Sebanyak 10535 item atau buku ditemukan

BLENDED LEARNING

Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi

Bentuk kegiatan model pembelajaran blended learning adalah pembelajaran yang dipersonalisasi, dimana siswa dapat mengakses data atau modul pembelajaran online melalui internet untuk belajar secara mandiri. Blended learning merupakan metode alternatif yang sangat berguna di era digital saat ini dan kondisi Covid-19 yang mengharuskan adanya keterbatasan fisik dalam proses pembelajaran. Selain itu kemampuan menuangkan sebuah gagasan, pemikiran, dan ide sangat bagus untuk mengembangkan pengetahuan seseorang, yang salah satunya bisa di dapatkan dalam teks eksposisi. Buku ini menjelaskan pengembangan dan kelayakan bahan ajar teks eksposisi berbasis blended learning yang dapat dijadikan sebagai rujukan pembelajaran masa kini.

Bentuk kegiatan model pembelajaran blended learning adalah pembelajaran yang dipersonalisasi, dimana siswa dapat mengakses data atau modul pembelajaran online melalui internet untuk belajar secara mandiri.

BAHAN AJAR Musik Nusantara II (Gamelan Degung)

Puji hanyalah milik Alloh SWT., syukur senantiasa penulis sampaikan kehadirat-Nya karena atas segala kodrat dan irodat serta hidayah dan inayah-Nya buku ”Buku Bahan Ajar Mandiri: Musik Nusantara II (Gamelan Degung)” ini akhirnya dapat selesai. Buku ini merupakan sebagian dari pengembangan dan implementasi buku ”Degung Kawih Wanda Anyar: Alternatif Model dan Materi Pembelajaran Seni Tradisional Sunda” yang penulis terbitkan sebelumnya. Bahan ajar ini memuat materi-materi pokok mata kuliah Musik Nusantara II atau Mata Kuliah Gamelan Degung yang meliputi dua genre musik ensambel gamelan degung yaitu Degung Klasik dan Degung Kawih Wanda Anyar. Pemisahan keduanya tidak dimaksudkan sebagai pendikotomian musik degung karena sebenarnya masih dalam satu kesatuan perkembangan seni degung sejak awal kelahirannya. Pemisahan ini hanyalah untuk memudahkan pemahaman mengenai kedua genre tersebut dengan berbagai asesorisnya. Harapan yang diusung melalui bahan ajar mandiri ini adalah guna memudahkan para mahasiswa memahami dasar-dasar ensambel gamelan degung serta dapat mempraktikan dan menganalisa sendiri pola-pola tabuhan baik degung klasik maupun wanda anyar. Kompetensi tersebut dimungkinkan memudahkan mahasiswa mempelajari ensambel gamelan degung dalam konteks yang lebih kompleks pada perkuliahan. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan-perbaikan isi buku ini, serta dengan segala kerendahan hati ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, yang tidak bisa dirinci di sini.

Puji hanyalah milik Alloh SWT., syukur senantiasa penulis sampaikan kehadirat-Nya karena atas segala kodrat dan irodat serta hidayah dan inayah-Nya buku ”Buku Bahan Ajar Mandiri: Musik Nusantara II (Gamelan Degung)” ini akhirnya dapat ...

SUPERVISI AKADEMIK: Studi Peningkatan Kinerja Guru MI dalam Pengembangan Bahan Ajar

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting. Secara konseptual, supervisi akademik ini adalah rangkaian kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru secara otomatis akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik, baik itu di sekolah atau madrasah. Peranan guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan bidang pendidikan, dan oleh karena itu perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi dalam pendidikan. Bahan ajar yang digunakan tidak selamanya harus konvensional namun sebagai guru haruslah melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan paradigma, cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kepengawasan yang sudah tertulis dalam buku ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru madrasah dalam pengembangan materi bahan ajar melalui penerapan supervisi akademik pengawas upaya peningkatan capaian mutu sekolah di MI binaan wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Dalam buku hasil penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Kinerja Guru Madrasah dengan mencapai standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil Penelitian Tindakan Kepengawasan ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan supervisi akademik pengawas dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan melalui penerapan Supervisi Akademik.

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting.

Buku Pedoman

Pendidikan Agama Islam (PAI) Politeknik

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke-Islaman, yang bagi penulis maslaha tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus. Adapun maslahah yang tampak cukup akut, diantaranya sebagai berikut: Pertama, banyak kalangan mahasiswa/i khususnya kaum muslimin yang secara perilaku dan sikap masih jauh dari nilai islam. Kedua, islam hanya dijadikan pemahaman keagamaan secara teoritis tidak aplikatif, sehingga banyak kalangan mahasiswa/i terutama bagi mareka yang memahami islam hanya sepenggal, sehingga banyak diantara mereka dengan mudah terbawa arus oleh paham-paham radikalisme keagamaan, yang saat ini hampir bermunculan diberbagai perguruan tinggi. Ketiga, masih banyak diantara mahasiswa/i yang belum/ tidak mahir didalam memahami islam secara teks (baca AlQur`an). Hal ini menjadi wajar, karena sebagian besar atau/ dan bahkan hampir keseluruhan mereka lulusan sekolah umum, yang dari segi materi keagamaan relatif sedikit ketimbang di pesantren/madrasah. Keempat, menjamurnya budaya modernisasi dan globalisasi yang cenderung menggeser budaya islam, yang salah satunya melalui westernisasi yang saat ini begitu sangat mempengaruhi kondisi emosional dan spriritual generasi muda islam. Deskripsi tersebut diatas, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penulis yang secara profesi saat ini sebagai Dosen Pembina Agama Islam di lingkungan Politeknik Jember. Oleh sebab itu, penulis sangat berbesar hati dan berharap, bahwa hadirnya buku pegangan PAI ini dapat menjadi angin segar yang memberikan aura positif terhadap pola pikir, cara sikap, dan cara bertindak mahasiswa/i Politeknik Jember. Sebagai akhir dari pengantar ini, penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan, karena itu penulis sangat berlapang dada menerima berbagai masukan guna kesempurnaan buku ini, berkenaan dengan hal tersebut penulis terlebih dahulu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan yang ikut serta membantu baik pikiran dan tenaga sehingga buku ini dapat diselesaikan, sehingga dapat diterbitjkan. Terakhir, semoga Allah SWT tidak henti-hentinya selalu mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke ...

MEDIA PEMBELAJARAN PAI

Bismillah wal alhamdulillah, syukur kehadirat Allah yang telah menganugrahkan kita semua kebahagiaan tanpa henti, mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Salam kerberkahan atas junjungan kita nabi Muhammad SAW., beserta umatnya dan kita semua yang kokoh memperjuangkan risalah dan mengembah amanahnya. Buku ini merupakan pengalaman pribadi penulis yang banyak berjibaku dalam DUNIA PENDIDIKAN ISLAM. Pada saat yang sama, penulis juga banyak mengangkat tematema pendidikan, dan keislaman. Buku ini menjelaskan tentang masalah pendidikan terkait dengan problematikan siswa dalam memahami materi PAI dan reduksi dari beberapa pemikiran kontemporer lainnya.

(experienced-based education), pembelajaran (authentic learning), dan pembelajaran kehidupan nyata (anchored ... Analisis Nilai (Valuelnquiry) Pembelajaran analisis nilai merupakan suatu model penyajian bahan yang bertolak dan ...

Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya

Salah satu prinsip pendidikan adalah guru tidak begitu saja memberikan pe­ngetahuan kepada peserta didik, tetapi peserta didik yang seharusnya aktif mem­bangun pe­ngetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Pada suatu proses pengem­bangan model-model pembelajaran melahirkan berbagai macam konsep belajar yang telah kita kenal yakni yang salah satunya adalah pembelajaran berbasis teori konstruk­tivisme. Pendekatan teori konstruk­tivisme dalam pem­belajaran di­dasarkan pada perpaduan antara beberapa penelitian dalam modifikasi perilaku yang didasar­kan pada teori operant conditioning dalam ilmu psikologi behavioral. Premis dasar­nya adalah bahwa individu harus secara aktif “membangun” pengetahuan dan ke­terampilan­nya dan informasi yang ada diperoleh dalam proses membangun ke­rangka oleh peserta didik dari lingkungan di luar dirinya. Pengembangan sistem pem­belajaran pendidikan agama Islam memerlukan jasa ilmu pembelajaran pada umum­nya, sehingga diperlukan upaya adaptasi ter­hadap per­kembangan pem­belajaran, disertai dengan identifikasi sesuai dengan karak­teri­stik dari masing-masing mata pelajaran, terkhusus pada mata pelajaran PAI di Madrasah.

Model Jigsaw Metode pembelajaran ini dapat digunakan jika materi yang akan di. Gambar 2.5: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (Sumber: fatkhan.web.id) ... Silbermen, Active Learning, (Nusa media,2004),h.148 44Lihat Melvin L.

METODE PEMBELAJARAN PAI

Metode dalam Bahasa Arab, dikenal dengan istilah thariqoh yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila dihubungkan dengan pendidikan, maka metode itu harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam rangka mengembangkan sikap mental kebribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik. Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran. Menurut Pupuh Fathurrohman (2009: 55). Metode mengajar adalah cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam pengajaran adalah keterampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Oleh karena itu, salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu konponen bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang sama pentingnya dengan konponen-konponen lain dalam keseluruhan komponen pendidikan.

... ke depan (plan ahead) Untuk penjelasan mengenai prototipe-prototipe pendekatan belajar yang dikembangkan Biggs itu, penyusun sajikan tabel perbandingan (Tabel 6) diatas. F. Pendekatan Independent Learning dan SelfDirected Learning ...

Materi aliran-aliran kebathinan di Indonesia

Pada zaman sekarang ini perdamaian dan kesediahteraan umat manusia sebenarnja dapat ditja pai dengan djalan toleransi , ketjintaan satu sama lain , kerdiasama , saling hormat menghormati dan harga menghargai , tenggang rasa antara ...