Sebanyak 21619 item atau buku ditemukan

Manajemen UMKM dan Koperasi

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di sisi lain pertumbuhan koperasi di Indonesia menunjukkan peningkatan baik dari segi kuantitas maupun ragam usaha koperasi. UMKM dan Koperasi sebagai penopang ekonomi nasional perlu mendapat perhatian para akademisi melalui studi dan penelitian, masyarakat sebagai penerima manfaat dan terutama calon pengusaha dalam penciptaan nilai tambah usaha. Tanpa pengetahuan dan ketempilan serta penguasaan informasi terkini mengenai kewirausahaan, calon dan pengusaha akan menemukan tantangan dalam mencapai keberlanjutan. Daftar 11 BAB, sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Konsep Dasar Koperasi Bab 3 Pengertian UMKM dan Koperasi Bab 4 Manajemen Dalam Koperasi Bab 5 Hubungan Koperasi dan UMKM Bab 6 Karakteristik UMKM di Indonesia Bab 7 Kewirausahaan dan Koperasi Bab 8 Regulasi dan Etika Bisnis Bab 9 Manajemen UMKM dan Koperasi Bab 10 Mengelola SDM Bab 11 Perkembangan UKM di Indonesia

Buku MANAJEMEN UMKM DAN KOPERASI ini menyajikan tentang konsep dan teori yang mendasar dalam merancang dan mengelola organisasi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dasar-Dasar Manajemen Internasional

Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan ilmu ekonomi internasional dan manajemen serta studi pembangunan.

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Pengantar Manajemen Operasional

Manajemen Operasional merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu manajemen dan bisnis. Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas tentang: Bab 1 Pengenalan Manajemen Produksi Bab 2 Strategi Operasi Bab 3 Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Pendekatan Luas Produksi Bab 4 Pola Produksi Bab 5 Peramalan Permintaan Produk dan Jasa Bab 6 Penentuan Lokasi Bab 7 Desain Fasilitas dan Layout Bab 8 Pengendalian Persediaan Bab 9 Manajemen Proyek Bab 10 Perencanaan Kapasitas dengan Learning Curve Bab 11 Material Handling Bab 12 Manajemen Kualitas Bab 13 Perencanaan Kapasitas Dengan BEP

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

BUKU AJAR MANAJEMEN OPERASI 1

Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi. Selain itu, manajemen ini bertugas mengendalikan kegiatan produksi dan proses perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa. Salah satu hal yang menarik dari manajemen operasi adalah ilmu tersebut senantiasa dihadapkan pada kondisi yang selalu dinamis. Perubahan ini terjadi karena adanya berbagai macam tekanan dari globalisasi, perputaran uang, produk dan ide yang memiliki kecepatan yang luar biasa.

Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi.

Manajemen Pemasaran Digital (Perpaduan Teori dan Aplikasi)

Pesatnya perkembangan teknologi perangkat lunak mengharuskan praktisi komputer untuk menguasai teknologi informasi, terutama bisnis baru di dunia yang memasuki era digital. Salah satu teknologi informasi paling populer saat ini adalah bisnis berbasis Web / Internet yaitu pemasaran digital. Digital marketing telah lama berkembang dalam lingkup internasional, sebagai salah satu metode pemasaran alternatif dari suatu produk atau layanan, pemasaran digital akan mengubah kegiatan pemasaran dan memangkas biaya operasional untuk kegiatan komersial. Buku ini dimulai mengeksplorasi mengenai Manajemen pemasaran digital yang berkembang saat ini.

Kedua nya sama-sama melakukan pemasaran (marketing) dengan media internet yang sedang trend saat ini. Jadi dalam hal media hampir sama antara lain seperti: Content Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, ...

PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA DAN PENINGKATAN DAYA SAING KELOMPOK UKM RUMAH TAJUNG ANTIQ (RTA) PENGHASIL KAIN TENUN TAJUNG DAN BLONGSONG KHAS PALEMBANG DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL

Buku “Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Daya Saing Kelompok UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) Penghasil Kain Tenun Tajung dan Blongsong Khas Palembang dalam Menghadapi Era New Normal” adalah luaran dari Program Pemberdayaan Masyarakat Skema UKM Indonesia Bangkit Kementerian Riset dan Teknologi/Brin Tahun Anggaran 2020. Dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemeterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional sesuai dengan Kontrak Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia Bangkit dan Penerapan Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2020 Nomor: 166/SP2H/PPM/DRPM/2020. Buku ini mendeskripsikan kegiatan pada Program UKM Indonesia Bangkit, dengan mitra UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) yang berlokasi di Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring, Palembang. Berdasarkan permasalahan prioritas yang harus ditangani maka beberapa solusi Tim Pelaksana kepada mitra: 1. Meningkatkan kemampuan manajerial pelaku usaha/pemilik kelompok UKM RTA melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan usaha mulai dari pengelolaan manajemen keuangan, manajemen produksi, dan manajemen pemasaran. 2. Meningkatkan manajemen usaha kelompok UKM RTA melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan SDM dan kewirausahaan agar menjadi sentra usaha yang berdaya saing. 3. Memperbaiki dan meningkatkan omset/penjualan produk-produk kain tenun UKM RTA melalui inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang mendukung Era Revolusi Industri 4.0, begitu juga pelatihan dan pendampingan pemanfaatan TTG tersebut. Adapun TTG yang diimplmentasikan yakni e-katalog RTA yang merupakan teknologi informasi berbasis database. Sistem e-katalog RTA merupakan kombinasi katalog dan e-commerce yang berbasis android dan website. Selain berfungsi sebagai katalog produk juga dapat melakukan transaksi penjualan secara online. Hasil dari kegiatan ini telah dapat: 1. Meningkatkan daya saing usaha mitra melalui kenaikan omset menjadi sebesar ±50%, 2. Besar penerapan IPTEK yang ditunjukkan melalui peningkatan penggunaan TTG yang ditransfer ke mitra minimal sebesar 80%, dan 3. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha pada mitra minimal sebesar 80%.

Buku “Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Daya Saing Kelompok UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) Penghasil Kain Tenun Tajung dan Blongsong Khas Palembang dalam Menghadapi Era New Normal” adalah luaran dari Program Pemberdayaan ...

Manajemen Penjualan

Buku Manajemen Penjualan ini merangkum penelitian manajemen penjualan terbaru dan praktik terbaik dari organisasi penjualan terkemuka. Dengan gaya yang menarik dan sederhana, buku ini memberikan gambaran umum mengenai dunia manajemen penjualan. Dari pengembangan pola pikir dan perencanaan tenaga penjualan hingga hal-hal yang bersifat lebih strategis seperti pengembangan saluran distribusi. Selain itu ruang lingkup pembahasan juga meliputi konteks penjualan perseorangan, penjualan retail hingga penjualan B2B (Business-to-Business). Bagi praktisi manajemen penjualan, buku ini sangat relevan dan patut dimiliki demi suksesnya dalam mengelola penjualan. Sementara bagi akademisi, buku ini dapat menjadi referensi dalam menambah wacana keilmuan.

7.5 RITEL ELEKTRONIK (E-RETAILING) Perkembangan perdagangan online, e-commerce, e-retail yang pesat menjadi sebuah fenomena baru ... 7.5.1 STRATEGI PEMASARAN E-RETAILING Istilah pemasaran digital pertama kali digunakan pada 1990-an, ...

Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital)

Buku ini diharapkan dapat acuan dan referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran pada era digital saat ini. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kelemahan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak.” Oleh sebab itu, kami sangat saran dan kritik yang membangun, sangat kami harapkan dari para pembaca.

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital).

Manajemen Kewirausahaan Kontemporer

Berwirausaha adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk menciptakan sesuatu yang memiliki nilai dan bermanfaat bagi orang lain. Peran wirausaha sangat penting mendorong kemajuan ekonomi di suatu negara. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan daya saing di era revolusi industri 4.0 saat ini tentu menjadi tugas bersama antara pemerintah dan stakeholder terkait dalam mendorong terus bertumbuhnya wirausaha baru di Indonesia. Wirausaha merupakan salah satu pekerjaan atau profesi yang mulia. Dalam menyikapi semakin cepatnya perkembangan digitalisasi hampir di semua aspek kehidupan diantaranya dalam bidang perdagangan dan industri tentu ini menjadi peluang bagi generasi muda untuk berwirausaha di era revolusi industri 4.0 saat ini Materi yang dibahas dari buku ini mencakup: - Pengantar Kewirausahaan - Membangun Motivasi Berwirausaha - Urgensi Ide Bisnis dan Kreativitas Bagi UMKM - Studi Kelayakan dan Perencanaan Bisnis - Pemasaran Digital Pada UMKM - Eksistensi Teknologi Finansial Bagi UMKM - Faktor-faktor Keberhasilan Kewirausahaan - Inovasi Bisnis Bagi UMKM - Peluang dan Tantangan Wirausaha Masa Kini Keberhasilan merupakan salah satu faktor penting bagi seorang wirausahawan dalam menjalankan sebuah usaha. Faktor-faktor keberhasilan merupakan salah satu hal paling krusial yang harus dirumuskan dengan matang, guna mempermudah menggapai suatu tujuan yang telah ditetapkan demi keberlangsungan berjalannya suatu usaha. Maka, jika seorang wirausahawan dapat merumuskan dengan baik stimulan keberhasilan dari sebuah usaha, dapat dipastikan usaha dapat berjalan dengan baik. Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dosen dan dapat juga dijadikan sebagai referensi bagi pihak yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai manajemen kewirausahaan kontemporer.

Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dosen dan dapat juga dijadikan sebagai referensi bagi pihak yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai manajemen kewirausahaan kontemporer.

Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis Internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Memasuki abad ke-21 ini kemajuan teknologi sangat pesat di dalam segala bidang termasuk dalam SIM Banyak Perusahaan yang telah mengunakan SIM yang terkomputerisasi dan mengambil keuntungan dari SIM yang terkomputerisasi. Tetapi juga terdapat perusahaan yang masih menggunakan SIM yang masih manual dengan kelemahan dan kelebihannya. Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi, Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen, Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi, Bab 4 Struktur Sistem Informasi Manajemen, Bab 5 Keamanan Sistem Informasi, Bab 6 Sistem Informasi Pada Organisasi, Bab 7 Konsep Pengambilan Keputusan Pada Sistem Informasi Manajemen, Bab 8 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 9 Dasar Dasar Intelegensi Bisnis, Bab 10 Isu Sosial dan Etika dalam Sistem Informasi, Bab 11 Telekomunikasi, Internet dan Teknologi Nirkabel, Bab 12 Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Saat Ini, Bab 13 Perusahaan Digital E-Commerce dan E-Business, dan Bab 14 Mengelola Sistem Informasi Internasional.

Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.