Sebanyak 2580 item atau buku ditemukan

Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah

Buku dengan judul “Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah” yang disusun dari konversi sebuah karya tulis Ilmiah (Disertasi). Buku ini memiliki kontribusi besar terhadap pendidikan karakter anak di Indonesia yang bisa dijadikan pedoman bagi orang tua, guru atau para pendidik yang bersinggungan dengan pengembangan ataupun peningkatan karakter anak. Buku ini juga sebagai sebuah jawaban atas banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan seputar penguatan karakter religius yang secara fundamental harus dimiliki oleh setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini didesain sebagai rujukan literasi bagi para akademisi (mahasiswa/dosen/guru) yang konsen dalam kajian atau riset tentang pendidikan karakter, baik pada jurusan ilmu pendidikan dan kependidikan ataupun pada jurusan bimbingan dan konseling, harapannya buku ini bisa memberikan informasi yang otentik mengenai pendidikan karakter religius, karena penerapan pendidikan karakter tidak hanya pada lembaga pendidikan formal saja melainkan keluarga sebagai bagian dari institusi pendidikan diharapkan memiliki peran aktif dalam pembentukan karakter agar karakter yang dimiliki anak bangsa ini bisa menjadi lebih baik dan unggul.

Karakter merupakan realisasi kemajuan positif selaku orang (intelektual, penuh emosi, sosial, etika, serta sikap) (Agus, 2012). Karakter ialah metode berpikir serta bersikap yang jadi karakteristik khas masing-masing orang buat hidup ...

Pendidikan karakter dalam pembelajaran penjas

Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang. Ia dibangun oleh pengetahuan, pengalaman, serta penilaian terhadap pengalaman itu. Kepribadian dan karakter yang baik merupakan interaksi seluruh totalitas manusia. Kegiatan untuk membangun karakter siswa di komunitas sekolah tidak hanya meningkatkan kehidupan siswa, tetapi juga seluruh lingkungan sekolah. Banyak dari ide kegiatan pendidikan karakter dapat dikerjakan dengan lancar ke dalam waktu di kelas, menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian dari partisipasi kelas sehari-hari. Kegiatan dan permainan edukasi karakter yang direncanakan membentuk perilaku siswa dan dapat membuat perbedaan di tahun-tahun mendatang dalam kehidupan siswa.

Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang.

MUDAHNYA MENGGAMBAR DENGAN SHAPES TOOL PADA MICROSOFT OFFICE

Buku ini tidak hanya tepat untuk pemula, tetapi juga buat Anda yang sudah terbiasa mengoperasikan microsoft office. Anda bisa mengambil banyak manfaat, karena banyaknya materi yang jarang Anda jumpai dibuku-buku lain yang sejenis.

Buku ini tidak hanya tepat untuk pemula, tetapi juga buat Anda yang sudah terbiasa mengoperasikan microsoft office. Anda bisa mengambil banyak manfaat, karena banyaknya materi yang jarang Anda jumpai dibuku-buku lain yang sejenis.

Perbankan Syariah Indonesia

Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari para penulis yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, maupun professional dalam bidang perbankan syariah. Dalam buku ini mengangkat isu strategis berkaitan dengan Perbankan Syariah Indonesia yang terdiri dari 13 bab yang berisi tentang kupasan menarik tentang Perbankan Syariah Indonesia

Dalam buku ini mengangkat isu strategis berkaitan dengan Perbankan Syariah Indonesia yang terdiri dari 13 bab yang berisi tentang kupasan menarik tentang Perbankan Syariah Indonesia

SPSS Komplet untuk Mahasiswa

Para mahasiswa paling tidak menggunakan SPSS sekali untuk menyelesaikan tugas akhir penelitiannya. Oleh karena itu, kunci sukses memenangkan ujian akhir adalah sanggup mengolah data dan mengambil kesimpulan menggunakan uji-uji statistik SPSS. Namun masalahnya, SPSS adalah program yang sulit digunakan. Tanpa bimbingan, baik langsung melalui dosen maupun buku-buku referensi, akan sulit memahami cara kerja SPSS. Oleh karena itu, buku ini dibuat bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari SPSS. Dengan membaca buku, para mahasiswa tidak perlu terikat oleh waktu dan tempat yang dapat disediakan oleh para dosen. Kapan pun diinginkan, buku SPSS ini bisa membimbing langkah demi langkah bagaimana mengolah data-data penelitian dan cara mengambil kesimpulan melalui tabel-tabel yang dihasilkan program SPSS. Semoga setelah membaca buku ini, para mahasiswa dapat mengerjakan ujian dan tugas akhir dengan gemilang dan tanpa hambatan apa pun.

Para mahasiswa paling tidak menggunakan SPSS sekali untuk menyelesaikan tugas akhir penelitiannya.

Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang

Sistematika buku Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Metodologi Penelitian Ilmu Komputer, Metodologi Penelitian Ilmu Komunikasi, Metodologi Penelitian Ekonomi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Metodologi Penelitian Kesehatan, Metodologi Penelitian Kebidanan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Metodologi Penelitian Pertanian, Metodologi Penelitian Pariwisata, Metodologi Penelitian Teknik, dan Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Metodologi Penelitian.

Sistematika buku Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

FILSAFAT ILMU: Menelusuri Jejak Integrasi Filsafat, Sains, dan Sufisme

Knowing is a mode of being. Mengetahui dan pencarian atas pengetahuan untuk meraih kebijaksanaan adalah cara manusia menjadi “ada”. Kegiatan “ilmiah” dan peristiwa epistemologis yang melingkupinya merupakan modus operandi wujud kita. Lewat ilmu bukan hanya kualitas kemanusiaan semakin luhur (humanisasi), namun juga iman akan menemukan kematangannya (transendensi). Aktivisme yang didasarkan pada pengetahuan jauh lebih tepat ketimbang kegiatan yang tak melibatkan pengetahuan. Knowledge is for the sake of action. Dewasa ini, pada era digital yang ditandai kehadiran “kecerdasan artifisial”, ilmu dan teknologi bukan hanya penting tapi menjadi penentu dalam merumuskan berbagai hal. Knowledge is power. Melekat di dalam pengetahuan daya untuk mengubah keadaan. Tetapi apa sebenarnya ilmu itu? Apa sifat dan hakikat serta faedahnya termasuk kemungkinan keterbatasannya? Apa perbedaannya dengan agama, seni, filsafat, dan ideologi? Prosedur dan metode bagaimana yang harus ditempuh untuk melaksankan amal ilmiah? Dan apa pula yang dapat membatalkannya? Kebenaran seperti apa yang ditawarkan ilmu? Adakah ilmu itu bebas nilai atau harus menengok mempertimbangkannya? Bagaimana semestinya memposisikan relasi ilmu agama dengan ilmu umum, yang dalam kurun lama sering kali keduanya dibenturkan secara berhadap-hadapan. Sebuah perspektif yang ternyata lebih banyak madaratnya ketimbang manfaatnya. Sikap dualistik antara materi dan roh, alam dan pikiran, tubuh dan jiwa yang pada gilirannya telah menciptakan disintegrasi peradaban dan keterbelahan kepribadian. Kalau ada paralelisme antara fisika-sub atomik dengan filsafat, agama dan kearifan kuno, pada sisi apa dan bagaimana cara mengintegrasikan, mengetahui (the way we know things), dan menganggapnya sebagai sesuatu yang saling melengkapi (complementa) sehingga mampu membangun landasan bersama (common platform)? Buku ini mencoba mengurai permasalahan tersebut. Dimulai dengan mengangkat filsafat dan sejarah ilmu pengetahuan dan berujung pada tawaran Ibu Arab tentang Al-Kasyaf sebagai bagian sahih dari tradisi epistemologi. Sebuah peta jalan filsafat ilmu dengan menggali dan menghidupkan lagi jejak integrasi filsafat, sains, dan sufisme agar kita bisa berkelit dari jebakan bibliolateri. Ketika menghadapi masalah, bukan pemahaman yang diperluas, tapi mereduksi masalah itu supaya masuk dalam pikiran kita yang sempit dan pada akhirnya menjadi awal kehancuran martabat kita, terlempar pada konflik, kontras, tumpang-tindih yang tak berkesudahan. Dengan demikian, ilmu menjadi jalan terang meraih kabahagiaan (tahshil al-sa’adah) dan “jangkar etis” untuk mengejar dan tiba pada kecerdasan yang menjulang sekaligus kearifan yang dalam. Buku ini, karenanya, wajib disimak siapa pun yang memiliki minat terhadap dialektika ilmu dalam kehidupan modern. Memperkaya wawasan filosofis terutama menggeluti pertanyaan-pertanyaan mendasar, koheren, dan menyeluruh tentang epistemologi. DR. ASEP SALAHUDIN, wakil rektor bidang akademik IAILM Suryalaya. Dosen di FIS Unpas dan Pascasarjana UIN Bandung. Ketua Lakpesdam PWNU Jawa Barat. Menulis sejumlah buku/jurnal dan kolomnis tetap disejumlah media nasional dan lokal. Meraih penghargaan dari LBSS, PWI Jakarta, dan Rucita Aksara UNPAD Bandung.

Memperkaya wawasan filosofis terutama menggeluti pertanyaan-pertanyaan mendasar, koheren, dan menyeluruh tentang epistemologi. DR. ASEP SALAHUDIN, wakil rektor bidang akademik IAILM Suryalaya.

Filsafat Ilmu Pengetahuan

Bagian pertama, Inti Filsafat Ilmu Pengetahuan

Buku ini bermula dari naskah-naskah mata kuliah Filsafat Ilmu sejak 2005 dan ada bagian-bagain yang berasal dari kuliah Filsafat dan Logika. Sedapat mungkin penulis mengusahakan pembahasan secara sederhana. Dalam kaitan itu di sini penulis juga menyertakan kepustakaan secara ringkas agar pembaca dapat memahami lebih mudah. Buku ini merupakan endapan bahkan puncak proses mengajar belajar mata kuliah filsafat ilmu selama lima belas tahun pada mahasiswa program studi magister profesi psikologi. Selama itu pula bahan pengajaran diambil dari berbagai sumber yang dapat dipercaya. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan praktis, penulis berusaha menyajikan materi perkuliahan sesuai dengan tuntutan akademis yang ada sekarang ini.

Buku ini bermula dari naskah-naskah mata kuliah Filsafat Ilmu sejak 2005 dan ada bagian-bagain yang berasal dari kuliah Filsafat dan Logika.

Strategi Jitu Investasi Obligasi Korporasi

Pilihan investasi yang konvensional seperti deposito menghasilkan return yang Iebih rendah dibandingkan dengan investasi lainnya seperti obligasi korporasi. Jenis investasi ini berbentuk surat utang baik konvensional maupun syariah yang dapat cliperdagangkan dan diterbitkan oleh korporasi di Indonesia. Pasar obligasi korporasi di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dari sisi pasokan, faktor pendorongnya oleh peran regulator (BapepamLK) yang menerbitkan peraturan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) dengan persyaratan yang diatur di dalamnya. Selain itu, tingkat kupon obligasi korporasi yang Iebih rendah seiring dengan penurunan kurva imbal hasil obligasi pemerintah yang didorong oleh profil risiko investasi yang membaik pascapencapaian Investment Grade atas surat utang Pemerintah Indonesia dari lembaga pemeringkat internasional turut mendorong penerbitan obligasi korporasi, Di sisi Iain, pasokan obligasi korporasi yang terus meningkat di pasar sekunder seiring dengan kondusifnya penawaran di pasar perdana turut menggairahkan transaksi obligasi korporasi di pasarsekunder. Selain itu, kepemilikan individualjuga mengalami peningkatan dari waktu ke waktu di samping dominasi kepemilikan obligasi korporasi masih dipegang oleh asuransi, reksadana, dana pensiun, dan asuransi sebagai salah satu portofolio investasinya. Minat investasi lokal yangtinggi inijuga ditopang oleh porsi kepemilikan asing atas obiigasi korporasi yang mengalami kecenderungan peningkatan. Buku ini sangat cocok untuk dimiliki oleh berbagai kalangan yangterjun di dunia perbankan dan pasar modal serta industri keuangan pada umumnya seperti asuransi, dana pensiun, sekuritas, asset management, dan lain-lain‘ Lebih spesifik lagi buku ini layak dikoleksi oleh direktur perusahaan publik, investar relation, marketing & sales, traders, risk & compliance, konsultan hukum, analis, investor, dunia pendidikan, dan para peminat pasar modal khususnya efek bersifat utang.

Pilihan investasi yang konvensional seperti deposito menghasilkan return yang Iebih rendah dibandingkan dengan investasi lainnya seperti obligasi korporasi.