Sebanyak 770 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu

nilai ajaran Islam kepada seseorang sehingga bisa dipahami dan dapat diprakatekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Majanemen pendidikan Islam menurut prof. Dr Muzamuil Qomar dalam bukunya manajamen Pendidikan Islam, dikatakan bahwa ...

ANALISIS ANTOLOGI PUISI DARI ASPEK SOSIOLOGI

Analis Antologi Puisi Menyimak Ayat Ombak Karya Syafwan Hadi Umry dari Aspek Sosiologi

Puisi merupakan seni kata, tak sebatas hanya pada seni konsep. Penyair, semacam tengah bejoget dengan kata-kata. Dalam puisi, tidak ada makna yang final. Karya sastra ini, tetaplah wujud yang terus-menerus ada, dalam lingkaran interpretasi. Kepadatan bahasa yang terkandung didalamnya, acapkali menghanyutkan jiwa. Membenamkan pembacanya dalam rima, mengajak pendengarnya mendulang refleksi nyata. Dengan makna yang mendalam, puisi mampu melembutkan sikap, meluhurkan perilaku, hingga dapat merubah dunia. Berbekal pendekatan sosiologi sastra, penulis hendak menyelami kebermaknaan dari buku antologi puisi Menyimak Ayat Ombak karya Shafwan Hadi Umry, dalam kaitanya pada aspek-aspek sosial dan gambaran kritik sosial, secara akademis. Antologi puisi Menyimak Ayat Ombak, merupakan buku kumpulan puisinya yang pertama; merangkum sejumlah sajak yang ditulis dalam rentang waktu relatif lama, yakni pada rentang tahun 1976-1994. Melalui antologi puisi tersebut, Shafwan Hadi Umry mencoba membawa daulat budaya ke tengah pergolakan batin manusia, meskipun sejenak. Pikirkanlah hidup ini meskipun sejenak, ujarnya. Antologi puisi tersebut, merupakan salah satu karya sastra yang ditulis oleh generasi terbaik dieranya, yang ditulis dengan kekayaan makna dan disajikan dalam berbagai gaya bahasa.

Puisi merupakan seni kata, tak sebatas hanya pada seni konsep.

Evaluasi Pendidikan

Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti. Buku ini ditulis sebagai salah satu referensi untuk sumber belajar bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu dan Tarbiyah dan Keguruan yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pendidikan. Buku Evaluasi Pendidikan ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I membahas tentang Evaluasi Pendidikan, Pengukuran dan Penilaian; Bab II membahas tentang Hubungan Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan; Bab III membahas Prinsip, Karakteristik dan Jenis-Jenis Evaluasi Pendidikan; Bab IV membahas tentang Teknik Evaluasi Pendidikan; Bab V membahas Standar Penilaian Pendidikan dan Tahapan Evaluasi Pendidikan; Bab VI membahas tentang Tingkat Kesukaran dan Daya Beda; Bab VII membahas tentang Belajar dan Hasil Belajar; dan Bab VIII membahas tentang Penilaian Hasil Belajar. Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Pendidikan Penulis : Mardiah Astuti E-ISBN : 978-623-02-5187-0 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 160 hlm Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : penerbitbukudeepublish.com.

Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian Keterampilan Berbahasa, (7) Penilaian Apresiasi Sastra, dan (8) Uji Kemahiran Berbahasa. Pembaca diharapkan berkompeten; a. Mampu membedakan konsep evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes. b. Mampu mendeskripsikan sejarah kebijakan ujian nasional di Indonesia, penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan mekanisme penilaian pembelajaran. c. Mampu merumuskan prinsip-prinsip penilaian. d. Menerapkan penilaian berbasis HOTS. e. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan kebahasaan dan kesastraan. f. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berbahasa. g. Mengembangkan instrumen penilaian apresiasi sastra. h. Menguasai uji kemahiran berbahasa Indonesia.

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian ...

EVALUASI PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan ...

Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar

Masalah rendahnya mutu lulusan (output) merupakan permasalahan sentral yang dihadapi oleh setiap lembaga pendidikan. Permasalahan tersebut tidak lepas dari pengaruh sistem yang ada pada lembaga pendidikan. Sistem tersebut meliputi: (1) masukan mentah (raw input) yang akan diproses menjadi lulusan (output), (2) pendidik, tenaga kependidikan, administrasi sekolah, kurikulum, anggaran, sarana dan prasarana (Instrumental input) yang memungkinkan dilaksanakan pemrosesan men­jadi lulusan, dan (3) budaya dan kondisi masyarakat, kependudukan, politik dan keamanan (enviromental input). Mutu lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pen­didikan sangat ditentukan oleh interaksi antara masukan mentah, masukan instrumental dan masukan lingkungan. Ketiga komponen ini saling memengaruhi dalam meningkatkan dan menurunkan kualitas pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti me­ningkatkan fasilitas belajar, kualitas guru dan menerapkan desain pembelajaran. Pada konteks kelas, strategi pembelajaran memiliki peran penting dalam me­nentukan keberhasilan belajar. Indikator suksesnya belajar di kelas dapat di­identifikasi jika peserta didik belajar dengan aktif, bebas, menyenangkan dan meng­gairahkan. Pembelajaran merupakan aktivitas yang sistematik dan sistemik, terdiri atas banyak komponen, masing-masing dari komponen tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus berjalan secara teratur, saling bergantung, komplementer, dan berkesinambungan. Desain pembelajaran yang baik harus di­kembangkan berdasarkan pada prinsip-prinsip pengajaran. Aktivitas pembelajaran yang dikelola secara terprogram, teratur, dan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan serta kaidah-kaidah kengejaran yang baik merupakan tuntutan yang semestinya ter­hadap pelaksanaan pembelajaran.

Begitupun bagi guru yang sudah susah payah merancang rencana, tentunya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik agar rencananya tersebut berhasil. Memahami definisi perencanaan Pembelajaran dapat dikaji dari kata-kata yang ...

DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI SEKOLAH DASAR

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)-Numerasi Sekolah Dasar (SD) menjadi Langkah awal pembaharuan program Pendidikan di Indonesia. AKM – numerasi merupakan penilaian kemampuan minimum tentang numerasi yang dilakukan untuk siswa SD. Kemampuan minimum numerasi yang dimaksud yakni kemampuan menghitung paling dasar yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang Sekolah Dasar. Kemampuan numerasi ini sesuai dengan kecakapan abad ke-21 yang menuntut siswa untuk dapat mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan. Dengan menguasai kecakapan abad ke-21, siswa akan memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan dan memanfaatkan teknologi/media informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skill).

A. Perencanaan Pembelajaran Numerasi Dalam perencanaan pembelajaran versi lama guru disibukkan dengan aktivitas membuat rencana pembelajaran yang rumit dan bersifat administratif. Perangkat pembelajaran yang banyak akan menyita waktu ...

Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21

Guru dan kurikulum merupakan elemen kunci dalam pelaksanaan pendidikan. Begitu pentingnya peran guru dan kurikulum dalam mentransformasikan input pendidikan, tidak ada perubahan dan peningkatan kualitas tanpa adanya perubahan peningkatan kualitas guru dan proses pengembangan kurikulum. Indonesia sendiri beberapa kali mengalami perubahan, sebut saja Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum prototipe 2022. Istilah kurikulum sendiri menjadi topik menarik dan hangat untuk diperbincangkan, karena keberadaannya terus mengalami adaptasi seiring tuntutan zaman. Abad teknologi informasi dengan berbagai kecanggihan teknologi digital menuntut banyak perubahan pola pembelajaran yang dilakukan pelaku pendidikan. Desain kurikulum, dari aspek perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran harus disiapkan dengan mempertimbangkan aspek perkembangan yang terjadi. Buku Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 yang ada di hadapan para pembica, berupaya menawarkan solusi tentang konsep kurikulum dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, secara teori, historis, kebijakan terkini, maupun isu kurikulum dan pembelajaran yang diimplematasikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Adapun kurikulum untuk beberapa minggu, beberapa hari yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program semester ataupun rencana pembelajaran memiliki komponenkomponen yang sama yaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media ...

KEWIRAUSAHAAN DESAIN

Materi -materi yang disajikan dalam buku ini diambilkan dari beberapa buku dan jurnal rujukan yang menurut penulis sangat baik, mudah dipahami dan paling penting dapat memberikan informasi yang lebih luas tentang kiat praktik berwirausaha bagi mahasiswa dan bagi siapapun yang membaca buku-buku rujukan dan beberapa jurnal tentang Kewirausahaan oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para beliau. Penulis juga mencoba memadukan dan mengembangkan antara Kewirausahaan Komersil dengan Kewirausahaan Sosial, yang sesuai dengan Pembelajaran Abad 21

Perencanaan Umberto Sihombing (2000: 58), tahap perencanaan adalah menentukan rumusan pembelajaran berupa tujuan yang akan dicapai, media, sumber belajar, materi, metode pembelajaran, evaluasi yang akan diterapkan, dan alokasi waktu ...

Bunga Rampai Desain Besar Olahraga Nasional menuju Indonesia Emas

Terdapat 4 topik besar dalam buku Bunga Rampai ini yaitu, (1) Olahraga Pendidikan, (2) Olahraga Prestasi, (3) Olahraga Masyarakat dan Rekreasi serta (4) Pariwisata Olahraga dan Industri Olahrga. Semua topik besar ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah untuk mendukung terlaksananya DBON. Penulis dalam buku ini memiliki latar belakang keolahragaan seperti Dosen-dosen Olahraga dari berbagai universitas di Indonesia, Guru-guru Pendidikan Jasmani, Pelatih dan juga mantan atlet, peneliti dibidang keolahragaan dan pengurus organisasi keolahragaan baik organisasi pemerintah dan non pemerintah.

Dalam pembelajaran keterampilan olahraga hendaknya dapat tercermin misalnya, sebagai pemimpin di lingkungan kelas, ia harus bertindak ... Kemampuan menyusun rencana pembelajaran yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari kurikulum.