Sebanyak 51 item atau buku ditemukan

Ushul Fiqh Kontemporer

Ushul Fiqh Kontemporer sejatinya adalah konsep ilmu ushul fiqh yang merujuk kepada pendapat/teori para ulama terdahulu (salaf), namun dipertajam dengan analisis contoh kasus kekinian/kontemporer beserta rujukan dari ulama kontemporer (khalaf) Sehingga terjadilah dialektika keilmuan yang relevan dengan kondisi sekarang. Dimulai dengan sebuah konsep Rukun Agama sebagai grand teori Islamic Studies komprehensif, yaitu dirumuskan dalam teori Islam, Iman dan Ihsan. Selanjutnya buku ini mengakaji teori-teori penting dalam ilmu ushul Fiqh, seperti Sumber Hukum Islam, Hukum Taklifi, Hukum Wadh'i, macam ragam Pola Ijtihad, ittiba' vs Taqlid, serta kajian Maqashid Syariah. Buku ini tepat digunakan oleh para akademisi, santri, mahasiswa, dan siapapun yang berkeinginan mempelajari ilmu ushul fiqh.

Ushul Fiqh Kontemporer sejatinya adalah konsep ilmu ushul fiqh yang merujuk kepada pendapat/teori para ulama terdahulu (salaf), namun dipertajam dengan analisis contoh kasus kekinian/kontemporer beserta rujukan dari ulama kontemporer ...

Berzakat Itu Mudah (Fikih Zakat Praktis)

Bagi setiap umat Islam membayar zakat adalah suatu kewajiban yang harus ditunaikan. Karena zakat merupakan rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap orang yang mengaku dirinya seorang muslim. Istilah zakat (pemberian) telah ada sebelum Rasulullah diutus. Hanya saja, pemberian dilakukan waktu itu penuh dengan kemusyrikan, karena dipersembahkan kepada berhala. Maka dari itu sistem kehidupan manusia telah diatur secara rinci dalam Al-Quran maupun hadis, yang dikenal dengan sebutan Al-Ahkâm al-Khamsah (hukum yang lima). Yang terdiri dari aturan mengenai wajib, sunnah, mubah, makruh, dan haramnya suatu aturan hukum dari setiap perbuatan manusia. Oleh karena itu, buku khutbah tentang zakat, infaq, dan shodaqoh tentu akan sangat bermanfaat.

Bagi setiap umat Islam membayar zakat adalah suatu kewajiban yang harus ditunaikan.

MODEL STRATEGI MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH Dalam Pemberdayaan UMKM di Era New Normal

Buku ini disusun sebagai salah satu komitmen penulis terhadap keilmuan ekonomi syariah khususnya terkait perbankan syariah Penghargaan dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian buku ini

Dalam nada yang sama, bank umum tradisional diizinkan untuk memberikan layanan syariah melalui sistem islamic window setelah ... Dalam menjalankan perbankan dengan sistem ganda (dual system banking) dengan dasar hukum Undang-Undang No.

MANAJEMEN STRATEGI PERBANKAN SYARIAH DALAM PEMBERANTASAN UANG HARAM (MONEY LAUNDERING)

Buku ini membahas tentang manajemen dan strategi yang dilakukan perbankan syariah dalam memberantas money laundering.

Buku ini membahas tentang manajemen dan strategi yang dilakukan perbankan syariah dalam memberantas money laundering.

SUPERVISI AKADEMIK: Studi Peningkatan Kinerja Guru MI dalam Pengembangan Bahan Ajar

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting. Secara konseptual, supervisi akademik ini adalah rangkaian kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru secara otomatis akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik, baik itu di sekolah atau madrasah. Peranan guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan bidang pendidikan, dan oleh karena itu perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi dalam pendidikan. Bahan ajar yang digunakan tidak selamanya harus konvensional namun sebagai guru haruslah melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan paradigma, cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kepengawasan yang sudah tertulis dalam buku ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru madrasah dalam pengembangan materi bahan ajar melalui penerapan supervisi akademik pengawas upaya peningkatan capaian mutu sekolah di MI binaan wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Dalam buku hasil penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Kinerja Guru Madrasah dengan mencapai standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil Penelitian Tindakan Kepengawasan ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan supervisi akademik pengawas dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan melalui penerapan Supervisi Akademik.

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting.

Buku Pedoman

Pendidikan Agama Islam (PAI) Politeknik

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke-Islaman, yang bagi penulis maslaha tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus. Adapun maslahah yang tampak cukup akut, diantaranya sebagai berikut: Pertama, banyak kalangan mahasiswa/i khususnya kaum muslimin yang secara perilaku dan sikap masih jauh dari nilai islam. Kedua, islam hanya dijadikan pemahaman keagamaan secara teoritis tidak aplikatif, sehingga banyak kalangan mahasiswa/i terutama bagi mareka yang memahami islam hanya sepenggal, sehingga banyak diantara mereka dengan mudah terbawa arus oleh paham-paham radikalisme keagamaan, yang saat ini hampir bermunculan diberbagai perguruan tinggi. Ketiga, masih banyak diantara mahasiswa/i yang belum/ tidak mahir didalam memahami islam secara teks (baca AlQur`an). Hal ini menjadi wajar, karena sebagian besar atau/ dan bahkan hampir keseluruhan mereka lulusan sekolah umum, yang dari segi materi keagamaan relatif sedikit ketimbang di pesantren/madrasah. Keempat, menjamurnya budaya modernisasi dan globalisasi yang cenderung menggeser budaya islam, yang salah satunya melalui westernisasi yang saat ini begitu sangat mempengaruhi kondisi emosional dan spriritual generasi muda islam. Deskripsi tersebut diatas, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penulis yang secara profesi saat ini sebagai Dosen Pembina Agama Islam di lingkungan Politeknik Jember. Oleh sebab itu, penulis sangat berbesar hati dan berharap, bahwa hadirnya buku pegangan PAI ini dapat menjadi angin segar yang memberikan aura positif terhadap pola pikir, cara sikap, dan cara bertindak mahasiswa/i Politeknik Jember. Sebagai akhir dari pengantar ini, penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan, karena itu penulis sangat berlapang dada menerima berbagai masukan guna kesempurnaan buku ini, berkenaan dengan hal tersebut penulis terlebih dahulu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan yang ikut serta membantu baik pikiran dan tenaga sehingga buku ini dapat diselesaikan, sehingga dapat diterbitjkan. Terakhir, semoga Allah SWT tidak henti-hentinya selalu mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke ...

Model Sistem Bagi Hasil

Pada Sektor Pertanian di Jawa Timur dalam Perspektif Ekonomi Islam

Buku ini ditulis untuk memaparkan bagaimana pengaruh faktor sosial ekonomi, produksi, dan transparansi terhadap model sistem bagi hasil pada sektor pertanian serta moderasi religiositas terhadap pengaruh faktor sosial ekonomi, produksi, dan transparansi terhadap sistem bagi hasil pada sektor pertanian. Menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) penulis mengungkapkan bahwa faktor sosial ekonomi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap model sistem bagi hasil pada sektor pertanian. Sedangkan faktor produksi, transparansi dan religiositas berpengaruh signifikan terhadap sistem bagi hasil pada sektor pertanian. Buku ini memaparkan pula bagaiman religiositas memoderasi faktor sosial ekonomi, faktor produksi, dan transparansi pada sektor pertanian yang kemudian mempengaruhi bagi hasil pada sektor pertanian. “Buku yang ditulis oleh Dr.Suyoto Arief, MSI ini memberikan pemahaman kepada kita semua terkait dengan teori dan praktek bagi hasil dalam bidang pertanian secara lengkap. Jika kita ingin mengetahui sistem bagi hasil pertanian dijalankan maka membaca buku ini menjadi penting. Terus berkarya ustadz, semoga memberikan kemanfaatan bagi umat.” Prof. Dr. Muhammad, M.Ag. Pakar Keuangan dan Perbankan Syariah

Buku ini ditulis untuk memaparkan bagaimana pengaruh faktor sosial ekonomi, produksi, dan transparansi terhadap model sistem bagi hasil pada sektor pertanian serta moderasi religiositas terhadap pengaruh faktor sosial ekonomi, produksi, dan ...

TEORI – TEORI BELAJAR

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Hakikat Belajar, 2) Jenis-Jenis Dan Prinsip Belajar, 3) Asas-Asas Pembelajaran, 4) Masalah-Masalah Belajar, 5) Ruang Lingkup Teori Belajar, 6) Urgensi Teori Belajar, 7) Teori Behavioristik, 8) Teori Kognitif, 9) Teori Konstruktivistik, 10) Teori Sosiokultural, 11) Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), 12) Teori Humanistik, 13) Teori Belajar Pemrosesan Informasi, 14) Teori Belajar Neuroscience, 15) Motivasi Belajar, 16) Gaya Belajar

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Buku yang menjadi panduan pembelajaran bagi para dosen dan mahasiswa yang mengampu dan mengambil mata kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam di prodi Ekonomi Syariah/ pada Perguruan Tinggi Islam, baik negeri atau swasta (UIN, IAIN, STAIN) maupun Perguruan Tinggi Umum yang membuka studi keislaman.

Sejarah Pemikiran dan Kebijakan Ekonomi dan Bisnis Islam (EBI) Masa Khulafaur Rasyidin BIOGRAFI DAN PEMIKIRAN EBI ABU ... Abu Bakar dilahirkan pada 573 M. Ayahnya bernama Utsman (Abu Quhafah) bin Amir bin Amr bin Ka'ab bin Saad bin Laym ...

METODOLOGI PENELITIAN; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS BAGI MAHASISWA

Buku ini merupakan hasil kerja kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, buku ini dibagi dalam 11 bab dan kemudian setiap individu dosen menulis satu bab buku, sehingga setiap penulis akan fokus terhadap bab yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga diharapkan akan lahir hasil karya buku ini yang lebih berkualitas.

Buku ini merupakan hasil kerja kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, buku ini dibagi dalam 11 bab dan kemudian setiap individu dosen menulis satu bab buku, sehingga setiap penulis akan fokus terhadap ...