Sebanyak 2008 item atau buku ditemukan

30 Hari Pintar Membaca & Menulis Al-Qur'an

30 Wntar Membaca & MenuAs Ai-Quran Mengajarkan anak-anak membaca dan menulis Al-Qur'an merupakan tanggung jawab orangtua. Hambatan dan kesulitan pun sering ditemukan. Buku "30 Hari Pintar Membaca dan Menulis Al-Qur'an untuk Anak" ini ...

5 Langkah Lancar Membaca Al-Qur'an

Selamat! Anda telah menemukan buku yang dapat membimbing Anda untuk mampu membaca Al-Qur'an dengan baik, mudah, dan cepat. Buku ini berisi langkah-langkah praktis belajar membaca dan menulis Al-Qur'an. Bacalah buku ini dan praktikkan langkah-langkah, insya Allah Anda akan lancar membaca Al-Qur'an dalam waktu singkat. -Ruang Kata-

terakhir, untuk pintar membaca Al-Qur'an adalah mengetahui ciri-ciri khusus mushaf Al-Qur'an standar Indonesia. Sebagian umat Islam di Indonesia banyak yang merasa belum 'akrab' dengan mushaf-mushaftertentu karena adanya perbedaan tanda ...

KECERDASAN DAN KEAJAIBAN HATI APLIKASI PRAKTIS MEMASUKI ZONA BAHAGIA DENGAN METODE AIR

Sobat. Memang hidup tidak akan pernah cukup, tetapi hal itu sangat bergantung bagaimana kita memaknai hidup itu sendiri. Rasa syukurlah yang akan menjadikan hidup kita menjadi cukup. Bukan banyaknya uang dan materi yang menjadikan kita cukup, tetapi pikiran dan perasaan kitalah yang mengendalikan perasaan cukup tersebut. Sobat. Pekerjaan kita, karenanya adalah kesyukuran kita. Kalau merasa dalam pekerjaan kita banyak kekurangan, tidak lantas menjadikan kita mudah mengeluh, mengumpat, atau marah-marah. Kita harus bersyukur mendapatkan pekerjaan yang lebih layak karena banyak sekali orang di luar sana yang bekerja dengan fasilitas, gaji, dan suasana yang lebih buruk dibanding dengan kita.

Nabi SAW menjawab, ―Dengan mengingat mati dan membaca Al-Quran.‖ Sobat. Rasa senang di dalam hati membuahkan solusi. Rasa Tenang di dalam pikiran menciptakan kreasi. Rasa menang di dalam tindakan memudahkan rencana aksi.

METODE PEMAHAMAN HADIST NABI

Studi Kritis Atas Pandangan Muhammad Al-Ghazali

Buku Metode Pemahaman Hadits Nabi: (Studi Kritis Atas Pandangan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî) dimulai dari keinginan untuk memperoleh jawaban secara konseptual mengenai pemikiran-pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terutama berkaitan dengan pemahaman hadits. Dari Asumsi-asumsi yang muncul di atas, maka muncul poin kunci dalam studi ini adalah: Pertama, bagaimana metode dan pendekatan yang ditawarkan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terhadap pemahaman sebuah hadis Nabi? Kedua, mengetahui pemahaman hadits yang dilakukan oleh Muhadditsîn atau Fuqahâ’? Ketiga, bagaimana Orisinalitas pemikiran serta Implikasi dari pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terhadap pemahaman hadits? Secara metodologis studi ini menggunakan pendekatan sejarah (historical approach). Dan metode yang digunakan dalam pencarian data adalah riset pustaka (library research) dengan membaca kitab-kitab karya Syaikh Muhammad al-Ghazâlî sendiri (sebagai data primer) dan kitab-kitab yang ditulis mengenai pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî (sebagai data skunder). Dalam menganalisa data, digunakan analisis isi (content analysis). Sedang untuk mengetahui background pemikirannya, sumber utama yang digunakan adalah otobiografinya yang berjudul Qishshah al-Hayah. Sedangkan untuk mengetahui gagasan-gagasan mengenai kajian hadits, sumber utama yang digunakan adalah as-Sunnah an-Nabawiyyah Baina Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Hadîts. Kemudian, untuk mengukur pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî mengenai kesahihan hadits Nabi menggunakan kitab ‘Ulumul al-Hadîts, karya Ibnu Shalah dan kitab-kitab lainnya. Sedangkan dalam memahami hadits, penulis gunakan metode sintesis yang mencoba memadukan antara keyakinan terhadap hadits yang berfungsi sebagai sumber otoritatif dengan prinsip-prinsip ilmiah yang berasal dari penalaran rasionalitas manusia. Penulis berharap, dengan hadirnya buku ini dapat memberikan pengetahuan atas bagaimana metodologi kajian hadîts yang tepat dan benar, dapat mengetahui makna dan tujuan dari sebuah hadîts yang dipahami oleh Muhadditsîn dan Fuqahâ’, serta dapat memberikan sumbangan kajian sekaligus menjadi salah satu referensi penting dalam khasanah pemikiran hadits, terutama mengenai kajian hadîts yang mengandung ragam pemahaman.

Buku Metode Pemahaman Hadits Nabi: (Studi Kritis Atas Pandangan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî) dimulai dari keinginan untuk memperoleh jawaban secara konseptual mengenai pemikiran-pemikiran Syaikh Muhammad al-Ghazâlî terutama berkaitan ...

Metode Tahfidz Al-Qur’an Metode Patas

Metode Tahfizh al-Qur’an Pattas (Cepat dan Berkualitas) ini bertujuan agar dapat memberikan petunjuk bagaimana menghafal al-Qur’an yang baik dan benar. Metode tahfizh al-Qur’an, agar mnenjadi panduan dalam menghafal al-Qur’an.

Siwak Membersihkan mulut dengan bersiwak sebelum memulai membaca al-Qur'an, dengan menggunakan kayu siwak, mengawalinya dengan membaca doa' نيمحارلا محرأ اي هيف يل كراب اللهم memulai bersiwak dari kanan ke kiri, bagian luar gigi dan ...

METODE MUSTAQILLI 1

KATA PENGANTAR بسم االله الرحمن الرحيم السلام عليكم ورحمة االله وبركاته Alhamdulillah dengan rahmat Allah swt. Kitab ini telah selesai. Sholawat serta salam mudah – mudahan tertuju pada Nabi kita Muhammad saw, keluarga, dan sahabatnya Amin. Kitab ini penulis beri nama “ية لغير العربالعرب” (Al Arabiah Li Ghoiri Al Arab) yang berarti “Bahasa Arab untuk Selain Orang Arab”. Pada dasarnya kitab ini merupakan kitab pra untuk memasuki kitab “Audloh Al Manaahij”. Secara metode dan isi materi kitab ini merupakan intisari dari kitab aslinya yang diterbitkan dengan edisi bahasa arab yang alhamdulillah telah mendapat apresiasi yang sangat bagus di alam islami khususnya dan international pada umumnya. Hanya saja pada bagian teori kaidahnya sengaja dibuat dengan edisi berbahasa Indonesia dengan harapan yang besar supaya para pembaca yang budiman bisa langsung memahami dan dapat menangkap subtansi teori kaidah tersebut sehingga sangat mudah untuk merealisasikan dalam praktek berbahasa. Di samping itu kitab ini memprioritaskan praktek dari teori–teori tersebut sehingga menjadikan siswa/siswi islam kita sangat aktif mempraktikan teori kaidah dengan cara yang sangat mudah karena cukup mengacu pada rumusan-rumusan pola kalimat yang telah disediakan. Karena itu pengajaran bahasa arab dengan kitab ini penulis sebut dengan “ Metode Mustaqilli (cara mandiri) “, karena dengan cara ini kita akan cepat secara mandiri menguasai bahasa arab “Tingkat dasar & Menengah” baik dalam membaca, memahami, meng- imla’, meng-insya’, dan menerjemah serta mampu mengurai kedudukan setiap kata dalam kalimat bahasa arab. Kitab ini adalah kitab al Arabiah Li Ghoiri al Arab Jilid III (Mustaqilli I/Marhalah Mutawasithah). Sengaja dibuat dengan urutan seperti ini dengan tujuan untuk memudahkan non arabi secara teori dan lebih memprioritaskan pada praktek pembiasaan pembuatan kalimat berbahasa arab berdasar pola-pola yang sudah tersedia, sehingga secara cepat dan alami akan terbentuk dzauq ‘arabi-nya. Kitab ini sengaja didesain dengan target untuk meningkatkan pengajaran bahasa Arab di negara kita tercinta pada khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya baik di pesantren, diniyah, sekolah formal, universitas Islam maupun lembaga–lembaga kursus dengan target untuk