Sebanyak 34 item atau buku ditemukan

Manajemen Pembiayaan Syariah

Teori dan Aplikasi Terkini

Pembiayaan syariah memiliki peran penting dalam sistem ekonomi Islam karena bertujuan untuk menciptakan keadilan, keseimbangan, dan keberlanjutan dalam aktivitas ekonomi. Dalam Islam, pembiayaan tidak hanya berfokus pada aspek finansial, tetapi juga mempertimbangkan prinsip-prinsip moral dan etika yang terkandung dalam syariat. Berbeda dengan sistem konvensional, pembiayaan syariah menghindari riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maisir (spekulasi). Buku ini mengupas berbagai aspek manajemen pembiayaan syariah yang terdiri atas 12 bab, yaitu: Prinsip Dasar Ekonomi Syariah, Landasan Hukum Pembiayaan Syariah, Struktur dan Proses Pembiayaan Syariah, Analisis Kelayakan Pembiayaan Syariah, Strategi Pemasaran Pembiayaan Syariah, Skema Pembiayaan Musyarakah, Skema Pembiayaan Istishna dan Salam, Skema Pembiayaan Rahn, Skema Pembiayaan Mutsaqah, Muzaraah, dan Mukharabah, Pembiayaan Hijau dan Berkelanjutan, Etika dan Profesionalisme dalam Pembiayaan Syariah, Kebijakan dan Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah.

... Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Jepara . Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa , 9 ( 2 ) , 255-268 . https ... Sharia Gold Financing At Modern Islamic Financial Institutions ( Case Study in Bank BRI Syariah Branch of ...

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK PERGURUAN TINGGI

Kewarganegaraan adalah anggota dalam sebuah komunitas politik (negara), dan dengannnya membawa Hak untuk berpartisipasi dalam politik.Seseorang dengan keanggotaan tersebut disebut warga negara. Aristoteles mengartikan warganegara adalah orang yang secara aktif ikut ambil bagian dalam kegiatan hidup bernegara, yaitu orang yang bias berperan sebagai yang diperintah dan orang yang bias berperan sebagai yang memerintah. Rousseau, menganggap warga negara adalah peserta aktif yang senantiasa menguapayakan kesatuan komunal.Kewarganegaraan memiliki pengertian lebih luas tidak sebatas keanggotaan seseorang dari organisasi Negara tapi meluas kepada hal-hal yang terkait dengan warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan disampaikan di Perguruan Tinggi.

... Kewarganegaraan ( PKn ) dalam pencerdasan kehidupan bangsa . Ada dua hal yang perlu diklarifikasikan lebih ... citizenship dan citizenship education . Lalu apa hubungan dari ketiga istilah tersebut ? Perhatikan pernyataan yang ...

MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan. Moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Keseimbangan atau jalan tengah dalam praktik beragama ini niscaya akan menghindarkan kita dari sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama. Moderasi beragama merupakan solusi atas hadirnya dua kutub ekstrem dalam beragama, kutub ultra­konservatif atau ekstrem kanan di satu sisi, dan liberal atau ekstrem kiri di sisi lain. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah­tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama, tentu perlu adanya ukuran, batasan, dan indikator untuk menentukan apakah sebuah cara pandang, sikap, dan perilaku beragama tertentu itu tergolong moderat atau ekstrem. Ukuran tersebut dapat dibuat dengan berlandaskan pada sumber­sumber terpercaya, seperti teks­teks agama, konstitusi negara, kearifan lokal, serta konsensus dan kesepakatan bersama. Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki peran strategis dalam mendialogkan faham dan cara beragama yang moderat di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Kedua ormas ini, dinilai sebagai salah satu dari beberapa ormas yang berpandangan moderat dan mengedepankan pendekatan humanis sebagai bagian dari strategi moderasi beragama, di samping keduanya memiliki modal jaringan organisasi yang kuat dan luas yang dapat mencapai akar rumput sehingga strategis dalam upaya mengonter radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan.

Perspektif Pendidikan

Gagasan Strategi, Evaluasi, dan Manajemen Pendidikan

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang. Pendidikan harus membangun pendekatan baru yang mencerahkan guna membangun optimisme dalam menjawab tantangan zaman. Penyegaran tersebut harus dilakukan di segala tahap seperti strategi, evaluasi, sampai manajemen pendidikan. Buku ini berisi tentang gagasan penyegaran dalam dunia pendidikan dari ketiga hal tersebut. Strategi dan evaluasi pembelajaran merupakan pekerjaan rumah bagi pendidik, selanjutnya manajemen merupakan pekerjaan rumah bagi pengelola lembaga pendidikan. Dan dua bagian inilah yang berhadapan langsung dengan peserta didik sehingga berkaitan langsung dengan suksesnya pembelajaran. Buku ini ditulis dari sudut praktisi pendidikan berlandaskan teori-teori pendidikan. Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan ilmiah, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengetahuan kepada penggiat-penggiat pendidikan di negeri ini. “Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan merupakan pekerjaan rumah bersama di tengah masalah pendidikan yang tak kunjung usai. Buku ini sangat menarik karena berisi tentang gagasan segar tentang kajian dalam dunia pendidikan. Apresiasi kepada para penulis yang di samping kesibukannya sebagai pendidik di sekolah masing-masing dan peserta didik di Pascasarjana IAIN Pekalongan ternyata masih menyempatkan waktunya untuk menulis. Saya sangat mendukung dengan hadirnya buku ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.” Rohmatun (DPRD Kab. Batang Komisi B Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kesejahteraan) “Tantangan dunia pendidikan di era sekarang sangatlah kompleks, sehingga penyelesaian problematika dalam dunia pendidikan membutuhkan kerja sama dan kekompakan dari hulu sampai hilir. Buku ini mampu menghadirkan semangat pembaharuan dari bawah berkaitan dengan inovasi di bidang strategi, manajemen, dan evaluasi pendidikan. Tradisi menulis ilmiah semacam ini harus memiliki ruang khusus dalam diri seorang pendidik. Sehingga dengan kuatnya tradisi literasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.” Labib Maimun, M.Pd. (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan)

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang.

Pengantar Teknologi dan Informasi

Buku ini dapat dijadikan salah satu kegiatan yang membutuhkan referensi tentang Teknologi Informasi. Selain itu buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dari mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi ataupun mata kuliah lain yang relevan dengan materi Teknologi Informasi. Buku ini tersusun atas 11 Bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Teknologi Informasi Bab 2 Elemen Dasar Sistem Komputer Bab 3 Jenis Perangkat Input Sistem Komputer Bab 4 Jenis Perangkat Output Sistem Komputer Bab 5 Representasi Data Komputer Dan Alur Pemrosesan Data Bab 6 Konsep Bagan Alur Bab 7 Konsep Perangkat Output Multimedia Bab 8 Konsep Dasar Jaringan Komputer Bab 9 Konsep Internet Dan World Wide Web Bab 10 Konsep Ecommerce Bab 11 Komponen Teknologi Informasi

Manfaat Teknologi Informasi dalam kehidupan masyarakat saat ini, sudah menjangkau hingga kedalam aktivitas sehari-hari, baik dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan dan kesehatan . Jika dilihat dalam aktivitas ...

PERILAKU KONSUMEN

Buku Perilaku Konsumen ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Perilaku Konsumen. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang konsep perilaku konsumen, segmentasi pasar, motivasi konsumen, kepribadian dan perilaku konsumen, persepsi konsumen, pembelajaran konsumen, pembentuk dan pengubah sikap konsumen, komunikasi dan perilaku konsumen, rujukan dan pengaruh keluarga dalam berperilaku, kelas sosial dalam perilaku konsumen, pengaruh budaya dalam perilaku konsumen, pengaruh promosi dan harga pada konsumen, pengaruh inovasi terhadap perilaku konsumen, dan pengambilan keputusan konsumen.

Buku Perilaku Konsumen ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.