Sebanyak 21 item atau buku ditemukan

Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Digital

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri. Inovasi-inovasi teknologi telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental, membuka pintu-pintu baru menuju pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan efektif. Buku berjudul, "Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Modern", merupakan sebuah panduan komprehensif bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dari penggunaan alat-alat digital dalam kelas hingga pemanfaatan platform pembelajaran daring, buku ini menguraikan beragam strategi dan praktik terbaik untuk memanfaatkan teknologi secara optimal. Buku ini membahas tema-tema menarik meliputi Konsep Teknologi pendidikan di Era Digital, Ruang lingkup Teknologi Pendidikan, Perkembangan Teknologi Pendidikan, Perubahan Paradigma Pembelajaran, Peran Teknologi dalam Pembelajaran, Tantangan dan Peluang, Strategi Mengintegrasikan Teknologi dalam Kurikulum, Implementasi Kurikulum Digital, Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Digital, Etika Penggunaan Teknologi di Pendidikan, Implementasi Teknologi di Sekolah, Implementasi Teknologi di Perguruan Tinggi, serta Rekomendasi Kebijakan Pendidikan berbasis teknologi.

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri.

TEKNOLOGI INFORMASI & SDGs

Buku "TEKNOLOGI INFORMASI & SDGs : Peranan Teknologi Informasi di Berbagai Bidang Dalam Mendukung Sustainable Development Goals" membahas tentang bagaimana teknologi informasi dapat digunakan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB dan bertujuan untuk mencapai keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan di seluruh dunia. Buku ini mencakup berbagai bidang yang terkait dengan SDGs, seperti manajemen, pendidikan, industri, transportasi, pertanian & peternakan. Buku ini menjelaskan tentang bagaimana teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan di bidang-bidang tersebut, serta memfasilitasi koordinasi dan kolaborasi antar berbagai pihak yang terlibat dalam pencapaian SDGs. Buku ini cocok untuk para pembaca yang tertarik dalam bidang teknologi informasi, pembangunan berkelanjutan, dan SDGs. Buku ini juga berguna bagi para profesional, akademisi, dan praktisi yang ingin memperdalam pemahaman tentang bagaimana teknologi informasi dapat memainkan peran penting dalam mencapai keberlanjutan di seluruh dunia.

Memperkuat kapasitas lembaga keuangan domestik untuk mendorong dan memperluas akses terhadap perbankan, asuransi dan jasa keuangan bagi semua. Adapun manfaatnya adalah: a. Melihat keterjangkauan masyarakat terhadap fasilitas lembaga ...

Ekonomi Koperasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep dan Sejarah Koperasi, Perkembangan Koperasi Di Indonesia, Asas dan Prinsip Koperasi, Bentuk dan Jenis Koperasi, Tujuan dan Fungsi Koperasi, Perangkat Organisasi Koperasi, Manajemen Koperasi, Pembentukan Koperasi, Permodalan Koperasi, Sisa Hasil Usaha, Peranan Koperasi, dan Kendala Perkembangan Koperasi.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Sejarah Aceh dan tsunami

History of Aceh and December 2004 tsunami disaster.

Sejumlah warisan budaya yang berharga yang menggambarkan kejayaan Kerajaan Islam Aceh masa silam pun telah musnah . Pada masa awal perkembangan peradaban Islam di nusantara , Aceh merupakan penanda sejarah yang penting .

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

Perencanaan Tata Guna Lahan dalam Pengembangan Wilayah

_ .i Jim* _ 1m_|m5mu|aud Bmw". ' _ __' 3. ... Pemodelan berbasis aturan (rule) sebenarnya dapat merupakan bagian dari macam analisis spasial lainnya, karena sifatnya menggunakan aturan (rule) yang standar dalam bahasa komputer.

Perkembangan Akad Musyarakah

Buku ini menghadirkan pembahasan komprehensif tentang akad: salah satu pilar implementasi bisnis berbasis ekonomi Islam. Dengan fokus perbincangan pada akad musyarakah, maka rangkaian bahasan di dalamnya diawali dengan pemaparan tentang definisi dan ragam syirkah baik yang klasik atau kontemporer (Bab 1 dan 2) serta fatwa DSN-MUI berkaitan dengan syirkah. Baru kemudian pembahasan beralih kepada implikasi konsep syirkah pada kontrak bisnis dan hubungannya dengan asas legal kontrak bisnis yang ada (Bab 5). Juga, hubungan dan implikasi konsep syirkah dengan hukum tentang badan hukum (perusahaan) di Indonesia. Di bagian akhir dari rangkaian ini dipaparkan implementasi konsep syirkah pada sektor usaha pertanian (Bab 7), dan pembatalan syirkah serta tahawul al-aqd (Bab 8). *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini menghadirkan pembahasan komprehensif tentang akad: salah satu pilar implementasi bisnis berbasis ekonomi Islam.

Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar

Dewasa ini model pembelajaran yang berorientasi pada prestasi itu sudah mulai digantikan dengan model pembelajaran yang berorientasi pada kesegaran jasmani melalui permainan. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak, tidak hanya merupakan tugas orang tua saja, tetapi juga merupakan tugas atau tanggung jawab bersama yaitu orang tua, guru dan masyarakat. Di sekolah guru pendidikan jasmani mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu tercapainya kesegaran jasmani merupakan salah satu komponen untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendekatan model pembelajaran bermain adalah suatu proses pembelajaran dimana dalam mengajarkan teknik cabang olahraga melalui bentuk permainan kecil tanpa mengabaikan materi inti pelajaran. Karena bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dewasa maupun anak-anak. Kesempatan bermain dan rekreasi akan memberikan kegembiraan serta kepuasan emosional tersendiri, karena bermain merupakan kegiatan spontan dan kreatif, yang dengannya seseorang dapat menemukan ekspresi diri secara sepenuhnya. Bermain merupakan jiwa anak yang tidak bisa dipisahkan dimana sesuai dengan karakteristik murid SD usia 6 –12 tahun kebanyakan dari mereka cenderung masih suka bermain. Bermain mempunyai peranan penting bagi anak. Sebagian waktunya dihabiskan adalah untuk bermain, aktivitas bermain selalu berhubungan dengan kesenangan yang mempunyai potensi untuk membantu meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya. Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Menurut Hans Daeng dalam (Ismail, 2009), permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan ... aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional.