Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Menjadi Guru Profesional Dalam Konteks Globalisasi

Era globalisasi yang ditandai perkembangan yang sangat cepat di bidang IPTEK dan seni budaya, telah memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupan tiap bangsa di dunia termasuk bangsa lndonesia. Salah satu dampak yang dimaksud adalah adanya tuntutan untuk hidup ber kompetitif di tengah-tengah masyarakat dunia dan jika tidak ingin eksistensi suatu bangsa tergilas perjalanan waktu era global, maka penyiapan SDM harus diprioritaskan, untuk memperbaiki sumber daya manusia Indonesia, bidang pendidikan dirasakan sebagai wadah yang tepat untuk membentuk dan mendidik para generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar tidak kalah dari kualitas pendidikan di luar negeri. Anis Baswedan yang dikutip oleh Subkhan (2015) menyatakan bahwa kualitas pendidikan tergantung pada kualitas guru. Sebaik apa pun kurikulumnya, jika tidak didukung oleh kemampuan guru yang memadai dalam mengaplikasikannya, maka hasilnya pun tak bisa diharapkan. Peran guru begitu besar dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas agar menghasilkan luaran-luaran yang berkualitas pula. Hal ini semakin diperkuat oleh UndangUndang RI Nomor 14 tahun 2005 yang menyatakan bahwa kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat guru serta perannya sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu, guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki agar menjadi guru profesional. Pemerintah juga telah menetapkan standar kompetensi bagi guru yang dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesional dan sosial. Empat kompetensi tersebut tercantum dalam PP No. 19 Tahun 2005 ayat 28 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Moderator menetapkan aturan main dan mengarahkan singkat topik/permasalahan. Setelah dipersitakan moderator, panelis pertama menyampaikan permasalahannya untuk ditanggapi oleh panelis lainnya. Moderator dapat meminta panelis pertama ...

MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Judul : MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN Penulis : Dr. Adolf Bastian, M.Pd., dan Reswita, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 115 Halaman Cover : Soft Cover No ISBN : 978-623-497-024-1 Tahun Terbit : Agustus 2022 SINOPSIS Seperti halnya kegiatan menanam, petani perlu menggunakan alat dan cara yang mendukung agar proses menanam dan merawat tumbuhan menghasilkan buah yang bagus. Guru memerlukan model dan pendekatan agar proses pembelajaran mencapai tujuan yaitu menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi sesuai bidang belajarnya. Secara garis besar, buku ini mengulas tentang hakikat belajar dan pembelajaran, teori belajar, dan berbagai model pembelajaran. Terdapat sembilan bab yang penulis harap dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca.

Hal ini dimaksudkan agar dapat memenuhi kebutuhan dan karakteristik AUD. Dengan dilaksanakan prinsip tersebut dia atas maka hasil belajar yang diperoleh AUD juga bisa lebih optimal. 4. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Tematik ...