Sebanyak 29 item atau buku ditemukan

ESENSI PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN: Teori dan Praktik

Pengukuran dan evaluasi pendidikan merupakan komponen krusial dalam proses pembelajaran yang efektif. Buku ini mengupas tuntas esensi pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, menggabungkan teori mendalam dengan praktik nyata yang relevan di lapangan. Dengan pendekatan yang sistematis, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar hingga aplikasi praktis, mencakup berbagai metode penilaian yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ditulis oleh ahli di bidangnya, buku ini adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pendidik, peneliti, dan mahasiswa yang ingin memahami dan menerapkan pengukuran serta evaluasi pendidikan secara komprehensif dan tepat. Berbeda dari buku evaluasi pendidikan lainnya, buku ini tidak hanya menyajikan teori dan konsep, tetapi juga dilengkapi dengan studi kasus nyata, panduan langkah demi langkah, dan alat evaluasi yang dapat langsung digunakan. Selain itu, buku ini juga menyoroti perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi. Dengan demikian, buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

... teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi . Dengan demikian , buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan ...

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan bentuk evaluasi yang mendidik. Maka istilah evalusi pendidikan dimaknai sebagai proses untuk menentukan tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi bentuk evaluasi yang diberikan kepada siswa harus sesuai prinsip dan prosedur UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya buku ini sedikit banyak akan memaparkan konsep evaluasi pendidikan sesuai kontekstual pendidikan agama Islam masa kini. Ada berbagai tingkat pendidikan yang dikemas dalam buku ini. Harapannya buku ini mampu membuka pemikiran pembaca untuk menciptakan peluang dan solusi menghadapi tantangan evaluasi pendidikan saat ini.

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian.

Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan

Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan semisal apa pengertian dari pengukuran, penilaian dan evaluasi, apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut; apa beda antara skor dan nilai; apa yang dimaksud dengan penilaian acuan norma dan acuan patokan; jawaban mereka belum benar. Untuk alasanalasan inilah buku ini diterbitkan dalam bentuk tanya jawab.

Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan semisal apa pengertian dari pengukuran, penilaian dan evaluasi, apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut; apa beda antara skor dan nilai; apa yang dimaksud dengan penilaian acuan norma dan ...

Evaluasi Pendidikan

Kajian dalam buku ini diawali oleh kegelisahan bahwa masih terbatasnya buku ajar evaluasi pendidikan yang secara spesifik mengkaji evaluasi pendidikan dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku ajar ini dihadirkan untuk melengkapi dan menyempurnakan buku-buku referensi yang sudah ada selama ini, sehingga menambah khasanah keilmuan dalam bidang evaluasi pendidikan dan pembelajaran Buku ini terdiri atas enam bab.

Kajian dalam buku ini diawali oleh kegelisahan bahwa masih terbatasnya buku ajar evaluasi pendidikan yang secara spesifik mengkaji evaluasi pendidikan dan pembelajaran pendidikan agama Islam.

Evaluasi Pendidikan Nonformal

Buku ini Evaluasi Pembelajaran ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Penguasaan terhadap materi buku ini diharapkan memberi mereka kemampuan dasar untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya buku ini, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana itu yang dimaksud dengan evaluasi pembelajaran yang meliputi pengukuran, penilaian dan evaluasi dari proses pembelajaran tersebut.

Buku ini Evaluasi Pembelajaran ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan tenaga kependidikan.

BUKU AJAR EVALUASI PENDIDIKAN

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, serta segala kemudahan yang telah diberikan, penulis dapat menyelesaikan pembuatan buku dengan judul Evaluasi Pendidikan. Adapun tujuan pembuatan buku Evaluasi Pendidikan ini adalah sebagai sharing pengalaman dan materi dari penulis selama berkutat di dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai bahan ajar perkuliahan. Buku ajar ini terdiri dari 8 bab yang disusun secara terstruktur dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para mahasiswa. Setiap babnya dijelaskan secara terperinci sebagai penunjang materi yang diajarkan di kelas. Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan masukan yang positif agar di kemudian hari dapat memperbaiki kekurangan buku ini. Akhir kata, hanya ucapan terima kasih dan doa yang bisa penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Adapun tujuan pembuatan buku Evaluasi Pendidikan ini adalah sebagai sharing pengalaman dan materi dari penulis selama berkutat di dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai bahan ajar ...