Sebanyak 1947 item atau buku ditemukan

Pengantar Hukum Keluarga

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, Tuhan Semesta Alam, yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan buku ini yang berjudul "Pengantar Hukum Keluarga". Keluarga merupakan inti dari kehidupan manusia. Dalam setiap masyarakat, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan dan keberlangsungan generasi. Dalam konteks hukum, Hukum Keluarga atau yang sering disebut sebagai Hukum Keluarga Islam adalah bagian yang sangat signifikan, karena memberikan arahan dan pedoman dalam mengatur hubungan antara anggota keluarga sesuai dengan ajaran Islam. Buku ini hadir sebagai sebuah pengantar yang menyeluruh mengenai Hukum Keluarga, memperkenalkan pembaca pada konsep-konsep dasar, prinsip-prinsip, serta institusi-institusi yang terkait dengan hukum keluarga dalam Islam. Dengan pendekatan yang sistematis dan mudah dipahami, kami berharap buku ini dapat menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memahami lebih dalam tentang hukum keluarga Islam. Dalam penyusunan buku ini, kami telah berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan lengkap, serta mengutamakan kejelasan dan kebermanfaatan bagi pembaca. Meskipun demikian, kami sadari bahwa kajian tentang hukum keluarga Islam merupakan bidang yang luas dan mendalam, sehingga kami berharap buku ini dapat menjadi pijakan awal bagi para pembaca untuk lebih mendalami topik ini. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan dukungan dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembaca dan menjadi salah satu langkah awal dalam pemahaman yang lebih dalam tentang Hukum Keluarga dalam Islam. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

... KELUARGA. DAN. HUKUM. KELUARGA. ISLAM. A. Pendahuluan Pada hakikatnya, keluarga merupakan sistem paling kecil dalam tatanan masyarakat. Oleh karena itu, dalam masyarakat juga memiliki sifat kekeluargaan, karena keluarga dibangun atas dasar ...

Manajemen Risiko Pembiayaan UMKM Implementasi pada Lembaga Keuangan Syariah

Judul : Manajemen Risiko Pembiayaan UMKM Implementasi pada Lembaga Keuangan Syariah Penulis : Sunaryono, S.E., M.M., Devi Wahyuningsih, S.E., M.Ak, Tia Apriani, S.E., M.Ak, Dr. Fransiska Ekobelawati, S.E., M.M, Nurasiah, S.E., M.M, Nindy Puspitasari, S.E., M.Ak, Yulianto, S.E., M.M, Sukma Febrianti, S.E., M.M, Feriansyah, S.Sos., M.M, Ema Trisnawati, S.TP., M.M, Nurul Septya Magisa, S.Ak, M.M, Yusron Toto, S.E., M.M Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-10-1793-2 No. E-ISBN : 978-623-10-1794-9 (PDF) SINOPSIS Buku “Manajemen Risiko Pembiayaan UMKM: Implementasi pada Lembaga Keuangan Syariah” menawarkan panduan komprehensif untuk memahami dan mengelola risiko yang terkait dengan pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam konteks keuangan syariah. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini membahas berbagai strategi dan alat yang dapat digunakan oleh lembaga keuangan syariah untuk memitigasi risiko, sambil tetap mematuhi prinsip-prinsip syariah. Melalui berbagai studi kasus dan contoh nyata, pembaca diajak untuk melihat bagaimana konsep-konsep ini diterapkan dalam situasi dunia nyata, memberikan wawasan berharga bagi para praktisi keuangan syariah dan manajer risiko. Selain itu, buku ini juga mengeksplorasi peran penting lembaga keuangan syariah dalam mendukung pertumbuhan dan stabilitas UMKM. Dengan pendekatan holistik, penulis membahas bagaimana lembaga ini dapat menyeimbangkan antara kepatuhan syariah dan kebutuhan bisnis, serta bagaimana manajemen risiko yang efektif dapat meningkatkan kinerja dan keberlanjutan UMKM. Dilengkapi dengan analisis mendalam, framework, dan rekomendasi praktis, buku ini menjadi sumber daya penting bagi siapa saja yang terlibat dalam sektor keuangan syariah dan ingin mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen risiko dalam pembiayaan UMKM

... Syariah di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Syiar hukum, 11(1), 21-38. Indonesia, B. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro ... Sharia Financing, Green 146.

Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI

Buku "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah sebuah panduan yang inovatif untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dalam memperkaya pembelajaran Agama Islam. Dalam era teknologi yang terus berkembang, AI telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman belajar. Dalam konteks Agama Islam, penggunaan AI dalam media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif, personal, dan adaptif bagi para siswa. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar AI dan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam pembelajaran Agama Islam. Para penulis, yang merupakan para ahli dalam bidang pendidikan Agama Islam dan kecerdasan buatan, membahas berbagai aspek pengembangan media pembelajaran berbasis AI. Mereka menjelaskan tentang metode dan strategi yang efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan dengan menggunakan AI. Buku ini juga mengungkapkan berbagai aplikasi praktis dari AI dalam pembelajaran Agama Islam, termasuk pengembangan kurikulum adaptif, personalisasi pembelajaran, dan evaluasi siswa. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana teknologi AI dapat membantu guru memberikan umpan balik yang lebih tepat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam penilaian kemajuan siswa. Selain itu, buku ini juga mengulas tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan AI dalam pembelajaran Agama Islam, seperti keadilan dalam penggunaan teknologi dan perlindungan privasi data siswa. Para penulis juga memberikan panduan etis dalam memanfaatkan teknologi AI sehingga dapat menjaga nilai-nilai agama yang penting. "Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI" adalah buku yang sangat relevan bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan Agama Islam yang ingin memanfaatkan teknologi AI dengan cara yang efektif dan bertanggung jawab. Buku ini memberikan inspirasi dan pedoman yang praktis dalam menghadapi era digital dan memperkaya pembelajaran Agama Islam dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

... Al-Quran secara komputasional. Dengan menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami (natural language processing) dan machine learning ... Hadis: AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi tema atau topik tertentu dalam koleksi hadis ...

Tata Kelola Pemerintahan Dalam Islam Sejarah Kepemimpinan Khalifah Hārūn Al-Rashīd (786-809 M) Dan Khalifah Abd Al-Rahmān Al-Nāsir (929-961 M)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengenalisis pandangan sejarawan terhadap tata kelola pemerintahan Khalifah Hārūn al-Rashīd dan Khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir, untuk mengungkap dan mengkaji dampak kemajuan peradaban Islam yang dicapai pada masa pemerintahan Khalifah Hārūn al-Rashīd dan Khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir, dan untuk membuktikan relevansi kepemimpinan Khalifah Hārūn al-Rashīd dan Khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir dalam dunia Islam modern di Indonesia. Penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah Dinasti Abbasiyah di Baghdad dan Dinasti Umayyah di Andalusia adalah mungkin tidak begitu penting dalam dunia modern ini, tetapi yang membuat mereka relevan adalah adanya sikap keterbukaan dan kolaborasi dengan pihak lain dari kalangan Istana dan sosok Khalifah Hārūn al-Rashīd dan ‘Abdurrahmān al-Nāṣir yang mendorong pemikiran ilmiah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan meriset ulang ilmu pengetahuan Yunani Kuno dan Persia sebagai dasar kemajuan peradaban Islam saat itu. Hārūn al-Rashīd dan ‘Abdurrahmān al-Nāṣir adalah pemimpin yang telah berupaya menjalankan tata kelola pemerintahan secara baik. Prinsip good governance menurut Islam adalah kepemimpinan yang amanah, yakni: bertanggungjawab, akuntabilitas, adil, dan berintegritas. Kemajuan pemerintahan masa Khalifah Hārūn al-Rashīd dan Khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir tidak lepas dari unsur kolaborasi dengan pihak non Arab. Khalifah Hārūn al-Rashīd berkolaborasi dengan keluarga Barmak keturunan bangsa Persia. Orang-orang keturunan bangsa Persia mendominasi hampir sebagian besar jabatan penting masa Hārūn al-Rashīd. Sedangkan khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir berkolaborasi dengan kalangan Kristiani dan Yahudi, mereka mendapatkan posisi dan jabatan dalam pemerintahan di Andalusia. Muncul pula kelompok yang bernama Mozarab yaitu orang Kristiani yang berbahasa Arab dan mengikuti kebudayaan Arab. Para tokoh pemikir modern Indonesia sering membatasi lingkup stimulus perubahan sebagai datang dari Barat atau dari latar belakang modern. Akan tetapi melihat pada sejarah Khalifah Hārūn al-Rashīd dan Khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir yang luas mungkin berguna untuk mengeksplorasi langkah-langkah progresif menuju perubahan dari masa lalu Islam yang penuh kejayaan sebagaimana kalangan Barat Modern sendiri mempelajari dan menyempurnakan ulang ilmu pengetahuan masa Khalifah Hārūn al-Rashīd dan Khalifah ‘Abdurrahmān al-Nāṣir sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan modern saat ini. Penelitian ini merupakan kajian sejarah. Penulisan sejarah tidak sekedar menceritakan peristiwa masa lalu, dalam historiografi ada analisis, metodologi, kritik, dan rekontruksi sejarah atas suatu peristiwa dengan sumber-sumber yang valid.

... History of Islam Civilization , ( New Delhi : Kitab Bhavan : 1978 , 164 87 Muhammad Fathurrahman , History of Islamic Civilization , ( Yogyakarta , Penerbit Garudawhaca , 2017 ) , 165 88 Ridjaluddin . F.N , Sejarah Peradaban Islam ...

Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Kewarganegaraan membahas berbagai aspek dalam kehidupan, yaitu pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosial kultural, bahasa, usia, dan suku bangsa. Pendidikan Kewarganegaraan dapat diartikan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai individu, anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

... citizenship and the roles citizens (Praktek demokrasi kewarganegaraan dan peran warganegara). f. History of ... Citizenship (Intelectual Civic Skilss) a. Indentifying and describing information about political and civic life ...

Filsafat Pendidikan

... Citizenship . Secara terminologis , istilah kewarganegaraan ( citizenship ) , yang dalam berbagai hal sering dirancukan dengan ilmu kewarganegaraan ( civics ) dan pendidikan kewarganegaraan ( civic education ) . Citizenship lebih ...

Best Practice Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Buku Best Practice Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar adalah buku yang wajib dibaca oleh para guru, siswa, dan orang tua yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Buku ini berisi berbagai contoh nyata dan praktis tentang bagaimana mengimplementasikan pendidikan kewarganegaraan yang menarik, interaktif, dan bermakna di sekolah dasar. Buku ini mengungkapkan berbagai strategi, metode, dan teknik yang efektif dalam mengimplementasikan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Buku ini juga memberikan contoh-contoh kegiatan, materi, dan evaluasi yang dapat digunakan oleh guru-guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa dalam konteks kewarganegaraan. Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, namun tetap ilmiah dan akademis. Buku ini sangat bermanfaat bagi para guru, mahasiswa, peneliti, dan praktisi pendidikan yang ingin mengembangkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Buku ini berisi berbagai contoh, strategi, dan tips yang dapat diterapkan di kelas untuk mengajarkan nilai-nilai kewarganegaraan yang penting bagi siswa, seperti hak dan kewajiban, demokrasi, toleransi, kerjasama, dan kritis. Buku ini juga dilengkapi dengan evaluasi dan refleksi yang dapat membantu guru menilai dan memperbaiki proses dan hasil pembelajaran mereka. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan disajikan dengan ilustrasi yang menarik. Buku ini cocok bagi guru-guru yang ingin memberikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menyenangkan, bermakna, dan berdampak bagi siswa.

... Citizenship Education In Civic Education Using Project Citizen Model In Indonesia. Journal Of Psychological And Education Research, 111-124. Trisiana, A.Etal. (2020)., 24 (8), The Challenges Of Character Education:Mental Revolution ...

Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Buku dengan judul “Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” dilatarbelakangi permasalahan sosial pada masyarakat Indonesia yang hampir dialami oleh setiap daerah di Indonesia yang masih banyak belum begitu memahami tentang budaya bangsa yang multikultur Salah satu masalah sosial pada masyarakat adalah masih kurangnya sikap bertoleransi dan saling menghargai serta menghormati antar sesama warga sehingga kadang terjadi gesekan yang akan menimbulkan keretakan tali persaudaraan sesama warga. Buku “Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” ini membahas tentang Urgensi Multikulturalisme, Konsep Penanaman Nilai, Definisi Penanaman Nilai, Pengertian Penanaman, Pengertian Nilai, Tahapan Penanaman Nilai, Macam - Macam Nilai, Pendekatan Penanaman Nilai, Konsep Multikultural, Pengertian Multikultural, Nilai-nilai Multikultural, Pendekatan Pendidikan Multikultural, Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Derivasinya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Implementasi Penanaman Nilai Multikultural pada Pendidikan Agama Islam, Kemampuan dosen dalam mengajar, Metode penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Buku ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah dan masyarakat pada bidang pendidikan terutama pada sisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar para pelajar baik tingkat dasar sampai perguruan tinggi memiliki wawasan bagaimana bersikap dan bertindak terhadap sesama yang multicultural.

... multikultural dan kemudian menerapkan ... Multicultural Education : Historical Development , Dimension , and Practice , USA : Review of Research in Education . hal 35 c . An equity paedagogy , yaitu menyesuaikan metode pengajaran 36.