Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital

Judul : Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital Penulis : Dr. Nurliana Nasution, ST., M.Kom. MTA., MCF Yuvi Darmayunata, M. Kom., MTA Sri Wahyuni, M.Pd, Ch., Cht. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 129 Halaman No ISBN : 978-623-497-034-0 Tahun Terbit : September 2022 SINOPSIS Pada era digital, pembelajaran yang diterapkan harus menggunakan perangkat digital yang tentunya memudahkan penggunanya dalam pelaksanaan pembelajaran. Salahsatu hasil dari digital learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan perlengkapan dan media internet. Di lembaga pendidikan dikenal dengan learning management system, yang merupakan wadah untuk pendidik dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar. Blended learning adalah salah satu sistem pembelajaran di Era Digittal dan Augmented Reality merupakan salahsatu alat pembelajaran yang dapat digunakan khususnya untuk pendalaman konsep. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kemudian lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented Reality didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya, bersifat interaktif menurut waktu nyata, serta berbentuk animasi tiga dimensi.

Pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini yang menggunakan kurikulum saintifik dengan pendekatan tematik tentunya sangat didukung oleh augmentend reality. Karena proses kerjanya secara visual membuat anak dapat memahami ...

Strategi Pembelajaran Fiqih Kontemporer

Proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan. Dalam mengajar Pembelajaran Fiqih, seorang pendidik perlu menggunakan strategi pembelajaran untuk memudahkan dalam menyampaikan suatu materi Pembelajaran Fiqih pada peserta didik, sehingga peserta didik dapat dengan mudah mencerna dan memahami suatu materi pembelajaran dengan baik.

Proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan.

Pesona Pasar Malam Semawis

Pengembangan Strategis dari Perspektif Pengunjung

Buku berjudul “PESONA PASAR MALAM SEMAWIS: PENGEMBANGAN STRATEGIS DARI PERSPEKTIF PENGUNJUNG” ini merupakan potret ragam pendapat masyarakat yang telah atau pernah berkunjung ke Pasar Semawis. Pendapat para pengunjung merupakan subjektifitas masing-masing dari mereka dan tidak menutup kemungkinan pengunjung lain yang tidak tercover pada buku ini mempunyai pengalaman yang berbeda pula. Namun, penulis meyakini bahwa pendapat-pendapat pengunjung di sini bisa dijadikan sebagai langkah awal bagi berbagai pihak pengelola Pasar Semawis baik dari unsur masyarakat maupun pemerintah sebagai referensi dalam pengambilan langkah kebijakan ke depan dalam mengembangkan Pasar Semawis agar semakin maju. Pendapat masyarakat tersebut penulis kumpulkan dan analisis dengan menggunakan SWOT. Harapannya, hasil analisis tersebut dapat memberikan perspektif baru bagi berbagai stakeholder dalam menyikapi tuntutan perubahan ke arah yang lebih baik, dan membuat perencanaan yang lebih solutif dalam mengembangkan Kawasan Semawis sebagai salah satu area wisata kuliner yang sangat potensial dan iconic bagi Kota Semarang.

Buku berjudul “PESONA PASAR MALAM SEMAWIS: PENGEMBANGAN STRATEGIS DARI PERSPEKTIF PENGUNJUNG” ini merupakan potret ragam pendapat masyarakat yang telah atau pernah berkunjung ke Pasar Semawis.

Metode Penelitian Ekonomi Islam

Sistematika buku “Metode Penelitian Ekonomi Islam” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN EKONOMI ISLAM BAB 4 PENELITIAN DALAM BIDANG EKONOMI ISLAM BAB 5 OBJEK PENELITIAN EKONOMI ISLAM ATAU MUAMALAH BAB 6 PERUMUSAN MASALAH BAB 7 PENYUSUNAN HIPOTESIS BAB 8 TINJAUAN PUSTAKA BAB 9 TEKNIK PENGUMPULAN DATA BAB 10 PENGOLAHAN DATA BAB 11 PENYAJIAN LAPORAN HASIL PENELITIAN BAB 12 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : BANK Syariah BAB 13 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : ZAKAT BAB 14 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM: WISATA HALAL

Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH ...

Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dan Pengembangan keilmuan Ekonomi Islam di Indonesia. Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam Pada Zaman Rasulullah, Khulafaurrasyidin, Dinasti Umayyah - Al Haq, Dinasti Abbasiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Yusuf, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Muhammad Bin Hasan Al-Syaibani, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ubaid Al Qasim Ibnu Sallam, Pemikiran Ekonomi Islam Yahya Bin Umar, Pemikiran Ekonomi Islam Al Mawardi, Pemikiran Ekonomi Islam Imam Al Ghazali, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Taimiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Ishaq Al-Syatibi, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaih, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Hazm.

Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern.

Modul Kurikulum dan Pembelajaran

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar. Modul ini disusun dengan sistematis mulai dari pembahasan defenisi kurikulum, sejarah kurikulum, landasan dan prinsip pengembangan kurikulum, sejarah kurikulum di Indonesia mulai dari masa prakemerdekaan, pascakemerdekaan, hingga era reformasi, komponen-komponen kurikulum, organisasi pengembangan kurikulum, hingga model pengembangan kurikulum. Sedangkan pembahasan pembelajaran seperti hakekat belajar, mengajar dan pembelajaran serta peta konsep belajar. Di buku ini dibahas juga tentang Merdeka Belajar.

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar.

Pengantar Manajemen Aset

Dalam buku ini, berisikan tentang bagaimana cara mengelola suatu aset disertai dengan peraturan yang melandasi dari pelaksanaan pengelolaan aset tersebut. Untuk mengelola aset maka diperlukan suatu manajemen aset agar nantinya aset tersebut dapat optimal dan dapat menunjang perekonomian nasional. Seperti kita ketahui bersama, pengelolaan aset Negara yang optimal akan menambah pendapatan suatu Negara dan harapannya manfaat dari aset tersebut dapat berguna bagi masyarakat pada umumnya. Tentu hal tersebut yang diharapkan bersama Untuk hal – hal yang dibahas dalam manajemen aset, khususnya dalam buku ini adalah berisikan tentang: Manajemen Aset, Perencanaan dan Penganggaran Aset, Pengadaan Aset, Pemeliharaan Aset, Pemanfaatan Aset, Penghapusan Aset, Pemindahtangan Aset, dan Optimalisasi Aset. Masing - masing bahasan tersebut dituangkan dalam bab yang berbeda sehingga akan lebih detail didalamnya. Dalam bab tertentu, akan dibahas perbedaan antara pengelolaan aset yang berupa Barang Milik Negara (BMN) atau Barang Milik Daerah (BMD) beserta peraturan yang melandasinya. Karena dalam pengelolan aset Negara, harus jelas paying hukumnya dalam pengelolaan aset agar nantinya tidak terdapat masalah hukum dikemudian hari atau prosedur yang dilanggar. Demikian buku ini kami susun, agar dapat menjadi tambahan wawasan atau ilmu pengetahuan bagi siapa saja yang membacanya. Tentunya ada kekurangan atau kelemahan dari buku yang kami susun, apabila ada masukan kami sangat mengharapkannya. Terima Kasih.

Dalam buku ini, berisikan tentang bagaimana cara mengelola suatu aset disertai dengan peraturan yang melandasi dari pelaksanaan pengelolaan aset tersebut.

Pelatihan Dan Pendampingan Manajerial Pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Berbasis Kewirausahaan

Buku Mengenai Pelatihan Dan Pendampingan Manajerial Pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Berbasis Kewirausahaan

Buku Mengenai Pelatihan Dan Pendampingan Manajerial Pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Berbasis Kewirausahaan

Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar

Konsep “Merdeka Belajar” yang diarahkan oleh Pemerintah bukan hanya tantangan bagi para profesi bidang pendidikan tetapi juga para orangtua yang kebanyakan belum mampu menyiapkan lingkungan belajar di rumah relatif sama dengan di sekolah dan selain juga harus menyiapkan kuota internet yang cukup besar agar dapat mengakses video keterampilan gerak sebagai materi ajar pendidikan yang akan dipelajari di rumah. Terobosan yang banyak disarankan melalui berbagai metode belajar daring (dalam jaringan) atau secara digital (online) di tengah badai Covid-19. Upaya untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diukur dari tingkat capaian hasil belajar di tengah Pandemi Covid-19 tentu menjadi target dari para penulis Bunga Rampai ini yang dijabarkan dalam berbagai topik sebagaimana tututan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dimana ada tiga klasifikasi yang menjadi target hasil belajar yaitu domain kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan/skill) dan afektif (pembentukan kharakter). Ketiga domain ini saling terkait untuk mewujudkan capaian hasil belajar. Secara garis besar ukuran yang dapat digunakan dari tiga domain tersebut adalah meningkatnya pengetahuan murid melalui apa yang dipelajari. Hal ini tidak luput dari pemikiran penulis untuk membahasnya sehingga buku Bunga Rampai menjadi menarik bagi setiap pembaca.

juga dibekali pengetahuan yang luas terhadap model pembelajaran kampus merdeka, ... Termasuk juga pada era digital saat ini dibutuhkan sarana penunjang ...