Sebanyak 225 item atau buku ditemukan

Menjadi Guru Profesional Dalam Konteks Globalisasi

Era globalisasi yang ditandai perkembangan yang sangat cepat di bidang IPTEK dan seni budaya, telah memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupan tiap bangsa di dunia termasuk bangsa lndonesia. Salah satu dampak yang dimaksud adalah adanya tuntutan untuk hidup ber kompetitif di tengah-tengah masyarakat dunia dan jika tidak ingin eksistensi suatu bangsa tergilas perjalanan waktu era global, maka penyiapan SDM harus diprioritaskan, untuk memperbaiki sumber daya manusia Indonesia, bidang pendidikan dirasakan sebagai wadah yang tepat untuk membentuk dan mendidik para generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar tidak kalah dari kualitas pendidikan di luar negeri. Anis Baswedan yang dikutip oleh Subkhan (2015) menyatakan bahwa kualitas pendidikan tergantung pada kualitas guru. Sebaik apa pun kurikulumnya, jika tidak didukung oleh kemampuan guru yang memadai dalam mengaplikasikannya, maka hasilnya pun tak bisa diharapkan. Peran guru begitu besar dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas agar menghasilkan luaran-luaran yang berkualitas pula. Hal ini semakin diperkuat oleh UndangUndang RI Nomor 14 tahun 2005 yang menyatakan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat guru serta perannya sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu, guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki agar menjadi guru profesional. Pemerintah juga telah menetapkan standar kompetensi bagi guru yang dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesional dan sosial. Empat kompetensi tersebut tercantum dalam PP No. 19 Tahun 2005 ayat 28 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Moderator menetapkan aturan main dan mengarahkan singkat topik/permasalahan. Setelah dipersitakan moderator, panelis pertama menyampaikan permasalahannya untuk ditanggapi oleh panelis lainnya. Moderator dapat meminta panelis pertama ...

PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan tujuan PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan diantaranya: mahasiswa (bukan guru) melakukan PTK di kelas orang lain, terdapat guru yang mungkin belum pernah melakukan PTK di kelasnya sendiri, atau bahkan guru yang ingin melakukan PTK namun terhambat karena minimnya wawasan mengenai PTK secara teoritis dan praktik. Sementara PTK merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan hal tersebut telah menjadi program pemerintah dan instansi pendidikan sedari lama. Dengan demikian, buku ini ditulis untuk menjembatani permasalahan yang terjadi dan harapan yang ingin dicapai mengenai pelaksanaan PTK dan profesionalisme guru. Materi yang disajikan pada buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu: (1) Konsep Penelitian Tindakan Kelas; (2) PTK dan Profesionalisme Guru; (3) Kedudukan PTK dalam Penelitian Lain; (4) Sistematika PTK; (5) Pendahuluan di dalam PTK; (6) Landasan Teori di dalam PTK; (7) Desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas; dan (7) Pengumpulan dan Analisis Data Pada PTK. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praksis bagi para pembaca, baik pembaca yang berprofesi guru maupun bukan guru.

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan ...

Total Quality Management

Salah satu tugas seorang pimpimnan adalah menjaga kestabilan perusahaan dan menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan suatu perusahaan yang berkualitas dan unggul dalam bersaing. Dalam ilmu Total Quality Management memberikan gambaran tentang menjaga kualitas dari produk maupun perusahaan agar menjadi top brand dan menjelaskan metode yang digunakan dalam penerapan pengendalian mutu dalam perusahaan. Penjelasan dalam buku ini berupaya secara maksimal untuk memberikan prospek perusahaan agar lebih maju dan berkembang. Adapun topik yang akan dibahas dalam buku ini antara lain : Bab 1. Definisi dan Sejarah Kualitas Bab 2. Pengertian, Falsafah dan Metode TQM Bab 3. Fokus Kepuasan Konsumen/Pelanggan Bab 4. Manajemen Proses dan Perbaikan Proses Bab 5. Data dan Variabilitas Bab 6. Alat dan Tehnik Pengukuran Performansi Kualitas Bab 7. Six Sigma Bab 8. Biaya Kualitas Bab 9. Pelibatan dan Pemberdayaan Karyawan (PPK) Dalam Kualitas Bab 10. Kepemimpinan dan Kerja sama tim Bab 11. Budaya Kualitas dan Rekayasa Ulang Proses Bisnis.

