Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

METODE PEMBELAJARAN PAI

Metode dalam Bahasa Arab, dikenal dengan istilah thariqoh yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila dihubungkan dengan pendidikan, maka metode itu harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam rangka mengembangkan sikap mental kebribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik. Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran. Menurut Pupuh Fathurrohman (2009: 55). Metode mengajar adalah cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam pengajaran adalah keterampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Oleh karena itu, salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu konponen bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang sama pentingnya dengan konponen-konponen lain dalam keseluruhan komponen pendidikan.

... ke depan (plan ahead) Untuk penjelasan mengenai prototipe-prototipe pendekatan belajar yang dikembangkan Biggs itu, penyusun sajikan tabel perbandingan (Tabel 6) diatas. F. Pendekatan Independent Learning dan SelfDirected Learning ...

Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Buku ini terdiri dari sembilan pembahasan, yaitu pertama Metode Pembelajaran, kedua Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19, ketiga Metode Ceramah Pada Masa Pandemi Covid-19, keempat Metode Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19, kelima Metode Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, keenam Metode Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, ketujuh Metode Discovery Pada Masa Pandemi Covid-19, kedelapan Metode Hafalan Pada Masa Pandemi Covid-19, dan kesembilan Metode Mind Mapping Pada Masa Pandemi Covid-19. Sesuai dengan tema yang diusung, hampir semua naskah masih bersifat normatif dan berada dalam aspek tatanan konseptual. Hal ini dapat dimaklumi karena memang kendala yang paling sering ditemukan dalam metode pembelajaran di masa pendemi adalah menghadirkan dimensi baru yang inovatif dalam wilayah garapan pengkajiannya. Meskipun demikian secara keseluruhan tulisan tersebut dapat dinikmati oleh pembaca sebagai referensi yang bisa didiskusikan kembali kapanpun.

Tahapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Tahapan pembelajaran PjBL dikembangkan oleh George Lucas ... Fase 2 Design a plan for the project Perencanaan berisi tentang aturan, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam ...

INOVASI PENDIDIKAN ISLAM: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum

Sebagai sebuah mata pelajaran, Pendidikan Agama Islam wajib disampaikan di sekolah atau madrasah hingga perguruan tinggi sebagaimana mata pelajaran lain. Keberadaannya menjadi salah satu indikator kelulusan yang harus dikuasai anak pada tiap jenjangnya. Anak harus diajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan cakupan materi yang telah ditentukan. Namun demikian, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi berbeda dengan mata pelajaran lain karena penyampaiannya tidak cukup hanya diberikan dengan metode umum sebagaimana yang digunakan pada mata pelajaran lain. Mata pelajaran PAI harus diajarkan dengan menggunakan strategi dan metode khusus sesuai watak pendidikan Islam itu sendiri yang lsafatnya digali dari Al- Qur’an dan Hadits. Oleh karena itu, menggunakan metode dan strategi yang tepat sangat diperlukan agar tujuan diajarkannya mata pelajaran PAI dapat dicapai dengan maksimal. Strategi dan metode khusus inilah yang menjadi titik tekan pada pembahasan buku ini, yang dibangun menjadi sebuah konsep inovasi pendidikan Islam yang utuh. Dengan inovasi yang ditawarkan, pendidikan Islam diharapkan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam proses pembelajaran, sebagian orang membedakan istilah Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Menurut Hery Noer Aly Pendidikan Islam menunjuk pada muatan atau isi pendidikan yang harus disampaikan kepada peserta didik. Sedangkan Pendidikan Agama Islam adalah Pendidikan Islam yang diberikan kepada peserta didik dengan metode khusus pada tataran operasionalnya. Dengan kata lain, pendidikan Islam yang disampaikan di sekolah dengan metode khusus biasa disebut dengan Pendidikan Agama Islam. Dalam buku ini, penulis menggunakan istilah Pendidikan Islam sebagai bahan kajiannya. Hal ini penulis maksudkan agar cakupan materinya lebih luas, sehingga materi pendidikan Islam secara umum dapat terakomodasi seluruhnya. Namun dibeberapa tempat, penulis sengaja menggunakan istilah Pendidikan Agama Islam untuk menyesuaikan konteks pembahasan. Untuk mendukung konsep pendidikan Islam sebagai sebuah mata pelajaran, akan dijelaskan mengenai metode pengajaran PAI yang memiliki ciri khusus sesuai watak tersendiri, sebagaimana diterangkan diatas.

Sebagai sebuah mata pelajaran, Pendidikan Agama Islam wajib disampaikan di sekolah atau madrasah hingga perguruan tinggi sebagaimana mata pelajaran lain.