Sebanyak 144 item atau buku ditemukan

PENGANTAR ILMU PERUNDANG-UNDANGAN

Buku Pengantar Ilmu Perundang-Undangan di hadapan pembaca adalah karya Mastorat, S.Ag. MH., Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, Nusa Tenggara Barat. Dalam ranah teori perundang-undangan ditemukan adanya kerangka hukum yang secara sadar politik dirumuskan dalam formulasi positivistik. Kerangka itu menyusun formulasi legal positivisme dalam rupa dogmatic dan non dogmatic. Pada satu sisi rupa dogmatic akan berhadapan secara frontal dengan natural law, dan berbanding searah dengan non dogmatic legal positivism pada sisi yang lain. Bagaimana construction of the legal positivism ketika perumusan materi muatan suatu instrumen hukum yang berasal dari segala sumber dari Pancasila harus diformulasikan padahal Pancasila adalah staats philosofisch norm yang menghendaki konten materi muatan instrumen hukum itu adalah juga implementasi konstitusional dari Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 (UUD NKRI 1945). Konten konstitusionalnya berupa ius constitutum yang antara lain menjadi konstruksi dasar pembentukan politik hukum yang menjadi materi muatan intrumen hukum undang-undang atau peraturan pemerintah pengganti undang-undang.

... Perundang-Undangan disebut science of legislation. Ilmu Perundang-undangan dapat dibagi 2, yaitu 1. Teori perundang-undangan: berorientasi pada usaha menjelaskan pemahaman (yang bersifat dasar) antara lain pemahaman tentang UU ...

Perempuan Dan Hukum

Menuju Hukum Yang Berperspektif Kesetaraan Dan Keadilan

... keluarga) terjadi juga pada kasus Ibu Anna dan Ibu Yasinta. Ketiadaan atau ketidakmampuan ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga, ketiadaan anak laki-laki, belum cukup umurnya anak laki-laki dalam keluarga tersebut untuk ...

HUKUM KELUARGA

Manusia adalah makhluk dua dimensi, karena terdiri dari dua unsur utama yaitu jasad (fisik) dan roh (metafisik). Jasad atau jasmani adalah dimensi tubuh kasar manusia yang mengikuti siklus biologis makluk hidup, secara normal pertumbuhan embrio manusia diawali dari sel kelamin pria (spermatozoa) dan sel kelamin wanita (ovum), keduanya bertemu dan menjadi segumpal darah, kemudian menjadi segumpal daging, tulang yang dibungkus daging hingga sempurna bentuk, lahir, anak-anak, remaja, dewasa, tua dan akhirnya ia akan meninggal dunia (QS. Al-Mukminun; 12- 16). Siklus ini akan berjalan terus-menerus sehingga manusia akan selalu ada dari generasi ke generasi. Upaya yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga keberlangsungannya adalah dengan menikah dan melakukan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan (Nurhadi, 2019).

... keluarga adalah Ketentuan secara menyeluruh yang mencakup hubungan hukum yang berkaitan dengan kekeluargaan sedaran dan kekeluargaan karena pernikahan.5 Dari beberapa definisi pakar di atas bisa kita simpulkan bahwa Hukum keluarga dalam ...

EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm., Apt Dr. Ir. Tutang Muhtar K, ST., M. Si Dr. Ir. Uli Wildan Nuryanto, ST, MM, IPM Jushermi, SE., MSBA Dewita Suryati Ningsih,SE., MBA Rovanita Rama, SE., MH Kurniawaty Fitri, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 196 Halaman ISBN : 978-623-497-635-9 SINOPSIS Buku ini berjudul “EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG”. Buku ini disusun oleh beberapa penulis dari beberapa universitas di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang ekonomi di Indonesia khusunys bidang ekonomi kreatif. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Konsep Ekonomi Kreatif Bab 2 Gelombang Peradaban Ekonomi Kreatif Bab 3 Konsep Kreativitas dan Inovasi Bab 4 Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif Bab 5 Mengapa Ekonomi Kreatif? Bab 6 Modal Dasar dan Pilar Ekonomi Kreatif Bab 7 Subsektor Ekonomi Kreatif Bab 8 Sumber Daya Kreatif Bab 9 Industri Kreatif Bab 10 Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm.

Kewirausahaan

Penulis mengharapkan buku Kewirusahaan ini dapat menjadi sumber belajar utama bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi secara teoritis, mampu mengaplikasikan dalam kehidupan mahasiswa sehingga capaian pembelajaran Kewirausaahaan yang telah ditetapkan dapat diwujudkan.

Penulis mengharapkan buku Kewirusahaan ini dapat menjadi sumber belajar utama bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi secara teoritis, mampu mengaplikasikan dalam kehidupan mahasiswa sehingga capaian ...

Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama. Pertama, membahas tentang konsep manajemen mutu dan manajemen pendidikan. Kedua, tentang teorisasi mutu madrasah/sekolah dan mutu lembaga pendidikan. Ketiga, analisis tentang kualitas internal dan eksternal pendidikan. Keempat, pembahasan tentang analisis SWOT. Kelima, analisis tentang lingkungan internal, berupa visi, mis, dan sasaran pendidikan. Keenam, analisis tentang kualitas pendidikan dalam fakta dan persepsi.

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama.

MANAJEMEN PEMASARAN

Mengukir Keberhasilan Bisnis melalui Manajemen Pemasaran yang Efektif Buku ini adalah panduan lengkap yang menjelajahi pentingnya manajemen pemasaran dalam kesuksesan sebuah bisnis. Manajemen pemasaran merupakan proses strategis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran untuk produk atau jasa tertentu. Tujuannya adalah menciptakan nilai bagi pelanggan dan memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan. Dalam buku ini, Anda akan mempelajari faktor-faktor kunci yang perlu diperhatikan dalam menjalankan manajemen pemasaran yang efektif. Riset pasar menjadi langkah awal yang penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta menganalisis kondisi pasar secara keseluruhan. Segmentasi pasar kemudian dilakukan untuk memecah pasar menjadi segmen-segmen yang memiliki karakteristik serupa, sehingga perusahaan dapat menyesuaikan produk atau jasa mereka dengan kebutuhan pelanggan di setiap segmen. Marketing mix, yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi, juga menjadi bagian integral dalam mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Integrasi yang baik dari keempat elemen ini akan memastikan keberhasilan pemasaran. Manajemen pemasaran yang baik memiliki dampak positif yang signifikan bagi perusahaan. Buku ini mengungkap bagaimana manajemen pemasaran yang efektif dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan, serta membangun citra positif perusahaan di mata pelanggan dan masyarakat. Sebaliknya, ketidakefektifan dalam manajemen pemasaran dapat menyebabkan kerugian finansial dan merusak citra perusahaan. Selaras dengan perkembangan era digital yang pesat, buku ini juga menyoroti pentingnya mengikuti tren teknologi dalam manajemen pemasaran. Perusahaan harus memanfaatkan media sosial dan internet sebagai alat yang efektif untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Dalam hal ini, perusahaan juga harus memahami tren dan preferensi konsumen dalam menggunakan teknologi. Namun, buku ini juga menegaskan pentingnya menjalankan manajemen pemasaran dengan etika yang tinggi. Perusahaan harus memastikan bahwa kegiatan pemasaran yang mereka lakukan tidak merugikan konsumen atau masyarakat. Pemasaran yang jujur dan tidak menyesatkan adalah prinsip yang harus dijunjung tinggi. Dalam kesimpulannya, buku ini memperlihatkan bagaimana manajemen pemasaran menjadi faktor penting dalam mencapai keberhasilan bisnis. Dengan memperhatikan riset pasar, segmentasi pasar, marketing mix, perkembangan teknologi, dan etika pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan penjualan, keuntungan, dan membangun citra positif di mata pelanggan dan masyarakat. Jika Anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang manajemen pemasaran yang efektif, buku ini adalah sumber pengetahuan yang tak tergantikan.

Mengukir Keberhasilan Bisnis melalui Manajemen Pemasaran yang Efektif Buku ini adalah panduan lengkap yang menjelajahi pentingnya manajemen pemasaran dalam kesuksesan sebuah bisnis.

AYAT-AYAT DAN HADIST PENDIDIKAN

Buku yang berjudul “Ayat-ayat dan Hadist Pendidikan” ini disusun dengan maksud untuk membantu para pembaca dalam mempelajari ayat-ayat al-Quran tentang Pendidikan dan Hadist-hadist Pendidikan. Kajian dalam buku ini secara garis besar memuat beberapa aspek; Pertama, berisi ayat al-Quran dan hadist tentang hubungan manusia dengan Allah. Kedua, berisi ayat Al-Qur’an dan hadist tentang hubungan manusia dengan sesama. Ketiga, berisi ayat Al-Quran dan hadist tentang sikap manusia terhadap diri sendiri. Keempat, berisi ayat al-Quran dan hadist yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Kelima, berisi ayat Al-Quran dan hadist yang berhubungan dengan amanah dan kepemimpinan. Berbagai hal yang dimuat dalam buku ini diharapkan dapat menjadi petunjuk bagi setiap pembaca khususnya para mahasiswa atau peserta didik yang ingin mendalami ayat Alquran dan hadist tentang pendidikan dan berbagai aspek kehidupan manusia.

Buku yang berjudul " Ayat - ayat dan Hadis Pendidikan " ini disusun dengan maksud untuk membantu para pembaca dalam mempelajari ayat - ayat al - Quran tentang Pendidikan dan Hadis - hadis Pendidikan . Kajian dalam buku ini secara garis ...

MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan. Moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Keseimbangan atau jalan tengah dalam praktik beragama ini niscaya akan menghindarkan kita dari sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama. Moderasi beragama merupakan solusi atas hadirnya dua kutub ekstrem dalam beragama, kutub ultra­konservatif atau ekstrem kanan di satu sisi, dan liberal atau ekstrem kiri di sisi lain. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah­tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama, tentu perlu adanya ukuran, batasan, dan indikator untuk menentukan apakah sebuah cara pandang, sikap, dan perilaku beragama tertentu itu tergolong moderat atau ekstrem. Ukuran tersebut dapat dibuat dengan berlandaskan pada sumber­sumber terpercaya, seperti teks­teks agama, konstitusi negara, kearifan lokal, serta konsensus dan kesepakatan bersama. Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki peran strategis dalam mendialogkan faham dan cara beragama yang moderat di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Kedua ormas ini, dinilai sebagai salah satu dari beberapa ormas yang berpandangan moderat dan mengedepankan pendekatan humanis sebagai bagian dari strategi moderasi beragama, di samping keduanya memiliki modal jaringan organisasi yang kuat dan luas yang dapat mencapai akar rumput sehingga strategis dalam upaya mengonter radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan.