Sebanyak 1429 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini berangkat dari pemikiran sederhana dan dari pengalaman keseharian penulis ketika mengajar metodologi penelitian kualitatif. Banyak keluhan dari mahasiswa ketika menyelesaikan tugas akhir mereka. Bahwa menyusun skripsi, tesis, dan disertasi ataupun penelitian lainnya terasa sangat sulit, terutama dalam menyelaraskan antara masalah, paradigma, pendekatan, dan teori dalam penelitian. Buku ini sengaja dimunculkan untuk mengatasi kegagapan tersebut, Makanya pembaca akan menemukan tuntunan ringkas dan sederhana dalam buku ini bagaimana caranya melakukan penelitian kualitatif. Petunjuk dan bimbingan praktis ini yang nyaris gagal disediakan oleh sebagian besar penulis metodologi penelitian kualitatif Kelebihan lain buku metodologi kualitatif ini adalah pembahasan tentang kajian budaya (cultural studies). Selama ini kajian budaya (cultural studies) di tempatkan di luar penelitian kualitatif. Ia merupakan pembahasan metodologi tersendiri. Padahal sepantasnyalah kajian budaya (cultural studies) berada dalam pendekatan kualitatif. Ini bisa dibaca dari sejarah dan asumsi dasarnya.

Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya Dr. Dudi Iskandar. Makmur, Riniwaty. 2017. Etnik Tionghoa Di Kota Padang Dima Bumi Dipijak, Di Situ Langik Dijunjuang (Studi Kasus mengenai Komunikasi di ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Pengertian Metodologi Penelitian Kuantitatif, Tujuan Penelitian Kuantitatif, Peranan Dan Jenis Penelitian Kuantitatif, Ciri- Ciri Penelitian Kuantitatif, Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Rancangan Penelitian Kuantitatif, Prosedur Penelitian Kuantitatif, Populasi, Sampel Dan Variabel Penelitian, Pengukuran Skala, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Pengumpulan Data Dan Perbedaan Penelitian Kualitatif Dengan Kuantitatif

DAFTAR PUSTAKA Amir Hamzah dan Lidia Susanti (2020) Metode Penelitian kuantitatif , Kajian teoritik dan Praktik. Malang: Literasi Nusantara. Bajari, A. (2017) Motode Penelitian Komunikasi, Prosdur , Tern, dan Etika. Bandung: PT.

Manajemen Media Kontemporer

Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital

Transformasi digital pada media adalah keniscayaan. Tidak hanya media digital itu sendiri, tapi juga pada media tradisional (media cetak dan media penyiaran: radio dan televisi). Tanpa beradaptasi dengan teknologi, sebuah media akan kalah dan tenggelam dalam gelombang informasi. Bagaimanapun, digitalisasi telah mengubah cara produksi dan distribusi konten serta cara khalayak mengonsumsi media. Pada gilirannya, konvergensi menjadi hal yang harus dilakukan. Tidak hanya pada tataran teknologi, tetapi juga pada konten media dan juga pengelolaan ruang redaksi. Realitas inilah yang kini melahirkan banyak tantangan dan konsep baru dalam praktik media sehari-hari. Bagaimana pembagian kerja dan proses produksi konten media? Bagaimana mengelola media di tengah disrupsi digital yang terjadi saat ini? Strategi dan inovasi apa yang harus dilakukan agar media bisa bertahan dan bahkan bersaing dengan kompetitornya? Dan secara khusus, apa yang harus dilakukan media dan jurnalis dalam menyajikan infomasi Covid-19? Buku yang terdiri dari 18 bab ini akan berusaha menjawab berbagai pertanyaan tersebut. Maka, secara ringkas, buku ini akan menyajikan berbagai hal tentang: (1) Pengertian dan ruang lingkup manajemen media; (2) Manajemen, jurnalistik dan strategi media cetak; (3) Manajemen organisasi dan produksi program radio; (4) Manajemen produksi dan strategi program TV; (5) Pemanfaatan media sosial, TV digital dan konglomerasi media; (6) Kajian media digital, konvergensi dan pengaruhnya terhadap ruang redaksi; (7) Hubungan media sosial dan jurnalisme serta model bisnis media; (8) Elemen multimedia, multimedia strorytelling dan contoh kasus penerapannya pada media; (9) Panduan peliputan dan penulisan berita Covid-19. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana

Transformasi digital pada media adalah keniscayaan.

Pengantar Perbankan Syariah Di Indonesia

Sejarah, Perkembangan, Regulasi, dan Fatwa

Buku ini mendeskripsikan gambaran perbankan syariah di Indonesia yang dapat digunakan sebagai pengantar dalam memahaminya. pembahasannya dimulai dari sejarah, regulasi-regulasi yang mengatur, lembaga lain yang terkait, serta fatwa-fatwa DSN-MUI seputar akad dan produknya.

Buku ini mendeskripsikan gambaran perbankan syariah di Indonesia yang dapat digunakan sebagai pengantar dalam memahaminya. pembahasannya dimulai dari sejarah, regulasi-regulasi yang mengatur, lembaga lain yang terkait, serta fatwa-fatwa DSN ...

PENGANTAR TEORI KOMUNIKASI DAKWAH (Edisi Revisi)

Buku yang saat ini hadir ditangan pembaca yang budiman adalah edisi revisi dari buku dengan judul yang hampir sama dengan buku ini. Pada buku sebelumnya penulis menggunakan judul Pengantar Teori Komunikasi Dakwah dan Penerapannya. Sedangkan pada buku yang ditangan pembaca sekarang ini penulis menghilangkan kata penerapan. Penghapusan kata penerapan ini dengan tujuan supaya buku ini lebih fokus membahas teori. Dalam edisi revisi ini penulis tetap mempertahankan diksi pengantar dengan pertimbangan buku yang saat ini hadir ditangan pembaca sebagai pengantar awal memasuki gerbang teori komunikasi dakwah. Dengan tujuan buku ini bisa menjadi bacaan awal bagi orang yang akan mempelajari komunikasi dakwah atau orang awam yang sekadar mengetahui sekilas tentang komunikasi dakwah. Sedangkan bagi mahasiswa calon sarjana komunikasi Islam, buku ini bisa dijadikan sedikit tambahan ilmu yang harapannnya bermanfaat dalam menerapkan komunikasi dakwah dilapangan profesinya nanti. Dalam edisi revisi ini pada prinsipnya tidak ada perubahan pokok bahasan dari buku sebelumnya. Perbedaannya pada subpokok bahasannya saja. Dalam buku ini tetap terdapat pokok bahasan tentang (1) perkembangan dakwah di Indonesia di awal bab sebagai pendahuluan untuk mengetahui gambaran kondisi perkembangan dakwah di Indonesia; (2) hakikat dakwah, untuk mengetahui substansi dari dakwah; (3) hakikat komunikasi dan komunikasi dakwah, untuk mengetahui substansi dari komunikasi dan komunikasi dakwah sekaligus mengetahui batasan keduanya; (4) teori komunikasi konteks dakwah, diulas tentang perencanaan komunikasi dakwah, pesan dakwah, media dakwah dan efek dakwah; (5) evaluasi pelaksanaan dakwah, yang menggambarkan tentang prosedur evaluasi kegiatan dakwah sekaligus ukuran keberhasilan dakwah.

A. Pengantar Komunikasi merupakan hal yang biasa kita lakukan. Setiap hari mulai dari bangun tidur, hingga tidur kembali kita berkomunikasi. Sebuah rutinitas yang seharusnya menjadikan komunikasi mudah dilakukan, tanpa perlu dipelajari.

Pengantar Sosiologi Lansia

Tidak dimungkiri dunia semakin tua, demikian pula penghuninya. Semakin lama seiring dengan berjalannya waktu pertumbuhan lansia semakin meningkat. Populasi kaum lansia diprediksi akan melesat tinggi di beberapa negara maju. Jepang, misalnya, diproyeksi perbandingan kaum lansia dengan kaum produktif 69 berbanding 100 di tahun 2035. Kecenderung bertambahnya populasi lansia juga terjadi di Indonesia. Para ahli dalam berbagai disiplin sependapat bahwa jumlah penduduk lansia yang membesar berpotensi memberikan banyak benefit jika tangguh, sehat, dan tetap produktif. Persoalannya adalah bagaimana lansia bisa menjadi tangguh, sehat, dan tetap produktif? Persoalan tersebut akan menjadi bertambah bilamana lansia itu sendiri tidak dipahami sebagaimana realitasnya. Oleh sebab itu, perlu pengetahuan tentang fenomena dan dinamika lansia. Pengetahuan tersebut berguna untuk memahami realitas lansia serta menemukan dan mengantisipasi pengaruh dan dampak pertambahan populasi lansia dalam kehidupan umat manusia. Bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut? Salah satunya adalah menelusuri ilmu yang mendiskusikan tentang lansia. Ada beberapa ilmu yang mempelajari lansia, yaitu Kedokteran, Ilmu-ilmu Kesehatan, Sosiologi, Psikologi, Politik, Antropologi, Geografi, dan Ilmu Kependudukan. Buku Pengantar Sosiologi Lansia ini memberikan suatu perspektif sosiologis terhadap berbagai fenomena dan dinamika lansia. Buku ini dipersembahkan bagi pemenuhan kebutuhan teoretis dan aplikatif berbagai kalangan: para akademisi Sosiologi dan ilmu-ilmu terkait (Kedokteran, Ilmu-ilmu Kesehatan, Psikologi, Ilmu Politik, Geografi, Ilmu Kependudukan, Ilmu Administrasi, Ilmu Kependidikan, Ilmu Komunikasi, Geografi, Antropologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, dan lainnya) serta para praktisi (perencana, peneliti, aparatur pemerintahan, penggiat lembaga swadaya masyarakat, pengamat atau aktor pelaku pemberdayaan). Oleh sebab itu, buku ini wajib Anda miliki! Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana

Buku Pengantar Sosiologi Lansia ini memberikan suatu perspektif sosiologis terhadap berbagai fenomena dan dinamika lansia.

PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan cara manusia untuk menyampaikan sebuah gagasan atau kemauan dan lain sebagainya. Dengan upaya tersebut, manusia dapat saling berhubungan satu sama lainnya.

Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta. Prenada Media Group Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cangara, Hafied. (2009).

Pengantar Ilmu Komunikasi

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Ilmu Komunikasi. Sistematika buku Pengantar Ilmu Komunikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Sistematika buku Pengantar Ilmu Komunikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Pengantar Ilmu Komunikasi

Buku dengan judul “Pengantar Ilmu Komunikasi” merupakan media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan. Pokok-pokok bahasan dalam buku bunga rampai ini mencakup: Konsep dasar ilmu komunikasi; Sejarah komunikasi manusia dan perkembangan ilmu komunikasi; Ruang lingkup komunikasi; Prinsip dasar komunikasi; Fungsi, tujuan dan efek komunikasi; Proses komunikasi; Informasi, pesan dan makna; Model-model komunikasi; Komunikasi verbal dan non verbal; Komunikasi antarpribadi; Komunikasi massa dan media sosial; Pengaruh kebudayaan dalam komunikasi; Teknik komunikasi yang efektif.

Untuk mendalami komunikasi sebagai proses sosial dan bagaimana sebuah komunikasi dikatakan efektif tersebut, berikut diuraikan tentang konsep ilmu komunikasi. Menurut Rohim (2009:27) dalam bukunya Teori Komunikasi: Perspektif, ...

Pengantar Ilmu Komunikasi

Buku ini terdiri dari 12 (dua belas) bab yang ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi refrensi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu juga, kami mengharapkan buku ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan tentang ilmu komunikasi.

Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi ...