Sebanyak 1054 item atau buku ditemukan

KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH

Refleksi Penerapan Kurikulum Melalui Evaluasi Pembelajaran PPKn

Buku ini tidak hanya memberikan pembelajaran tentang sebuah evaluasiǡ tetapi juga menengahkan narasi politik pendidikan dicabutnya Kurikulum Berbasis Sekolah, dulu KTSP. Sebuah pesan penting, agar merdeka belajar dan kurikulum selanjutnya tidak bernasib sama -Prof. Yetti Supriyati, Guru Besar Tetap UNJ Koorprodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ Buku yang berjudul Kurikulum Berbasis Sekolah yang memfokuskan pada Evaluasi Pembelajaran PPKn yang ditulis oleh Dr. Komarudinǡ M.Si. sebagai ahli evaluasi pembelajaran dalam bidang PPKn sangat tepat terbit pada saat dunia pendidikan di tanah air sedang melakukan penyesuaian kurikulum untuk mewujudkan bonus demografi guna mencapai Generasi Emas 2045 -Prof. Dr. Sapriya M.Ed., Sekretaris Jenderal Asosiasi Profesi PPKn Indonesia (AP3KnI) Saya meyakini Buku Kurikulum Berbasis Sekolah ini dapat berkontribusi positif bagi pengamat, peminat, guru, dosen, dan penentu kebijakan bahwa perubahan kurikukum adalah suatu keniscayaan dengan catatan tebal bahwa lakukanlah evaluasi kurikulum secara mendasar dan menyeluruh. -Muhammad Japarǡ Profesor Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Memproyeksikan kembali kurikulum berbasis sekolah (KBS) di era merdeka belajar, merupakan ide dan gasan yang brilian dari Dr. Komarudin. M.Si. Maka buku ini adalah sangat penting menjadi salah satu rujukan bagi siapa saja yang sedang belajar dan mendalami pendidikan. Oleh sebab itu buku ini sangat penting dan perlu anda baca Prof. Dr. H. Azwar Ananda, MA, Dosen Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Kita perlu menengok ke belakang memberikan energi dan visi baru pada konsep Kurikulum Berbasis Sekolah (KBS) dengan melakukan transformasi dan revitalisasi pada nilaiǦnilai penguatan merdeka belajar. Inilah solusi inovasi pengembangan kurikulum yang harus dilakukan. Buku ini adalah salah satu jawaban dan solusi yang kita harapkan. Prof. Dr. Nadirohǡ M.Pd., Guru Besar Tetap dan Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Yetti Supriyati, Guru Besar Tetap UNJ Koorprodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ Buku yang berjudul Kurikulum Berbasis Sekolah yang memfokuskan pada Evaluasi Pembelajaran PPKn yang ditulis oleh Dr. Komarudinǡ M.Si. ...

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: Konsep Evalusi Pembelajaran, Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi, Penilaian Kognitif, Penilaian Afektif, Penilaian Psikomotor, Penilaian Berbasis ...

Evaluasi Kinerja : Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan

Berangkat dari rasa prihatin terhadap rendahnya mutu kerja karyawan, khususnya para birokrat dilingkungan instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang terlena dengan pola dan system kerja yang telah dianut sejak lama dengan budaya melaksanakan kegiatan rutin dengan tanpa ada upaya melakukan pembaharuan, dan hingga saat ini belum mengalami perubahan yang signifikan. Kondisi rendahnya mutu kerja karyawan ini sangat dirasakan sekali di lingkungan pemerintahan daerah yang sulit mendapatkan tenaga kerja yang bermutu, kendatipun sebagian besar karyawan tersebut telah menyandang gelar sarjana, akan tetapi belum mampu meningkatkan mutu hasil kerjanya, mengingat rendahnya keinginan untuk memperbaharui ilmu yang didapat dari perguruan tinggi yang telah lama ditinggalkan sejak tamat hingga saat ini. Kondisi yang memprihatikan ini mendorong penulis menghadirkan buku ini dengan harapan dapat memotivasi Pegawai sebagai penyelenggara Negara untuk bekerja lebih giat lagi dan berprestasi sebagi wujud ibadah memberikan yang terbaik bagi institusinya dimanapun ditugaskan.

Berangkat dari rasa prihatin terhadap rendahnya mutu kerja karyawan, khususnya para birokrat dilingkungan instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang terlena dengan pola dan system kerja yang telah dianut sejak ...

Modul Ajar Ilmu Komputer Panduan Praktis Belajar Microsoft Word Dan Excel

Judul : Modul Ajar Ilmu Komputer Panduan Praktis Belajar Microsoft Word Dan Excel Penulis : Ajuan Tuhuteru, M.I.Kom Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 140 Halaman ISBN : 978-623-6872-49-9 Keadaan masyarakat dewasa ini, cenderung tidak dapat di pisahkan dari teknologi yang ada. Dengan adanya teknologi, memudahkan masyarakat dalam menjalin hubungan secara globa. Komputer sebagai bagian dari teknologi bukan lagi barang mewah. Setiap orang bisa memiliki satu unit komputer pribadi guna mendukung pekerjaan sehari-hari. Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern, komputer menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini. Buku ini merupakan modul ajar pada Prodi Pariwisata Budaya dan Agama IAKN Ambon. Cakupan dalam buku ini berupa tutorial belajar computer bagi mereka yang menginginkan percepatan dalam belajar menggunakan computer, baik untuk keperluan pribadi, kantor, maupun organisasi. Materi yang diulas meliputi sejarah perkembangan computer, pengenalan computer dasar, pengenalan windows, serta cara membuat berbagai dokumen dengan memanfaatkan program aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pendekatan yang digunakan adalah tutorial praktis, dengan berlatih menggunakan perangkat computer (belajar lansung praktik) menggunakan software yang familiar juga banyak dijumpai. Oleh karena itu, sangat penting memiliki buku ini, sebab yang belum pernah menggunakan computer sekalipun bisa mengoperasikannya dengan mengikuti petunjuk yang telah diuraikan dalam buku ini.

Judul : Modul Ajar Ilmu Komputer Panduan Praktis Belajar Microsoft Word Dan Excel Penulis : Ajuan Tuhuteru, M.I.Kom Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 140 Halaman ISBN : 978-623-6872-49-9 Keadaan masyarakat dewasa ini, cenderung tidak dapat di ...

Bekerja dengan Microsoft Word 2016

Pada tanggal 22 September 2016, Microsoft meluncurkan Microsoft Office terbaru, yaitu Microsoft Office 2016, di mana salah satu program aplikasi di dalamnya adalah Microsoft Word 2016 untuk pengolahan kata. Fitur-fitur baru pada Microsoft Word 2016 meliputi fitur untuk membuat tulisan yang baik, bekerja sama dengan orang lain di mana saja, bekerja sesuai dengan keinginan kita, dan aplikasi seluler Word. Fitur-fitur ini akan meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja dengan dokumen. Buku ini memberikan panduan cara penggunaan fasilitas-fasilitas Microsoft Word 2016 secara step by step dan dilengkapi dengan contoh sehingga mudah dipelajari. Pembahasan dalam buku mencakup berikut ini: • persiapan menggunakan Word; • mengetik dan menyimpan teks dokumen; • format karakter teks dokumen; • format paragraf teks dokumen; • membuat daftar berbutir, daftar bernomor urut, dan nomor urut multilevel; • membuat header, footer, dan nomor halaman; • memasukkan gambar pada dokumen; • membuat dan mengedit tabel sesuai kebutuhan; • menyimpan file dokumen pada OneDrive dan sharing dengan orang lain; • serta masih banyak lagi.

Fitur-fitur baru pada Microsoft Word 2016 meliputi fitur untuk membuat tulisan yang baik, bekerja sama dengan orang lain di mana saja, bekerja sesuai dengan keinginan kita, dan aplikasi seluler Word.

Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing : Studi Kasus Penjualan Komputer

Orientasi pasar merupakan istilah yang populer digunakan oleh para praktisi di bidang pemasaran sebagai implementasi dari konsep pemasaran.Lebih dari empat dekade, strategi perusahaan yang berorientasi pasar dipandang oleh akademisi dan praktisi sebagai pilar utama untuk mencapai kinerja perusahaan yang unggul baik pada perusahaan manufaktur maupun pada perusahaan jasa, Kara (2005). Menurut (Kotler & Amstrong, 2001:322) keunggulan bersaing adalah suatu keunggulan diatas pesaing yang diperoleh dengan menawarkan nilai lebih kepada konsumen, baik melalui harga yang lebih rendah atau dengan menyediakan lebih banyak manfaat yang mendukung penetapan harga lebih mahal. Buku ini mencakup beberap materi yang dibahas yaitu: 1. Fenomena Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaiing 2. Orientasi Pasar 3. Keunggulan Bersaing 4. Perilaku Konsumen 5. Kinerja Usaha 6. Balance Scorecard (BSC) 7. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Perilaku Konsumen 8. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha Melalui Perilaku Konsumen Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Usaha Melalui Perilaku Konsumen

Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. ... Balance Scorecard Sebagai Alat ukur Kinerja (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang).Tidak untuk diterbitkan.Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses siklus mencari tahu tentang peserta didik dan merespons belajarnya berdasarkan perbedaan. Sehingga guru dituntut untuk terus belajar tentang keberagaman peserta didiknya, agar pembelajaran yang profesional, efisien, dan efektif dapat diwujudkan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses siklus mencari tahu tentang peserta didik dan merespons belajarnya berdasarkan perbedaan. Sehingga guru dituntut untuk terus belajar tentang keberagaman peserta didiknya, agar pembelajaran yang profesional, efisien, dan efektif dapat diwujudkan. Melalui buku ini semoga semakin memperkaya wawasan dan kompetensi guru dalam mengajar serta dapat menjawab keberagaman peserta didik dalam belajar. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi.

Model Inovatif Logo Konseling Website

Model inovatif logo konseling website terdiri atas pengembangan model, kekuatan model, efektivitas model, esensi model, dan implementasi model. Tahap pengembangan model berorientasi pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk penanganan masalah harga diri spiritual rendah klien. Dalam perecanaannya, pendekatan ini terintegrasi dengan sumber daya manusia yang ada, dengan menekankan kolaborasi antara peneliti dengan mereka yang bertanggung jawab atas layanan konseling aktual klien. Kekuatan model mendeskripsikan dinamika perubahan perilaku klien yang buruk ke perilaku positif dan konstruktif. Efektivitas model mengindikasikan bahwa penggunaan program intervensi logo konseling website yang dikenakan pada klien menunjukkan peningkatan secara statistikal signifikan maupun praktikal signifikan. Selanjutnya, esensi model sebagai kerangka teoretis dan berpikir logo konseling website. Implementasi model sebagai pedoman pelaksanaan logo konseling website. Model inovatif logo konseling website sebagai gagasan dasar untuk menjembatani keterbatasan waktu dan tempat, media penghubung untuk keterbukaan, dan media komunikasi yang memudahkan klien untuk curhat dengan gadget mereka. Keterbatasan mobilitas fisik dan psikis klien menjadi penghambat untuk dilakukan sesi tatap muka sehingga melahirkan ide mengembangkan model inovatif logo konseling website. Stigma budaya terhadap perasaan dihakimi, rentan bagi klien yang menjadi korban pemerkosaan dan pelecehan seksual memilih melakukan konseling tanpa tatap muka. Keterbatasan, stigma, dan keengganan itu memunculkan pemikiran tentang upaya mengembangkan pendekatan logo konseling online yang inovatif, yang dapat diakses oleh semua kalangan sehingga bermanfaat bagi klien dan masyarakat luas. Pada era digital saat ini, keterbatasan waktu dan tempat antara konselor dan pribadi setiap individu yang bermasalah (klien) dapat diatasi. Model inovatif logo konseling website sebagai upaya dalam mengatasi keterbatasan mobilitas fisik dan psikis klien.

Teknik dan pendekatan yang dipakai, yaitu modifikasi sikap. Tujuannya untuk mengembangkan evaluasi diri seimbang dengan sasaran pencapaiannya, yakni tanggung jawab diri. Selanjutnya, pencapaian tanggung jawab diri menjadi kebutuhan ...

MODEL PENDIDIKAN ISLAM

Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0

Nusantara sedang merasakan berbagai permasalahan yang tidak kunjung berhenti. Masalah ini bagaikan pohon yang dipotong setengah dan setengahnya lagi tinggal menunggu kapan akan tumbuh. Kurangnya kajian yang matang sering kali memunculkan kebijakan dan Undang-Undang yang kurang tepat sasaran. Alih-alih mencegah, namun malah muncul masalah baru. Salah satunya Undang-Undang Perlindungan Anak yang terus disosialisasikan dua institusi negara, yakni Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas HAM. Berdasarkan beberapa pengamatan dua lembaga institusi ini, keduanya menyimpulkan bahwa kekerasan anak di negara ini semakin mengkhawatirkan. Dari pihak lain–terutama para pendidik–merasa terkekang dengan segala aktivitas pendidikannya. Bagaimana tidak!, memarahi anak saja dapat di meja hijaukan. Apalagi mencubit atau menampar, sudah pasti tinggal menunggu panggilan dari pihak yang berwajib. Kerap kali pendidik melakukan tindakan yang dianggap mendidik justru malah menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Buku ini hadir untuk mengurai problematika di atas. Penulis berusaha menjelaskan secara ilmiah keberadaan sanksi atau ta`zîr yang ada di lembaga pendidikan, terutama pondok pesantren. Kemudian merumuskannya dalam bentuk temuan berupa konsep model sanksi dalam prespektif pendidikan Islam secara lebih tepat.

Kemudian merumuskannya dalam bentuk temuan berupa konsep model sanksi dalam prespektif pendidikan Islam secara lebih tepat.

Model Logo Konseling untuk Memperbaiki Low Spiritual Self -Esteem

Buku Model Logo Konseling ini meliputi substansi model dan pedoman pelaksanaan model logo konseling serta panduan pelatihan untuk memperbaiki low spiritual selfesteem, khususnya dalam eksplorasi diri klien, penerimaan diri, ketegasan diri, transendensi-diri, kesadaran diri, dan nilai-nilai sikap, yang terintegrasi dalam potensi diri, aktivitas diri, dan evaluasi diri, yang berguna bagi perubahan perilaku positif, yaitu dari low spiritual self-esteem ke healthy spiritual self-esteem. Substansi model merupakan kerangka teoretik dan kerangka berpikir model logo konseling. Pedoman pelaksanaan dan panduan pelatihan merupakan implementasi model dan teknik pelaksanaan program intervensi logo konseling untuk memperbaiki permasalahan perkembangan dan dimensi low spiritual self-esteem, dalam rangka meningkatkan nilai-nilai sikap, kompetensi, dan integritas diri, penerimaan dan ketegasan diri, transendensi diri dan realisasi makna.

Buku Model Logo Konseling ini meliputi substansi model dan pedoman pelaksanaan model logo konseling serta panduan pelatihan untuk memperbaiki low spiritual selfesteem, khususnya dalam eksplorasi diri klien, penerimaan diri, ketegasan diri, ...