Sebanyak 72 item atau buku ditemukan

EKONOMI MAKRO DI ERA DIGITALISASI

Era digitalisasi telah merambah hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk dunia ekonomi. Perubahan ini menciptakan tantangan dan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang perlu kita pahami dan manfaatkan. Makro ekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang memeriksa dan menganalisis ekonomi secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, kebijakan moneter, dan fiskal, serta sejumlah indikator penting lainnya. Di era digitalisasi, makro ekonomi juga menghadapi dinamika baru yang perlu dipelajari.

Di era digitalisasi, makro ekonomi juga menghadapi dinamika baru yang perlu dipelajari.

EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm., Apt Dr. Ir. Tutang Muhtar K, ST., M. Si Dr. Ir. Uli Wildan Nuryanto, ST, MM, IPM Jushermi, SE., MSBA Dewita Suryati Ningsih,SE., MBA Rovanita Rama, SE., MH Kurniawaty Fitri, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 196 Halaman ISBN : 978-623-497-635-9 SINOPSIS Buku ini berjudul “EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG”. Buku ini disusun oleh beberapa penulis dari beberapa universitas di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang ekonomi di Indonesia khusunys bidang ekonomi kreatif. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Konsep Ekonomi Kreatif Bab 2 Gelombang Peradaban Ekonomi Kreatif Bab 3 Konsep Kreativitas dan Inovasi Bab 4 Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif Bab 5 Mengapa Ekonomi Kreatif? Bab 6 Modal Dasar dan Pilar Ekonomi Kreatif Bab 7 Subsektor Ekonomi Kreatif Bab 8 Sumber Daya Kreatif Bab 9 Industri Kreatif Bab 10 Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm.

Gaya filsafat Nietzsche

... philosophy I often used to lecture on Nietzsche , but I wouldn't do that any more today . If I wanted to be pretentious , I would use the genealogy of morals ' as the general title of what I am doing . It was Nietzsche who specified the ...

Cara Kerja Ilmu Filsafat dan Filsafat Ilmu

Buku ini, terdiri dari 16 artikel, secara longgar membicarakan filsafat ilmu. Pembahasan cara kerja ilmu-ilmu dilakukan dengan bertitik tolak dari kajian murni filsafat. Ilmu-ilmu (khususnya sains) dikaji dari sudut pandang filsafat, misalnya, lewat aliran-aliran besar filsafat seperti Positivisme, Fenomenologi Edmund Husserl, Teori Kritis, dan Postmodernisme. Karena titik pijaknya filsafat, maka pembahasan diawali dengan cara kerja khas ilmu filsafat, yaitu dialektika. Karena itu pula, buku ini diberi judul Cara Kerja Ilmu Filsafat dan Filsafat Ilmu. Judul buku ini tidak menggunakan ‘epistemologi’, melainkan ‘filsafat ilmu’, karena isinya tidak mengkaji secara spesifik soal prosedur dan validitas keilmiahan sebuah ilmu. Semoga buku ini berguna bagi para penggemar filsafat dan khalayak umum (utamanya dari latar belakang ilmu-ilmu sosial) yang membutuhkan perspektif filsafat dalam penelitian-penelitiannya. Kebaruan buku ini, dibandingkan ragam buku filsafat ilmu yang telah ada, adalah pemaparannya yang terbuka tentang cara kerja ilmu filsafat.

... General Introduction to Philosophy of History,C transl. by. Robert /G S. Hartman. New York: The Library of Liberal Arts Press. Hersch, Jeanne. 1993. “Georg Wilhelm Friedrich Hegel”, L'Étonnement Philosophique: Une Histoire de la ...

KOMUNIKASI BISNIS: Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital

Judul : KOMUNIKASI BISNIS : Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S. Fil., M. Phil Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M. Si., M. Farm., Apt Dr. Yohannes Don Bosco Doho, S. Phil, MM Dr. Drs. Samsudin, SH., M.Pd Dr Effy Zalfiana Rusfian Dra. Sri Sumiyati, M.Si Dr. Ir. Muji Indarwanto, MM., MT Syaiful Mujab, S.Sy., M.M Dr. Dr. Ir. Juni Gultom, ST. MTP Dr. Zulfikar, S. Sos. I., M. Ag Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 156 Halaman ISBN : 978-623-497-899-5 SINOPSIS Buku ini berjudul “Komunikasi Bisnis : Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital”. Buku ini ditulis oleh beberapa penulis dari beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang komunikasi dan bisnis di Indonesia. Buku ini terdiri dari sebelas bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Mengenal Komunikasi Bisnis Bab 2 Perencanaan Pesan Bisnis Bab 3 Etika dalam Komunikasi Bisnis Bab 4 Komunikasi dalam Komunikasi Bisnis Bab 5 Komunikasi Interpersonal VS Komunikasi Kelompok Bab 6 Wawancara Kerja Bab 7 Persentasi Bisnis Bab 8 Negosiasi Bisnis Bab 9 Rapat Bisnis Bab 10 Komunikasi Bisnis di Era Digital Bab 11 Merangkum Kembali Tentang Komunikasi Bisnis Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami dan menambah wawasan tentang “Komunikasi Bisnis : Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital”.

... Pendidikan Multi- kultural, Buku Bisnis Digital, Buku Peran ICT dalam Pendidikan Tinggi, Ekonomi Kreatif: Mengubah Ide Menjadi Uang, Buku Literasi dan Model Pembelajaran: Kunci Terampil di Era Revolusi 4.0 (Penerbit Adab).

Metodologi Penelitian Pegangan untuk Menulis Karya Ilmiah

Kata penelitian atau riset merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “research” yang berarti mencari kembali. Riset merupakan suatu proses yang panjang, bertujuan untuk memecahkan permasalahan. Karena itu riset dilakukan kalau ada masalah yang akan dipecahkan (problem to be solved). Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, atau apa yang kita inginkan dikurangi dengan apa yang kita miliki. Masalah juga berarti keingintahuan tentang sesuatu akan tetapi ternyata belum tahu. Hakekatnya jika peneliti sudah bisa menemukan masalah dan memecahkan masalah maka seperuh penelitian itu selesai

Kata penelitian atau riset merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “research” yang berarti mencari kembali.

Etika & Profesi Keguruan

Manusia sebagai bagian makhluk hidup yang bermasyarakat (zoon politicon) tidak dapat terlepas dari relasi dengan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggal di mana melakukan aktivitas. Dalam melakukan aktivitas keseharian maka manusia membutuhkan etik, manusia diperhadapkan pada norma atau aturan atau adat atau hukum yang mengikat, baik saat berelasi dengan Tuhan, secara interpersonal, lingkungan hidup sekitar maupun secara hubungan pribadi. Seorang guru perlu berkontribusi dalam tingkat keberhasilan pendidikan melalui aktivitas dan kinerja pengajaran pada tahap institusional dan intruksional. Kontribusi strategis guru harus selaras dengan amanat yang tercantum pada UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Aktivitas guru sebagai tenaga profesional merupakan agent of change dalam pembelajaran. Tenaga profesional ditentukan oleh aktivitas yang berdasarkan kualifikasi akademik, kompetensi dasar, sertifikat pendidik yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan akademik yang telah ditetapkan pemeritah sehingga guru semakin berperan dalam pendidikan. Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, bab lima tentang prinsip dan tahapan pengembangan karier guru, bab enam tentang pendidikan profesi guru, bab tujuh tentang kompetensi dan karakteristik guru abad 21, bab delapan tentang hak dan kewajiban guru, bab sembilan tentang kinerja, komitmen, dan efektivitas kerja guru, bab sepuluh tentang guru sebagai jabatan profesional, bab sebelas tentang kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran, bab dua belas tentang sertifikasi guru, bab tiga belas tentang guru dalam implementasi kurikulum, dan bab empat belas tentang guru dalam menilai proses dan evaluasi pembelajaran.

Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, ...

Penguatan Literasi Digital : Menguasai Dunia Literasi di Era Digitalisasi

Buku "Penguatan Literasi Digital: Menguasai Dunia Literasi di Era Digitalisasi" membahas berbagai aspek penting dalam memahami dan menguasai teknologi dan internet dengan bijak. Buku ini membahas topik-topik seperti keamanan digital, etika digital, kreativitas digital, dan kolaborasi di dunia maya. Dalam buku ini, pembaca akan belajar tentang strategi pencarian yang efektif, cara membaca dan menulis di dunia digital, dan cara mengekspresikan diri melalui teknologi. Pembaca juga akan belajar tentang bagaimana menjaga keamanan dan privasi online, serta bagaimana menjadi warga dunia maya yang bertanggung jawab dan menghargai hak cipta dan kekayaan intelektual orang lain. Buku ini cocok untuk siapa saja yang ingin menguasai literasi digital, baik itu untuk keperluan pribadi atau profesional. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh-contoh yang relevan dan bermanfaat. Pembaca akan dipandu untuk menjadi pahlawan literasi digital dengan menguasai dunia literasi di era digitalisasi.

Buku "Penguatan Literasi Digital: Menguasai Dunia Literasi di Era Digitalisasi" membahas berbagai aspek penting dalam memahami dan menguasai teknologi dan internet dengan bijak.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KONTEMPORER

Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen Kontemporer ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Bab 2 Konsep Sistem dan Informasi Manajemen, Bab 3 Komponen Sistem Informasi Manajemen, Bab 4 Konsep Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi, Bab 5 Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi, Bab 6 Keamanan Sistem Informasi Manajemen, Bab 7 Peranan SIM Dalam Kegiatan Manajemen, Bab 8 Pemanfaatan Teknologi Pada Sistem Informasi, Bab 9 Isu Sosial dan Etika Dalam Sistem Informasi, Bab 10 Sistem Informasi Pada Organisasi, Bab 11 Sistem Informasi Pada Akuntansi, Bab 12 Sistem Informasi Pada Pendidikan, Bab 13 Sistem Informasi Manajemen Pada Pemerintahan, Bab 14 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 15 Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SIM, dan Bab 16 Perusahaan Digital E-Commerce dan E-Business.

Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen Kontemporer ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Perspektif Pendidikan

Gagasan Strategi, Evaluasi, dan Manajemen Pendidikan

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang. Pendidikan harus membangun pendekatan baru yang mencerahkan guna membangun optimisme dalam menjawab tantangan zaman. Penyegaran tersebut harus dilakukan di segala tahap seperti strategi, evaluasi, sampai manajemen pendidikan. Buku ini berisi tentang gagasan penyegaran dalam dunia pendidikan dari ketiga hal tersebut. Strategi dan evaluasi pembelajaran merupakan pekerjaan rumah bagi pendidik, selanjutnya manajemen merupakan pekerjaan rumah bagi pengelola lembaga pendidikan. Dan dua bagian inilah yang berhadapan langsung dengan peserta didik sehingga berkaitan langsung dengan suksesnya pembelajaran. Buku ini ditulis dari sudut praktisi pendidikan berlandaskan teori-teori pendidikan. Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan ilmiah, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengetahuan kepada penggiat-penggiat pendidikan di negeri ini. “Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan merupakan pekerjaan rumah bersama di tengah masalah pendidikan yang tak kunjung usai. Buku ini sangat menarik karena berisi tentang gagasan segar tentang kajian dalam dunia pendidikan. Apresiasi kepada para penulis yang di samping kesibukannya sebagai pendidik di sekolah masing-masing dan peserta didik di Pascasarjana IAIN Pekalongan ternyata masih menyempatkan waktunya untuk menulis. Saya sangat mendukung dengan hadirnya buku ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.” Rohmatun (DPRD Kab. Batang Komisi B Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kesejahteraan) “Tantangan dunia pendidikan di era sekarang sangatlah kompleks, sehingga penyelesaian problematika dalam dunia pendidikan membutuhkan kerja sama dan kekompakan dari hulu sampai hilir. Buku ini mampu menghadirkan semangat pembaharuan dari bawah berkaitan dengan inovasi di bidang strategi, manajemen, dan evaluasi pendidikan. Tradisi menulis ilmiah semacam ini harus memiliki ruang khusus dalam diri seorang pendidik. Sehingga dengan kuatnya tradisi literasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.” Labib Maimun, M.Pd. (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan)

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang.