Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Monograf Analisis Intra Komunikasi Nasir Abas (Mantan Pimpinan Jamaah Islamiah) Dalam Bertransformasi Menjadi Pribadi yang Cinta Damai

Buku ini merupakan temuan kecil dari bagian besar dalam proses transformasi diri, menjadi referensi sederhana bagi orang-orang yang tertarik untuk mengenal intrakomunikasi (komunikasi dengan diri sendiri) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam proses transformasi diri (bisa baik maupun buruk).

Rasa kebanggannya itu semakin kuat dan mendalam karena NA sangat meyakini isi Al-Qur'an yang banyak menyebutkan suatu sikap membela nasib umat Islam, harus saling membantu, hal ini disampaikan oleh NA sebagai berikut, “Aah di Al Qur'an ...

Pengantar Ilmu Komunikasi

Buku ini sangat penting dalam memperkenalkan Ilmu Komunikasi kepada mahasiswa baru program studi Ilmu Komunikasi. Buku ini menjelaskan secara ringkas sejarah, pengetian, unsur, tujuan, fungsi ilmu komunikasi baik secara umum maupun dalam prespektif Islam. Selain itu buku ini juga memperkenalkan level komunikasi di dalam kehidupan sehar-ihari kepada mahasiswa.

Sebagai sebuah ilmu, Komunikasi Islam memiliki sumber utama yang sangat potensial untuk digali untuk membangun dan me– ngembangkan Ilmu Komunikasi Islam. Sumber tersebut adalah al-Quran dan Sunnah. Meskipun tidak terkumpul dalam satu ...

Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Sekolah Mutli-Agama

Sekolah Multi-Agama merupakan salah satu ruang interaksi sosial antar agama dalam dunia publik, sehingga mengharuskan adanya komunikasi pembelajaran yang damai dan saling menghormati. Dalam konteks ini pendidikan agama Islam menampilkan bentuk yang sangat unik. Disamping mereka menyampaikan pesan agama Islam kepada internal siswa Muslim, mereka juga dihadapkan pada situasi interaktif yang berlangsung dalam komunikasi lintas agama sehari-hari. Hal ini menuntut keterampilan para guru dalam menyampaikan pesan agama agar tidak menyinggung agama yang lain. Buku ini membahas banyak hal tentang bagaimana komunikasi yang harus diciptkan oleh seorang pendidik dalam memberikan pembelajarannya di kelas. Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa waktu di dua sekolah sekaligus. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam harus mampu memberikan wawasan keragaman dengan sikap toleransi dan inklusifnya terhadap agama lain dengan saling menghormati dan menjunjung tinggi kebersamaan dalam keberagaman. Dua sekolah yang dicontohkan dalam buku ini menjadi bentuk nyata bagaimana seharusnya memberikan pembelajaran yang respectable terhadap keberadaan agama lain.

Sekolah Multi-Agama merupakan salah satu ruang interaksi sosial antar agama dalam dunia publik, sehingga mengharuskan adanya komunikasi pembelajaran yang damai dan saling menghormati.

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

Pentingnya Ilmu Komunikasi Pada Era 4.0

Bunga Rampai

Komunikasi baru digital dan juga Industri 4.0 telah mengubah cara praktisi Public Relations dalam melakukan pekerjaan mereka, bagaimana berhubungan dan dan berkomunikasi dengan publik. Komunikasi baru digital dan industri 4.0 menjadi tantangan bagi praktisi untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial sebagai profesional. Istilah Industri 4.0 lahir dari ide tentang revolusi industri keempat. Keberadaannya menawarkan banyak potensi manfaat. Guna mewujudkan Industri 4.0, diperlukan keterlibatan akademisi dalam bentuk riset. Oleh karena itu penulis mengangkan tema “ilmu komunikasi pada Era 4.0”.

Komunikasi baru digital dan juga Industri 4.0 telah mengubah cara praktisi Public Relations dalam melakukan pekerjaan mereka, bagaimana berhubungan dan dan berkomunikasi dengan publik.

Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan

Buku ini berjudul Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan. buku referensi pada program “Gemuk” ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi banyak pihak, terutama kepada seluruh civitas akademica Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, perguruan tinggi keagamaan Islam lain, perguruan tinggi umum, dan masyarakat luas, demi kemaslahatan bersama serta bernilai ibadah di hadapan Allah Swt. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hal tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang juga sudah bermuculan para penyeruh dakwah Islam, mereka berbondong-bondong meninggalkan masa-masa jahiliah dan menjadi seorang dai yang berpegang teguh pada agamanya.

Model Perencanaan Komunikasi

Demikian pentingnya dukungan masyarakat terhadap keberhasilan program pengembangan wisata Islam ini, maka pemerintah memandang perlu memberikan bimbingan atau penyuluhan tentang konsep wisata Islami ini kepada masyarakat.

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM DAKWAH KONTEKS INDONESIA

buku ini tidak hanya mengupas tentang komunikasi dakwah persuasif secara virtual di massa pandemi covid-19 saja tapi juga menyajikan komunikasi persuasif di era wali sanga. Pemilihan era wali sanga sebagai objek kajian pembanding dalam buku ini karena wali sanga hanya ada di Indonesia, sehingga harapannnya era wali sanga bisa mewakili kekhasan komunikasi dakwah di Indonesia. Sebelum mengupas tentang praktik pelaksanaan komunikasi dakwah persuasi di Indonesia yang di wakili dengan era wali sanga dan era virtual pada massa pandemi covid-19, buku ini terlebih dahulu mengurai konsep dasar terkait hakikat komunikasi persuasif berikut penerapan teoriteori komunikasi persuasif dalam konteks dakwah. Hal ini difungsikan agar pembaca memiliki konsep yang sama tentang komunikasi persuasif sehingga mudah dalam memahami uraian dibagian-bagian selanjutnya.

Sulthon (2003) menjelaskan bahwa dakwah meliputi tablig, penyiaran dan penerangan agama (Islam), dan semua usaha untuk merealisir ajaran Islam dalam segala aspek kehidupan manusia. Sedangkan AlWarisy (2009) menjelaskan bahwa, ...

Dasar-Dasar Komunikasi Organisasi

Buku ini merupakan bentuk hasil dari kerjasama para penulis yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari prodi manajemen pendidikan Islam semester V dan mahasiswa pengambilan semester III dalam rangka memberikan output dari hasil pembelajaran mata kuliah komunikasi organisasi. Buku ini berisi mengenai materi pembelajaran yang yang dibahas dalam mata kuliah komunikasi organisasi berdasarkan silabus yang telah ditentukan.

Editor : Budi, M.Pd.I membentuk kesamaan identitas dan komitmen bersama sehingga arah pengembangan lembaga pendidikan Islam dapat dipahami semua pihak yang terkait (set mission). Sebenarnya budaya organisasi di lembaga pendidikan Islam ...

Pengembangan Kurikulum PAI

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai mata kuliah wajib di prodi Magister Pendidikan Agama Islam memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum, baik yang sifatnya teoretik maupun praktik. Buku ajar ini merupakan suplemen dari sekian buku referensi yang sudah ada, yang disesuaikan dengan kajian Pendidikan Agama Islam di sekolah maupun di madrasah. Kajian dalam buku ini praktis dan lebih realistis, dengan kajian khusus konsep dan fenomena di sekolah dan madrasah. Mahasiswa diharapkan lebih mudah mempelajarinya sesuai dengan kenyataan yang dihadapi dalam lembaga pendidikan, khususnya di sekolah dan madrasah. Kehadiran buku ajar ini berhubungan langsung dengan mata kuliah yang terdapat di Fakultas Agama Islam, baik pada Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2), sehingga bab-bab yang dibahas dalam buku ini disesuaikan dengan kajian-kajian yang dipelajari oleh para mahasiswa. Selain itu, gagasan-gagasan teoretis berasal dari beberapa referensi yang telah ada, ditambah pula kajian secara praktis.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai mata kuliah wajib di prodi Magister Pendidikan Agama Islam memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum, baik yang sifatnya teoretik maupun praktik.