Dalam ilmu Total Quality Management memberikan gambaran tentang menjaga kualitas dari produk maupun perusahaan agar menjadi top brand dan menjelaskan metode yang digunakan dalam penerapan pengendalian mutu dalam perusahaan.

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Papua

Provinsi Papua yang mendapat kesempatan sebagai daerah khusus dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus, buku ini menjadi salah satu upaya untuk memajukan budaya lokal melalui pendidikan. Isi utama dari undang-undang tersebut adalah Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan dan Infra Struktur. Prosentase dana alokasi khusus pendidikan melalui dana Otonomi Khusus dapat menjadi penggerak untuk membiayai pengembangan Pendidikan Kontekstual di Papua, sekaligus dapat meningkatkan ekonomi rakyatnya. Buku ini mengetengahkan penelitian di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, mewakili lembaga-lembaga pendidikan di kota dan pinggiran kota. Sehingga dapat dijadikan referensi dalam memajukan pendidikan. Berharap dari buku ini dapat dikembangkan model-model kelembagaan untuk Pendidikan Kontekstual di Provinsi Papua.

guru. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan profesional guru berkelanjutan. 9. Pengembangan Profesional Guru Secara ... Pembinaan profesi guru meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, ...

Monograf Pojok Baca: Upaya Peningkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Hinterland

Minat baca dikalangan masyarakat semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Dilihat dari lingkungan sekitar yang semakin sibuk dengan adanya gadget terutama dikalangan anak-anak, akhirnya mengantarkan penulis untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di salah satu sekolah dasar yang berada di Belakang Padang. Literasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berpikir seseorang dari menyimak, berbicara dan membaca. Kegiatan literasi pada dasarnya bisa dilakukan di manapun hal ini di dukung dengan teknologi yang semakin berkembang dan media buku bacaan yang semakin luas. Untuk menarik minat baca siswa diperlukan hal-hal yang dapat membuat siswa menjadi senang untuk membaca, salah satunya dengan diadakannya pojok baca di kelas yang memudahkan siswa untuk membaca buku. Hal ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik. Buku ini berisi tentang penjelasan serta pengalaman yang dilalui oleh penulis selama mengabdi kepada masyarakat, khususnya masyarakat di SD Negeri 001 Belakang Padang. SD Negeri 001 beralamat di Jl. Sulawesi, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Belakang Padang. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tertua yang berada di Belakang Padang. Sekolah ini dilengkapi dengan kelas, lapangan, musholla dan juga perpustakaan.

... guru di semua mata pelajaran sebab pembelajaran mata pelajaran apa pun membutuhkan bahasa, terutama kegiatan membaca dan menulis, Dengan demikian, maka pengembangan profesional guru dalam hal literasi perlu diberikan kepada guru ...

Berbagai Peran Guru dalam Pendidikan Kristen

Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Peran Guru dalam Pendidikan Kristen. Sistematika buku Berbagai Peran Guru dalam Pendidikan Kristen mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan peran guru Kristen yang lebih baik bagi pendidikan Kristen. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci, di antaranya : Panggilan menjadi Guru, Peran Guru sebagai Pendidik, Peran Guru sebagai Pengajar dan Pembelajar, Peran Guru sebagai Perancang Pembelajaran, Peran Guru sebagai Pengelola Pembelajaran, Peran Guru sebagai Fasilitator, Peran Guru sebagai Motivator, Peran Guru sebagai Komunikator, Peran Guru sebagai Pembimbing, Peran Guru sebagai Model dan Teladan, Peran Guru sebagai Konselor Pastoral, Peran Guru sebagai Gembala bagi Murid, Peran Guru sebagai Pemimpin, dan Peran Guru sebagai Mitra Orang Tua Murid.

Sistematika buku Berbagai Peran Guru dalam Pendidikan Kristen mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan peran guru Kristen yang lebih baik bagi pendidikan Kristen.

Pengantar Pasar Modal Indonesia

Sistematika buku Pengantar Pasar Modal Indonesia ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan. Buku ini terdiri atas 13 bab yang dibahas secara rinci, yaitu: Pengenalan Pasar Modal, Kelembagaan dan Instrumen Pasar Modal, Prosedur Penerbitan Saham dan Transaksi, Analisis Fundamental, Analisis Teknikal, Penilaian Saham, Penilaian Obligasi, Reksadana, Right Issue, dan Kontrak Opsi Saham, Indeks Harga Saham, Stock Split, Repurchase Stock dan Reverse Split, Imbal Hasil dan Resiko, Pasar Efisien, serta Manajemen Laba dan Insider Trading.

