Sebanyak 225 item atau buku ditemukan

Landasan Pendidikan

Buku ini disusun oleh sejumlah guru, dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Landasan Pendidikan. Menyemai benih pendidikan pada kalangan akdemisi untuk lebih memperkaya keilmuan bagi generasi kedepan. Bukan hanya itu, sistematika buku ini dengan judul “Landasan Pendidikan” terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya: Konsep, Fungsi dan Teori Pendidikan, Pendidikan sebagai Sistem, Hakikat Ilmu Pendidikan, Aliran-aliran Pendidikan, Azas-azas Pendidikan, Hakikat Manusia dan Pendidikan, Sejarah Pendidikan di Dunia dan Indonesia, Masalah Pemerataan, Mutu, Efesiensi dan Revansi serta konsep dan Implementasi Landasan Pendidikan, Pengembagan Karir Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Sertifikasi Guru dan UU Guru dan Dosen, Pendidikan Inklusi, Multi Budaya, Karakter dan Berbasis Masyarakat. Semoga buku ini menambah khasanah keilmuan bagi dunia pendidikan yang semakin berkembang.

Buku ini disusun oleh sejumlah guru, dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Landasan Pendidikan.

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam

Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum. Maka dengan itu dianggap perlu untuk menulis dan membukukan konsep pendidikan AUD prespektif Islam dilihat dari teoritis, historis dan praktis. Sistematika buku Konsep Dasar Pendidikan AUD Prespektif Islam di setiap bab ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis, sejarah dan praktis. Buku ini terdiri atas 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pendidikan AUD dalam Islam, Sejarah dan perkembangan PAUD pada Masa Klasik dan Modern, Sejarah Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Indonesia, Makna Anak Usia Dini dalam al-Qur’an, Teori-teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Klasik, teori-Teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Kontempoler, Pendidikan Karakter AUD Menurut Islam, Hakikat Belajar AUD Pandangan Para Filosof Muslim, Lingkungan Belajar Anak Usia Dini Menurut Islam, Media Pembelajaran AUD dalam Islam, Evaluasi Pembelajaran AUD dalam Islam, Kelembagaan AUD dalam Islam, dan Problematika Pengembangan PAUD dalam Islam.

Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum.

Pengantar Pendidikan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Pendidikan serta sangat tepat untuk menjadi bacaan para akademisi baik guru, mahasiswa dan dosen. isi buku ini sangat komperhensif dalam penyajian mengenai pendidikan dan relevan dengan pendidikan saat ini. Sistematika buku ini dengan judul “Pengantar Pendidikan” terdiri atas 13 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya:Konsep Dasar Pendidikan, Hubungan Manusia dan Pendidikan, fungsi dan peranan Lembaga Pendidikan, Konsep Peserta didik dan Pendidik, Aliran Pendidikan, Pendidikan Karakter, Berbasis Digital, Andragogi dan Pendidikan Seumur hidup, Sistem Pendidikan Nasional, Hubungan antara Pendidikan dan Pembangunan, Hubungan Pendidikan dan Tantangan Global.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Pendidikan serta sangat tepat untuk menjadi bacaan para akademisi baik guru, mahasiswa dan dosen. isi buku ini sangat ...

Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar

Sistematika buku ini dengan judul Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan antara lain mengenai: Urgensi Pendidikan Karaker di Era Disrupsi dan Era Milenial; Problematika Kurikulum Merdeka Belajar dan Pendidikan Karakter; Religus dan Agama Sebagai Fondasi Dasar dalam Pembentukan Karakter; Kebijakan Pendidikan Berbasis Paradigma Merdeka Belajar dalam Menunjang Pendidikan Karakter; Gambaran dan Karakteristik Profil Pelajar Pancasila Yang Mendukung Penguatan Karakter di Era Merdeka Belajar; Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Pemanfaatan Kemajuan Teknologi Informasi (TI) dalam Mengembangkan dan Menguatkan Pendidikan Karakter; Peran Guru, Keluarga, dan Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter; Implementasi dan Pengembangan Karakter di Sekolah; Implementasi dan Pengembangan Pendidikan Karakter di Pendidikan Tinggi; StrategiPengembangan dan Peningkatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya; Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Internalisasi dan Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan; Evaluasi, Penilaian (Assesment) Serta Instrumen Penilaian dalam Pengembangan Pendidikan Karakter.

Sistematika buku ini dengan judul Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait.

Progres Pendidikan Karakter Kristen Dari Masa Penciptaan Hingga Abad 21

Sistematika buku Progres Pendidikan Karakter Kristen dari Masa Penciptaan hingga Abad 21 mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan pendidikan karakter Kristen yang lebih baik. Buku ini terdiri atas 12 Bab yang dibahas secara rinci, di antaranya : Pendidikan Karakter sejak Penciptaan hingga Peristiwa Air Bah, Dalam Zaman Abraham hingga Zaman Yusuf, Pada Masa Perbudakan di Mesir hingga Padang Gurun, Pada Masa Memasuki Tanah Kanaan di Bawah Kepemimpinan Yosua, Pada Zaman Hakim-hakim, Dalam Zaman Raja-raja, Dalam Masa Pembuangan, Dalam Masa Kembali dari Pembuangan, Di Masa Intertestament hingga Masa Tuhan Yesus, Dalam Masa Para Rasul, Pada Abad Pertengahan, dan Pada Abad 21.

Sistematika buku Progres Pendidikan Karakter Kristen dari Masa Penciptaan hingga Abad 21 mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan pendidikan karakter Kristen yang ...

Marketing Politik Lokal: Teori dan Analisis Strategi Politik

Buku Marketing Politik Lokal: Teori dan Analisis Strategi Politik, memaparkan beberapa hal penting yaitu Pertama; terkait teori Marketing Politik yang dapat digunakan sebagai referensi menyelesaikan tugas akhir dan pengetahuan bagi pembaca. Kedua; dalam memasuki masa pemilihan umum seperti pemilihan legislative, pemilihan kepala daerah, maka buku ini menjadi rujukan pembaca untuk menambah pengetahuan politik karena tools Marketing Politik dapat menjadi dasar pegangan pembaca melakukan pemetaan dan analisis politik kemudian mendesain strategi politik untuk meraih hati pemilih; Ketiga; Pembaca diberikan petunjuk bagaimana dapat menggunakan tools Marketing Politik dengan pendekatan strategi politik lokal (pendekatan tradisional); Keempat; pembaca dapat membuat sendiri pemetaan perilaku pemilih pada pemilihan umum agar bisa mempengaruhi pemilih, Kelima; dengan tools Marketing Politik memudahkan untuk melakukan kampanye lebih efektif dan efisien, sebab dengan mengguatnya kekuasaan media maka pentingnya pengguasaan terhadap teknologi informasi. Keenam; tools Marketing Politik lebih mengarah pada politik praktis secara empirik namun dapat dikonbain dengan pendekatan konsep dan teori Marketing Politik. Semoga nilai-nilai demokrasi di Indonesia dapat ditingkatkan sehingga mencapai kebaikan bersama.

Pemasaran Politik dalam Marketing Politik Studi yang mengkaji bidang pemasaran politik yang sedang berkembang pesat saat ini dalam dunia politik walaupun harus menjelaskan mengikuti logika marketing dunia bisnis dengan tidak ...

Tokoh-Tokoh Pembaharu Hukum Islam di Indonesia

Berbicara tentang pembaharuan hukum Islam tidak lepas dari upaya melalui proses tertentu yang dilakukan oleh mereka yang mempunyai kompetensi dan otoritas dalam pengembangan hukum Islam (mujtahid), dengan cara-cara tertentu, berdasarkan kaidah-kaidah istinbat/ijtihad untuk menjadikan hukum Islam dapat tampil lebih segar dan nampak modern tidak ketinggalan zaman. Dari sini, dapat dipahami bahwa pembaharuan hukum Islam adalah upaya atau gerakan ijtihad untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian ajaran Islam di bidang hukum dengan kemajuan modern, sehingga hukum Islam dapat menjawab segala tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan-perubahan sosial sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Secara umum terdapat lima metode yang digunakan dalam upaya pembaharuan hukum Islam, metode-metode tersebut adalah (1) takhayyur, (2) talfiq, (3) takhshîsh al-qadlâ, (4) siyâsah syar‘îyah, dan (5) reinterpretasi nash. Meskipun dalam penggunaan istilah metode-metode tersebut, dalam hal-hal tertentu antara satu ilmuan dengan ilmuan yang lain kadang berbeda. Misalnya untuk menyebut istilah takhshâsh alqadlâ dan/atau siyâsah syar‘îyah dengan metode prosedur administrasi. Demikian juga untuk istilah reinterpretasi (penafsiran ulang) digunakan istilah ijtihad. Di samping itu, juga terdapat perbedaan dalam hal pengelompokan, misalnya istilah takhayyur dan talfiq. Sebagian ilmuan memisahkan antara takhayyur dan talfiq, namun ada juga yang menyatukannya. Adapun dasar pertimbangan yang digunakan dalam menggunakan metode-metode tersebut di atas setidaknya ada dua, yaitu: (1) mashlahah mursalah, dan (2) konsep yang lebih sejalan dengan tuntutan dan perubahan zaman. Wal hasil, kemaslahatan menjadi ujung tombak dalam pergerakan dan reformasi hukum Islam. Demikian ini karena mashlahat merupakan inti dari maqashid al shari’ah (tujuan hukum Islam). Sejalan dengan pernyataan Al-Syatibi bahwa pada dasarnya hukum dan seperangkat aturan-aturan yang disyari’atkan oleh Allah kepada umat manusia memiliki maksud dan tujuan demi ketercapaiannya kemaslahatan umat manusia. Buku ini terdiri atas 17 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya Gagasan Dan Dinamikan Pembaharuan Hukum Islam Di Indonesia, Maslahah: Kerangka Metodologis Paradigma Pembaharuan Hukum Islam, Prof. Dr. Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Prof. Dr. Hazairin Harahap, Prof. Dr. Ibrahim Hosen, Prof. Dr. Munawir Syadzali, Dr. (HC) K.H. Sahal Mahfuz, Dr. Nurcholis Madjid (Cak Nur), K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Prof. Dr. M. Quraish Shihab, M.A., Prof. Dr. Huzaimah T. Yanggo, M.A., Prof. Dr. M. Atho Mudzhar, MSPD, Prof. Dr. Satria Effendi M. Zein, M.A., Prof. Dr. Juhaya S. Praja, M.A., Prof. Dr. M. Amin Abdullah, K.H. Masdar F. Mas’udi, dan Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, M.A.

Kiai Sahal menyatakan, bahwa sistem monopoli modal secara sewenang-wenang sebagai watak kapitalisme yang menempatkan pemilikan individual pada posisi yang absolut yang mencengkeram kaum dhu‟afa, bisa dikurangi dengan perilaku ekonomi ...

Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah)

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah). Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah) turut mengisi khazanah keilmuan yang digunakan akademisi maupun praktisi untuk mengimplementasikan strategi perusahaan dalam mencapai keberhasilan sesuai dengan nilai Islam. Manajemen Bisnis Kontemporer pada konsep syariah merupakan pergeseran ilmu manajemen yang disesuaikan dengan perkembangan zaman,dan dukungan teknologi dalam sebuah manajemen perusahaan yang berbasis syariah. hal ini menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan suatu sistem bisnis yang lebih terpercaya berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai syariah dari segala aspek kehidupan. Sistematika buku Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah) mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 20 bab yang dibahas secara rinci. Oleh karena itu, kami menyadari bahwa tulisan yang terdiri dari 20 bab.

Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah) turut mengisi khazanah keilmuan yang digunakan akademisi maupun praktisi untuk mengimplementasikan strategi perusahaan dalam mencapai keberhasilan sesuai dengan nilai Islam.

Manajemen Keuangan (Konsep dan Implementasi)

Buku ini, menyajikan pengetahuan mengenai manajemen keuangan, baik teori maupun penerapannya. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan mengenai manajemen keuangan kepada para pembaca. Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam book chapter yang terdiri atas delapan belas bab, dan diberi judul Manajemen Keuangan (Konsep dan Impementasi).

Dengan Amanah sebagai Direktur Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia kampus (IAIN) Fattahul Muluk Papua sebagai bagian pengabdian kepada masyarakat khususnya civitas akademik (IAIN) Fattahul Muluk Papua dalam rangka pengembangan ...

Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Kebijakan)

Buku ini terdiri dari sembilan belas bab yang diberi judul Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Kebijakan). Setiap bab membahas secara lengkap mulai dari Konsep Dasar Manajemen Keuangan; Strategi dan Pendekatan Manajemen Keuangan; Nilai Waktu dari Uang; Institusi Keuangan Beserta Fungsinya; Kebijakan Dividen; Analisis Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas; Akuntansi untuk Pengambilan Keputusan;Investasi dan Pendanaan pada Arus Kas; Suku Bunga; Saham dan Obligasi; Manajemen dan Modal Kerja; Manajemen Kas; Efektivitas Manajemen Piutang; Manajemen Persediaan Barang; Aktiva (Aset) Lancar ; Merger dan Akusisi; Risiko dan Tingkat Pengembalian; Keputusan Keuangan dan Efisiensi Pasar Modal; serta Break Even Point Analysis (Cost Profit Volume Analysis).

Aspek Hukum Dalam Penyelenggaraan Investasi Di Pasar Modal Syariah Indonesia. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana. Mustari, Mohamad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Edisi 1.