mencapai 5 maharah, yaitu : “Qiro’ah, Pemahaman, Insya’, Terjamah dan Mengi’rob”. Sehingga dengan kitab ini siswa/siswi Islam kita diharapkan mampu “membaca dan memahami tek–tek Arab, terbiasa menulis dan mengarang dengan berbahasa Arab, serta terbiasa menerjemahkan tek dari bahasa indonesia ke bahasa arab dan sebaliknya serta mampu mengi’rob setiap redaksi kalimat dalam bahasa Arab. Sampai saat ini menurut hemat penulis bahwa “Hasil pengajaran bahasa Arab kita secara umum masih perlu terus ditingkatkan. Sudah banyak metode dan cara yang sudah diterapkan tetapi hasilnya masih belum sesuai dengan harapan”. Oleh karena itu, penulis mencoba dengan metode baru ini mudah–mudahan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan target akhir bahasa Arab di alam Islami kontek negara kita dan Asia Tenggara, sehingga pada akhirnya siswa/siswi islam kita mampu membaca dan memahami hasanah Islam dari sumber aslinya yang notabenenya memakai bahasa Arab, serta mampu membuat karya ilmiah dengan bahasa Arab sehingga generasi kita ke depan bisa tampil di panggung alam Islami khususnya dan dunia pada umumnya sesuai dengan spesifikasinya masing - masing, serta mampu dengan baik menerjemahkan tek–tek arab ke dalam bahasa kita. Amin. Sistematika kajian dalam kitab ini sangat berbeda dengan mayoritas buku-buku bahasa arab pada umumnya, karena sistematikanya dibangun berdasar struktural bahasa arab itu sendiri yang dimulai dengan “Pengenalan sruktur umum bahasa arab dan arahnya, kemudian kajian inti yang menyangkut kata dari berbagai sisi, kemudian kajian tentang pola-pola kalimat yang dibangun berdasar kata dari berbagai sisi tersebut”. Dengan sistemetika di atas diharap akan lebih mengena pada target karena lebih mendekati sistematika dan filosofi tiap bahasa itu sendiri yaitu : berangkat dari pengenalan kata kemudian dikembangkan dalam pola-pola kalimat yang kemudian dikembangkan dalam aneka redaksi kalimat sesuai dengan kebutuhan dalam berbahasa. Harapan besar dari penulis, cukup dengan menguasai jilid 1 saja para siswa/siswi kita akan mampu secara mandiri untuk membaca tek–tek Arab tingkat menengah, menulis dan mengarang menggunakan bahasa Arab serta menerjemahkan bahasa arab dengan baik sehingga pada kajian lanjutan guru tinggal merangsang, memancing, dan mengarahkan saja. Cukup sekian, kritik dan saran penulis harapkan dari para pembaca dan para ahlinya dalam rangka penyempurnaan kitab ini, yang penulis yakin karena keterbatasan waktu dalam penulisan buku ini masih banyak kelemahan di dalamnya. Harapan akhir mudah–mudahan kitab ini menjadi salah satu solusi untuk pembumian bahasa arab di negara kita dan Asia Tenggara pada umumnya sehingga benar–benar menjadi kitab yang bermanfaat untuk Islam dan umatnya, Amin. والسلام عليكم ورحمة االله وبركاته Jakarta ; 01 Oktober 2017 Penulis A. Shohib Khaironi

Kemudian saya ( tih ) pulang dari masjid dan saya ( akan ) membaca al Quran yang mulia di rumahku yang indah . Kemudian saya ( akan ) membaca pelajaranku yang baru setelah membaca al Quran yang mulia dan Hadist yang mulia .

Opening the Qur'an

Introducing Islam's Holy Book

Opening the Qur'an can be a bewildering experience to non-Muslim, English-speaking readers. Those who expect historical narratives, stories, or essays on morals are perplexed once they pass the beautiful first Surah, often shocked and then bogged down by Surah 2, and even offended by Surah 3's strictures against nonbelievers. Walter H. Wagner "opens" the Qur'an by offering a comprehensive and extraordinarily readable, step-by-step introduction to the text, making it accessible to students, teachers, clergy, and general readers interested in Islam and Islam's holy Book. Wagner first places the prophet Muhammad, the Qur'an, and the early Muslim community in their historical, geographical, and theological contexts. This background is a basis for interpreting the Qur'an and understanding its role in later Muslim developments as well as for relationships between Muslims, Jews, and Christians. He then looks in detail at specific passages, moving from cherished devotional texts to increasingly difficult and provocative subjects. The selected bibliography serves as a resource for further reading and study. Woven into the discussion are references to Islamic beliefs and practices. Wagner shows great sensitivity toward the risks and opportunities for non-Muslims who attempt to interpret the Qur'an, and sympathy in the long struggle to build bridges of mutual trust and honest appreciation between Muslims and non-Muslims. "Walter Wagner's Opening the Quran: Introducing Islam's Holy Book raises excellent questions designed to draw in curious readers. He then follows up with sound analysis that is easy to grasp. Wagner has clearly learned much about the Qur'an and Islam. What is more he has found a most appealing way to speak about what he has learned to his fellow non-Muslims. --Charles E. Butterworth, University of Maryland, College Park "A number of observers, like Mahmood Mamdani, have pointed out that contemporary events have led to an expansion in the market for translations of the Qur'an. This book will assist and guide readers of these Qur'an translations in the English language. This book could be used in introductory courses on Islam or advanced courses focusing exclusively on Islam's holy Book, the Qur'an . . . general readers outside the academy may also find it useful in helping them understand how to use and make sense of the Qur'an." --A. Rashied Omar, The Joan B. Kroc Institute for International Peace Studies, University of Notre Dame "The QurÕan can be terra incognita for the non-Muslim reader. Walter Wagner's learned book brings us to terra firma. With clear, empathetic, religiously sensitive yet historical-critical commentary, Opening the Qur'an makes sense of Islam's holy book. Wagner is a rare guide: a committed Christian who has listened carefully and sympathetically to Muslims, who understand the Quran as God's word. Wagner conveys their faith without compromising his own. This is more than a work of scholarship and pedagogy; it is an act of respect from one great tradition to another." --Alan Mittleman, The Jewish Theological Seminary "This is not just a book that is being introduced but a context, a culture, its teachings, and the way Muslims have been interpreting, finding meaning, and living in obedience to the Qur'an over the centuries. What for many non-Muslims has been a puzzling, bewildering, and perplexing book now begins to come alive and to make some sense. . . . I highly recommend this book for use in schools and seminaries and even church study groups where people are serious about learning why the Qur'an is considered by Muslims to be God's final revelation. The book's step-by-step procedure and the important glossary of key terms in the back are extremely useful for readers who are being introduced to the Qur'an for the first time." --Harold Vogelaar, Center of Christian-Muslim Engagement for Peace and Justice, Lutheran School of Theology

Wagner conveys their faith without compromising his own. This is more than a work of scholarship and pedagogy; it is an act of respect from one great tradition to another.

PEMBELAJARAN MODEL CAMPURAN (BLENDED LEARNING) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Buku “Pembelajaran Model Campuran (Blended Learning) dalam perspektif Al-Quran” ini menghadirkan penerapan pembelajaran e-learning yang dilakukan secara blended (campuran) tanpa mengurangi mutu belajar. Dalam buku ini juga dijelaskan arsitektur e-learning dan blended learning beserta contoh aplikasi berbasis web maupun android agar dapat dengan mudah dipahami oleh guru. Tentu saja untuk menjalankan pembelajaran berbasis elektronik dibutuhkan penguasaan peralatannya dan mengadakan pelatihan agar nantinya dapat mengajarkan juga kepada peserta didik.

Penekanan definisi untuk pendapat di atas untuk e-learning terdapat pada electronic based sedangkan penekanan definisi pada pendapat yang lain terletak pada internet based. Maka dapat disimpulkan bahwa e-learning adalah pembelajaran ...

Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam

Sistematika Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Paradigma Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Masalah Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Latar Belakang Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Research Gap dan Novelty dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Rumusan Masalah dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Kajian Teori dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Jenis Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam, Teknik Pengumpulan Data Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Analisis Data Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, dan Menyusun Artikel Jurnal Bidang Penelitian Manajemen Pendidikan Islam.

Sistematika Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya.

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini akan membahas tuntas tentang manajemen pendidikan Islam sebagai pedoman dalam mengelola Lembaga Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat membantu guru, orangtua, ataupun praktisi dalam memahami dan mengelola pendidikan Islam.

Dalam hal ini, manajemen pendidikan Islam dapat diartikan sebagai suatu aktivitas dalam pemobilisasian dan pemanduan atas segala sumber daya yang ada. Dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang telah ditetapkan sebelumnya ...