Indeks saham syariah di Indonesia ada 3, yaitu Indonesia Shariah Stock Index (ISSI) yang berisi semua saham syariah di ... Berdasarkan portofolio investasinya reksa dana konvensional dapat terdiri dari empat jenis yaitu (BEI, 2022): a.

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya 2021

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Palangka Raya (UPR) 2021 ini adalah revisi dari buku panduan penulisan skripsi yang pernah dimiliki sebelumnya. Panduan ini sangat penting sebagai pedoman bagi mahasiswa dan dosen dalam menyelesaikan tugas akhir sarjana strata satu (S1) FISIP UPR. Buku panduan ini juga merupakan acuan gaya selingkung yang konsisten bagi para mahasiswa, dosen pembimbing dan penguji serta pihak-pihak lain yang memerlukannya seperti pimpinan fakultas dan ketua jurusan/program studi di lingkungan FISIP UPR. Sebagaimana diketahui bahwa pada panduan penulisan skripsi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Kekurangan itu diantaranya sebagai berikut: 1) tidak ada keseragaman panduan penulisan skripsi antar jurusan/prodi, maka dilakukan revisi yaitu: a) Penyeragaman syarat SKS 128 SKS; b) Penyeragaman syarat IPK minimal 2.00; c) Penyeragaman teknik penulisan dan format skripsi 6 bab. 2) sudah cukup lama (mayoritas diterbitkan antara tahun 2009- 2012), maka dilakukan revisi yaitu: a) Panduan Seminar proposal dan ujian skripsi Daring dan Luring; b) Mendorong penggunaan manajemen referensi (Mendeley, Zotero, Google References dll) c) Mendorong penelitian berbasis internet (Netnografi, studi literatur dll). 3) tidak ada batasan “fraud”, maka dilakukan revisi yaitu: Menerapkan uji plagiasi pada proposal dan skripsi batas kemiripan ≤ 30%. 4) kurang memaksimalkan inovasi dan kreativitas serta tidak memberikan ruang penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Maka dilakukan revisi yaitu: 1) Dosen pembimbing pendamping dimungkinkan dari Fakultas lain atau Perguruan Tinggi lain, bahkan praktisi berpengalaman > 10 tahun; 2) Memberikan ruang penguji eksternal atas usulan pembimbing.

Ketua Penguji mengisi form berita acara dan form nilai ujian yang sudah disiapkan tim akademik dari file yang sudah dikirim. n. Dosen pembimbing (panitera/sekretaris ujian) akan menghubungi mahasiswa peserta ujian untuk bergabung ...

Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis untuk Memfasilitasi Kemampuan 4C dan HOTS)

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium virtual. Namun, sejumlah permasalahan juga sering ditemui salah satunya yaitu sering terjadi miskonsepsi dan learning loss. Olehnya itu, perlu adanya Intergasi TIK yang efektif dalam pembelajaran. Integrasi tersebut dikenal sebagai Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK). Integrasi diartikan bahwa TIK tidak hanya sebagai alat bantu tetapi lebih dari itu yaitu salah satunya TIK dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mengembangkan kemampuan abad-21 peserta didik antara lain HOTS dan kemampuan 4C. Buku Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis) menyajikan teori dan panduan dalam mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran berbasis TIK. Buku ini membahas tentang: Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM), media pembelajaran, model-model pembelajaran berbasis TIK, model-model pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, bahan ajar non-cetak, Learning Manajement System (LMS), dan Blended Learning (BL) serta Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kemampuan Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4C) dalam Pembelajaran berbasis TIK. Buku ini menyajikan berbagai rujukan dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah teknologi dan media pembelajaran. Buku ini menjabarkan secara dinamis dan integratif berbagai teori dan juga hasil-hasil penelitian mutakhir para pakar serta tentunya penelitian-penelitian penulis sendiri tentang pengembangan dan pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembaca tentang konsep dan ragam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, serta sebagai rujukan atau referensi umum dalam penulisan artikel dan karya tulis ilmiah bagi pendidik, maupun pelajar yang ingin mengembangkan dan memanfaatkan TIK yang relevan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran.

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium ...