Sebanyak 1484 item atau buku ditemukan

Teori-Teori Pembangunan Ekonomi

Pembangunan sangat berkaitan dengan nilai, dan acap kali bersifat transendental, suatu gejala meta-disiplin, atau bahkan sebuah ideologi (the ideology of developmentalisme). Oleh karenanya, para perumus kebijakan, perencana pembangunan, serta para pakar selalu dihadapkan nilai (value choice), mulai pada pilihan epistimologis-ontologi sebagai kerangka filosofisnya, sampai pada derivasinya pada tingkat strategi, program, atau proyek. Pokok pikiran pembangunan tertuju pada cita-cita keadilan sosial. Untuk itu, pembangunan butuh proses dan tahapan terukur. Tahapan itu harus dapat menyentuh berbagai bidang, yakni pertama ekonomi sebagai ukuran kemakmuran materiil, Kedua adalah tahap kesejahteraan sosial, dan ketiga adalah tahap keadilan sosial. Perkembangan kajian dari teori-teori pembangunan tersebut, menjadi satu perspektif menarik bagi tim penulis untuk menyajikan “Teori-teori Pembangunan Ekonomi” dalam berbagai perspektif. Tujuan dari penulisan buku ini adalah membuat dan mengembangkan kajian kepustakaan mengenai perkembangan teori-teori pembangunan ekonomi.

Sejarah pemikiran teori-teori pembangunan dapat dibagi atas beberapa periode.
Periode pertama adalah dari tahun 1940-an hingga lebih kurang pertengahan
tahun 1960-an, dimana sasaran pembangunan adalah usaha mencapai ...

POLITIK EKONOMI ISLAM DALAM NARASI PEMBANGUNAN NASIONAL

BUKU INI adalah bagian dari proses panjang pemikiran, refleksi kritis atas berbagai persoalan politik ekonomi islam dalam kaitannya terhadap perkembangan narasi pembangunan nasional. Pada titik ini, agama, khusunya islam, menjadi variabel penting dalam diskursus pembangunan nasional. Sebuah buku yang merupakan kegelisahan dan sensitivitas akademik penulis dalam pergulatannya dengan realitas di lapangan. Ikhtiar penulis dalam berkontribusi bagi masyarakat perlu kita apresiasi. Kehidupan masyarakat yang kompleks dengan segala persoalan memang menghendaki pendekatan dari berbagai multiperspektif. Salah satunya adalah perspektif politik. Bidang yang menjadi kompetensi penulis sebagai seorang akademisi.

BUKU INI adalah bagian dari proses panjang pemikiran, refleksi kritis atas berbagai persoalan politik ekonomi islam dalam kaitannya terhadap perkembangan narasi pembangunan nasional.

Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang

Tipe perkembangan ekonomi yang telah dicapai negara-negara di dunia tidak dapat begitu saja ditiru oleh negara-negara sedang berkembang. Walaupun ada beberapa aspek yang bersamaan, tetapi pada dasarnya berbeda, baik keadaan maupun tujuanya. Oleh karena itu, timbul suatu permasalahan bagaimana negara-negara berkembang mampu menyaingi perkembangan ekonomi di negara-negara maju. Masalah yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang sebenarnya telah dipersoalkan sejak selesainya perang dunia II. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka diharuskan untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya masalah tersebut kemudian diselidiki perspektif sejarah bagaimana masalah itu dipersoalkan. Ekonomi dualistis ialah salah satu sifat pokok dari perekonomian di negara sedang berkembang. Ekonomi dualistis adalah industri ekspor yang terpadu dengan perekonomian dunia yang sudah menggunakan sistem modern dan disamping itu ada kegiatan-kegiatan yang masih mempunyai tingkat subsitem biasanya sektor ini memproduksi barang-barang untuk pasar lokal dan terpisah dari perekonomian pasar modern. Terjadinya hal ini diawali dengan pada akhir abad 19 negara-negara industri seperti Jepang, meluaskan kekuasaannya sampai ke seluruh dunia khususnya kenegara yang sedang berkembang. Awalnya bertujuan untuk berdagang tetapi kemudian memperoleh kekuasaan oleh karena itu Jepang dapat memperoleh lebih banyak bahan-bahan yang mereka butuhkan. Dengan cara memaksa petani setempat untuk menanam tanaman tertentu yang mereka butuh. Gambaran negara berkembang pada saat itu semua negara tersebut memproduksi serta ekspor terutama pada produksi primer. Kegiatan perekonomian dalam negeri hanya ditujukan oleh ekspor dan kepentingan pendududk setempat tidak diperhatikan. Karena makin lama ekspor semakin surplus bagi penjajah maka keadaan ini akan mengganggu kestabilan perekonomian karena berpengaruh oleh fluktuasi harga pasar dunia. Karena perekonomian negara berkembang sangat tergantung dengan perekonomian dunia yang dikuasai negara-negara barat, maka investasi negara berkembang diluar negeri atau ekspor lebih tinggi dibandingkan investasi yang ditujukan untuk pasar dalam negeri.

Sedangkan penganut faham teori Marxis melihat kemiskinan yang berlanjut ini sebagai eksploitasi dari kapitalis. Lebih lanjut dari kedua pemikiran di atas, muncullah satu pemikiran baru yang dikenal dengan Teori Sistem Dunia (World ...

Memahami E-learning

Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan

Sebagaimana diketahui bersama, telah banyak bentuk pembelajaran E-learning di era sekarang ini yang secara langsung maupun tidak langsung sering kita jumpai. Bentuk-bentuk pembelajaran tersebut bisa berupa file atau dokumen, video di komputer, web, mobile phone, tab, iPhone, tayangan-tayangan pembelajaran di televisi, dan lain sebagainya yang berbasis elektronik. Semua bentuk media pembelajaran tersebut dimaksudkan guna menyampaikan informasi kepada pengguna, dengan strategi pembelajaran tertentu supaya dapat diperoleh capaian pembelajaran sebagaimana yang diinginkan. Terkait dengan hal itu, bisa jadi sebagian dari masyarakat pengguna yang telah menjumpai konten-konten pembelajaran tersebut, tanpa menyadari bahwa mereka telah melakukan pembelajaran melalui model pembelajaran yang ada di E-learning. Untuk itu, eksistensi buku ini bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat umum, pemula di bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK), pemerhati atau calon pembaca yang ingin lebih jauh mengenal dan memahami pembelajaran berbasis elektronik tentang terapan TIK di bidang pendidikan atau yang lebih dikenal sebagai E-learning, baik yang berperan sebagai pemrogram aplikasi E-learning, pengembang multimedia pembelajaran, pendidik, siswa, dan lainnya. Materi yang disampaikan dalam buku ini meliputi E-learning, mulai dari pengertian, tipe, karakteristik, teknologi, fungsi, dan manfaat, serta multimedia interaktif dalam E-learning; E-learning yang efektif; platform E-learning; pembelajaran online dan blended learning; perkembangan E-learning; E-learning dalam sektor pendidikan dan korporasi; sampai dengan tentang pendidikan dan E-learning di era industri 4.0. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Untuk itu, eksistensi buku ini bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat umum, pemula di bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK), pemerhati atau calon pembaca yang ingin lebih jauh mengenal dan memahami ...

POKOK-POKOK AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN 1

Buku singkat ini merupakan suatu ringkasan yang kami susun dari beberapa sumber. Buku ini memberikan inspirasi kepada kami untuk mengungkapkan secara ringkas tentang “Akuntansi Keuangan Lanjutan” sebagai suatu sumber materi yang bermanfaat. Buku ini berisi bunga rampai dari catatan-catatan tercecer tentang akuntansi persekutuan, diawali dengan proses pembentukannya, pembagian laba serta disolusi dan juga likuidasinya. Catatan lainnya joint venture, penjualan angsuran, penjualan konsinyasi serta catatan tentang akuntansi agen dan cabang baik dalam negeri maupun luar negeri. Catatan ini dibukukan dengan maksud memperdalam dan mendokumentasikan catatan yang didapat agar tidak tercecer dan hilang. Terlebih tujuan utamanya adalah untuk memperkaya wawasan penulis sendiri dalam kajian akuntansi keuangan. Buku singkat ini hanya memberikan pokok-pokok atau gambaran singkat tentang hal yang penulis sampaikan tersebut di atas. Tapi apabila kita ingin mendalaminya, tentunya literatur text books maupun dari website dapat digali dengan hal-hal yang lebih mendalam. Namun demikian mudah-mudahan buku ini juga memberikan pengayaan dan pelengkap terhadap referensi yang sudah ada.

