Sebanyak 877 item atau buku ditemukan

MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA

Multikulturalisme dipandang sebagai isu strategis terkini, yang merupakan tuntutan yang tidak dapat ditawar-tawar di dalam membangun Indonesia baru. Bangsa Indonesia lahir sebagai bangsa yang multikultur, yang melihat budaya yang beragam bukan hanya sebagai kekayaan, tetapi juga berkenaan dengan kelangsungan hidup bersama sebagai warga bangsa. Dalam konteks keindonesiaan pendidikan multikultural adalah sebuah keharusan, dan bukan pilihan. Sebuah keharusan mengenai bagaimana mengelola keanegaragaman dengan segala potensinya sehingga pluralitas budaya bukan sebagai masalah, tetapi sebagai modal untuk meraih kemajuan, dan mendukung kepada pengembangan kompetensi global bangsa Indonesia. Masalahnya, hingga kini belum ada satu model pendidikan multikultural yang cocok untuk bangsa Indonesia

Multikulturalisme dipandang sebagai isu strategis terkini, yang merupakan tuntutan yang tidak dapat ditawar-tawar di dalam membangun Indonesia baru.

Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum pendidikan senantiasa berubah dikarenakan harus selalu ditingkatkan menjadi lebih baik dari terdahulunya dan disesuaikan dengan kebutuhan di jamannya. Sebagaimana hadits riwayat Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda: “Didiklah anakanakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu”.1 Di Indonesia sendiri, pendidikan sudah mengalami pergantian kurikulum beberapa kali, dimulai dari tahun 1947 dengan kurikulum rentjana, 1952 dengan kurikulum rentjana pelajaran terurai, 1964 dengan kurikulum rentjana pendidikan, 1968 dengan kurikulum 1968, 1975 dengan kurikulum 1975, 1984 dengan kurikulum 1984, 1994 dengan kurikulum 1994 dan suplemen kurikulum 1999, 2004 dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), 2006 dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), 2013 dengan Kurikulum 2013 (K-13) dan 2022 dengan kurikulum merdeka.2 Setelah diciptakannya kurikulum merdeka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud Ristek RI) Nadiem Makarim di mana kurikulum tersebut memberikan kebebasan pada peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan (passion) dan minatnya.3 Kurikulum merdeka merupakan suatu gebrakan yang menawarkan konsep pendidikan yang lebih sederhana dan ideal di mana guru maupun peserta didik berperan sebagai subjek dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang mana keduanya dapat saling bersinergi satu sama lain.

Kurikulum pendidikan senantiasa berubah dikarenakan harus selalu ditingkatkan menjadi lebih baik dari terdahulunya dan disesuaikan dengan kebutuhan di jamannya.

Buku Ajar Filsafat Umum

Akal merupakan salah satu anugerah Tuhan yang paling istimewa bagi manusia. Sudah sifat bagi akal manusia yang selalu ingin tahu terhadap segala sesuatu termasuk dirinya sendiri. Pengetahuan yang dimiliki manusia bukan dibawa sejak lahir karena manusia ketika dilahirkan belum mengetahui apa-apa. Buku ini dapat dibaca oleh mahasiswa-mahasiswi dari berbagai fakultas dan jurusan di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, dapat dijadikan pula sebagai bahan bagi oleh para pengajar Matakuliah dasar.

Dr. Jufri Naldo, M.A.. HE 08 E 100 ISO ЗИ MM 300 380 ( ૫ ) Merdeka Kreasi ON 2E W2 W JPO Buku Ajar FILSAFAT 330 UMUM Dr. Jufri Naldo , M.A. Buku Ajar FILSAFAT UMUM. Front Cover.

