Sebanyak 54 item atau buku ditemukan

NAFKAH ANAK PERSPEKTIF DUAL SISTEM HUKUM DI INDONESIA

NAFKAH ANAK PERSPEKTIF DUAL SISTEM HUKUM DI INDONESIA Penulis : Dr. H. Muhammad Zakaria, M.H. Editor : Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-507-5 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Seorang ayah dibebani oleh hukum untuk memberikan nafkah kepada anaknya. Bagi seorang anak, nafkah tersebut menjadi hak untuk dimilikinya demi pemenuhan hidup. Ketentuan hukum positif, nafkah anak merupakan akibat hukum yang harus dipenuhi oleh ayah. Apabila ayah tidak memenuhi nafkah yang merupakan hak anak tersebut maka telah dianggap melakukan perbuatan melawan hukum karena telah meninggalkan kewajibannya. Bagaimana pandangan Islam dan Hukum Positif di Indonesia, maka buku ini jawabannya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

3 tahun 2006 kewenangannya diperluas dalam bidang ekonomi syariah meliputi: Bank Syariah, Asuransi, Asuransi Syariah, Reasuransi Syariah dan Surat Berharga Berjangka Menengah Syariah, Sekuritas Syariah, Pengadilan Syariah, Dana Pensiun ...

Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU

buku “Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU” dengan tujuan penyeragaman teknis penulisan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Lampiran 3: Contoh Form Berita Acara Pengesahan Proposal Lampiran 4: Contoh Form Berita Acara ______ Seminar Proposal Lampiran 5: Contoh Form Berita Acara. Bimbingan Skripsi. Lampiran 6: Contoh Format Halaman Sampul __ Lampiran 7: ...

BELAJAR TADABBUR ILMU KARAKTER PADA LEBAH, BURUNG GAGAK DAN SINGA (Kajian Tafsir Ayat-ayat Fauna)

BELAJAR TADABBUR ILMU KARAKTER PADA LEBAH, BURUNG GAGAK DAN SINGA (Kajian Tafsir Ayat-ayat Fauna) PENULIS: Dr. Doni Putra, Lc., M.Hum., Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H.,M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-818-6 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Persoalan karakter merupakan di antara isu penting yang sedang mencuat ke permukaan dalam dunia pendidikan saat ini, khususnya di Indonesia. Program Pembentukan karakter adalah bentuk respon terhadap dekadensi moral yang terjadi pada berbagai sisi kehidupan. Dekadensi moral itu terlihat nyata di hadapan mata seiring dengan mulai jauhnya peserta didik bahkan pendidik sekalipun dari nilai-nilai karakter atau akhlak mulia, seperti: seks bebas yang semakin mengkhawatirkan, tawuran antar pelajar, bullying, peredaran video porno di kalangan pelajar, tidak disiplin, tidak jujur, hilangnya rasa hormat kepada guru dan orangtua, narkoba, pelecehan terhadap nilai-nilai agama, sodomi dan masih banyak yang lainnya. Persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, mulai dari kalangan pejabat Negara sampai kepada masyarakat bawah harus dicarikan solusinya. Apabila tidak ditanggulangi dengan cepat dan benar, tentunya keluarga, masyarakat agama dan Negara akan hancur binasa. Sebagaimana diketahui Indonesia yang mayoritas beragama Islam maka tentunya yang banyak melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai akhlak dan karakter mulia adalah umat Islam sendiri. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah kembali menggali nilai-nilai akhlak dan karakter mulia yang terdapat di dalam al-Quran. Banyak ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan nilai-nilai karakter. Salah satunya yang akan dibahas dalam maha karya ini adalah mencari nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada ayat-ayat hewan (fauna) yaitu: lebah, burung gagak dan singa). Banyaknya penyebutan hewan dalam al-Quran dengan tujuan agar manusia dapat memahami pesan Allah dan menunjukkan bahwa hewan adalah makhluk yang mesti dikaji dan dipelajari demi kepentingan dan kebaikan manusia. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Eksistensi al-Qur'an dan Hadis tidak dapat dilepaskan dari pelaksanaan metode pendidikan Islam. Dalam kedudukannya sebagai dasar agama Islam, maka dengan sendirinya metode pendidikan Islam harus merujuk pada kedua sumber ajaran tersebut ...

Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah)

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah). Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah) turut mengisi khazanah keilmuan yang digunakan akademisi maupun praktisi untuk mengimplementasikan strategi perusahaan dalam mencapai keberhasilan sesuai dengan nilai Islam. Manajemen Bisnis Kontemporer pada konsep syariah merupakan pergeseran ilmu manajemen yang disesuaikan dengan perkembangan zaman,dan dukungan teknologi dalam sebuah manajemen perusahaan yang berbasis syariah. hal ini menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan suatu sistem bisnis yang lebih terpercaya berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai syariah dari segala aspek kehidupan. Sistematika buku Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah) mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 20 bab yang dibahas secara rinci. Oleh karena itu, kami menyadari bahwa tulisan yang terdiri dari 20 bab.

Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah) turut mengisi khazanah keilmuan yang digunakan akademisi maupun praktisi untuk mengimplementasikan strategi perusahaan dalam mencapai keberhasilan sesuai dengan nilai Islam.

Manajemen Bisnis Syariah

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Bisnis Syariah. Manajemen Bisnis Syariah turut mengisi khazanah keilmuan untuk para akademisi maupun praktisi. Manajemen Bisnis Syariah dalam beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan suatu sistem bisnis yang lebih terpercaya berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai syariah dari segala aspek kehidupan. Sistematika buku Manajemen Bisnis Syariah mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 18 bab yang dibahas secara rinci.

Desember 1970, Mesir mengajukan proposal tentang pendirian Bank Islam Internasional untuk Perdagangan dan Pembangunan (International Islamic Bank for Trade and Development) dan proposal pendirian Federasi Bank Islam (Federation of ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET PENULIS: Dr. Abdul Rahman, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-363-0 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Model pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, sehingga dapat dipastikan bahwa setiap guru memiliki model pengembangan pembelajaran yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan masing-masing tujuan yang ingin dicapai oleh setiap mata pelajaran tersebut, membutuhkan kemampuan pendidik dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan motivasi yang tinggi dan pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar. Pengembangan model pembelajaran PAI berbasis riset, dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan pembelajaran discovery learning, cooperatif learning, problem-based learning, problem-solving, active learning, dengan sintak, orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menyeleksi hasil jawaban yang terkait dengan materi, siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah. Efektifitas model pembelajaran PAI berbasis riset (a) mengenal apa dan bagaimana meneliti itu. Mereka tidak akan canggung lagi dalam mengerjakan skripsi nantinya. (b) terlatih berpikir, menganalisis dan mengemukakan serta mempertahankan ide. (c) terlatih bekerja secara terencana. (d) terlatih bekerja keras, dan (e) terlatih bekerja dalam tim dan berhubungan dengan orang lain serta menjalin kerjasama/jaringan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Tahap-tahap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis riset. Adapun tahapan penelitian mulai dari kajian pendahuluan permasalahan yang diteliti, penyiapan rancangan model pembelajaran PAI berbasis riset yang akan dikembangkan, ...

TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL

TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL PENULIS: Dr. Bambang Supradi, M.Pd. EDITOR : Dr. NURHADI,S.Pd.I.,S.E.Sy.,S.H.,M.Sy.,MH.,M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-322-3 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Model Full Day School dalam Pembinaan terdiri dari Pembinaan Aqidah, Pembinaan Ibadah dan Pembinaan Akhlak. Pembinaan Keagamaan dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang termuat dalam materi pelajaran K-13 menggunakan model webbed yang dipandu oleh silabus dan RPP. Pembinaan intrakurikuler dalam pembentukan Aqidah, dan ibadah dilakukan melalui proses pembelajaran dengan berbagai metode seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan dan penugasan. Sumber belajar yang digunakan adalah buku pegangan guru dan siswa, LKDP dan Al-Qur’an dengan menggunakan media in-fokus, sedangkan dalam pembinaan akhlak dengan cara menanamkan nilai-nilai religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Sementara dalam pembinaan ekstrakurikuluer dilakukan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas seperti shalat berjama’ah, tuntas bacaan Qur’an, pesantren kilat, pembacaan hadits-hadits rasul, MABIT (malam bina Iman dan Takwa), infaq harian, kerja bakti, bakti sosial, peringatan hari besar Islam, santunan dan kunjungan anak yatim ke panti asuhan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Negeri Pekanbaru adalah di kelas pembelajaran PAI sudah terpasang foto presiden dan wakil presiden, bendera Negara, serta lambang Negara. Selain itu dalam pembelajaran khususnya menghargai karya orang lain, guru memberikan penekanan ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Dan Tesis

Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Diploma Tiga (D3), Program Strata Satu (S1), dan Program Strata Dua (S2). Untuk menciptakan quality assurance terhadap karya ilmiah tersebut, buku ini memberikan gambaran mengenai penyusun naskah karya ilmiah sebagai pedoman dalam menyelesaikan (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) yang dapat dijadikan pedoman oleh mahasiswa ataupun dosen pembimbing Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) ini menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata cara penulisan karya ilmiah baik berupa tugas akhir, skripsi ataupun tesis. Di dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) Mahasiswa ini, juga terdapat perihal berkenaan dengan jumlah pembimbing, jumlah penguji, serta persyaratan dan mekanisme proses pembimbingan. Diharapkan dengan adanya Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan mutu karya ilmiah baik yang ditulis oleh mahasiswa Diploma Tiga (D3), mahasiswa Strata Satu (S1) ataupun mahasiswa Strata Dua (S2) Semoga Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) Mahasiswa Program Diploma Tiga (D3) mahasiswa Strata Satu (S1) ataupun mahasiswa Strata Dua (S2) dapat berguna bagi mahasiswa ataupun dosen pembimbin. Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan masukan untuk penyempurnaan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Mahasiswa ini.

Untuk menciptakan quality assurance terhadap karya ilmiah tersebut, buku ini memberikan gambaran mengenai penyusun naskah karya ilmiah sebagai pedoman dalam menyelesaikan (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) yang dapat dijadikan pedoman oleh ...

Dakwah Islam Moderat ala KH. Afifuddin Muhajir dan KH. Abdul Moqsith Ghazali

Di tengah eskalasi kelompok radikal-fundamental yang mengancam keutuhan negara dan bangsa yang damai dan toleran, belajar kepada ulama yang punya pengaruh luas, baik pemikiran maupun kiprah kebangsaannya, adalah langkah urgen yang harus dilakukan, utamanya ulama yang membawa panji-panji Islam moderat. KH. Afifuddin Muhajir dan KH. Abdul Moqsith Ghazali merupakan dua ulama yang kepakarannya dalam bidang fiqh dan ushul fiqh telah diakui oleh publik, dan dedikasi sosial serta kontribusinya dalam membangun peradaban Islam telah teruji. KH. Afifuddin Muhajir dikenal sebagai pengusung fiqh tata negara, sedangkan KH. Abdul Moqsith Ghazali mendedahkan argumen pluralisme agama. Lebih dari itu, keduanya merupakan perumus ijtihad maqashidi. Buku ini mengeksplorasi model dan strategi dakwah Islam moderat yang diperjuangkan oleh dua ulama tersebut. Tujuannya tidak lain agar menjadi inspirasi, motivasi, dan teladan bagi generasi muda dan segenap elemen bangsa agar Islam moderat tetap kokoh sebagai basis umat Islam Indonesia untuk memperkuat bangunan NKRI yang toleran, damai, dan berkeadaban. Moderatisme Islam yang digaungkan oleh kedua ulama ini didasarkan kepada basis keilmuan yang kokoh dan relevansi yang tinggi terhadap realitas kontemporer. Keduanya mampu melakukan kontekstualisasi doktrin yang terdapat dalam kitab kuning terhadap kompleksitas dunia modern.

Di tengah eskalasi kelompok radikal-fundamental yang mengancam keutuhan negara dan bangsa yang damai dan toleran, belajar kepada ulama yang punya pengaruh luas, baik pemikiran maupun kiprah kebangsaannya, adalah langkah urgen yang harus ...