Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Akselerasi Berpikir Ekstraordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Era Pandemi Covid-19

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Makarim tentang merdeka belajar dan guru penggerak perubahan, memperkaya penulis untuk mengungkap pengalaman empirik yang unik karena kondisinya saat ini diluar dari kebiasaan. Pengalaman empirik tersebut dijabarkan dalam berbagai topik yang menarik dan enak dibaca dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, dan berdaya saing tinggi menuju Indonesia emas 2045. Pandemi Covid-19 secara sadar mengubah pikiran manusia untuk selalu care menjaga kesehatan pribadinya. Penyebaran virus corona yang demikian dahsyat sangat mungkin setiap orang tertular terutama yang imunnya rendah yang disebabkan karena beberapa faktor antara lain; usia lanjut, sakit penyakit bawaan, hubungan antar manusia yang kurang peduli dengan protap kesehatan, lingkungan yang kurang sehat, tubuh yang tidak sehat dan bugar dan lain-lain. Kondisi tubuh sehat dan bugar tentu menjadi dambaan setiap insan manusia tanpa terkecuali, dan kondisi ini sesuai dengan capaian target belajar pendidikan olahraga.

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem ...

Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar

Konsep “Merdeka Belajar” yang diarahkan oleh Pemerintah bukan hanya tantangan bagi para profesi bidang pendidikan tetapi juga para orangtua yang kebanyakan belum mampu menyiapkan lingkungan belajar di rumah relatif sama dengan di sekolah dan selain juga harus menyiapkan kuota internet yang cukup besar agar dapat mengakses video keterampilan gerak sebagai materi ajar pendidikan yang akan dipelajari di rumah. Terobosan yang banyak disarankan melalui berbagai metode belajar daring (dalam jaringan) atau secara digital (online) di tengah badai Covid-19. Upaya untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diukur dari tingkat capaian hasil belajar di tengah Pandemi Covid-19 tentu menjadi target dari para penulis Bunga Rampai ini yang dijabarkan dalam berbagai topik sebagaimana tututan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dimana ada tiga klasifikasi yang menjadi target hasil belajar yaitu domain kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan/skill) dan afektif (pembentukan kharakter). Ketiga domain ini saling terkait untuk mewujudkan capaian hasil belajar. Secara garis besar ukuran yang dapat digunakan dari tiga domain tersebut adalah meningkatnya pengetahuan murid melalui apa yang dipelajari. Hal ini tidak luput dari pemikiran penulis untuk membahasnya sehingga buku Bunga Rampai menjadi menarik bagi setiap pembaca.

juga dibekali pengetahuan yang luas terhadap model pembelajaran kampus merdeka, ... Termasuk juga pada era digital saat ini dibutuhkan sarana penunjang ...

Pengembangan Kurikulum Sekolah Golf

Buku pengembangan kurikulum sekolah golf disusun berdasarkan hasil dari kajian yang menyatakan bahwa sudah lama golf merupakan olahraga sekaligus hiburan yang mempunyai banyak guna dari segi bisnis, relasi, bahkan edukasi. Selain itu golf juga dapat menjadi pendorong industri pariwisata. Timbulnya golf sebagai sarana promosi memberikan dampak yaitu mulai banyaknya peminat dari dalam kota, luar kota bahkan luar negeri. Sebagian besar peminat terdiri atas kaum menengah ke atas yang diantaranya adalah bapak-bapak dengan umur sekitar 40-50 ke atas. Tetapi berhubung dengan informasi, prospek, teknologi yang berkembang, pengguna golf berkembang menjadi 40% diantaranya adalah kaum muda dengan umur 18-30 tahun dan sisanya adalah anak-anak. Buku pengembangan kurikulum sekolah golf ini disusun dengan tujuan sebagai salah satu upaya menambah bahan bacaan maupun informasi pengetahuan bagi akademisi maupun praktisi dalam cabang olahraga golf. Selain itu, buku pengembangan kurikulum sekolah golf ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh atlet, calon pelatih, serta pelatih golf sebagai bahan referensi untuk mengadakan sekolah atau pelatihan golf maupun dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran golf pada atlet.

Buku pengembangan kurikulum sekolah golf disusun berdasarkan hasil dari kajian yang menyatakan bahwa sudah lama golf merupakan olahraga sekaligus hiburan yang mempunyai banyak guna dari segi bisnis, relasi, bahkan edukasi.

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Jenis Data, Variabel Penelitian, Definisi Istilah, Definisi Operasional dan Indikator; (4) Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-Macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, Asumsi, dan Macam-Macam Penelitian; (5) Konsep Rancangan Penelitian Eksperimen dan Non Eksperimen, Populasi, Teknik Sampling dan Pembagian Kelompok; (6) Instrumen Tes, Non Tes, Jenis Data, dan Teknik Pengumpulan Data; (7) Ciri-Ciri, Prosedur, Rancangan Penelitian Kualitatif dan Study Kasus; (8) Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan Kelas; (9) Karakteristik, Keterbatasan, Manfaat, Persyaratan, dan Langkah-Langkah Tindakan Perbaikan Sebelum dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (10) Rencana Perbaikan, Identifikasi dan Analisis Masalah, Perumusan Masalah dan Hipotesis, Tahap Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran, dan Kancah Penelitian Tindakan Kelas; (11) Model Penelitian Tindakan Kelas; (12) Analisis dan Penafsiran Data Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; dan (13) Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Materi tersebut kami sertai contoh implementasinya dalam penerapan penelitian di bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Dengan demikian bagi mahasiswa ataupun peneliti di bidang pendidikan jasmani lebih paham dan mengerti, namun pembaca di bidang lain juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar atau referensi dalam belajar dan meneliti.

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan ...

Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya menambah bahan bacaan maupun informasi pengetahuan bagi mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan atau pendidikan olahraga yang menempuh mata kuliah pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani sebagai mata kuliah bidang studi. Selain itu, buku Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh calon pendidik serta guru-guru pendidikan jasmani sebagai bahan bacaan tentang pengajaran remedial maupun dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani dalam satuan pendidikan khususnya dalam pelaksaan remedial pada peserta didik. Buku ini berisi tentang; hakikat belajar dan mengajar; hakikat kesulitan belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar; belajar tuntas (mastery learning); diagnosis kesulitan belajar; penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM); program pengajaran remedial; prosedur pengajaran remedial; pengajaran remedial keterampilan gerak. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca semua dan dapat digunakan sebagai pengayaan wawasan dan sebagai pedoman dalam melakukan pengajaran remedial khususnya dalam pendidikan jasmani.

Selain itu, buku Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh calon pendidik serta guru-guru pendidikan jasmani sebagai bahan bacaan tentang pengajaran remedial maupun dapat dijadikan acuan dalam ...