Sebanyak 2088 item atau buku ditemukan

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN

Sumarna, dkk (2019 : 120) mengemukakan pendapatnya tentang Perbankan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau dalam bentuk layanan lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Lembaga keuangan ini memberikan fasilitas bagi pihak yang memiliki dana lebih dan pihak yang memiliki dana yang kurang, mempermudah transaksi pembayaran, dan mencari keuntungan. Menurut Yulisari, dkk (2021 : 31), bank ialah sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur dana bagi masyarakat yang membutuhkan. Sementara itu, Sesiady, dkk (2018 : 182), bank merupakan penyedia bermacam layanan financial yang salah satunya adalah layanan penyaluran kredit modal kerja. Dari beberapa definisi mengenai bank di atas, disimpulkan bahwa bank merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak menyediakan fasilitas simpan pinjam yang diperuntukkan mensejahterakan perekonomian rakyat

Menurut Yulisari, dkk (2021 : 31), bank ialah sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur dana bagi masyarakat yang membutuhkan.

Persepsi Masyarakat terhadap Bank Syariah

Industri perbankan syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat, ini terbukti banyak munculnya bank yang beroperasi dengan prinsip syariah atau dikenal dengan bank syariah. Sebagai lembaga keuangan yang memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan bangsa, peran lembaga ini juga melakukan kegiatannya yaitu penghimpunan dana dari masyarakat atau dana dari pihak ketiga dalam bentuk simpanan. Dalam kegiatannya bank syariah juga melakukan jasa-jasa lainnya yang sifatnya mendorong kelancaran kegiatan perdagangan dalam hal pembayaran suatu transaksi dengan adanya sistem berupa jaminan. Bagaimana persepsi masyarakat terhadap industri perbankan syariah di Provinsi Sumatera Utara? Dan bagaimana dalam hal ini industri perbankan syariah menemukan strategi-strategi yang dipergunakan untuk menghadapi stabilitas ekonomi dan moneter untuk mendapatkan persepsi positif bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara? Buku ini secara ringkas mengupas dan membahas mengenai persepsi masyarakat Provinsi Sumatera Utara dalam hal seluruh kegiatan industri perbankan untuk tetap dapat dipergunakan pada pendanaan dengan menggunakanberbagai strategi - strategi bisnis. Buku ini merupakan kompilasi tulisan dari berbagai penulis yang pada saat ini juga merupakan seorang peneliti dibidang industri perbankan.

Industri perbankan syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat, ini terbukti banyak munculnya bank yang beroperasi dengan prinsip syariah atau dikenal dengan bank syariah.

Buku Ajar Antropologi Hukum

... hukum yang menyoroti topik- topik penyelesaian sengketa maupun non penyelesaian sengketa, interaksi antara hukum negara, hukum rakyat, atau dengan hukum agama disebut oleh F. von Benda-Beckmann (1989) sebagai fase the anthropology of legal ...

Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0)

Judul : Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0) Penulis : Uli Wildan Nuryanto, Cindy Prettita, Zia’ul Fatwa Andini Yusuf, Zakiyah Sohari, Ahmad Adrian Hanafiyah, Maulana Ainul Yakin, Fridho Hermawan, Yudhi Akhyudin, Mochamad Saefullah, Cepy Nurhayana, Yusuf Wibisono, Samsidik, Novi Lestari, Elvitdra, Prihatiawati, Joni Prihatin Ukuran : 14.5 x 21.0 cm Tebal : 324 Halaman No ISBN : 978-623-497-330-3 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsis Keterbatasan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang berasal dari bahan baku fosil, ditambah dengan eksploitasi yang tidak terkendali belum lagi terjadinya peningkatan suhu bumi akibat efek gas rumah kaca telah sangat mengkawatirkan dan berdampak langsung terhadap keberlangsungan umat manusia yang hidup di era modern saat ini. Untuk itulah diperlukannya sebuah terobosan dalam hal manajemen dengan menggunakan pendekatan green management system yang mampu meningkatkan kesadaran seluruh pihak baik industri, pemerintahan dan juga masyarakat secara luas untuk ikut serta dalam mengaplikasikan green operations management sebagai bentuk kontribusi keilmuan. Buku ini membahas teori dan perbandingan antara manajemen operasional konvensional dengan green operations manajemen di era modern saat ini. Disertai dengan implementasi nyata pada berbagai sektor seperti pada sektor industri, sektor pemerintahan, dan juga sektor jasa pelayanan. Green operations management merupakan suatu pendekatan yang sangat jitu dan mampu menjawab permasalahan yang terus meningkat dan kian kompleks saat ini di era yang serba kompetitif saat ini. Strategi green operational yang komprehensif yang diterapkan pada berbagai sektor dengan pendekatan green supply chain management, green manufacturing, green hospital, smart city, emission reductions, energy management system, Risk management, project resilience, TPM, Safety Behavior, Lean management, inventory management dan Six Sigma akan sangat cocok digunakan sebagai panduan oleh para praktisi baik di kalangan manajerial perusahaan, pimpinan pemerintahan, akademisi dan juga para peneliti. Buku ini sejalan dengan visi misi dunia saat ini dalam menuju sustainability development goals serta menjaga keberlangusngan jangka panjang tanpa harus mengorbankan masa kini, hak-hak generasi yang akan datag, Akhir kata penulis mengucapkan selamat membaca dan menikmati buku ini. Terima Kasih

Judul : Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0) Penulis : Uli Wildan Nuryanto, Cindy Prettita, Zia’ul Fatwa Andini Yusuf, Zakiyah Sohari, Ahmad Adrian Hanafiyah, Maulana Ainul ...

Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk membantu para praktisi pendidikan, baik guru, instruktur, bahkan dosen dalam memahami konsep teoretis, proses implementasi, dan cara mengevaluasi penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Seperti yang kita ketahui bersama, media pembelajaran digunakan di kelas untuk mendukung proses belajar mengajar itu sendiri sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan efektif.

... Pembelajaran IPA di jenjang MI/SD tidak dapat terpisahkan oleh media pembelajaran karena banyak materi IPA sulit dipahami jika hanya dijelaskan dengan buku. Adanya media yang tepat dalam pelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan minat ...

EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Berubahnya peta perekonomian global menempatkan kreatifitas menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan global. Dalam konteks globalisasi, daya saing merupakan kunci utama untuk bisa sukses dan bertahan (Bahri, 2014). Daya saing ini muncul tidak hanya dalam bentuk produk dalam jumah banyak namun juga berkualitas. Kualitas produk tersebut dapat diperoleh melalui pencitraan ataupun menciptakan produk-produk inovatif yang berbeda dari wilayah lainnya, sehingga diperlukan kreativitas yang tinggi untuk dapat men- ciptakan produk-produk inovatif dan berdaya saing secara global. Berangkat dari poin inilah, ekonomi kreatif menemukan eksistensinya dan berkembang. Secara umum, ekonomi kreatif (creative economy) diartikan sebagai suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, dengan mengedepankan ide dan berbagai pengetahuan dari sumber daya manusia itu sendiri, sebagai faktor produksi yang paling utama. Dan menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Jadi, pada dasarnya, konsep ekonomi kreatif ini lebih menge- depankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia. Titik tekan dalam dunia ekonomi kreatif adalah ide, talenta dan kreatifitas yang menjadi unsur vitalnya (Puspitosarie, 2015). Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2008) merumuskan ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi secara berkelan- jutan melalui kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Definisi yang lebih jelas disampaikan oleh UNDP (2008) yang merumuskan bahwa ekonomi kreatif merupakan bagian integratif dari pengetahuan yang bersifat inovatif, pemanfaatan teknologi secara kreatif dan budaya.

Berubahnya peta perekonomian global menempatkan kreatifitas menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan global.

Public Relations in Hyper-globalization

Essential Relationship Management - A Japan Perspective

Achieving your goals quickly and efficiently is both more difficult and more important in today’s hyper-globalized world. A new environment is being created by disruptive technology, radical new business models, digital communications, and a highly integrated global supply chain. It is a world in which a reality TV host and businessman became President of the United States, in which terrorists use social media to recruit members and to broadcast executions, in which the very existence of the nation state is in question, where everyone can communicate globally 24 hours a day at no cost, and in which a leader is much more likely to be at the center of a crisis. Today, successful global leaders will be those that have a working knowledge of strategic public relations as described in this book. For current and future leaders of business and government it is essential to understand the forces creating this very challenging new environment and to acquire a new skill set. This book provides the needed understanding and teaches you the skill of public relations as multi-stakeholder relationship management. It shows how to achieve your goals and objectives when others fail by building win-win outcomes with current and future employees, investors, suppliers, distributors, customers, governments and all the other stakeholders. Written by a veteran public relations professional and a visiting professor of major graduate schools of management.

This book provides the needed understanding and teaches you the skill of public relations as multi-stakeholder relationship management.

Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi

Judul: Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi Penulis: Abd Karman, M.M, Alif Lukmanul Hakim., S. Fil., M. Phil, Lisni Hastuti Harahap, S. Pd, M. Pd, Dr. Jasiah, S. Ag, M. Pd, Drs. Nofirman, MT, Indah Wahyu Ningsih, S.Pd.I, M.Pd, Dewa Oka Suparwata, SP, MP, Wanda Nugroho Yanuarto, S.Pd., M.Pd., Ph.D, Syahdara Anisa Makruf, S.Pd.I., M.Pd.I, Fuad Hasyim., S.S., M.A, Dr. Casmudi, S.Pd., M.M, Ahmad Asroni., S. Fil., S.Th.I., M. Hum Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 156 Halaman No ISBN : 978-623-5314-88-4 Tahun Terbit : Agustus 2022 Sinopsis Buku ini berjudul “Pendidikan Multukultural: Konsep dan Implementasi”. Buku ini membahas terkait pendidikan multukultural mengenai konsep dan implementasinya. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini terdiri dari dua belas bab. Bab pertama membahas tentang Konsep Budaya dan Sejarah Pendidikan Multikultural. Bab kedua membahas tentang Konsep dan Hakikat Pendidikan Multikultural. Bab ketiga membahas tentang Teori Pendidikan Multikultural. Bab keempat membahas tentang Pendekatan Pendidikan Multikultural. Bab kelima membahas tentang Dimensi-dimensi Pendidikan Multikultural. Bab keenam membahas tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Bab ketujuh membahas tentang Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bab kedelapan membahas tentang Problematika Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bab kesembilan membahas tentang Peranan Sekolah Dasar Sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Multikultural. Bab kesepuluh membahas tentang Pendidikan Multikultural di Berbagai Negara. Bab kesebelas membahas tentang Studi Tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Suatu Sekolah. Bab keduabelas membahas tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Studi Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Judul: Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi Penulis: Abd Karman, M.M, Alif Lukmanul Hakim., S. Fil., M. Phil, Lisni Hastuti Harahap, S. Pd, M. Pd, Dr. Jasiah, S. Ag, M. Pd, Drs.

Kajian dan Evaluasi Kurikulum

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Hakikat Evaluasi Kurikulum; Perbandingan Kurikulum Perspektif Lama dan Baru; Asas, Komponen dan Pendekatan Kurikulum; Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurikulum; Teori Pendidikan dan Jenis Kurikulum; Tahapan dan Komponen dalam Pengembangan Kurikulum; Model dan Teknik Evaluasi Kurikulum.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Hakikat Evaluasi Kurikulum; Perbandingan Kurikulum Perspektif Lama dan Baru; Asas, Komponen dan Pendekatan Kurikulum; Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurikulum; Teori Pendidikan dan Jenis ...

Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah

Buku “Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah” menggambarkan visi baru dalam dunia pendidikan, di mana siswa diberdayakan untuk menjadi individu yang kreatif, berpikiran bebas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, pada Kurikulum Merdeka, terdapat unsur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang mana merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Selain Profil Pelajar Pancasila, Kementerian Agama Republik Indonesia menambahkan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang diberlakukan di Madrasah, di antaranya yaitu: 1) Berkeadaban (ta’addub); 2) Keteladanan (qudwah); 3) Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah); 4) Mengambil jalan tengah (tawassut); 5) Berimbang (tawazun); 6) Lurus dan tegas (i’tidal); 7) Kesetaraan (musawah); 8) Musyawarah (syura); 9) Toleransi (tasamuh); 10) Dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar). Dengan visi yang jelas dan ide-ide yang inovatif, “Kurikulum Merdeka” menjadi panduan bagi pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk merumuskan dan mengimplementasikan kurikulum yang lebih relevan dan inklusif. Buku ini mengilhami pembaca bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas hingga ke langkah implementasi kurikulum merdeka di Madrasah.

Buku “Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah” menggambarkan visi baru dalam dunia pendidikan, di mana siswa diberdayakan untuk menjadi individu yang kreatif, berpikiran bebas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan.