Sebanyak 1207 item atau buku ditemukan

Stimulasi Kreativitas di Rumah

Dalam upaya mengembangkan potensi kreatif seorang anak sejak dini, maka buku “Stimulasi Kreativitas di Rumah” ini memberikan konsep pemahaman kreatif dan ide-ide kreatif bagi para orang tua, guru, maupun mereka yang ingin meningkatkan kreativitas anak agar menjadi anak yang kreatif. Buku yang disajikan secara kreatif, menarik dan inspiratif ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat tentang dunia kreativitas anak kreatif, tetapi juga memberikan kesempatan kepada para orang tua, guru dan masyarakat yang peduli terhadap pendidikan anak untuk memberikan dukungan dan meningkatkan kreatif anak di abad 21. Buku ini menjadi sangat lengkap karena di dalamnya ada banyak contoh kegiatan yang bisa menstimulasi kreativitas anak. Semoga buku ini memberikan inspirasi, motivasi, dan manfaat dalam mendidik seorang “Kreator” yang siap menghadapi tantangan zaman now.

Dalam upaya mengembangkan potensi kreatif seorang anak sejak dini, maka buku “Stimulasi Kreativitas di Rumah” ini memberikan konsep pemahaman kreatif dan ide-ide kreatif bagi para orang tua, guru, maupun mereka yang ingin meningkatkan ...

Mengembangkan Kreativitas

Pengalaman Hidup 10 Tokoh Kreativitas Indonesia

Cuplikan pengalaman hidup / Emil Salim Pengalaman hidup dengan kreativitas / S.C. Utami Munandar Pengembangan kreativitas sepanjang masa / Conny Semiawan Kreativitas dalam kehidupan pribadi / Toety Herati Noerhadi Rangsangan, tantangan, dan peluang, kaitannya dengan kreativitas / A.S. Munandar Peran kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat / Boen Setiawan Selalu ada cerah / Ieda Poernomo Sigit Sidi Membangun kedamaian, menjaga keharmonisan, sebuah cerita perjalanan / Drs. Nugroho Pada mulanya adalah gagasan / Bambang Utomo Kreativitas dan pengalaman hidup saya / Seto Mulyadi.

Cuplikan pengalaman hidup / Emil Salim Pengalaman hidup dengan kreativitas / S.C. Utami Munandar Pengembangan kreativitas sepanjang masa / Conny Semiawan Kreativitas dalam kehidupan pribadi / Toety Herati Noerhadi Rangsangan, tantangan, dan ...

Potret Kreativitas Anak Kreatif

Dalam upaya mengembangkan potensi kreatif seorang anak sejak dini, maka buku “Potret Kreativitas Anak Kreatif” ini memberikan konsep pemahaman kreatif dan ide-ide kreatif bagi para orang tua, guru, maupun mereka yang ingin meningkatkan kreativitas anak agar menjadi anak yang kreatif. Buku yang disajikan secara kreatif, menarik dan inspiratif ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat tentang dunia kreativitas anak kreatif, tetapi juga memberikan kesempatan kepada para orang tua, guru dan masyarakat yang peduli terhadap pendidikan anak untuk memberikan dukungan dan meningkatkan kreatif anak di abad 21. Buku ini menjadi sangat lengkap karena di dalamnya ada banyak contoh kegiatan yang bisa menstimulasi kreativitas anak. Semoga buku ini memberikan inspirasi, motivasi, dan manfaat dalam mendidik seorang “Kreator” yang siap menghadapi tantangan zaman now.

Dalam upaya mengembangkan potensi kreatif seorang anak sejak dini, maka buku “Potret Kreativitas Anak Kreatif” ini memberikan konsep pemahaman kreatif dan ide-ide kreatif bagi para orang tua, guru, maupun mereka yang ingin meningkatkan ...

Nasionalisme dan Sastra: Doktrin, Misi, dan Teknik Penyampaian Nasionalisme dalam Novel A. Hasjmy

This book is about nationalism that has been portrayed in the seven novels written by A. Hasjmy, an Acehnese writer. The novels are Melalui Jalan Raya Dunia (1938), Bermandi Cahaya Bulan (1939), Suara Azan dan Lonceng Gereja (1940), Nona Pressroom (1951), Elly Gadis Nica (1951), Meurah Djohan: Sultan Aceh Pertama (1976), and Tanah Merah: Digul Bumi Pahlawan Kemerdekaan Indonesia (1976). This book is focusing by examining the elements of nationalism, such as doctrines and missions put forward in the novels and the techniques of writing used by the writer. .....kami mengutarakan rasa bangga atas terbitnya buku Nasionalisme dan Sastra ini. Buku yang secara khusus menganalisis novel-novel A. Hasjmy ini, pendiri Yayasan Pendidikan Ali Hasjmy, mengisyaratkan bahwa Aceh kembali melahirkan seorang ilmuan humaniora yang handal dalam bidangnya. (Ir. H. Dharma Ali Hasjmy, Sekretaris Umum Yayasan Pendidikan Ali Hasjmy) A. Hasjmy, seperti yang dilukiskan Sdr. Wildan dalam buku ini, cukup piawai menelisik bagaimana beliau telah berpikir lebih jauh tentang nasionalisme untuk Indonesia melalui karya-karya novelnya. Novel-novel beliau bukan hanya sekadar karya sastra, melainkan juga penuh dengan pesan moral, masa depan bangsa yang majemuk, dan toleransi keagamaan yang luwes tanpa mengorbankan aqidah dasarnya. Novel Suara Azan dan Lonceng Gereja adalah salah satu contoh …. (Dr. Hasballah M. Saad, M.S.)

Melalui sepucuk surat, Amiruddin menulis kepada Ramayati, tentang isi hatinya, prinsip-prinsipnya, dan keputusannyaitu: mulai dari ketidaksetujuannya ... Ia terpaksa berhenti sekolah, tetapi kemudian mengikuti kursus jurnalistik.

DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KEAGAMAAN (DINIYAH) MELALUI PENDEKATAN GRASSROOTS

Dalam buku sederhana ini berupaya membahas konsep kurikulum pendidikan, pendidikan diniyah, corak kurikulum pendidikan diniyah, teori pengembangan kurikulum, urgensi pengembangan kurikulum pendidikan diniyah, pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan diniyah, relevansi pengembangan kurikulum pendidikan diniyah pendekatan grassroots, needs assessment dalam mendesain kurikulum diniyah, dan formula desain kurikulum pendidikan diniyah pendekatan grassroots. Diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi pendidik, pengelola pendidikan dan pimpinan lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan keagamaan (diniyah) dan dijadikan sebagai referensi dalam menyusun desain pengembamgan kurikulum di lembaga pendidikan keagamaan (diniyah) di Indonesia.

Pelaksanaan Program Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Diniyah di Kalimantan Selatan Program merupakan suatu rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Sebuah peogram harus melalui perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan berbagai ...

Prinsip Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi

Pengembangan kurikulum di ranah perguruan tinggi menjadi tantangan tersendiri mengingat perguruan tinggi sebagai level pendidikan yang menyiapkan lulusan yang siap kerja, siap bersaing dan siap berkarya di tengah masyarakat. Oleh sebab itu, rancangan dari pada pengembangan kurikulumnya harus senantiasa berorientasi kepada kebutuhan yang krusial pada saat ini, dan prinsip yang digunakan harus terupdate sehingga kurikulum yang dihasilkan atau disusun sesuai dengan konteks zaman dengan segala tantangannya.

Pengembangan kurikulum di ranah perguruan tinggi menjadi tantangan tersendiri mengingat perguruan tinggi sebagai level pendidikan yang menyiapkan lulusan yang siap kerja, siap bersaing dan siap berkarya di tengah masyarakat.

Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum

Mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum ini meningkatkan wawasan mahasiswa terkait pengembangan kurikulum di sekolah maupun di lembaga pendidikan tempat mereka bekerja. Mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum ini mempersiapkan mahasiswa dalam mengembangkan karir maupun meningkatkan profesionalisme dan kompetisi di bidangnya.

Mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum ini meningkatkan wawasan mahasiswa terkait pengembangan kurikulum di sekolah maupun di lembaga pendidikan tempat mereka bekerja.

MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM SDIT

Kurikulum merupakan salah satu tonggak “penentu” dalam pendidikan. Ia mengatur apa-apa yang layak “disajikan” kepada peserta didik dan yang tidak. Oleh karenanya, menentukan kurikulum merupakan pekerjaan yang pelik dan membutuhkan sinergitas antarkomponen: kompetensi, keterbukaan, keberanian, dan, tentu saja, kejelian. Jika kita berbicara tentang kurikulum pendidikan di Indonesia, sejarah mencatat ada 9 kali perubahan sebagai konsekuensi logis dari dinamika sistem politik, sosial-budaya, ekonomi, teknologi, dan berbagai unsur lainnya. Kurikulum paling mutakhir kita kenal dengan istilah K-13 yang menjadikan pendidikan karakter sebagai prioritas. Pemutakhiran ini dilakukan tentu saja guna mewujudkan cita-cita pendidikan negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak menutup kemungkinan kurikulum ini antinya akan terus berkembang menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Kurikulum merupakan salah satu tonggak “penentu” dalam pendidikan.

PARA SUFI MODERAT

Melacak Pemikiran Dan Gerakan Spiritual Tokoh Sufi Nusantara Hingga Dunia

Buku ini yang berjudul “Para Sufi Moderat: Melacak Pemikiran dan Gerakan Spiritual Tokoh Sufi Nusantara Hingga Dunia” bisa diselesaikan dengan baik. Dalam dunia tasawuf, tidak lepas dengan yang namanya pemikiran, paradigma dan pandangan tokoh-tokohnya, sehingga banyak melahirkan aliran (tipologi) di dalam tubuh tasawuf itu sendiri. Adanya berbagai macam pemikiran ini menunjukkan bahwa tasawuf merupakan ilmu yang unik dan kaya akan khazanah keilmuan yang bisa disandingkan dengan disiplin ilmu-ilmu lain. Untuk menengahi berbagai persoalan dalam pemikiran, pemahaman dan warna dalam ajaran tasawuf diperlukan jalan tengah (tawazun; wasathiyah), agar bisa berpikir-bersikap objektif, tidak kaku, keras bahkan radikal (ekstrem). Sehingga, adanya pemikiran para sufi moderat ini kiranya dapat membantu kita untuk memahami ajaran Islam khususnya tasawuf secara proporsional.

Sehingga, adanya pemikiran para sufi moderat ini kiranya dapat membantu kita untuk memahami ajaran Islam khususnya tasawuf secara proporsional.

Hukum Tata Negara Indonesia

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan HUKUM TATA NEGARA INDONESIA. Sistematika Buku HUKUM TATA NEGARA INDONESIA ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. Sistematika buku “HUKUM TATA NEGARA INDONESIA” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: Konsep Negara Hukum, Ilmu Pengetahuan Hukum Tata Negara, Sejarah Ketatanegaraan Indonesia, Sumber-Sumber Hukum Tata Negara, Hierarkhi Peraturan Perundang-Undangan, Asas-Asas Hukum Tata Negara, Lembaga-Lembaga Negara Sebelum Amandemen UUD 1945, Lembaga-Lembaga Negara Sesudah Amandemen UUD 1945, Lembaga-Lembaga Negara Mandiri, Sistem Pemerintahan Daerah di Indonesia, Perkembangan Demokrasi di Indonesia, Perkembangan Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Sistematika Buku HUKUM TATA NEGARA INDONESIA ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan ...