Sebanyak 37 item atau buku ditemukan

Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa di Lembaga Pendidikan)

Buku yang berjudul Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa Di Lembaga Pendidikan) ini telah disusun dengan maksimal dan mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan buku ini. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk menyelesaikan tugas ini. Praktik Pengayaan Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas yang wajib diselesaikan mahasiswa/i untuk memenuhi dan melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masiung-masing. Dari PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai data untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung viii ix viii jawabnya sebagai tenaga akademik dalam dunia pendidikan. Program PPL yang diawali dengan kegiatan observasi, diskusi antara mahasiswa dengan pihak sekolah, konsultasi program kerja, pelaksanaan program kerja dan pembuatan laporan. PPL di sekolah bertujuan agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami kinerja lembaga kependidikan formal, serta dapat mengembangkan potensi yang dimiliki untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. PPL merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dunia pendidikan sehingga dapat mengidentifikasikan permasalahan dan mengatasinya yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sebagai perguruan tinggi yang mencetak tenaga kependidikan atau calon guru, juga harus meningkatkan kualitas lulusannya agar dapat bersaing dalam dunia kependidikan baik dalam skala nasional maupun internasional. Sejalan dengan Tri Dharma keguruan tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian masyarakat (dalam hal ini masyarakat sekolah) maka tanggung jawab seorang mahasiswa setelah menyelesaikan tugas-tugas belajar di kampus adalah mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kampus kepada masyarakat, khususnya masyarakat sekolah. ix Dari hasil pengaplikasian itulah pihak sekolah dan mahasiswa (khususnya) dapat mengukur kesiapan dan kemampuannya sebelum nantinya mahasiswa benarbenar menjadi bagian dari masyarakat luas, tentunya dengan bekal keilmuan dari universitas.

Hasil pengamatan menunjukan bagaimana staf dan pegawai sangat merawat dan memanfaatkan sarana dan prasarana dengan sangat baik sehingga penelitian ini memfokuskan bagaimana sarana dan prasarana meningkatkan administrasi pendidikan. dan ...

Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen pemasaran. Kehadiran buku ini, masih terdapat banyak kekurangan. Kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen ...

Ekonomi Mikro

Menakar Paradigma melalui Perspektif Islam

Pembicaraan tentang ekonomi Islam tidak hanya terbatas pada soal bank syariah saja, namun harus mencakup pula ekonomi makro, ekonomi mikro, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, pembiayaan publik hingga konsep pembangunan. Ini karena ekonomi Islam, yang bukan sebagai titik tengah antara kapitalisme dan sosialisme, mempunyai karakter yang tersendiri, meski masih terdapat kesamaan tertentu dalam mekanismenya dengan ekonomi konvensional. Ilmu ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ilmu ekonomi mikro juga memberikan metode kepada seseorang atau rumah tangga perusahaan untuk mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki agar dimanfaatkan secara efisien sehingga mampu memperoleh keuntungan maksimum dan memberikan solusi optimum kepada perusahaan dalam mengambil kebijakan, baik yang berkaitan dengan harga maupun jumlah barang di pasar (industri) yang dimasuki. Ilmu ini juga mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam buku ini, penulis mencoba menggali konsep, variabel, dan teori-teori ekonomi yang telah diidentifikasi oleh para pemikir ekonomi muslim yang relevan dengan perilaku ekonomi modern. Buku ini juga memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan dan konsep ekonomi Islam, seperti bagaimana konsep konsumsi yang benar menurut Islam, bagaimana konsumen membuat keputusan dan pemilihan terhadap suatu produk ketika ada perubahan pada harga atau pendapatan. Ekonomi mikro islami juga menjelaskan bagaimana sebuah keputusan diambil oleh setiap unit ekonomi dengan memasukkan batasan-batasan syariah sebagai variabel yang utama. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja, kuantitas, dan harga yang terbaik. Ekonomi mikro juga membahas bagaimana konsep produksi, distribusi yang benar menurut perspektif Islam, pelaku ekonomi Islam harus menghindari manipulasi, monopoli, dan mampu memahami konsep distorsi pasar. Pada garis besarnya, ekonomi islami mengidentifikasi tiga bentuk distorsi pasar, yakni rekayasa penawaran dan rekayasa permintaan, tadlis (penipuan), dan taghrir (kerancuan). Buku yang hadir di tengah-tengah para pembaca ini merupakan edisi pertama dengan 12 bab yang penulis rancang sebagai bahan ajar untuk memudahkan mahasiswa mengikuti materi yang disampaikan pada saat perkuliahan.

Ilmu ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar.

TEORI – TEORI BELAJAR

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Hakikat Belajar, 2) Jenis-Jenis Dan Prinsip Belajar, 3) Asas-Asas Pembelajaran, 4) Masalah-Masalah Belajar, 5) Ruang Lingkup Teori Belajar, 6) Urgensi Teori Belajar, 7) Teori Behavioristik, 8) Teori Kognitif, 9) Teori Konstruktivistik, 10) Teori Sosiokultural, 11) Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), 12) Teori Humanistik, 13) Teori Belajar Pemrosesan Informasi, 14) Teori Belajar Neuroscience, 15) Motivasi Belajar, 16) Gaya Belajar

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Statistika Matematika dengan Pendekatan Terapan

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut. Pada bagian awal disajikan materi mengenai konsep dan sifat-sifat sebaran peluang bersama bagi dua variabel acak, diskrit maupun kontinyu. Konsep penurunan fungsi peluang marginal dari fungsi peluang marjinal dibahas setelahnya untuk selanjutnya digunakan di dalam perhitungan peluang bersama, peluang marjinal, peluang bersyarat, nilai harapan dan sifat-sifat kebebasan antarvariabel acak tersebut. Konsep fungsi peluang bersama dari dua variabel kemudian dikembangkan menjadi fungsi peluang bersama untuk n variabel, yang digunakan untuk membahas teori mengenai setoran penarikan sampel. Dibahas pula materi mengenai sebaran normal bivariat dan sifat-sifatnya sebagai salah satu sebaran peluang yang paling sering digunakan dalam terapannya. Semua pembahasan di dalam buku ini tidak hanya meliputi aspek teori akan tetapi juga diberikan interpretasi secara terapan untuk mempermudah pemahaman pembaca.

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut.

Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori)

Buku ini berjudul Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori) menyajikan pengetahuan mengenai konsep dan teori tentang manajemen secara lengkap, dan disajikan dalam lima belas bab. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini merupakan ide dari para penulis yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Karya ini masih memiliki banyak kekurangan baik dari isi materi maupun teknik penyusunannya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Aliran Manajemen Modern Masa manajemen modern berkembang melalui dua jalur yang berbeda. ... Pendekatan sistem anggota manajer bagaimana cara memandang organisasi sebagai suatu keseluruhan dan sebagai bagian 27 EVOLUASI TEORI MANAJEMEN.

Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi

Ilmu Manajemen Pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu yang terus berkembang dari masa ke masa. Hal ini diakibatkan karena lingkungan bisnis dan preferensi konsumen yang sering kali berubah sepanjang waktu serta persaingan organisasi yang semakin serius. Dalam perkembangannya, lingkup pemasaran mencakup beraneka aspek dan konteks. Setiap organisasi baik yang berorientasi laba maupun nirlaba mengadopsi prinsip dan teori pemasaran dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, teori dan praktik pemasaran menjadi krusial dalam menunjang kesuksesan setiap organisasi tersebut. Dalam buku ini membahas mengenai konsep dasar manajemen pemasaran, marketing mix sampai pemanfaatan pemasaran digital bagi UMKM. Buku ini terdiri dari 15 (lima belas) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Bab 2 Konsep Marketing Mix 4P dan 7P Bab 3 Riset Pemasaran Bab 4 Analisis Pasar Konsumen Bab 5 Analisis Lingkungan Pemasaran Bab 6 Sistem Informasi Pemasaran Bab 7 Pasar Bisnis Dan Perilaku Pembelian Bisnis Bab 8 Menciptakan Keunggulan Bersaing Dan Pasar Global Bab 9 Segmen Dan Target Pasar Bab 10 Ekuitas Merek Bab 11 Strategi Bersaing Dalam Pemasaran Bab 12 Strategi Penetapan Harga Produk Bab 13 Strategi Promosi Dan Distribusi Produk Bab 14 Etika Pemasaran Dan Tanggung Jawab Sosial Bab 15 Pemanfaatan Pemasaran Digital Bagi UMKM

Ilmu Manajemen Pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu yang terus berkembang dari masa ke masa.

28 Cara Senang Belajar Matematika

Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar

Kumpulan makalah yang berisi pengembangan konsep, media, metode, dan inovasi pembelajaran matematika untuk guru SD, SMP, dan SMA. Siswa pun mampu memahami matematika dengan mudah.

Saran Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi yang sangat pesat ... pembelajaran atau alat bantu untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di ...

Metodologi Penelitian Kesehatan

Dewasa ini masalah kesehatan yang terjadi sangat komplek dan beragam, untuk menemukan solusi dari masalah kesehatan yang ada diperlukan penelitian kesehatan. Penelitian kesehatan dilaksanakan dalam rangka menangani serta pemecahan permasalahan yang kerap ditemukan dalam dunia kesehatan. Penelitian kesehatan memiliki dua tujuan penting yaitu yang pertama menanggulangi atau menangani masalah kesehatan atau sakit dan penyakit. Kedua untuk menjaga, mempertahankan atau meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengantar Penelitian Kesehatan Bab 2 Masalah Penelitian Kesehatan Bab 3 Tinjauan Pustaka, Kerangka Berpikir, Kerangka Konsep, dan Hipotesis Penelitian Bab 4 Penelitian Deskriptif dan Cross-sectional Bab 5 Penelitian Case Control dan Kohort Bab 6 Penelitian Eksperimen Bab 7 Pendekatan Penelitian Kualitatif Bab 8 Populasi dan Sampel Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bab 9 Kode Etik Dalam Penelitian Kesehatan Bab 10 Variabel dan Hubungan antar Variabel Bab 11 Instrumen Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bab 12 Teknik Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif Bab 13 Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif Bab 14 Validitas dan Reliabilitas Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bab 15 Penyusunan Proposal Kuantitatif dan Kualitatif Buku metodologi penelitian kesehatan ini disusun bertujuan untuk membantu tenaga kesehatan dalam merencanakan dan melakukan suatu penelitian.

Wawancara kuantitatif di samping analisis dan observasi kualitas adalah salah satu dari tiga metode empiris dasar pengumpulan data standar dan sering digunakan di penelitian komunikasi. Dalam penelitian komunikasi, wawancara penting ...

Ekonometrika Spasial Terapan dengan R

Ruang lingkup ekonometrika adalah pemodelan yang berdasar pada data cross section, deret waktu atau panel. Posisi relatif satu unit cross section terhadap unit cross section yang lainnya belum dilibatkan. Jika informasi lokasi atau posisi relatif antarunit pengamatan memegang peranan penting untuk menjelaskan fenomena yang diamati, maka asumsi kebebebasan (antargalat) yang diperlukan di dalam regresi klasik tidak lagi terpenuhi. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan perkembangan statistika spasial, berkembang pulalah ekonometrika spasial di mana informasi lokasi mulai dilibatkan di dalam pemodelan. Ketergantungan spasial dan heterogenitas spasial adalah sifat utama yang mendasari perlunya dilibatkan unsur lokasi di dalam model. Diperlukan pendefinisian matriks pembobot spasial yang menggambarkan konfigurasi posisi relatif satu unit cross section dengan unit cross section yang lain. Matriks ini dapat dibentuk berdasarkan konsep jarak maupun konsep kontiguitas. Model ekonometrika spasial mengasumsikan bahwa variabel respons tidak hanya dipengaruhi oleh prediktor di lokasi yang sama, akan tetapi dapat saja dipengaruhi oleh respons di lokasi tetangga, variabel prediktor di lokasi tetangga, ataupun oleh faktor-faktor tak terjelaskan yang juga berasal dari lokasi tetangga. Pemodelan yang paling kompleks mengakomodasi ketiga sumber interaksi spasial tersebut, dan di dalamnya bersarang model-model yang lebih sederhana. Semua model menggunakan MLE sebagai metode pendugaan, hanya saja ketika MLE menghadapi masalah komputasi, dapat pula digunakan metode lain (TSLS, FGLS, atau GS2SLS) di dalam pendugaan parameter. Buku ini menggunakan data BPS tahun 2014 mengenai konsumsi bukan makan dan PDRB per kapita pada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai ilustrasi. Pembentukan peta sederhana dari wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur, pembentukan matriks pembobot spasial, beserta pendugaan parameter model, diilustrasikan dengan menggunakan R.

Format perintah yang diperlukan adalah: moran.test(konsumsi,w_dneg) dengan hasil uji: Moran I test under randomisation data: konsumsi weights: w_dneg Moran 62 | Ekonometrika Spasial Terapan ...