Sebanyak 6 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF ISLAM

Buku ini menguraikan secara komprehensif tentang perencanaan peserta didik dalam konteks pendidikan Islam. Melalui berbagai bab yang disusun secara sistematis, penulis mengajak pembaca untuk memahami pentingnya perencanaan yang matang dan terarah dalam membentuk peserta didik yang unggul secara intelektual dan spiritual. Dalam bab-bab awal, buku ini membahas landasan teoritis dan filosofis perencanaan peserta didik, yang mencakup prinsip-prinsip pendidikan Islam dan peraturan pemerintah yang berlaku. Penulis menekankan bahwa pendidikan Islam tidak hanya mengedepankan aspek intelektual, tetapi juga pembentukan karakter dan akhlak mulia. Oleh karena itu, perencanaan peserta didik harus dilakukan dengan mempertimbangkan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selanjutnya, buku ini membahas secara rinci tentang proses penerimaan peserta didik baru, yang mencakup seleksi dan orientasi. Penulis menekankan bahwa proses ini harus dilakukan dengan cermat dan adil, untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang. Orientasi yang baik akan membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan memulai proses belajar dengan motivasi yang tinggi. Bab-bab berikutnya menjelaskan tentang pengelompokan peserta didik berdasarkan berbagai kriteria, seperti kemampuan akademik, minat, dan bakat. Pengelompokan yang efektif akan membantu pendidik untuk memberikan perhatian yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik. Selain itu, penulis juga membahas tentang pentingnya program pembinaan dan pengembangan peserta didik yang berkelanjutan, agar mereka dapat mencapai potensi maksimalnya. Buku ini juga menggarisbawahi pentingnya disiplin dan pengelolaan kelas yang baik dalam mendukung proses perencanaan peserta didik. Disiplin yang diterapkan dengan bijak akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sementara pengelolaan kelas yang efektif akan memastikan bahwa setiap peserta didik dapat belajar dengan nyaman dan maksimal. Pada bagian akhir, penulis mengajak pembaca untuk merefleksikan kembali seluruh proses perencanaan peserta didik yang telah dibahas, dan memberikan berbagai rekomendasi praktis untuk implementasinya. Penulis juga menekankan bahwa pendidikan adalah proses yang dinamis dan terus berkembang, sehingga perencanaan peserta didik harus selalu dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip yang disampaikan dalam buku ini, diharapkan pendidik dan manajer sekolah dapat mengoptimalkan potensi setiap peserta didik, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrahnya, menemukan bakatnya, dan menjadi insan yang unggul secara intelektual dan spiritual. Kritik dan saran dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini di masa mendatang. Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT dalam setiap langkah kita menuntut ilmu. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi panduan praktis bagi para pendidik, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya perencanaan dalam menciptakan sistem pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Semoga buku ini dapat menjadi kontribusi yang berarti dalam upaya menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia.

... Peserta Didik di SMAN 5 Kota Cirebon ( Management of Student Planning at SMAN 5 Cirebon City ) ' , Vol . 6 No. 1 , Journal of Islamic Education Management , h . 79 . the visualization and formulation of proposed activities, belive ...

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD

Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penulis berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan tema “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai materi dan praktik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: (1) hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa; (2) hakikat sastra dan karya sastra; (3) materi bahasa Indonesia di sekolah dasar; (4) keterampilan dalam berbahasa; (5) kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (6) media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) pelafalan dan penulisan lambang bilangan yang benar; (9) penggunaan tata bahasa yang benar; (10) materi cerita dan drama untuk anak-anak; dan (11) materi puisi untuk anak-anak.

Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat berharga, maka organisasi atau perusahaan bertanggung jawab untuk memelihara kualitas kehidupan kerja dan membina tenaga kerja agar bersedia memberikan kontribusinya secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi maupun perusahaan. Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam suatu organisasi atau perusahaan manjadi sesuatu hal yang menarik untuk mengulasnya lebih dalam dari berbagai sumber yang para penulis rangkum dalam buku ini, serta dijadikan sebuah kolaborasi buku yang diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi para penulis, para praktisi bisnis yang memberikan perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusianya, maupun para akademisi dalam melakukan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta sebagai bahan rujukan bagi mahasiswa yang berhubungan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai ...

Analisis Budaya Dan Implikasi Sosial Ekonomi Dalam Praktik Sabuk Jalan

Dalam era sekarang ini, hubungan antarbangsa/manusia juga sangat berkembang sejalan dengan pembangunan infrastruktur. Keduanya sama-sama membangun konektivitas. Namun infrastruktur hubungan budaya belum dikembangkan, baik oleh Tiongkok maupun negara yang diajak bekerja sama, termasuk Indonesia. Akibatnya adalah kendala hubungan, image negatif, dan penolakan antara Tiongkok dengan ASEAN atau dengan Indonesia, maupun dengan negara lain yang menjadi masalah dan kerap terjadi. Oleh karena itu, dalam memahami karakteristik heterogen yang komprehensif dari masyarakat Indonesia (atau negara lain di Asia Tenggara) adalah dengan meningkatkan hubungan antar manusia. Selain itu, hubungan sosial budaya harus diperkuat, salah satunya dengan pembelajaran antarbudaya (intercultural learning), arena ide konektivitas bukan hanya fisik namun juga manusia. Indonesia dalam hal ini perlu memperkuat hubungan antarmanusia dan kerja sama sosial budaya melalui kegiatan non-infrastruktur, semisal pertukaran pendidikan, kunjungan keagamaan, festival budaya, kerja sama film, membangun/investasi di pedesaan, yang mana akan bermanfaat dan mendapat respons dari masyarakat ketimbang pembangunan infrastruktur besar tapi tidak mengakar ke masyarakat. Setiap tulisan dalam buku ini berusaha dihadirkan secara berhubungan satu sama lain. Harapannya, buku ini dapat memberikan pemahaman kepada pembacanya mengenai China BRI secara umum dari aspek sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang berkaitan dengan program kerja sama BRI. Besar harapan penulis agar buku ini memberikan pengetahuan dan informasi bermanfaat bagi pembacanya yang berminat pada studi China BRI baik kalangan masyarakat umum, akademisi, maupun pelajar.

Sementara negara-negara sosialis dan dunia ketiga tidak diikutsertakan. Dengan kata lain, ini merupakan bantuan negara dunia pertama kepada negara dunia kedua. Sementara BRI merupakan gabungan negara-negara sepanjang jalur sutra dan ...

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN