Sebanyak 20 item atau buku ditemukan

Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran

Dalam Perspektif Pragmatis

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis. Antara kurikulum dengan pembelajaran ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan acuan operasional bagi guru untuk melaksanan kegiatan pembelajaran, sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis, adalah sebuah buku yang mengurai kurikulum dan pembelajaran secara pragmatis. Paparan isi buku ini, tidak hanya mengemukakan konsep dan teori-teori bermakna, tetapi juga mengungkap secara gamblang bagaimana menerapkan suatu kurikulum dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran dalam buku ini menggunakan pendekatan implementatif dan kontekstual. Pendekatan implementatif penting dikemukakan untuk melihat secara jelas teori konseptual tertuang dalam praktik-praktik operasional di lapangan. Sementara pendekatan kontekstual dibutuhkan mengingat latar belakang dan kondisi pengguna kurikulum adalah berbeda-beda. Buku ini mengurai filosofi kurikulum mengingat masih terdapat pemahaman kurang lengkap terutama di kalangan tenaga pendidik di SD mengenai kurikulum. Akibatnya, pemahaman yang kurang lengkap tersebut, dapat berdampak pada implementasinya dalam bentuk kegiatan pembelajaran ril kepada peserta didik. Buku ini berusaha menjembatani pemahaman tenaga pendidik tersebut dengan memaparkan konsep kurikulum dalam berbagai aspek dan sudut pandang. Buku ini berisi tentang berbagai isu terkait kurikulum dan beragam dimensi terkait pembelajaran. Kedua mainstream isu tersebut ditata ke dalam 9 Bab dan 38 Sub-bab. Kesembilan Bab tersebut tereksplorasi secara berturut-turut meliputi Hakikat Kurikulum, Isi Kurikulum, Kurikulum Berkarakter, Implementasi Kurikulum, Kondusifitas Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran Tematik-Integratif, Model-model Pembelajaran Kontemporer, Lesson Study dan Kompetensi Guru. Kurikulum dan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan lesson study. Lesson study, merupakan salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kajian pembelajaran kolaboratif. Isi Sub-sub bab dipaparkan secara lugas dan sistematis serta diperjelas dengan contoh-contoh konkret untuk memudahkan pembaca menangkap isi dan maknanya. Dengan demikian, buku ini sangat cocok dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan atau siapa saja pembaca yang tertarik untuk mengembangkan wawasan mengenai kurikulum dan pembelajaran di sekolah.

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis.

Pengembangan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Buku ini berjudul Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa khususnya mahasiswa PGSD dan guru-guru sekolah dasar untuk mendapatkan referensi tentang bagaimana merancang pembelajaran IPA sekolah dasar. Pada buku ini, penulis tidak hanya mengulas teori-teori pembelajaran IPA saja. Namun, penulis juga menampilkan prosedur merancang pembelajaran IPA.

Buku ini berjudul Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA

Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba yang dikembangkan. Buku ini diharapkan akan memberikan alternatif solusi kepada praktisi pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, kurikulum 2013 beserta perangkatnya tidak lagi menjadi beban bagi guru dan siswa untuk dilaksanakan dalam pembelajaran. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi ide bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mirip sehingga pembelajaran di kelas lebih bervariasi.

Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran ...

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ACTIVE LEARNING

Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran. Setelah membaca ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman terkait: 1) konsep pembelajaran matematika di SD, 2) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Snowball Throwing (ST), 3) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Jigsaw, 4) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Inside Outside Circle (IOC), 5) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Numbered Head Together (NHT), 6) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Stay Two Stray (TSTS), dan 7) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Think Pair Share (TPS).

Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran.

MONOGRAF PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pada monograf ini juga disajikan telaah tentang kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapatkan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK baik secara keseluruhan, ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis, ditinjau dari Self-Renewal Capacity maupun ditinjau dari perspektif gender.

Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.

Pengembangan Pembelajaran IPA Model Mishe (Metacognition in Science for Higher Education) Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Mahasiswa

Buku ini merupakan ringkasan hasil penelitian di bidang inovasi pembelajaran IPA dalam bentuk model pembelajaran inovatif. Model MiSHE (Metacognition in Science for Higher Education) yang dikembangkan dalam penelitian ini digunakan untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Mahasiswa. Buku ini terdiri dari 7 bagian yaitu pendahuluan, kajian teori, metode, hasil penelitian dan pengembangan, simpulan dan saran, serta referensi.

Buku ini merupakan ringkasan hasil penelitian di bidang inovasi pembelajaran IPA dalam bentuk model pembelajaran inovatif.

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ULUL ALBAB

Istilah pendidikan ini semula berasal dari bahasa Yunani yaitu “paedagogie”, yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Istilah ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan “education” yang berarti pengembangan atau bimbingan. Dalam bahasa Arab istilah ini sering diterjemahkan dengan “Tarbiyah” yang berarti pendidikan. Proses belajar mengajar yang efektif semestinya menumbuhkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan (curiosity), dan eksperimentasi-eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (meskipun hasilnya keliru), memberikan keterbukaan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, menumbuhkan demokrasi, dan memberikan toleransi pada kekeliruan-kekeliruan akibat kreativitas berpikir itu

Istilah pendidikan ini semula berasal dari bahasa Yunani yaitu “paedagogie”, yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak.

Sintesis Hasil Penelitian Membaca Sebagai Landas Pijak Pengembangan Pembelajaran Membaca

Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berbagai penelitian tersebut berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan berbagai cara. Cara yang dilakukan peneliti antara lain dengan memanfaatkan strategi belajar, pemakaian media pembelajaran, pemilihan bahan bacaan, dan teknik membaca. Penelitan-penelitan tersebut menunjukkan hal yang positif, hanya saja dalam prakteknya hasilnya masih sedikit dimanfaatkan untuk digunakan di sekolah-sekolah. Melalui tulisan ini berbagai hasil penelitian tersebut berusaha untuk ditelaah dan dikaji untuk dijadikan landasan dalam menyusun sebuah pembelajaran membaca yang baik yang dapat dipraktekkan di sekolah-sekolah sesuai dengan tingkatannya.

Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.