Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD

Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penulis berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan tema “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai materi dan praktik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: (1) hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa; (2) hakikat sastra dan karya sastra; (3) materi bahasa Indonesia di sekolah dasar; (4) keterampilan dalam berbahasa; (5) kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (6) media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) pelafalan dan penulisan lambang bilangan yang benar; (9) penggunaan tata bahasa yang benar; (10) materi cerita dan drama untuk anak-anak; dan (11) materi puisi untuk anak-anak.

Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat berharga, maka organisasi atau perusahaan bertanggung jawab untuk memelihara kualitas kehidupan kerja dan membina tenaga kerja agar bersedia memberikan kontribusinya secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi maupun perusahaan. Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam suatu organisasi atau perusahaan manjadi sesuatu hal yang menarik untuk mengulasnya lebih dalam dari berbagai sumber yang para penulis rangkum dalam buku ini, serta dijadikan sebuah kolaborasi buku yang diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi para penulis, para praktisi bisnis yang memberikan perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusianya, maupun para akademisi dalam melakukan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta sebagai bahan rujukan bagi mahasiswa yang berhubungan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai ...

Analisis Budaya Dan Implikasi Sosial Ekonomi Dalam Praktik Sabuk Jalan

Dalam era sekarang ini, hubungan antarbangsa/manusia juga sangat berkembang sejalan dengan pembangunan infrastruktur. Keduanya sama-sama membangun konektivitas. Namun infrastruktur hubungan budaya belum dikembangkan, baik oleh Tiongkok maupun negara yang diajak bekerja sama, termasuk Indonesia. Akibatnya adalah kendala hubungan, image negatif, dan penolakan antara Tiongkok dengan ASEAN atau dengan Indonesia, maupun dengan negara lain yang menjadi masalah dan kerap terjadi. Oleh karena itu, dalam memahami karakteristik heterogen yang komprehensif dari masyarakat Indonesia (atau negara lain di Asia Tenggara) adalah dengan meningkatkan hubungan antar manusia. Selain itu, hubungan sosial budaya harus diperkuat, salah satunya dengan pembelajaran antarbudaya (intercultural learning), arena ide konektivitas bukan hanya fisik namun juga manusia. Indonesia dalam hal ini perlu memperkuat hubungan antarmanusia dan kerja sama sosial budaya melalui kegiatan non-infrastruktur, semisal pertukaran pendidikan, kunjungan keagamaan, festival budaya, kerja sama film, membangun/investasi di pedesaan, yang mana akan bermanfaat dan mendapat respons dari masyarakat ketimbang pembangunan infrastruktur besar tapi tidak mengakar ke masyarakat. Setiap tulisan dalam buku ini berusaha dihadirkan secara berhubungan satu sama lain. Harapannya, buku ini dapat memberikan pemahaman kepada pembacanya mengenai China BRI secara umum dari aspek sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang berkaitan dengan program kerja sama BRI. Besar harapan penulis agar buku ini memberikan pengetahuan dan informasi bermanfaat bagi pembacanya yang berminat pada studi China BRI baik kalangan masyarakat umum, akademisi, maupun pelajar.

Sementara negara-negara sosialis dan dunia ketiga tidak diikutsertakan. Dengan kata lain, ini merupakan bantuan negara dunia pertama kepada negara dunia kedua. Sementara BRI merupakan gabungan negara-negara sepanjang jalur sutra dan ...

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN