Sebanyak 2479 item atau buku ditemukan

Ilmu Pendidikan Islam

Buku Ilmu Pendidikan Islam ini merupakan buku dasar yang kami susun yang diperuntukan sebagai acuan perkuliahan bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut Ilmu Pendidikan Islam. Buku ini kami rasa sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu masukan dan perbaikan dari semua pihak sangat kami harapkan sehingga kedepan buku ini layak dibaca oleh semua pihak sehingga bisa menjadi rujukan sebagai referensi baik bagi akademisi maupun praktisi bisnis.

Buku Ilmu Pendidikan Islam ini merupakan buku dasar yang kami susun yang diperuntukan sebagai acuan perkuliahan bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut Ilmu Pendidikan Islam.

Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis Web

Buku ini menjelaskan cara mengembangkan bahan ajar sejarah berbasis web dengan metode penelitian pengembangan berdasarkan pengalaman peneliti di SMA Negeri 1 Batu. Dalam buku ini dijelaskan secara teoritis dan praktis mengenai pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web.

Dalam buku ini dijelaskan secara teoritis dan praktis mengenai pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web.

Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis WEB

Pembelajaran sejarah dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Oleh karena itu perubahan pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan. Sejarawan Inggris bernama Arnold Joseph Tonybee dikenal dengan teori challenge and respons mengatakan setiap gerakan sejarah timbul karena ada rangsangan, sehingga akan muncul reaksi yang melahirkan perubahan. Begitu juga dalam pembelajaran sejarah di era digital juga mengalami perubahan. Teknologi digital dalam dunia pendidikan telah memberikan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh guru. Salah satu peluang untuk mengikuti perkembangan teknologi digital adalah mengembangkan bahan ajar web. Bahan ajar berbasis web adalah bahan ajar yang dikemas dengan menggunakan media website. Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017. Pada tahun 2020 Covid-19 telah melanda di Indonesia menjadikan perubahan pembelajaran dari tatap muka ke daring (dalam jaringan). Dengan buku ini kita dapat mengembangkan inovasi pembelajaran daring dengan media web

Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017.

Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun perguruan tinggi. Sikap, karakter, serta kecenderungan personal generasi muda usia sekolah ini berperan besar dalam munculnya berbagai isu problem belajar di sekolah mulai dari motivasi, bahan ajar, dan media ajar. Sebagai contoh problem motivasi belajar siswa khususnya Generasi Z kerap dijumpai karena derasnya gempuran media sosial berikut segenap atributnya seperti influencer, gamer, youtuber dan sebagainya. Banyak anak-anak sekolah lebih termotivasi mendapatkan popularitas seperti role model mereka masing-masing di media sosial dibanding prestasi akademik karena umumnya penggiat media sosial memang tidak mengangkat tema akademis. Hal tersebut pada dasarnya bukan hal yang bersifat negatif mengingat di era digital ini bahkan keterampilan mengelola media sosial dapat menjadi aset yang sangat berharga. Akan tetapi, hal ini banyak disalah artikan oleh Generasi Z sehingga menurunkan motivasi belajar dan menimbulkan problem bagi sekolah, guru, maupun orangtua.

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun ...

BLENDED LEARNING

Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi

Bentuk kegiatan model pembelajaran blended learning adalah pembelajaran yang dipersonalisasi, dimana siswa dapat mengakses data atau modul pembelajaran online melalui internet untuk belajar secara mandiri. Blended learning merupakan metode alternatif yang sangat berguna di era digital saat ini dan kondisi Covid-19 yang mengharuskan adanya keterbatasan fisik dalam proses pembelajaran. Selain itu kemampuan menuangkan sebuah gagasan, pemikiran, dan ide sangat bagus untuk mengembangkan pengetahuan seseorang, yang salah satunya bisa di dapatkan dalam teks eksposisi. Buku ini menjelaskan pengembangan dan kelayakan bahan ajar teks eksposisi berbasis blended learning yang dapat dijadikan sebagai rujukan pembelajaran masa kini.

Bentuk kegiatan model pembelajaran blended learning adalah pembelajaran yang dipersonalisasi, dimana siswa dapat mengakses data atau modul pembelajaran online melalui internet untuk belajar secara mandiri.

Kompilasi Karya Tulis Ilmiah Remaja

Kompilasi Karya Tulis Ilmiah Remaja PENULIS: Muhammad Yasir Abdad Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-091-8 Terbit : Juli 2019 www.guepedia.com Sinopsis: Berbicara mengenai Karya Tulis Ilmiah, tentu sudah tidak asing lagi di telinga pelajar di Indonesia. Membuat sebuah karya tulis bahkan dapat menjadi salah satu penilaian sukses atau tidaknya seorang pelajar dalam menjalani dunia penidikan dan keilmuan. Namun tak jarang juga, pelajar menemukan kesulitan dalam menyusun karya tulis tersebut. Sehingga beranjak dari latar belakang inilah, buku kompilasi ini hadir dengan berbagai jenis karya tulis ilmiah yang dapat dijadikan sebagai rujukan bagi pelajar yang ingin mengasah kemampuan menulisnya. Buku ini dirancang dengan tata bahasa yang lebih sederhana dan disesuaikan dengan aturan kepenulisan yang sering digunakan dalam perlombaan karya tulis ilmiah baik regional maupun nasional, sehingga akan sangat membantu dalam proses pembuatan KIR (karya tulis ilmiah remaja). “Buku ini memberikan sebuah insight yang begitu detail dan dalam terkait isu-isu yang sangat bervariatif dengan metode penelitian yang cukup kemprehensif. Buku ini ditunjang dengan data-data baik dari sumber primer dan sekunder yang sangat direkomendasikan kepada para remaja yang tertarik di bidang penelitian untuk dapat memahami hasil penelitian dari penulis dan juga sebagai sarana meningkatkan khazanah keilmuan kita.” Hafidz Ridha Try Sjahputra Monash University, Australia www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kompilasi Karya Tulis Ilmiah Remaja PENULIS: Muhammad Yasir Abdad Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-091-8 Terbit : Juli 2019 www.guepedia.com Sinopsis: Berbicara mengenai Karya Tulis Ilmiah, tentu sudah tidak asing lagi di telinga ...

SEPUTAR KAJIAN BAHASA INDONESIA (Berbasis Karya Tulis Ilmiah)

Manusia adalah mahluk sosial, sehingga manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Pada saat manusia membutuhkan eksistensinya diakui, maka interaksi itu terasa semakin penting. Kegiatan berinteraksi ini membutuhkan alat, sarana atau media, yaitu bahasa. Sejak itulah bahasa menjadi alat,sarana atau media. Tiada kemanusiaan tanpa bahasa, tiada peradaban tanpa bahasa tulis. Dengan bantuan bahasa, anak tumbuh dari organisme biologis menjadi pribadi didalam kelompok. Pribadi itu berpikir, merasa, bersikap, berbuat serta memandang dunia dan kehidupan seperti masyarakat sekitarnya

Manusia adalah mahluk sosial, sehingga manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya.

Sintesis Hasil Penelitian Membaca Sebagai Landas Pijak Pengembangan Pembelajaran Membaca

Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berbagai penelitian tersebut berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan berbagai cara. Cara yang dilakukan peneliti antara lain dengan memanfaatkan strategi belajar, pemakaian media pembelajaran, pemilihan bahan bacaan, dan teknik membaca. Penelitan-penelitan tersebut menunjukkan hal yang positif, hanya saja dalam prakteknya hasilnya masih sedikit dimanfaatkan untuk digunakan di sekolah-sekolah. Melalui tulisan ini berbagai hasil penelitian tersebut berusaha untuk ditelaah dan dikaji untuk dijadikan landasan dalam menyusun sebuah pembelajaran membaca yang baik yang dapat dipraktekkan di sekolah-sekolah sesuai dengan tingkatannya.

Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.