Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penulis berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan tema “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai materi dan praktik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: (1) hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa; (2) hakikat sastra dan karya sastra; (3) materi bahasa Indonesia di sekolah dasar; (4) keterampilan dalam berbahasa; (5) kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (6) media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) pelafalan dan penulisan lambang bilangan yang benar; (9) penggunaan tata bahasa yang benar; (10) materi cerita dan drama untuk anak-anak; dan (11) materi puisi untuk anak-anak.
Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Pendidikan informal dilakukan oleh keluarga di rumah. Pendidikan ini dilakukan saat anak berada di rumah bersama dengan keluarganya. Sedangkan pendidikan formal dilaksanakan di dalam lembaga pendidikan resmi mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi. Dalam pendidikan formal ini gurulah yang berperan penting dalam menanamkan pengetahuan akan bahasa Indonesia. Sedangkan pendidikan nonformal dilaksanakan di luar rumah dan sekolah, dapat melalui kursus, pelatihan-pelatihan, pondok pesantren dan lain sebagainya. Pendidikan bahasa Indonesia di lembaga formal dimulai dari SD. Jumlah jam pelajaran bahasa Indonesia di SD kelas I, II dan III sebanyak 6 jam pelajaran. Sedangkan kelas IV, V dan VI sebanyak 5 jam pelajaran. Banyaknya jumlah jam pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan agar siswa mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta mempunyai kemampuan berpikir dan bernalar yang baik yang dapat disampaikan melalui bahasa yang baik pula. Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di SD, karena bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.