MOQADIMAH PERCIKAN FILSAFAT

MOQADIMAH PERCIKAN FILSAFAT PENULIS: Khoirotu Alkahfil Qurun Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-770-8 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Banyak ciri seseorang yang sedang melakukan kegiatan kefilsafatan, dan ciri-ciri tersebut berbeda dengan ciri berpikir ilmu-ilmu lainnya, sekaligus menempatkan filsafat sebagai bidang keilmuan yang netral. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah,: 1. Radikal, artinya berfikir hingga ke akar-akarnya. 2. Universal, yaitu pemikiran filsafat menyangkut pengalaman umum manusia. 3. Konseptual, merupakan hasil dari generalisasi dan abstraksi pengalaman manusia. 4. Koheren dan Konsisten, artinya sesuai dengan kaidah-kaidah pemikiran logis dan tidak mengandung kontradiksi 5. Sistematik, yaitu pendapat tentang kefilsafatan harus saling berhubungan secara teratur dan memiliki maksud dan tujuan tertentu. 6. Komprehensif, artinya mencakup atau menyeluruh, yakni menjelaskan tentang alam semesta secara menyeluruh. 7. Bebas, artinya sampai batas-batas yang luas. Pemikiran filsafat bebas dari prasangka social, historis, kultural, bahkan religious. Bertanggung jawab, orang yang berfilsafat adalah orang yang berpikir sekaligus bertanggung jawab terhadap hasil pemikirannya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

MOQADIMAH PERCIKAN FILSAFAT PENULIS: Khoirotu Alkahfil Qurun Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-770-8 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Banyak ciri seseorang yang sedang melakukan kegiatan kefilsafatan, dan ciri-ciri ...

STRATEGY PEMASARN KREATIF Dalam Lingkungan Turbulensi

Semakin berkembangnya zaman, berbagai jenis atau bidang usaha semakin berkembang, termasuk juga usaha di bidang kuliner. Konsumen kuliner, saat ini menjadikan kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan apa yang mereka makan menjadi sebuah life style. Berbagai jenis bidang usaha kuliner muncul di masyarakat saat ini, termasuk juga usaha kuliner yang mengkhususkan produknya pada jenis kuliner yang menyajikan makanan cepat saji. Pengusaha di bidang makanan tersebut mencoba mengambil keuntungan dari pola hidup masyarakat yang modern serba instan tentang segala urusan termasuk dalam hal makanan dan minuman.

Semakin berkembangnya zaman, berbagai jenis atau bidang usaha semakin berkembang, termasuk juga usaha di bidang kuliner.

Perencanaan Keuangan Personal

Pengelolaan keuangan masih menjadi kesulitan bagi sebagian orang. Sirkulasi keuangan yang tidak terstruktur dapat mengakibatkan ketidakseimbangan kas. Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan yang jelas agar tujuan keuangan dapat tercapai dengan baik. Buku ini berupaya membantu perencanaan keuangan secara kompleks mulai dari perpajakan, utang dan tabungan, asuransi, investasi, hingga perencanaan warisan.

Pengelolaan keuangan masih menjadi kesulitan bagi sebagian orang.

Praktik Analisis Data : Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS

Ilmu-ilmu ekonomi dapat kita analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pada saat ini penelitianpenelitian dengan penggunaan pendekatan kuantitatif sudah semakin berkembang, dimana hubungan-hubungan variabel ekonomi yang dahulunya hanya dijelaskan secara kualitatif, sekarang dapat dibuat dalam bentuk matematis dengan pendekatan kuantitatif. Hubungan matematis ini dapat dianalisis dengan penggunaan alat-alat analisis statistik dengan pengujian-pengujiannya, sehingga dalam hal ini ekonometrika sangat berperan(Firdaus, 2011). Ekonometrika adalah suatu ilmu yang membahas masalah pengukuran tentang hubungan dalam ekonomi. Dengan demikian, Ekonometrika adalah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan beda dengan ilmu ekonomi; matematika; maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan sebagai menguji kebenaran teorama-teorama teori ekonomi yang berupa hubunganantarvariabel ekonomi dengan data empirik.

Ilmu-ilmu ekonomi dapat kita analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Akuntansi Manajemen: Teori dan Praktek

Akuntansi merupakan seni mencatat, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan menganalisis transaksi ekonomi. Weygant (dalam Yadiati & Wahyudi, 2007) akuntansi adalah suatu sistem informasi untuk mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Meigs (dalam wikipedia.com, 2008) akuntansi adalah Pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Dalam hal ini, Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.

... Manajemen (Management Accounting), Akuntansi Biaya (Cost Accounting), Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting), Sistem Informasi (Information System), Anggaran (Budgeting), Akuntansi Pemerintahan (Govermental Accounting), Akrual Basis dan ...

FILSAFAT ILMU dan Manusia

Arsitoteles adalah filosof Yunani pertama yang menulis”. Etika”. Artinya, sebuah tulisan dengan agar manusia belajar untuk hidup secara bijaksana. Gagasan dasar Aristoteles adalah bahwa manusia hidup dengan kebijaksanaan semakin yang mengembangkan diri secara utuh. menuju jalan bagimana manusia dapat menjadi utuh itulah maksud dari aristoteles. Aristoteles meniba pengertianya bukan hanya dari pertimbangan-pertimbangan teoretis saja, melainkan ia memiliki pengalaman praktis. selama tujuh tahunan dari 342-335 SM Aristoteles menjadi guru putra muda raja Plihipus dari Makedonia yang bernama Alexander, bukan lain yaitu: Skandar memperoleh pengalaman dalam pengarahkan orang keutuhannya. Sebelumnhya Ia selama 20 Tahun menjadi murid Plato dia Athena (Aristoteles Lahir 384 Di Stahyara). Tahun 335 ia kembali ke Athena untuk mendirikan perguruannya sendiri. Likayon. Di Athena ia menulis buku-bukunya yang membuatnya begitu termashyur, diantaranya adalah Etika, Nokhomabea yang memuat filsafat moralnya. Pada bab I ini kita akan membahas tentang Kontruksi Filsafat Ilmu, sehingga para budiwan akan mengetahui prawacana, sejarah filsafat, perkembangan, definisi filsafat, penyebab lahirnya filsafat. Bab II Pada bab ini kita akan mengulas Fenomena-Fenomena rana filsafat seperti rasio dan irasio, Sturktur filsafat, Ontologi, Epistemologi, Aksiologi serta aliran-alirannya.

... general principles which justify us in applaying them to anything ; also called ,, moral philosophy " . ( Encyclopedia Britanica : 752 ) " The term ,, Ethics is used in three different but related ways , signifying 1 ) 66 a general ...

Teologi Ekonomi Islam

Teologi menjadi dasar perilaku kehidupan seseorang, teologi berhubungan erat dengan sikap atau perilaku orang-orang yang meyakininya. Konsep teologi yang diyakini oleh seseorang tersebut akan menjadi dasar bagi kehidupannya. Doktrin-doktrin teologi yang bersifat dialektik lebih diarahkan untuk mempertahankan ajaran dan memelihara kemurniannya yang bersifat teosentris, bukan untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan watak sosial dan sejarah kemanusiaan yang antroposentris. Teologi bukan hanya sekadar dogma keagamaan yang kosong tetapi menjelma sebagai ilmu tentang perjuangan politik, sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, teologi menjadikan keimanan berfungsi secara aktual sebagai landasan etik dan motivasi tindakan manusia. Buku ini menggambarkan teologi ekonomi dalam bingkai keyakinan akidah Islam yang dapat menjadi kekuatan dan motivasi untuk membangun ekonomi berlandaskan syariah sebagai sebuah tawaran solusi agar memungkinkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun tidak sebatas kesejahteraan ekonomi saja, melainkan mencakup permasalahan persaudaraan manusia dan keadilan sosial-ekonomi, kesucian kehidupan, kehormatan individu, harta, kedamaian dan kebahagiaan jiwa, serta keharmonisan kehidupan keluarga dan masyarakat. Semua itu terkandung dalam nilai-nilai moral ajaran Islam, menjadikan kesejahteraan kehidupan untuk meningkatkan jiwa manusia selalu bergerak menuju ridla Ilahi.

... fintech. Ekonomi Islam digital memiliki pasar yang potensial di beberapa sektor industri, mulai dari pendidikan, makanan halal, pariwisata ramah ... digital di Indonesia memiliki sejumlah peluang dan tantangan 163 BAB 12. Perbankan Syariah.