang mempunyai sifat yang berbeda tetapi
saling berkaitan dan sulit dipisahkan yaitu : pertumbuhan dan perkembangan.

Gizi dalam Siklus Daur Kehidupan

Seri Baduta (Untuk Anak 1-2 Tahun)

Buku ini ditulis untuk mengisi minimnya buku gizi daur hidup di Indonesia dan memenuhi permintaan bacaan yang akurat mengenai kebutuhan gizi berdasarkan tahapan umur. Pada edisi ini, buku Gizi Daur Hidup akan membahas seri gizi anak usia di bawah dua tahun (baduta) yang bertujuan memberikan informasi yang akurat dalam pengasuhan gizi baduta. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa jurusan Gizi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Kebidanan, dan Kedokteran. Juga dapat digunakan oleh pengajar, praktisi gizi dan kesehatan, bahkan oleh masyarakat umum sebab buku ini mudah dipahami. Buku ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk mata kuliah Gizi Daur Hidup, Kesehatan Ibu dan Anak, Gizi dan Dietetika, dan lain-lain.

Buku ini ditulis untuk mengisi minimnya buku gizi daur hidup di Indonesia dan memenuhi permintaan bacaan yang akurat mengenai kebutuhan gizi berdasarkan tahapan umur.

Mengembangkan Intelegensi Quotient (IQ) pada anak prasekolah dengan stimulasi keluarga dan pendidikan anak usia dini

... drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni, gerak dan tari, serta drama. 3. Standart proses Pelaksanaan pembelajaran dalam program pendidikan anak usia dini (PAUD) ...

Pengembangan Metode Diagnostik Cepat Laboratorium untuk Identifikasi Penyebab Difteri

Aplikasi PCR Multipleks untuk Identifikasi Cepat Penyebab Difteri

Buku ini berisi tentang gambaran uji coba PCR multipleks yang dikembangkan oleh peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan untuk identifikasi penyebab difteri secara cepat dan akurat. Hal ini penting disampaikan karena sampai dengan saat ini pemeriksaan laboratorium masih menjadi salah satu kendala dalam penatalaksanaan kasus dan pengendalian KLB difteri, khususnya di Indonesia. Jarangnya kasus difteri berimplikasi pada terbatasnya laboratorium klinik yang siap melakukan pemeriksaan sampel secara rutin. Selain itu, lamanya mendapatkan hasil pemeriksaan menggunakan metode konvensional sebagai gold standard seringkali menjadi kendala di lapangan. Oleh karena itu, buku ini mencoba menyajikan beberapa keunggulan dari pemeriksaan laboratorium difteri menggunakan teknik PCR multipleks dibandingkan dengan metode lain. Inti dari buku ini disajikan pada Bab IV dan V tentang hasil penelitian dan pembahasan. Sebagai tambahan, konsep umum atau tinjauan pustaka disajikan pada Bab II untuk memudahkan para pembaca memahami apa yang disampaikan pada Bab IV dan V.

Kelompok risiko terserang difteri adalah anak-anak dan orang lanjut usia, tapi
pada era vaksinasi seperti saat ini terjadi perubahan epidemiologi yang ditandai
dengan banyaknya kasus pada orang dewasa. Selain pada saluran napas atas ...

Membangun Pendidikan Bermartabat

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa sebagian besar santri remaja penghafal Al Qur’an mampu meregulasi diri dengan baik. Artinya santri yang mampu meregulasi dirinya dengan baik, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghafal Al Qur’an dan mampu berprestasi walaupun banyak kegiatan, baik di sekolah maupun di pondok. Dengan kata lain, santri yang menghafal Al Qur’an telah terjadi perubahan dahsyat dari akhlak yang sebelumnya negatif menjadi berakhlak lebih baik, dari yang kurang ibadahnya menjadi lebih sholih ibadahnya, dan dari yang sebelumnya tidak mempunyai makna dan tujuan hidup menjadi lebih memahami makna dan tujuan hidup.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa sebagian besar santri remaja penghafal Al Qur’an mampu meregulasi diri dengan baik.

Pendidikan Agama Islam

Agama adalah suatu kategori sosial, bahwa agama mempunyai dimensi empiris, sebab fenomena yang mempunyai dua ciri tersebut diatas (fenomena Agama) mengandung aspek sosiologis agama itu ditampilkan dalam sorotan metodologis agama itu ditampilkan dalam sorotan metodologis. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Agama, Drs. H. Muslimin, SKM., M.M.Kes.]

Buku Pendidikan Agama Islam ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Agama, Drs. H. Muslimin, SKM., M.M.Kes.]

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum, oleh karenanya penting bagi seluruh civitas akademika untuk dapat menggunakan buku ini sebagai salah satu referensi diantara buku pokok lainnya. [yessy, nur, endah, sary, evaluasi, pembelajaran]

Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum ...

KONSEP DASAR KETERAMPILAN KEBIDANAN

Buku ajar Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan ini memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar dalam praktik klinik kebidanan. Yang berisikan dan menjelaskan tentang Konsep dasar manusia sebagai (sistem adaptif, mahluk holistik), Kebutuhan Dasar Manusia, keterampilan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, konsep sehat sakit, konsep diri, konsep stress adaptasi, kehilangan dan kematian, pencegahan infeksi, serta keselamatan pasien.

Buku ajar Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan ini memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar dalam praktik klinik kebidanan.

Manajemen Kesehatan

Berbicara sistem pelayanan kesehatan adalah struktur atau gabungan dari sub sistem didalam suatu unit atau didalam suatu proses untuk mengupayakan pelayanan kesehatan baik preventif, kuratif, promotif maupun rehabilitatif. Sehingga sistem pelayanan kesehatan ini dapat berbentuk Puskesmas, Rumah sakit, Balkesmas dan unit-unit atau organisasi-organisasi lain yang mengupayakan peningkatan kesehatan. Sesuai dengan tujuan sistem kesehatan, administrasi (manajemen) kesehatan tidak dapat disamakan dengan administrasi niaga (business adminstration) yang lebih banyak berorientasi pada upaya untuk mencari keuntungan finansial (profit oriented). Administrasi kesehatan lebih tepat digolongkan ke dalam administrasi umum/publik (public administration) oleh karena organisasi kesehatan lebih mementingkan pencapaian kesejahteraan masyarakat umum. Sesuai dengan tujuan sistem kesehatan, administrasi (manajemen) kesehatan tidak dapat disamakan dengan administrasi niaga (business adminstration) yang lebih banyak berorientasi pada upaya untuk mencari keuntungan finansial (profit oriented). Administrasi kesehatan lebih tepat digolongkan ke dalam administrasi umum/publik (public administration) oleh karena organisasi kesehatan lebih mementingkan pencapaian kesejahteraan masyarakat umum. Dengan demikian, efisiensi dalam system pelayanan kesehatan akan terwujud jika sumber-sumber daya kesehatan, baik alat, sarana, dana, teknik, metode dan informasi tidak banyak yang terbuang sia-sia. Untuk mewujudkan keamanan dan rasa nyaman dalam pelayanan kesehatan harus didukung adanya pola kebijakan dasar, dasar hukum, prosedur dan standar praktek dalam pelayanan kesehatan yang berorientasi pada profesionalisme dan pemenuhan hak dasar rakyat. Jika faktor-faktor di atas dapat dibangun, maka tidaklah sulit untuk mewujudkan pelayanan kesehatan dengan kepuasan masyarakat yang tinggi. Pentingnya manajemen kesehatan ini bisa dianalogikan sebagai sistem dalam tubuh manusia. Di dalam sistem itu ada sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, ada sistem kekebalan tubuh, sistem syaraf pusat dan perifer dengan beberapa bagian otonom. Secara fungsional, mereka memiliki fungsi dan peran yang jelas, tetapi terkoordinasi. Sementara secara anatomis, masing-masing juga memiliki struktur dan masing-masing struktur memiliki peran spesifik dengan peran yang dimiliki. Untuk itu, buku ini disusun dengan maksud memberikan pemahaman dan tambahan wawasan tentang lingkup manajemen khususnya manajemen bidang kesehatan.

c) d) Sarana dan prasarana pendidikan yang masih belum memadai dan proporsional, terutama untuk sekolah lanjutan (SMP dan SMA) Rendahnya kualitas sarana ...

Metodologi Penelitian Kesehatan

Buku ini menegaskan bahwa rumusan masalah yang jelas dan tajam akan membimbing peneliti untuk pengembangan kerangka teoretis bagi perumusan hipotesis, identifikasi variabel penelitian, desain penelitian, pemilihan rancangan penelitian, metodologi penelitian, metode penarikan sampel, prinsip pengukuran, pengumpulan data, manajemen data, prinsip analisis data, dan metode penelitian klinis (kesehatan). Referensi penting ini merupakan usaha positif dari upaya pencarian solusi alternatif dalam memahami masalah penelitian kesehatan untuk penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi, serta karya tulis ilmiah lainnya. Penting dimiliki oleh para mahasiswa kesehatan dan kedokteran, dosen/pengajar, peneliti ilmiah, dan analisis kesehatan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku ini menegaskan bahwa rumusan masalah yang jelas dan tajam akan membimbing peneliti untuk pengembangan kerangka teoretis bagi perumusan hipotesis, identifikasi variabel penelitian, desain penelitian, pemilihan rancangan penelitian, ...