Buku singkat ini merupakan suatu ringkasan yang kami susun dari beberapa sumber.

FILSAFAT TEORI AKUNTANSI

Buku ini terdiri dari 14 bab yang menjelaskan secara gamblang tentang Filsafat Teori Akuntansi dengan penjabaran sebagai berikut: BAB 1 FILSAFAT ILMU AKUNTANSI BAB 2 PENGENALAN TERHADAP TEORI AKUNTANSI BAB 3 PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI BAB 4 SEJARAH KELEMBAGAAN BAB 5 KERANGKA KONSEPTUAL BAB 6 STANDAR AKUNTANSI : IFRS DAN SAK ETAP BAB 7 STRUKTUR TEORI AKUNTANSI BAB 8 UNIFORMITY DAN DISCLOSURE BAB 9 LAPORAN LABA-RUGI BAB 10 NERACA BAB 11 LAPORAN ARUS KAS BAB 12 AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN, DANA PENSIUN, DAN LEASING BAB 13 AKUNTANSI INFLASI DAN INTERNASIONAL BAB 14 RELIGUITY AKUNTANSI SEBAGAI PEREDAM KUASA DAN HASRAT MANUSIA

Buku ini terdiri dari 14 bab yang menjelaskan secara gamblang tentang Filsafat Teori Akuntansi dengan penjabaran sebagai berikut: BAB 1 FILSAFAT ILMU AKUNTANSI BAB 2 PENGENALAN TERHADAP TEORI AKUNTANSI BAB 3 PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI BAB 4 ...

PANDUAN BERCERITA BERPASANGAN JURU PELIHARA SITUS SEJARAH MADIUN

Situs sejarah merupakan tempat manusia masa lalu melaksanakan aktivitas hidupnya dan meninggalkan sisa-sisa aktivitasnya sebagai ungkapan kebudayaan yang berlaku sesuai jamannya. Situs ini memiliki arti penting bagi kehidupan masa kini. Cerita dibalik situs dan peninggalan sejarah dapat dijadikan sumber motivasi manusia untuk berbuat lebih baik dari pendahulunya. Tanpa pengalaman manusia tak akan bisa mengambil putusan penting, tak akan mampu memperbaiki kondisinya, bahkan mungkin tak akan bisa melangsungkan hidupnya. Ini sejalan dengan ucapan Prof. Sartono Kartodirdjo, bahwa tidak mengetahui sejarah dapat diibaratkan orang yang membaca buku roman hanya pada halaman terakhir. Dengan demikian tidak diketahui "intrige" ceritera itu dan "happy end"-nya tidak dapat dimengerti sungguh-sungguh". Dengan memahami peristiwa masa lalu, akan menggugah kesadaran sejarah yang bersifat kolektif yaitu bentuk peng- alaman bersama sebagai ungkapan reaksi kepada situasi dalam peristiwa sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dari masa ke masa. Untuk itu, situs dan peninggalan sejarah perlu dipelihara dan dilestarikan. Pemeliharaan dan pelestarian situs dan peninggalan sejarah perlu partisipasi banyak pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga swasta dan masyarakat. Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah perlu adanya pihak-pihak yang menjaga dan bertanggung jawab. Salah satunya yakni mengangkat juru pelihara walaupun tidak untuk semua situs. Kondisi seperti memotivasi warga masyarakat untuk turut serta hadir sebagai pemelihara yang biasa disebut juru kunci. Pada umumnya juru pelihara maupun juru kunci memiliki dedikasi yang luar biasa dalam menjaga, merawat, dan memilihara situsnya. Bahkan mereka seringkali menjadi sasaran pertanyaan dari para pengunjung. Mengingat tidak semua juru pelihara dan juru kunci melaksanakan pendalaman dan/atau pengayaan secara ilmiah atas situs yang dipeliharanya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Upaya perbaikan tersebut salah satunya melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Kemenristek RI dengan metode bercerita berpasangan.

Pendidikan Keterampilan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rusman. (2014
). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan.